Candi Bima merupakan salah satu peninggalan purbakala bersejarah yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Memiliki sebuah keunikan tersendiri jika harus dibandingkan dengan candi-candi pada umumnya yang ada di Jawa Tengah dan juga Indonesia.

Yakni arsitektur pada bangunan Candi Bima Dieng sekilas mirip dengan beberapa candi-candi yang ada di Negara India. Selain itu keunikan dari Candi Bima Banjarnegara ini adalah terletak pada bagian atapnya yang berbentuk seperti mangkuk ditangkupkan.

Serta masih banyak lagi hal-hal unik lainnya yang membuat wisata di Dieng satu ini dapat anda telusuri lebih dalam. Wisata Candi Bima Jawa Tengah bisa menjadi alternatif kunjungan anda saat berada di kawasan Dieng.

Harga Tiket Masuk Candi Bima

harga tiket masuk Candi Bima
Foto : https://www.instagram.com/ra_harimukti/

Biasanya, sebuah candi bisa diperkirakan masa pembangunannya melalui prasasti-prasasti yang tersedia. Namun pada Candi Bima ini, tidak ditemukan sebuah prasasti sehingga belum diketahui secara pasti kapan bangunan purbakala ini dibangun.

Akan tetapi menurut beberapa arkeolog menyimpulkan bahwa Candi Bima didirikan pada waktu yang tidak berbeda jauh dari Kompleks Percandian Arjuna. Diperkirakan bahwa Candi Bima Dieng berdiri sebelum masa kerajaan Mataram Hindu ada.

Hal tersebut berdasarkan tidak ditemukannya sebuah relief ataupun arca yang biasanya terdapat di candi-candi Hindu pada umumnya. Untuk bisa mencari tau lebih dalam mengenai semua keunikan di candi ini maka anda tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket masuk Candi Bima sampai saat ini hanya mematok tarif sebesar Rp5.000 saja per orangnya, murah sekali bukan? Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau tentu setiap pengunjung sudah bisa menyaksikan lebih dekat salah satu bangunan bersejarah ini.

Wisata Candi Dieng ini bisa anda kunjungi kapan saja sesuai keinginan, sebab terbuka untuk umum selama 24 jam penuh. Waktu terbaik datang ke Candi di Dieng adalah pada saat pagi sampai dengan sore hari.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi bima
Foto : https://www.instagram.com/aarriiyaaddii/

Lokasi Candi Bima terbilang cukup strategis, terletak pada sisi paling selatan di kompleks Percandian Dieng yang populer. Sedangkan untuk alamat Candi Bima berada di Jl. Dieng No.37, Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Jika dari poros Dieng maka untuk mencapai Candi Bima ini jaraknya 2,5 km dengan waktu tempuh sekitar 9 menit perjalanan. Dari kompleks Candi Arjuna Dieng bisa anda jangkau dengan berjalan kaki selama 3 menit dengan menempuh jarak 900 meter saja.

Keberadaan candi ini mudah ditemukan meski anda sama sekali belum pernah berkunjung kesini. Terpasang sebuah papan bertuliskan Candi Bima yang cukup jelas dan tepat berada di tepi jalan.

Akses jalan utamanya bisa dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan, mulai dari roda dua seperti sepeda motor sampai mini bus sekalipun. Ada baiknya anda menggunakan kendaraan yang sehat dan siap tempur, mengingat jalanan di Dieng didominasi oleh jalur menanjak.

Agar laju kendaraan anda menuju Wisata Candi Bima Dieng bebas hambatan, bisa dengan menggunakan maps dibawah ini. Peta navigasi yang tersedia dapat anda gunakan sebagai petunjuk agar bisa dengan mudah tiba di Candi Bima yang mempesona.

Datang juga ke –> Sumur Jalatunda dengan semua mitos dan kisah mistis yang terkandung di dalamnya.

Fasilitas

fasilitas candi bima
Foto : https://www.instagram.com/akmalsyakdan/

Daya tarik wisata Dieng berupa cagar budaya ini juga tak luput dari kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Ragam sarana prasana penunjang sudah tersedia disini sebagai pendukung setiap kegiatan para pengunjung saat liburan.

Dan berikut ini fasilitas Candi Bima di Dieng Banjarnegara yang antara lain adalah :

  • Lahan pakir memadai
  • Pusat layanan informasi
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Kios aneka cenderamata
  • Spot foto instagenic.

Nikmati serunya berlibur ke candi dengan menelisik setiap sudut yang mengandung sejarah beserta cerita menarik di dalamnya.

Kunjungi juga –> Kawah Sileri bisa anda kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Spot Terbaik di Candi Bima

spot terbaik candi bima
Foto : https://www.instagram.com/yustiiiaaaa/

Tahukah anda, jika Bima ini merupakan sebuah candi tertinggi yang ditemukan di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Berjumlah hanya satu bangunan utama candi, tanpa adanya candi-candi perwara.

Menyimpan setidaknya 13 buah arca kudu yang pada awalnya adalah berjumlah 24 di Candi Bima ini. Arca Kudu dengan berat mencapai 15 kg ini memiliki bentuk kepala manusia yang letaknya berada di bilik jendela.

Sedangkan untuk ketinggian Arca Kudu Candi Bima sendiri kira-kira 24Cm, dengan lebar 20Cm dan tebalnya 27Cm. Arca-arca Kudu di Candi Bima ini adalah salah satu sudut menarik yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang saat berswafoto.

Abadikan setiap momen selama menghabiskan waktu libur bersama orang-orang tercinta di Candi Bima yang memikat ini. Melalui foto bersama, selfie sampai dengan merekam video guna merangkum setiap keseruan yang tercipta selama liburan.

Review sebelumnya –> Telaga Merdada sajian bekeliling naik perahu yang seru.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi bima
Foto : https://www.instagram.com/dessysavvy/
  • Waktu terbaik datang ke Candi Bima adalah pada saat hari cerah dan tidak hujan, mengingat berada di area yang terbuka.
  • Apabila cuaca sedang kurang mendukung maka sebaiknya jangan dulu datang kesini karena akan tidak maksimal.
  • Ikut serta dalam selalu menjaga kebersihan area cagar budaya candi Bima agar tetap asri dan lestari.
  • Pahami dengan seksama aturan beserta tata tertib pengunjung yang telah menjadi ketentuan oleh pengelola setempat.

Demikian informasi yang telah anda simak mengenai Candi Bima Dieng dengan arca kudu menjadi daya tarik utamanya. Semoga dari ulasan singkat mengenai Candi Bima membuat anda ingin segera explore cagar budaya Dieng yang bersejarah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + sixteen =