Gumuk Pasir menjadi salah satu tujuan wisata favorit oleh banyak pengunjung saat berada di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata Bantul ini berbentuk seperti gurun pasir yang menawarkan banyak sekali keseruan untuk anda coba.

Seperti dengan bermain sandboarding, jalan-jalan naik mobil jeep, menyaksikan sunset dan masih banyak lagi yang Gumuk Pasir Jogja sajikan. Berdekatan dengan beberapa pantai cantik yang memungkinkan untuk mengunjunginya dalam rangka mengisi waktu santai di hari libur.

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo jangan sampai anda lewatkan sebagai tujuan liburan bersama teman maupun orang tersayang. Gumuk Pasir Parangtritis cocok bagi anda yang ingin bersenang-senang untuk dapatkan momen rekreasi lebih berkesan.

Daya Tarik Gumuk Pasir

daya tarik gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103492238759697252223

Sejatinya Gumuk Pasir ini merupakan sebuah fenomena alam yang cukup langka di dunia. Entah bagaimana awal mula terjadinya, namun yang pasti saat ini kondisi Gumuk Pasir Parangkusumo seperti gurun pasir.

Nah, landscape alam semacam ini sepertinya tak bisa anda temukan di sembarang tempat, khususnya di Jogja. Hanya satu ini lah Gurun Pasir Parangkusumo, dengan segudang daya tarik menawan yang dapat anda saksikan lebih dekat.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

harga tiket masuk gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100201494947707565621

Dan untuk bisa menikmati waktu libur di Gumuk Pasir Jogja maka setiap wisatawan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Harga tiket masuk Gumuk Pasir cukup terjangkau, hanya sekitar Rp5.000 – Rp10.000 saja per orangnya.

Ketika anda ingin berselancar diatas pasir dengan menggunakan Sandboarding, maka biaya sewanya adalah Rp100.000 per papannya. Tak ada batas waktu yang ditentukan ketika anda menyewa papan Sandboarding untuk berselancar ini.

Hal lain yang tak kalah seru yakni berkeliling menaiki mobil Jeep, yang bisa di isi oleh 5 orang, termasuk driver. Harga sewa mobil jeep Gumuk Pasir, saat ini sebesar Rp450.000/mobil dengan durasi berkeliling sekitar 90 menit.

Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi syuting ataupun prewedding. Nah, untuk kegiatan-kegiatan tersebut, mengenai biayanya dapat anda ketahui setelah berdiskusi dengan pengelola setempat.

Ketentuan biaya-biaya diatas bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Jam operasional wisata yang berlaku di Gumuk Pasir yakni pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101508160574641812630

Lokasi Gumuk Pasir berada di wilayah yang dekat dengan banyak pantai-pantai cantik di sekitarnya. Ada 3 pantai yang bisa anda explore sekaligus di Gumuk Pasir Jogja, antara lain Parangtritis, Parangkusumo dan Cemoro Sewu.

Daya tarik wisata Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki luas wilayah kurang lebih 413 hektare dan terbagi ke dalam tiga zona. Yang dimana 141,5 ha merupakan zona inti, sedangkan 95,3ha sebagai zona terbatas dan zona penunjang seluas 176,6 ha.

Alamat Gumuk Pasir terletak di Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila anda menjangkaunya dari Alun-Alun Paseban Bantul maka jaraknya 17,9 km untuk mencapai Gumuk Pasir.

Anda bisa mengakses maps dibawah ini apabila masih bingung dengan jalan utama ke arah wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Datang juga ke –> Curug Banyunibo cocok untuk anda melepas kepanatan.

Fasilitas

fasilitas gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106976618703277109051

Termasuk ke dalam daftar wisata Bantul Jogja yang populer, Gumuk Pasir sudah dilengkapi dengan sarana pendukung. Dan berikut ini fasilitas Gumuk Pasir yang antara lain adalah :

  • Area parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Sewa papan Sandboarding
  • Naik mobil jeep
  • Spot foto melimpah

Nikmati setiap hal-hal menarik yang Gumuk Pasir Yogyakarta suguhkan untuk memberikan anda pengalaman liburan tak terlupakan. Dengan berselancar menaiki papan sandboarding atau jalan-jalan menaiki mobil jeep bersama orang-orang tercinta.

Kunjungi juga –> Kebun Buah Mangunan aneka pemandangan mengagumkan dari ketinggian.

Spot Terbaik di Gumuk Pasir

spot terbaik di gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113109595100058499714

Sejauh mata memandang, kita hanya akan menyaksikan pasir-pasir disekelilingnya. Sebuah bentang alam gundukan pasir yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terjadi akibat pasir terhembus dan menumpuk dalam jumlah banyak.

Gundukan-gundukan pasir di wisata Bantul hits inilah yang akan menjadi hidangan utama dan wajib anda jadikan background saat berfoto ria. Kegiatan berswafoto tentu menjadi hal wajib yang harus dilakukan dan tidak boleh untuk terlewatkan.

Hamparan luas seperti padang pasir ini sangat menarik untuk bisa menghasilkan foto yang estetik. Apalagi ketika sore hari, berlatar belakang sunset di perairan parangtritis terlihat begitu menakjubkan.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya pada spot terbaik di Gumuk Pasir melalui selfie, foto rame-rame sampai dengan rekam video. Untuk itu jangan sampai anda tidak membawa kamera ya, karena berwisata bahagia akan kurang lengkap tanpa adanya berfoto-foto ria.

Review sebelumnya –> Hutan Pinus Mangunan dengan pesona istimewanya yang tiada tara.

Tips Berkunjung

tips berkunjung gumuk pasir
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108129062147944872477

Dibawah ini dapat anda simak tips berkunjung ke Gumuk Pasir yang bisa menjadi tambahan referensi.

  • Wajib berkunjung ketika cuaca bersahabat dan sedang tidak turun hujan agar semuanya lebih maksimal.
  • Anda bisa datang ketika pagi atau sore hari untuk mendapatkan suasana lebih teduh dan tidak panas.
  • Apabila anda berkunjung saat siang hari, bisa dengan menggunakan penutup kepala untuk melindungi dari terik matahari.
  • Selalu berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan demi berlangsungnya liburan lancar bebas hambatan.
  • Perhatikan dengan baik tata tertib wisata Gumuk Pasir yang sudah di tetapkan oleh pengelola untuk semua pengunjung.
  • Dilarang keras membuat kotor di area Gumuk Pasir Parangkusumo demi kelestarian alam disekitar sini.

Destinasi ini bisa anda jadikan alternatif dalam rangka menghabiskan waktu libur agar lebih berwarna. Sekian dulu ulasan singkat seputar wisata Bantul viral yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo yang mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 9 =