Jumlah wisata Bogor semakin banyak, salah satu yang bisa Anda kunjungi yakni Lembah Tepus. Wisata Bogor ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka berlibur di alam.

Anda bisa menikmati air terjun bertingkat yang berwarna biru jernih. Belum lagi dengan pohon hijau rimbun yang memanjakan mata dan membuat pikiran jernih.

Liburan akan sangat mengesankan jika Anda bermalam di wisata Lembah Tepus. Jika Anda penasaran dengan wisata satu ini, yuk cek informasinya!

Harga Tiket Masuk Lembah Tepus

harga tiket masuk lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107210365244698066440

Anda tidak perlu pusing memikirkan jika wisata air terjun satu ini memiliki harga tiket yang mahal. Lembah Tepus Bogor tiket masuknya masih tergolong murah meriah.

Dari tempat parkir Anda akan dikenakan biaya Rp5.000 sampai Rp10.000. Setelah itu Anda perlu membayar tiket masuk tempat wisata ini sebesar Rp10.000, tidak menguras kantong bukan?

Jika ingin bermalam sambil mendirikan tenda, maka Anda perlu membayar Rp30.000. Tidak terlalu mahal dengan keseruan yang bisa Anda rasakan bersama teman, sahabat, ataupun keluarga.

Penting untuk Anda mengetahui bahwa harga di atas bisa berubah kapan saja. Anda perlu banyak mengorek informasi seputar tempat wisata agar tidak keliru.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111970202183043882868

Lokasi Lembah Tepus termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau disingkat TNGHS. Lokasi pastinya di Kampung Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Wisata ini cukup terkenal sejak lama karena termasuk dalam kawasan TNGHS. Yang paling banyak dikenal dari wisata ini adalah hutan alami dan banyaknya curug.

Tidak ada kendaraan umum yang melintasi kawasan ini sehingga Anda harus bersiap menggunakan kendaraan pribadi. Medan jalannya akan cukup menantang meskipun tidak terlalu panjang.

Rute lokasi ke Lembah Tepus dari pusat Kota Bogor bisa ditempuh dengan jarak 27 km atau sekitar 90 menit. Anda perlu mengarahkan kendaraan ke Gunung Salak atau sejalan dengan tempat wisata Ranggon Hills.

Jika Anda berangkat dari Bandung bisa melewati Jalan Tol Cipularang sekitar 4 jam. Awalnya dari pusat Kota Bandung ke Jembatan Pasupati lalu menuju Jalan Layang Pasupati-Jalan Dr. Djunjunan.

Selanjutnya Anda melewati Jalan Tol Cipularang-Jalan Nanggeleng-Cirahayu. Lalu menuju Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed hingga Jalan Tangkil-Agrabinta.

Tidak berhenti sampai situ, Anda harus masuk ke Jalan Tol Lingkar Bogor lalu menuju Jalan Kapten Dasuki Bakri-Jalan Gunung Picung. Tidak jauh dari jalan tersebut Anda akan sampai di Lembah Tepus.

Untuk mengunjungi wisata ini, Anda harus sedikit berjuang melewati akses yang terbatas yakni jalan menanjak dan berbatu. Terlebih lagi jalan ini hanya muat untuk satu mobil saja.

Fasilitas

fasilitas lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106449239710849536299

Fasilitas yang dimiliki Lembah Tepus Bogor ini cukup lengkap untuk Anda. Tidak perlu takut fasilitasnya kurang memadai karena sebagai tempat wisata tentu harus bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Rincian fasilitas yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Parkir luas yang memadai
  • Kios
  • Mushola
  • Kamar mandi dan toilet
  • Ruang ganti
  • Gazebo dan saung

Jam Buka

jam buka lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101875443061085689926

Lembah Tepus buka setiap hari untuk Anda serta orang terdekat. Anda bisa datang sejak pagi hari jika ingin merasakan sensasi sejuk dan asrinya wisata.

Anda bisa berkunjung ke Lembah Lepus dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Menariknya, Anda juga bisa berwisata 24 jam jika meluangkan waktu untuk berkemah.

Datang juga ke –> Pemandian Air Panas Ciseeng yang berkhasiat.

Daya Tarik Lembah Tepus

daya tarik lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111193963895220629506

Berwisata ke Bogor rasanya tidak akan pernah membosankan. Bogor selalu memiliki hal baru yang bisa ditawarkan dan potensi alamnya menjadi favorit terutama bagi kota tetangganya.

Tempat wisata ini berupa sungai juga air terjun bertingkat. Daya tarik utama dari tempat wisata ini yakni air terjun bertingkat itu sendiri dengan perairannya yang biru jernih.

Lembah Tepus menghadirkan aliran sungai di hutan dengan curug alami. Posisinya yang berada di lembah membuat air terjunnya membentuk beberapa tingkat secara alami.

Membuatnya makin eksotis, wisata ini berada di hutan yang terjaga kelestariannya dan dikelilingi pemandangan tanaman hijau asri juga rimbun. Wisata ini cocok bagi Anda untuk self-healing.

Kunjungi juga –> Mini Zoo Bogor wisata kebun binatang rekomended.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104194919607887420280

Beragam aktivitas seru bisa Anda dilakukan selama berada di Lembah Tepus. Berikut adalah aktivitas seru yang bisa Anda lakukan:

Tracking Singkat

Begitu memasuki kawasan wisata, Anda akan mendapati area parkir yang luas dan kios. Setelah melewati loket, Anda harus berjalan kaki menuju Lembah Tepus Curug Pangeran.

Waktu tempuh di jalan setapak yang rapi dan landai sekitar 10 menit, semua kalangan usia bisa melakukan tracking dengan nyaman. Jalan ini berhiaskan bunga dan terlihat seperti taman di tengah hutan sehingga akan memanjakan mata Anda.

Sebelum mencapai lokasi curug, Anda bisa mendapati sebuah mushola dan deretan toilet juga kamar mandi. Anda yang ingin beribadah bisa berhenti dahulu di sini.

Berenang di Kolam Alami

Kejernihan air di Lembah Tepus akan mengundang untuk diselami. Airnya segar dan akan menyegarkan tubuh.

Disarankan bermain di kolam dengan kedalaman 1 meter jika Anda membawa si kecil. Tersedia juga penyewaan pelampung bagi yang ingin bermain di kolam yang lebih dalam.

Tersedia shelter untuk tempat beristirahat yang memiliki desain agak unik. Posisinya sedikit mengapung dengan menggunakan perpaduan kayu dan tali.

Anda tenang saja karena petugas jaga akan memantau keamanan dan keselamatan dari sekitar curug.

Mengabadikan Momen

Sebelum tiba di curug, Anda perlu menyeberangi jembatan bambu sederhana. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan curug bertingkatnya atau air terjun dan kolam-kolamnya.

Aliran sungai alaminya dipenuhi bebatuan dengan banyak macam ukuran. Diantara bebatuan tersebut, terdapat aliran air terjun.

Nah, spot ini bisa Anda gunakan untuk berfoto ria. Jangan lupa buat vlog agar liburan terasa menyenangkan.

Berkemah

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman di alam yang menantang maka camping Lembah Tepus adalah jawabannya. Anda tidak perlu membayar mahal untuk bermalam di wisata unik ini.

Review sebelumnya –> Gumati Waterpark yang menyenangkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung lembah tepus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102498646144594141531

Lembah Tepus termasuk destinasi wisata alam yang patut Anda kunjungi. Pemandangan alamnya dan ditambah dengan perairan jernihnya akan memuaskan Anda.

  • Agar berlibur tidak sia-sia, berikut tips berkunjung untuk Anda.
  • Siapkan baju ganti jika Anda ingin puas bermain air.
  • Siapkan uang lebih untuk mencicipi makanan ataupun berkemah.
  • Dianjurkan tidak berkunjung pada saat musim hujan karena volume air bertambah
  • besar dan jalanan semakin licin.
  • Dianjurkan tidak berkunjung pada saat musim liburan karena pasti ramai atau dipenuhi oleh wisatawan.
  • Dianjurkan membawa kamera untuk mengabadikan momen seru dan menyenangkan di tempat yang keren.
  • Selalu patuhi protokol kesehatan.
  • Tetap jaga sikap dan kelestarian tempat wisata.

Berakhir sampai di sini pembahasan menarik dan seru mengenai salah satu wisata Kota Bogor. Jangan lupa jaga kesehatan sebelum berlibur ke Lembah Tepus agar Anda tidak kecewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 9 =