Tempat wisata alam bandung – Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal di indonesia yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi jawa barat. Kota Bandung juga dikenal dengan sebutan paris van java. Dikarenakan banyak sekali produk fashion kekinian yang dibuat di kota ini.

Selain itu bandung juga dikenal karena mempunyai taman kota dan trotoar terindah yang ada di Indonesia. Ditambah lagi dengan tempat wisata bandung yang sangat beragam dan menarik sekali untuk dikunjungi. Dimulai dari wisata belanja bandung yang sangat memanjakan traveler hingga wisata alam bandung.

Dengan berbagai macam tempat wisata yang dimilkinya, kota ini menjadi salah satu destinasi terbaik untuk liburan. Ditambah lagi dengan dekatnya kota ini dengan jakarta, menjadikan bandung sebagai salah satu tempat liburan paling diminati oleh masyarakat jakarta. Nah untuk itu disni tim Mytrip123.com akan membahas tentang objek wisata alam bandung yang sangat menarik. Oke langsung saja simak ulasan kami berikut ini:

1. The Lodge Earthbound Adventure Park

wisata alam di bandung
image via jurnalteman.com

Obyek wisata alam bandung pertama adalah sebauh hutan pinus yang dikelilingi menjadi tempat liburan yang sangat menarik. Ditempat ini anda bisa menikmati berbagai permainan outdoor seperti paintball.

Wahana permainan paintball ini merupakan salah satu permainan yang palin di minati di the lodge earthbound adventure park ini. Selain itu, lokasi ini juga cocok digunakan sebagai tempat menenangkan diri dengan menikmati sejuknya hutan pinus khas pegunungan.

Lokasinya berada di jalan Marabaya KM 4.5, Cibodas, Lembang Bandung. Untuk jam bukanya sendiri adalah dari pukul 10.00 hingga 17.00. Destinasi ini juga bisa menjadi pilihan wisata murah di bandung karena harga tiket masuk yang di gratiskan. Gimana tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?

Jadi tunggu apalagi, wisata Bandung low budget satu ini jangan sampai anda lewatkan. Kapan lagi dapat berlibur tanpa harus keluar banyak biaya, ya cuma The Lodge Earthbound Adventure Park jawabannya.

Waktu terbaik untuk bisa mengis waktu libur di wisata Bandung hits ini adalah saat hari benar-benar cerah. Sebaiknya jangan datang kesini apabila cuaca tidak mendukung, seperti misalnya turun hujan.

Kunjungi juga –> Kampung Cai Ciwidey yang mempunyai banyak destinasi menarik.

2. Dago Pakar

tempat menarik di bandung
image via blogspot.com

Dago pakar merupakan salah satu wisata paling terkenal di bandung yang bisa menjadi tempat liburan untuk anda. Disini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan dengan hamparan pepohonan hijau yang segar.

Selain itu banyak juga tempat menarik yang bisa anda jelajahi seperti goa, air terjun. Hingga tempat-tempat nongkrong dengan pemandangan alam yang indah.

Ditempat nongkrong tersebut anda bisa menikmati hidangan kopi dan makanan yang disediakan di tempat tersebut. Untuk lokasinya berada di jalan dako pakar, Bandung.

Wisata Dago Pakar masuk dalam rentetan wisata di Bandung yang tak boleh anda lewatkan keseruannya. Wisata alam eksotis ini bakal membuat momen berlibur jadi lebih bahagia dengan sejumlah daya tariknya.

Apalagi agar bisa mengisi waktu senggang di Dago Pakar Bandung tak membutuhkan banyak biaya. Pada saat ini tiket masuk Dago Pakar adalah Rp12.000 saja per orangnya.

Cukup terjangkau bukan, mengingat ada cukup beragam sajian menarik yang dihadirkan oleh Dago Pakar Jawa Barat. Wisata Dago Pakar Bandung dapat anda kunjungi kapan saja, karena selalu buka mulai pagi hingga malam hari.

Sewajarnya wisata alam pada umumnya, anda musti memperhatikan cuaca terkini untuk dapatkan pengalaman lebih maksimal. Sebaiknya tidak datang ke Dago Park apabila kondisi cuaca tak mendukung.

Datang juga ke –> Kawah Rengganis Ciwidey yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

3. Kawah Putih

tempat wisata alam di bandung
foto dari @sukandar_geologist

Satu lagi wisata alam bandung yang paling banyak dikunjungi, adalah Kawah Putih. Kawah putih ini adalah sebuah kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha ratusan tahun yang lalu.

Selain populer, kawah putih juga merupakan salah satu tempat romantis di bandung yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi preweeding oleh wisatawan. Selain itu, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi syuting berbagai sinetron.

Kawah Putih memang menjadi tempat wisata Bandung yang sangat terkenal. Bahkan beberapa orang beranggapan, main ke Bandung belum lengkap kalau tak berkunjung ke wisata Kawah Putih.

Saking terkenalnya wisata kawah Bandung ini membuatnya seakan tak pernah sepi dari pengunjung. Bagi yang baru pertama kali ke Bandung, pasti kawah ini selalu jadi utama untuk berwisata.

Lokasi Kawah Putih berada di kaki Gunung Patuha. Atau lebih lengkapnya, alamat Kawah Putih ini ada di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dan untuk bisa jelajah eksotisnya kawah ini tak memerlukan banyak biaya. Ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Kawah Putih adalah Rp28.000 per orang. Harga tersebut tentu bisa mengalami perubahan sewaktu-wawktu mengikuti ketentuan dari pengelola wisata Kawah Putih.

[ baca Juga: Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable ]

4. Kebun Teh Rancabali

wisata alam bandung
foto dari @ayuratnapermanasari

Tahukah anda bahwa provinsi jawa barat merupakan daerah penghasil teh terbesar yang ada di Indonesia. Salah satu kota di jabar yang mempunyai kebun teh yang luas adalah bandung.

Selain menjadi area agribisnis, tempat ini juga sekaligus dijadikan sebagai objek wisata alam di bandung yang menarik untuk dikunjungi. Dengan berkunjung ke kebun teh rancabali anda bisa belajar bagiamana cara meawat pohon teh dan memanenya.

Di kota-kota lain seperti wonosobo, temanggung dan pekalongan juga sering menjadikan perkebunan teh sebagi tempat rekreasi yang menarik. Sama halnya dengan yang kita tengah bahas kali ini, yakni Bandung dengan kebun teh menawannya.

Kebun Teh Rancabali masuk ke dalam daftar tempat wisata di Bandung yang populer dan dikenal banyak orang. Pada saat musim liburan, ada cukup banyak orang datang tuk berlibur menyenangkan di Kebun Teh Rancabali Bandung.

Alam hijau sejuah mata memandang begitu memanjakan dan akan membuat anda merasa nyaman selama liburan. Ditambah dengan udara sejuk yang menyelimuti area kebun tehnya semakin membuat anda betah meski harus berlama-lama.

Menariknya, para pengunjung tak harus membayar tiket masuk untuk bisa rekreasi disini. Sampai tulisan ini tayang, tiket masuk Kebun Teh Rancabali gratis, dan anda yang berkunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan.

Lokasi Kebun Teh Rancabali berada di Kelurahan Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Letak persis dari Kebun Teh ini bila anda menjangkau dari pusat kota Bandung maka jaraknya sekitar 45,3 km.

5. Farm House Lembang

wisata alam lembang bandung
foto dari @yunusemahu

Tempat ini merupakan destinasi wisata bandung yang lagi ngehits dikalangan anak muda. Bhakan disaat liburan, tempat ini sering menjadi biang kemacetan di jalan raya yang disebabkan antrian masuk ke area wisata.

Di Farm House lembang bandung ini anda dapat meikmati pemandangan rumah hobit, rumah gaya eropa, kafe, air terjun mini. Selain itu anda juga dapat berfoto dengan anek hewan dan mengenakan kostum gaya eropa.

Untuk harga tiket masuk farm house lembang bandung sendiri adalah 30.000 rupiah perorang. Ditambah lagi dengan biaya tiket parkir 5000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 15.000 rupiah untuk mobil.

Tiket yang anda beli bisa ditukarkan dengan sosis bakar atau susu murni. Nb: untuk harga tket masuk bisa berubah sewaktu waktu.

Satu yang pasti berapapun biaya yang nantinya dipatok pada wisata ini, tak akan memberatkan para pengunjung. Ketika anda ingin berlibur bersama si kecil, maka Farm House Bandung ini sangatlah pas sebagai pilihannya.

Beragam sajian menarik akan membuat hati anda terhibur dan pastinya merasa senang. Keberadaan taman rekreasi Bandung hits ini pun bisa jangkau dengan mudah dari pusat kota, jaraknya sekitar 12,5 km.

Untuk lebih lengkapnya, lokasi Farm House berada di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jam wisata yang saat ini berlaku di Farm House Lembang Bandung adalah pukul 09.00 – 18.00 WIB

6. De Ranch Lembang

wisata alam bandung
image via deranchlembang.com/

Salah satu wisata alam di lembang bandung yang banyak di kunjungi wisatawan adalah de ranch. Ditempat ini anda akan menikmati bangunan bangunan dan segala hal cowboy kayak di film-film.

Banyak sekali spot foto yang menarik ketika anda berkunjung ke de’ runch. Tidak hanya spot foto, di tempat ini juga terdapat restaurant ala cowboy yang sangat manarik.

Selain itu anda juga dapat menaiki kuda dengan berpakaian cowboy. Tempat ini sebenarnya dulunya merupakan peternakan. Namun seiring dengan berjalananya waktu, tempat ini dikelola menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dan unik.

Hingga kini, De Ranch masih masuk dalam deretan wisata Bandung Jawa Barat yang populer. Buktinya, wisata keren ini selalu dipadati oleh para pengunjung ketika musim liburan telah tiba.

Berlibur kesini, maka anda akan langsung merasakan suasana bak di negeri koboi. Setiap sudut areanya dipenuhi oleh pernak-pernak khas koboi.

Jadi anda tak perlu ke Amerika Utara untuk dapat menjadi koboi. Sebab di Bandung pun anda sudah bisa menjadi koboi atau seorang gembala di peternakan.

Soal tiket masuk De Ranch cukup ramah dikantong, yang dimana hanya Rp26.000 per orangnya. Dengan tiket tersebut nantinya para pengunjung berhak mendapatkan 1 gelas susu gratis.

7. Dusun Bambu

wisata alam di bandung
image via siliwangitrans.com

Bandung memang gudangnya orang kreatif, tak terkecuali akan wisatanya. Banyak sekali wisata bernuansa alam yang dikelola sehingga menciptakan hal yang unik. Salah satunya wisata dusun bambu ini.

Ditempat ini terdapat tempat makan, penginapan dan juga pasar katulistiwa yang sangat menarik. Lokasi dusun bambu sendiri berada di Jalan Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat.

Dusun Bambu jadi salah tempat wisata Bandung Jawa Barat yang hits dan seakan tak pernah sepi dari wisatawan. Mulai dari anak-anak, muda mudi, hingga orang dewasa bisa liburan dan bersenang-senang disini.

Letaknya berada di tengah-tengah sebuah hutan bambu yang pastinya teduh dan asri. Meski berbasis di ruang terbuka, ketika siang hari anda tak perlu takut kepanasan selama berada disini.

Karena sekali lagi, berkat banyaknya pepohonan membuat setiap aktivitas disini terasa lebih nyaman. Tak membutuhkan terlalu banyak biaya untuk dapat mengisi waktu senggang disini.

Satu hal yang menjadikan Dusun Bambu Lembang ini rekomended adalah kehadiran resortnya. Biila ingin merasakan alam menakjubkan dengan lebih maksmal, maka kami sarankan agar anda menginap disini.

Selain itu, bagi yang akan mengadakan sebuah acara juga bisa dilangsungkan disini. Sebab tersedia area khusus masih bertemakan alam memikat yang menjadi latar belakang utamanya.

Jam operasional yang berlaku pada wisata Dusun Bambu ini adalah pukul 10.00 – 20.00 WIB. Bagi yang akan bermalam, maka wajib lakukan booking atau pemesana di nomor 0821 1000 6094.

8. Curug Malela

curug malela
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111122722966565211477

Yang satu ini merupakan sebuah wisata curug paling fenomenal di Bandung. Hal tersebut lantaran destinasi Bandung hits ini seakan tak pernah sepi dari para pengunjung di setiap harinya.

Namun tetap saja, umumnya tempat wisata, Curug Malela paling ramai dkunjungi pada saat akhir pekan dan musim liburan. Tak cuma warga Bandung saja, akan tetapi banyak pengunjung yang ternyata datang dari luar daerah.

Mereka yang datang kesini tentu saja sudah mengetahui indahnya curug ini melalui dunia maya. Dan untuk membuktikannya maka perlu datang langsung ke Curug Malela yang mempesona.

Daya tarik pada Curug Malela adalah adanya sebuah lima buah jalur air terjun yang menakjubkan. Pemandangan semacam itu tentunya tak biasa, sebab umumnya curug hanya memiliki satu aliran air terjun.

Untuk itu, Curug Malela di Bandung jangan sampai anda lewatkan keindahannya tuk di jelajahi bersama orang-orang tercinta. Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa mengisi waktu senggang di Malela Waterfall.

Hingga tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Curug Malela hanya sebesar Rp5.000 per orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan, motor Rp3.000 dan mobil Rp6.000.

Nominal tersebut tentu bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dari aturan pengelola terkait Curug Malela. Lokasi Curug Malela berada di Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

9. Curug Siliwangi

curug siliwangi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102165651111310595674

Tak kalah indahnya dengan Curug Malela, yang satu ini juga wajib ada dalam daftar kunjungan liburan anda selanjutnya. Namanya Curug Siliwangi yang mempesona sekaligus menyimpan banyak sejarah menarik di dalamnya.

Curug Siliwangi adalah satu dari sekian banyak air terjun memikat yang ada di Kota Kembang Bandung Jawa Barat. Yang dimana sama-sama memiliki keunikan serta panorama alam luar biasa dan tak ada duanya.

Saat anda berada di Bandung, maka cobalah datang ke wisata Curug Siliwangi. Bisa bersama teman, kerabat, pasangan atau keluarga anda tuk sama-sama merasakan keseruannya.

Apalagi sampai saat ini, Curug Siliwangi belum menerapkan untuk aturan tiket masuk, alias gratis. Sangat menarik sekali bukan, menjelajahi indahnya alam tanpa harus keluar biaya sepeserpun.

Anda bisa kapan saja datang ke Curug Siliwangi Bandung asalkan ketika hari benar-benar cerah. Namanya wisata air terjun, paling menarik di explore ketika cuaca mendukung. Sebab ketika hari cerah, keindahan dari panorama yang ada di sekitar Curug Siliwangi terlihat mempesona.

Beda ketika musim hujan, selain view terlihat kurang maksimal, air terjunnnya menjadi coklat dan debitnya lumayan tinggi. Catat alamatnya apabila ingin berkunjung, yang dimana lokasi Curug Siliwangi berada di Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

10. Sendang Geulis Kahuripan

sendang geulis kahuripan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106490995932508040114

Yang satu ini cocok banget untuk anda pecinta aktivitas berenang dan juga menyelam. Jika anda hobi atau gemar berenang, maka destinasi menawan satu ini musti ditelusuri beragam keseruannya.

Sendang Geulis Kahuripan, merupakan salah satu mata air alami nan eksotis yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Fungsi utama dari sendang ini tentu saja sebagai sumber air, selain dimanfaatkan juga sebagai salah satu destinasi wisata.

Kini Sendang Geulis Kahuripan Bandung semakin dikenal dan mulai banyak orang datang kesini. Mereka yang datang tentu saja ingin merasakan langsung bagaimana kesegaran dengan berenang di kolam mata air.

Air yang ada pada kolam pemandian wisata Sendang Geulis Kahuripan begitu jernih. Bahkan saking jernihnya, dari permukaan atas tampak dengan jelas dasar kolam pemandiannya.

Karena berenang tak melulu di kolam renang, maka cobalah tempat wisata Bandung yang satu ini. Di kelilingi oleh pepohonan dan area yang asri, sehingga udara sejuk begitu terasa disini,

Catat alamatnya, lokasi Sendang Geulis Kahuripan berada di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jika anda melakukan perjalanan dari pusat kota Bandung Barat, maka jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 20 km.

Jam operasional yang berlaku di wisata Sendang Geulis Bandung Barat ini adalah pukul 07.00 – 18.00 wib. Tiket masuk Sendang Geulis Kahuripan saat ini adalah 10.000 rupiah per orangnya.

11. Tebing Citatah

tebing citatah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116030379603035882788

Untuk anda pecinta aktivitas memanjat, destinasi yang satu ini bisa jadi tujuan mengisi waktu luang anda. Namanya Tebing Citatah, yang merupakan kawasan berbukit dan sebagian besar terbentuk dari kapur.

Sejatinya Citatah sendiri adalah daerah pertambangan kapur yang terbilang produktif. Pertambangan Bandung satu ini telah berlangsung sejak pertengahan abad ke19 hingga saat ini.

Beberapa bagian dari Tebing Citatah Bandung ini terbentuk dengan sangat unik. Dan dalam beberapa kesempatan dapat dijumpai beberapa pegiat panjat tebing memanfaatkanya.

Bahkan para atlit ada juga yang berlatih di kawasan Tebing ini sebagai persiapan kompetisi atau lomba. Untuk anda yang non pengalaman memanjat, bukan suatu masalah apabila ingin datang ke wisata alam Bandung Barat ini.

Lokasi Tebing Citatah berada di Kelurahan Pamucatan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Bagi anda yang akan melakukan perjalanan ke Bandung dari Cianjur, Bogor, Jakarta via Jonggol atau puncak pasti melewati area ini.

Bisa dibilang kalau kawasan tebing terlihat dari jalan raya, jadi anda sepertinya tak akan kesulitan dalam mencarinya. Sebagai salah satu spot rock climbing di Bandung, Tebing Citatah hanya bisa di explore tanpa harus keluar banyak biaya.

Pada saat tulisan ini tayang, tiket masuk Tebing Citatah Bandung Barat sebesar Rp5.000 per orangnya. Waktu terbaik mengisi waktu libur disini adalah pada saat musim panas dengan hari yang cerah.

12. Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115884636060384392664

Bandung di anugerahi oleh banyaknya destinasi menarik berbasis alam yang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur. Seperti yang satu ini misalnya, Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau atau kolam alami. Yang mengalir di atas arus sungai citarum purba, dan konon dahulunya menjadi tempat para bidadari.

Disini anda bakal disuguhkan oleh panorama alam memikat yang cocok dijadikan tujuan berwisata bersama orang tercinta. Apalagi untuk anda yang suka berenang di alam terbuka, maka wajib datang kesini.

Sanghyang Heuleut Bandung harus ada ada dalam daftar kunjungan rekreasi anda dan saksikan sendiri keindahannya. Disamping itu, wisata pemandian Bandung yang alami ini menerapkan biaya terjangkau untuk semua kalangan.

Saat ini, tiket masuk Sanghyang Heuleut hanya sebesar 15.000 rupiah, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Disini anda juga bisa menyewa pelampung tuk melengkapi keeseruan selama berenang.

Dimana biaya yang dipatok adalah Rp15.000 per orangnya. Namun bukan suatu masalah juga apabila anda tak ingin basah-basahan. Sebab disekitar kolam alami Sanghyang Heuleut Jawa Barat terdapat beberapa warung atau kios.

Disitu menjajakan aneka camilan, makanan berat hingga minuman hangat tuk menemani momen liburan anda. Duduk santai sembari menikmati landscape alam menakjubkan dengan ditemani aneka sajian lezat menggugah selera.

Berikut untuk lokasi Sanghyang Heuleut yang letaknya berada di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Wisata Sanghyang Heuleut beroperasi pada setiap hari di jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

13. Curug Bugbrug

curug bugbrug
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110954351783179109630

Nama yang unik pada wisata curug Bandung satu ini tak terlepas dari kondisi alam disini. Bugbrug sendiri merupakan gambaran atas suara yang keluar ketika air terjun disini turun menuju kolam kubangan dibawahnya.

Bug .. brug .. kira-kira seperti itulah yang mendasari nama pada wisata Curug Bandung eksotis berikut ini. Curug Bugbrug Bandung bakal memanjakan para pengunjung dengan aneka suguhan menarik di dalamnya.

Air terjun mengalir deras dengan view mempesona yang akan menghipnotis banyak pasang mata. Selain itu, anda juga tak perlu merogoh kocek banyak-banyak tuk bisa berwisata disini.

Tiket masuk Curug Bugbrug sangat terjangkau, saat ini hanya Rp10.000 saja per orangnya, belum termasuk parkir kendaraan ya. Sedangkan untuk parkir, sudah sepaket dengan penitipan kendaraan dan untuk tarifnya yakni Rp5.000.

Keberadaan wisata air terjun ini juga tak terlalu sulit digapai, meski anda tetap harus berhati-hati. Lokasi Curug Bugbrug terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Dari pusat kota, letak destinasi apik ini berjarak sekitar 12 km dengan waktu tempuh perjalanan selama 30 menit. Anda yang akan datang kesini sebaiknya perkirakan waktu dengan baik.

Daya tarik air terjun Curug Bugrbug Bandung selalu buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

14. Gunung Manglayang

gunung manglayang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104387423000415309175

Ingin naik gunung tapi masih ragu, karena mungkin takut capek atau sama sekali belum pernah. Nah, Gunung Manglayang ini bisa jadi solusinya agar anda tetap bisa merasakan keseruan aktivitas mendaki.

Ketinggian Gunung Manglayang Bandung diperkirakan hanya sekitar 1.818 meter diatas permukaan laut. Termasuk gunung yang tidak terlalu tinggi, jadi sangat cocok bagi anda para pendaki pemula.

Aktivitas naik gunung dapat menjadi pilihan anda untuk menciptakan pengalaman liburan yang mengesankan. Melakukannya bersama teman-teman, kawan komunitas, hingga keluarga tercinta agar semakin bahagia.

Mencapai puncaknya adalah hal utama yang menjadi tujuan ketika mendaki gagahnya Gunung Manglayang. Anda bisa melalukan langkah awal perjalanan melalui basecamp di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Sebelum anda benar-benar akan naik gunung ini, mohon untuk memperkirakan cuaca terkini. Karena pada umumnya, mendaki sebuah gunung sangat disarankan ketika hari benar-benar cerah.

Sebab saat musim penghujan cenderung berbahaya, akses jalur pendakian biasanya licin. Disamping itu panorama indah yang semestinya tak nampak menakjubkan seperti ketika musim panas.

Demikian tadi beberapa rekomendasi wisata alam Bandung yang bisa jadi tambahan referensi anda tuk dijelajahi. Dengan sejumlah daya tarik yang ada pada tempat wisata alam Bandung diatas menjadikannya pilihan tepat untuk liburan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × three =