Waduk Nglangon menjadi salah satu daya tarik yang membuat kota Grobogan selalu menjadi tujuan mengisi hari libur oleh banyak orang. Sejatinya fungsi Waduk Nglangon Grobogan sendiri seperti bendungan pada umumnya, yakni untuk keperluan irigasi.

Namun karena pesona alam yang dimiliki begitu luar biasa, pada akhirnya dimanfaatkan juga dalam sektor pariwisata. Hamparan luas air yang memenuhi area waduk ini menjadi pemandangan tersendiri yang menakjubkan dan begitu memikat banyak pasang mata.

Keindahan yang terlihat di tempat wisata Grobogan satu ini mampu membuat siapapun  tak henti-hentinya berdecak kagum. Ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang akan membuat wisatawan yang tengah berkunjung ke Waduk Nglangon Kradenan akan merasa betah.

Harga Tiket Masuk Waduk Nglangon

harga tiket masuk Waduk Nglangon
Foto : https://www.instagram.com/azayn_official/

Kabupaten dengan julukan Kota Swike ini menyimpan aneka daya tarik wisata yang rekomended sebagai tujuan mengisi waktu senggang. Salah satunya adalah Waduk Nglangon ini, yang dimana saat akhir pekan dan musim liburan tempat ini ramai akan pengunjung.

Banyak dari pengunjung yang datang memang ingin bersantai sejenak untuk melepas penat dengan melihat ragam pemandangan menawan. Selain itu anda juga bisa bermain dengan menjajal sarana wahana permainan air yang tersedia disini.

Dan untuk bisa explore Waduk Nglangon yang mempesona maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab harga tiket masuk Waduk Nglangon di Grobogan hanya sebesar 5.000 rupiah saja per orangnya, sangat terjangkau sekali bukan?

Sedangkan jika anda ingin bermain wahana yang menyenangkan seperti perahu bebek maka hanya membutuhkan biaya antara 10.000-20.000 rupiah saja. Tak ketinggalan, anda juga perlu berwisata kuliner disini, menyantap hidangan lezat sembari menyaksikan panorama waduk, emm begitu luar biasa.

Anda bisa kapanpun datang ke Waduk Grobogan satu ini, namun sangat tidak disarankan jika berkunjung saat hari sudah gelap. Pagi dan sore hari menjadi waktu yang paling digemari oleh pengunjung untuk menikmati pesona Waduk Nglangon dengan lebih maksimal.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat waduk nglangon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104325589043859000432

Nama Nglangon sendiri berasal dari nama sebuah desa dimana waduk ini berada, yaitu di Desa Nglangon. Waduk yang di bangun pada tahun 1911 sampai 1914 dapat anda kunjungi dengan mudah karena lokasinya yang cukup strategis.

Alamat Waduk Nglangon berada di Desa Nglangon, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-Alun Grobogan mencapai 35 km untuk bisa sampai ke wisata Waduk Nglangon yang tiada duanya.

Akses jalan yang mesti dilalui sudah cukup baik untuk berbagai jenis kendaraan, mulai dari roda dua hingga empat sekalipun. Sehingga siapapun yang akan berkunjung ke Waduk Nglangon dijamin tidak akan menemui kesulitan yang berarti selama perjalanan.

Tak perlu khawatir jika anda masih bingung dengan rute perjalanan menuju Waduk Nglangon ini. Maps berikut bisa anda gunakan guna memudahkan laju kendaraan ketika akan liburan bahagia di Waduk Nglangon.

Datang juga ke –> Bendung Klambu

Fasilitas

fasilitas waduk nglangon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103393672264830888844

Termasuk dalam salah satu wisata Grobogan populer yang menjadi buruan banyak wisatawan dari berbagai daerah. Telah di dukung juga dengan berbagai sarana prasarana sebagai penunjang ragam aktivitas dan kegiatan selama berada disini.

Dan berikut fasilitas Waduk Nglangon yang di antaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi / toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Camping Area
  • Kios jajanan
  • Gazebo / tempat duduk
  • Warung makan
  • Area memancing
  • Taman Bunga
  • Wahana permainan air
  • Kolam renang mini
  • Spot foto instagenic

Bermain perahu bebek berkeliling danau akan membuat momen rekreasi anda kali ini semakin berkesan. Namun jika anda membawa rombongan maka cobalah naik perahu wisata yang dapat memuat banyak orang untuk berkeliling danau.

Selain itu juga para pengunjung bisa bermain di kolam renang yang tersedia, lengkap dengan perosotan didalamnya. Yang tak kalah menarik adalah, disini anda juga bisa berinteraksi dengan sapi-sapi yang tengah digembala oleh para peternak.

Kunjungi juga –> Bledug Kuwu

Spot Terbaik di Waduk Nglangon

spot terbaik di waduk nglangon
Foto : https://www.instagram.com/herra_fii/

Keberadaan Waduk Nglangon ditandai dengan adanya hutan jati yang menambah kesan alami serta asri kawasan ini. Ditambah dengan banyaknya aneka pepohonan hijau turut membuat suasana disini begitu teduh dan sejuk.

Para wisatawan yang tengah berkunjung akan disuguhkan dengan pemandangan burung-burung yang berterbangan di langit Waduk Nglangon. Beberapa jenis burung yang bisa anda temukan antara lain Bondol Peking, Dederuk Jawa, Alap-alap, Elang dan lain sebagainya.

Panorama cantik yang tersaji di Waduk Nglangon akan membuat anda ingin mengabadikannya ke dalam sebuah foto maupun video. Jadikan hamparan luas waduk yang memikat sebagai latar belakang saat selfie dan juga foto bersama.

Hasilkan foto instagenic pada spot terbaik di Waduk Nglangon yang menarik perhatian anda untuk menjadikannya background ketika berswafoto.

Review sebelumnya –> Air Terjun Widuri

Tips Berkunjung

tips berkunjung waduk nglangon
Foto : https://www.instagram.com/yunisagara/

Berikut beberapa tips berkunjung ke Waduk Nglangon di Grobogan Jawa Tengah sebagai tambahan referensi anda.

  • Musim panas dengan harinya yang cerah adalah waktu terbaik dalam memilih Waduk Nglangon sebagai alternatif liburan dan rekreasi.
  • Sebaiknya datang saat pagi ataupun sore hari untuk mendapatkan nuansa sekitar yang bakalan bikin nyaman.
  • Berkunjung ketika siang hari juga bukan suatu masalah, namun bisa dengan mengenakan penutup kepala untuk melindungi diri dari terik matahari.
  • Selalu berhati hati dan utamakan selalu keselamatan saat jalan-jalan dan melalukan hal-hal menyenangkan selama liburan.

Demikian tadi ulasan singkat yang membahas tentang salah satu pesona alam Grobogan mempesona yakni Waduk Nglangon. Dengan segala daya tarik yang dimiliki, salah satu waduk Jawa Tengah terbesar ini tak boleh sampai anda lewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 1 =