Bali sudah dikenal wisatawan sebagai daerah yang memiliki berbagai macam destinasi wisata, salah satunya yaitu Pulau Serangan. Wisata alam Denpasar ini menyajikan pemandangan indah dan mampu menjernihkan pikiran yang lelah dari padatnya kegiatan.

Apakah tertarik berlibur ke Pulau Serangan? Jika iya, sebelum pergi pastikan Anda mengetahui informasi mengenai Pulau Serangan terlebih dahulu.

Untuk itu, mari simak penjelasan berikut ini mengenai Pulau Serangan dan berbagai aktivitas disananya.

Keindahan Pulau Serangan

keindahan pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114664944567509498453

Kata Serangan merupakan perpaduan antara kata ‘Sira’ dan ‘Angen’. ‘Sira’ memiliki arti sayang dan ‘Angen’ berarti kangen.

Pemberian nama Serangan didasarkan pada zaman dahulu. Sekelompok pelaut dari Bugis sering berkunjung ketika kehausan setelah itu mencari minum di pulau ini.

Pulau Serangan Ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang terdekat baik itu teman ataupun keluarga. Berbagai kegiatan menyenangkan akan mewarnai liburan Anda seperti halnya bersepeda, bermain surfing maupun sekedar berjalan-jalan di tepi pantai.

Berjalan di tepi pantai tidak akan terasa lelah karena akan disuguhkan dengan pemandangan indah di pulau ini. Apalagi pada saat sunset, proses matahari seperti tenggelam di dalam air. Sungguh sangat cantik untuk dinikmati dengan duduk bersama di tepi pantai.

Saat perut sudah mulai lapar, tidak perlu khawatir karena tersedia tempat makan yang lezat. Karena dekat dengan Pantai Serangan, tidak lengkap rasanya kalau tak menyantap aneka olahan kuliner laut. Yang pastinya harus dicoba di tempat ini.

Kedatangan Anda berlibur ke Pulau Serangan adalah pilihan tepat. Keindahan Pulaunya seimbang dengan banyak kegiatan liburan didapatkan.

Harga Tiket Masuk Pulau Serangan

harga tiket masuk pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102539745477066482319

Harga Tiket Masuk Pulau Serangan dapat dikatakan cukup terjangkau. Dengan harga yang terjangkau, Anda mendapatkan liburan lengkap dan dengan fasilitas yang menunjang kenyamanan.

Untuk memasuki lokasi Pulau Serangan cukup dengan membayar Rp. 3.000. Namun, jika ingin memasuki kawasan konservasi penyu ada biaya tambahan.

Harga Tiket Masuk Konservasi Penyu di Pulau Serangan Bali baik weekend maupun weekdays adalah sebesar Rp. 5.000. Namun, untuk Harga Tiket Masuk ini dapat berubah – ubah sesuai dengan kondisi lokasi wisata.

Sebaiknya jika ingin berkunjung dapat menanyakan dahulu kepada call center untuk informasi lebih lanjut mengenai Harga Tiket Masuk.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102231468546941181830

Pulau Serangan terletak cukup dekat dengan pulau bali, hanya terpisah sejauh 110 meter. Selain itu, terletak sejauh 500 meter dari pusat kota, tepatnya di daerah Denpasar Selatan.

Perkembangan akses jalan menuju Pulau Serangan sekarang sudah mudah untuk dijangkau. Mulai dari perkembangan adanya reklame penunjuk jalan kendaraan jalur darat, jembatan serta jalan permanen menghubungkan pulau serangan dengan pulau bali.

Untuk menuju destinasi wisata Serangan Island, wisatawan dapat menggunakan beberapa jenis kendaraan. Anda bisa menggunakan motor, mobil hingga bus pariwisata bisa menjangkau menuju Pulau Serangan.

Setelah sampai di Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Lalu, melaju hingga masuk Bali Mandara Toll Road hingga sampai Jalan Pulau Serangan di Kota Denpasar.

Perjalanan dilanjutkan hingga menuju Jalan Tukad Punggawa dan diakhiri di Jalan Pantai Serangan di Kota Denpasar. Selama perjalanan ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 32 menit.

Fasilitas

fasilitas pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102539745477066482319

Sebuah destinasi wisata akan lebih baik jika ditambah dengan fasilitas wisata untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Begitu pula dengan Pulau Sewangan telah memiliki fasilitas yang sudah sangat memadai bagi wisatawan.

Meskipun penduduk sekitar Pulau Serangan didominasi oleh umat hindu, terdapat sebuah Masjid bernama Masjid Asy-Syuhada yang berdiri megah disini. Selain masjid juga terdapat Pura Sakenan Timur dan Barat, namun toleransi antar umat beragama sangat harmonis terjadi disini.

Tidak hanya Masjid dan Pura sebagai tempat beribadah, ada pula fasilitas lainnya di Pulau Sakenan ini. Dibawah ini merupakan beberapa fasilitas wisata Pulau Serangan sebagai berikut:

  • Wisata Bahari
  • Tempat Penginapan
  • Rumah Makan / Warung
  • Jasa Layanan Pijat
  • Penyewaan kursi
  • Penyewaan papan selancar dan water sport
  • Toilet
  • Tempat Ibadah: Pura Sakenan dan Masjid Asy-Syuhada

Jam Buka

jam buka pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106260485060171312029

Pulau Serangan dapat Anda kunjungi setiap waktu. Karena Pulau Serangan dapat diakses selama 24 jam.

Berbeda dengan jam buka lokasi konservasi penyu. Terdapat jam buka dan tutup yang harus diikuti oleh para pengunjung.

Konservasi Penyu buka mulai pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00. Jam buka dan tutup ini disesuaikan dengan keadaan waktu setempat yaitu Waktu Indonesia Tengah (WIT).

Kunjungi juga –> Pantai Sindhu dengan view memikat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102539745477066482319

Pulau Serangan menyediakan beberapa aktivitas yang menarik untuk dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung. Sebelum berkunjung ke Pulau Serangan Bali, Anda perlu mengetahui spot wisata dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan.

Nah, berikut adalah informasi mengenai aktivitas yang dilakukan di objek wisata serangan:

Mengunjungi Kampung Nelayan Etnis Bugis

Terdapat salah satu kampung wisata yang dapat Anda kunjungi di Pulau Serangan. Kampung wisata tersebut adalah Kampung Nelayan di Pulau Serangan.

Kampung Nelayan adalah suatu kampung yang memiliki penduduk tidak berasal dari etnis bali melainkan dari Bugis. Sebelum menetap di Pulau Serangan, penduduk kampung nelayan merupakan pengungsi yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Memancing

Pulau Serangan memiliki spot memancing yang patut dicoba untuk wisatawan yang suka aktivitas memancing. Salah satu aktivitas memancing yang disukai wisatawan adalah berburu belut laut.

Kuliner makanan laut

Setelah seharian mengikuti berbagai aktivitas alam di sekitaran Pulau Serangan, Anda bisa beristirahat sambil bersantai di tempat makan sekitar pantai. Tempat ini akan menyajikan berbagai olahan hasil laut yang sangat lezat dan bergizi.

Berbagai olahan laut yang disajikan mulai dari ikan bakar segar, udang dan kerang saus balado hingga cumi goreng tepung. Makanan favorit lainnya di lokasi ini adalah urap rumput yang pastinya segar.

Water Sport dan Surfing

Water Sport yang tersedia di pulau serangan denpasar mulai cukup banyak bermunculan. Namun, memang water sport tidak sebanyak daripada lokasi wisata lainnya.

Kegiatan tersebut mulai dari jetski, canoeing, boat serta parasailing dapat Anda jumpai di sini. Seluruh kegiatan asyik water sport ini sangat wajib untuk dicoba.

Daerah sekitaran pantai di pulau serangan bali terdapat spot yang bisa digunakan untuk bermain surfing. Sekaligus menikmati pemandangan indah nan cantik. Selain bermain surfing, terdapat surfing course untuk tempat berlatih surfing di pantai bagi pemula maupun anak – anak.

Mengunjungi Turtle Park

Selain bermain air, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai konservasi penyu di pulau serangan ini. Tak heran, pulau ini juga sering disebut dengan Pulau Serangan Turtle Bali Island.

Wisatawan dapat belajar mengenai bagaimana penyu itu dapat bertumbuh dan berkembang disini. Seperti ketika penyu bertelur, penetasan hingga bagaimana keberadaan penyu dewasa.

Review sebelumnya –> Bali Handara Gate yang eksotis.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau serangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114664944567509498453

Untuk mengunjungi Pulau Serangan, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti untuk menambah kenyamanan berlibur:

  • Mempersiapkan budget yang sesuai atau dapat membuat rinciannya dahulu
  • Menggunakan sandal karena masih banyak jalan pasir yang berbatu di sepanjang pantai
  • Pilihlah olahan laut yang segar sehingga akan menambah kelezatan makanan

Berbagai informasi di atas semoga dapat dijadikan panduan sebelum memutuskan untuk pergi ke Pulau Serangan. Jangan lupa mengabadikan foto di sana karena tempatnya benar-benar bagus, saying untuk dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =