Oleh oleh khas solo – Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya. Solo memiliki Pesona khusus yang bisa membuat siapapun akan betah juga selalu ingin kembali lagi. Kota Solo memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Anda jangan lewatkan untuk hal yang satu dengan mengeksplor semua tempat wisatanya sampai puas. Setelah anda puas Menikmati keindahan pesona juga ragam budaya dan wisatanya. Anda tentu tak mau melewatkan juga satu tujuan utama lainnya yaitu membeli oleh-oleh khas Solo.

Sangat beragam oleh-oleh dari Kota Solo ini mulai dari berbagai macam kuliner sampai barang-barang kerajinan khas Solo. Makanan dan barang-barang tersebut bisa anda beli dan bawa pulang sebagai buah tangan atau kenang-kenangan bagi keluarga anda. Berikut 10 ulasan oleh-oleh khas Solo yang terkenal:

Oleh-oleh Khas Solo

1.Serabi Notosuman Solo

Disaat Anda berwisata sudah pasti anda akan merasa lapar dan tentunya makanan merupakan satu hal yang harus anda nikmati. Ada suatu tempat oleh oleh khas solo yaitu makanan khas Solo yang sangat terkenal yaitu serabi Notosuman. Serabi ini merupakan salah satu kuliner di Solo yang patut Anda coba.

tempat oleh oleh khas solo
Source : www.brilio.net

Tak berubah tepung, serabi Notosuman ini adalah kue tradisional dicampur dengan santan, setelah menjadi adonan. Kemudian adonan tersebut dituang ke dalam cetakan khusus lalu dibakar menggunakan sebuah tungku dan arang.

Sistem masak menggunakan tungku dan arah ini merupakan cara memasak tradisional yang sudah berlangsung sejak dulu. Rasa dari serabi Notosuman ini ditawarkan dengan beragam rasa, mulai dari message, coklat, potongan pisang dan keju juga nangka.

Harganya pun sangat murah yaitu hanya 2.000 rupiah saja per porsi. Supaya awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh serabi ini dibungkus dalam kemasan dan divakum Agar udara tidak masuk.

Nah Jika anda ingin menikmati serabi Notosuman ini alamatnya adalah di Jalan Muhammad Yamin. Buka dari jam 07.00 pagi setiap harinya.

2. Abon Sapi Mesran

Kuliner berikut yang patut juga Anda jadikan oleh-oleh khas Solo adalah abon sapi mesran. Kuliner ini sangat legendaris di Solo. Abon sapi Mesran ini dibuat dari olahan daging sapi dicampur ayam yang rasanya manis pedas bercampur menjadi satu.

oleh oleh khas solo yang tahan lama
Source : andarastuti.blogspot.co.id

Rasanya karena Ambon ini terbuat dari ayam dan sapi, sangat cocok di makan bersama nasi putih panas. Panganan Ini masa kadaluarsanya sangat lama karena dikemas dan dimasak dengan bahan-bahan yang tahan lama. Jadi anda tidak perlu khawatir membeli abon mesran ini sebagai oleh-oleh khas dari kota Solo.

Satu bungkus abon sapi Mesran ini dijual hanya dengan harga Rp40.000 dan paket besar Rp70.000 ( beda ukuran beda harga).

Baca Juga >> Tempat Populer Beli Oleh-Oleh Khas Bali

3. Intip Solo

Panganan yang satu ini mempunyai nama yang unik yaitu intip. Istilah intip di sini yang dimaksud adalah jenis makanan yang sangat gurih dan renyah. Ini merupakan sebuah jajanan yang layak menjadi oleh-oleh yang ndak patut beli.

oleh oleh khas surakarta
Source : santosuryo.wordpress.com

Panganan ini berbentuk seperti mangkuk, dasarnya adalah dari kerak nasi yang dijemur sampai kering. Lalu digoreng memakai minyak panas. Dan setelah proses menggoreng kerak nasi tersebut dicetak lalu disiram dengan saus karamel berbahan dari gula jawa.

Rasa yang disajikan sangat gurih dan renyah cocok untuk makanan camilan. Oleh-oleh khas Solo yang satu ini sangat banyak dijual di kota Solo. Harganya berkisar Rp10.000 sampai Rp50.000 tergantung ukuran yang dijual.

4. Wedang Serbat

Satu yang tak kalah nikmat juga adalah sajian minuman selain dari pada makanan. Ada sebuah minuman khas tradisional Solo bisa membuat badan Anda hangat dan nyaman yaitu wedang serbat.

souvenir khas solo
Source : www.serbatjangkrikmas.com

Wedang serbat Solo juga patut Anda jadikan oleh-oleh yang bisa untuk orang di rumah. Tapi jangan salah sangka dulu minuman satu ini tidak berbentuk cair. Namun berbentuk seperti sebuah tablet berbentuk besar terbuat dari jahe dan rempah-rempah.

Cara penyajiannya, anda bisa langsung menyeduhnya di dalam air panas atau hangat. Serbat ini juga disa anda konsumsi layaknya memakan sebuah permen. Kebanyakan serbat dijual berbentuk panjang dan di dalamnya berisi ada beberapa tablet serbat.

Soal harga Jangan khawatir terbaru juga murah cukup terjangkau bagi kantong anda. Jadi silakan bagi Anda yang ingin menjadikan serbat sebagai oleh-oleh orang di rumah. Karena momiji khasiat menyehatkan dan bisa menghangatkan tubuh.

5. Ampyang

Berikut adalah sebuah panganan yang sudah sangat terkenal dan sangat legendaris. Tidak hanya bagi orang Solo tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia satu panganan ini.

enak
Source : www.panorama-jtb.com

Oleh oleh khas solo yang tahan lama ini namanya Ampyang, begitulah makanan ini disebut. Terbuat dari gula merah, kacang dan air jahe. Teksturnya berbentuk agar keras tetapi lembut dan lumer ketika dimakan.

Cara membuatnya mudah, Kacang tanah mencampurkan langsung dengan gula merah dicampur air jahe. Ketiga bahan tadi diaduk sampai mengental lalu adonan tersebut dibentuk menjadi sebuah lempengan berbentuk bulat agak lonjong. Lalu dibiarkan sampai kering mengeras dan siap disajikan.

Ada beberapa jenis Rasa yang ditawarkan yaitu pedas manis gurih. Harganya sangat murah sekali yaitu Rp4.000 sampai Rp50.000 dengan kemasan besar.

Jadi jika anda yang berkunjung ke Solo bisa membeli panganan ampyang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga >> 10 Oleh-oleh Khas Banjarmasin

6. Kue Solo Prabu

Berikut adalah oleh oleh khas solo terbaru yaitu oleh-oleh dengan panganan yang kekinian yang memiliki cita rasa manis lembut. Panganan tersebut yaitu kue Prabu Solo. Kue Prabu Solo adalah kue yang berbahan pastry dengan lapisan cream bertabur topping.

kekinian
Source : @soloprabu

Nama kuenya unik bertemakan Jawa ( kue Prabu Solo) Dengan beberapa varian kue yang disajikan dengan nama para tokoh pewayangan; Semar keju, Petruk tiramisu, Gareng Black velvet.

Harganya agak sedikit tinggi, maklum namanya juga kue kekinian jaman now. Harganya mulai dari Rp40.000 sampai Rp55.000 per satu kotak kue.

7. Kue Solo Pluffy

Tidak kalah dengan kue Solo Prabu Solo juga mempunyai kue kekinian lainnya yaitu kue Solo pluffy. Usaha kuliner kue Solo pluffy ini milik seorang aktris atau Jakarta yaitu aktris Jessica Mila.

murah
Source : soloevent.id

Kue Solo pluffy memiliki tekstur lembut dan berbentuk bundar besar, memiliki rasa yang sangat enak. Dengan banyak varian rasa yang ditawarkan yaitu Original, green tea cornflake, choco cornflake, cheese dan strawberry.

Harga satu kotak kue Solo pluffy adalah Rp 40.000 sampai Rp 58.000. Anda bisa mendapatkan panganan ini di toko Solo pluffy Jalan Ronggowarsito. Tempat ini buka mulai jam 07.00 pagi sampai jam 22.00 malam setiap harinya.

8. Batik Solo

Setelah tadi kita membahas oleh-oleh yang berbentuk makanan dan minuman Sekarang saatnya kita mengintip oleh-oleh berbentuk fashion.

unik
Source : batikbagoessolo.blogspot.co.id

Oleh oleh khas surakarta yaitu batik. Batik merupakan salah satu peninggalan sejarah di Indonesia dan yang terbesar ada di pulau Jawa. Salah satunya berada di Solo Jawa Tengah.

Kota Solo merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia Batik Solo begitu sebutannya. Salah satu andalan kota Solo yaitu batiknya biasa orang menyebutnya dengan sebutan batik Solo.

Orang yang berjualan batik Solo sangat banyak tersebar di kota ini. Beragam varian batik bisa anda dapatkan mulai dari berbentuk kain jarik Jawa, kemeja, tas, dompet dan bentuk lainnya.

Tempat rekomendasi berbelanja batik Solo adalah di Pasar Klewer, Kampung batik Kauman, Kampung batik Laweyan. Pusat-pusat grosir lainnya di kota Solo juga tidak kalah dengan tempat-tempat tersebut.

Harganya cukup bersahabat dengan kantong anda. Tapi jika anda ingin yang high class tinggi Anda bisa berbelanja di batik Danar Hadi Jalan Brigjen Slamet Riyadi.

9.Kerajinan Tangan

Solo terkenal dengan para jawara seniman, diantaranya seniman kerajinan tangan. Sangat banyak kerajinan tangan di kota Solo. mulai dari wayang, miniatur candi, miniatur sepeda dan lain-lain.

enak
Source : www.tripadvisor.co.id

Setiap sudut kota Solo ada menjual beragam kerajinan tangan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Solo. Harga yang ditawarkan cukup beragam tergantung model dan jenis kerajinan tangan yang dijual.

Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan ini banyak dijual di alun-alun kota Solo. Jika ingin lebih bagus Anda bisa singgah ke Keraton Surakarta ada menyediakan berbagai macam jenis kerajinan tangan. Ini bisa menjadi salah satu souvenir khas solo.

10.Barang Antik

oleh oleh khas solo terbaru
Source : asedino.wordpress.com

Pasar triwindu adalah pusat yang menjual barang-barang antik. Menjajakan beragam jenis benda peninggalan sejarah zaman dahulu. Benda tersebut seperti gramafon, keris, lemari-lemari antik, sepeda, piring, porselen dan masih banyak benda antik lainnya yang unik.

11. Pukis Badran

pukis badran
Foto : https://www.instagram.com/nitip.solo/

Kudapan manis satu ini tak boleh anda lewatkan ketika mencari oleh-oleh khas Solo. Namanya Pukis Badran yang populer dan kerap jadi incaran banyak wisatawan dari luar wilayah Solo.

Pukis sendiri menjadi salah satu jajanan tradisional yang masih ada sampai saat ini. Meski zaman terus maju, namun pukis seperti tak lekang oleh waktu.

Seiring bertambahnya zaman, pukis mengalami kemajuan dalam segi sajiannya. Penampilan dan rasa tidak hanya itu-itu saja, sehingga menarik tuk di cicipi.

Seperti halnya Pukis Badran Solo ini yang menawarkan beragam varian rasa tuk anda pilih. Rasa dari Pukis Badran sendiri lumayan banyak dan beraneka.

Seperti keju, cokelat, oreo, cappucino, kacang, gula aren, meses, kismis, tiramisu, abon hingga daging sapi. Cita rasa yang dihadirkan tentu saja enak dan lezat, dan anda seperti tak bisa tuk berhenti memakannya.

Kudapan ini pun diklaim mampu bertahan selama dua sampai tiga hari lamanya. Jadi, jika ingin membawanya pulang, masih tergolong aman selagi tidak melampaui waktu tersebut.

Lokasi Pukis Badran berada di Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Toko Pukis Badran beroperasi pada pukul 09.00 hingga 21.00 wib.

12. Kue Mandarijn

Kue Mandarijn
Foto : https://www.instagram.com/nitipkittin/

Kue Mandarijn merupakan salah satu produk populer di Toko Roti Orion Solo. Yang dimana camilan manis ini ternyata memiliki banyak sekali penggemar, baik warga Solo maupun luar daerah.

Jadi tak heran bila Kue Mandarijn selalu diburu oleh para pelancong khususnya yang akan pulang. Bentuk Kue Mandarijn sendiri meneyerupai bolu lapis atau spiku.

Warnanya coklat dan kuning, hampir mirip dengan kue lapis surabaya yang ikonik. Tekstur kuenya sendiri begitu lembut, legit, dan cita rasanya manis.

Kelezatannya akan menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya ditengah waktu luang. Anda bisa memilih beragam varian rasa yang dihadirkan Toko Roti Orion pada menu Kue Mandarijn.

Pilihan rasanya ada orginal, spesial dan juga kismis dengan masing-masing daya tariknya. Mengenai harganya sendiri anda tak perlu khawatir, karena masih tergolong terjangkau dan ramah dikantong.

Ketika tulisan ini dimuat, harga Kue Mandarijn dibanderol mulai dari Rp90.000 hingga Rp200.000an. Harga menyesuaikan dari ukuran kemasan Kue Mandarijn di Toko Orion Solo.

Lokasi Toko Roti Orion berada di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Beroperasi pada pukul 07.30 sampai 20.00 wib dan selalu buka di setiap harinya.

13. Bakpia Balong

bakpia balong
Foto : https://www.instagram.com/jastipbysg/

Mungkin sebagian dari kita ketika mendengar nama Bakpia, akan langsung tertuju ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab Bakpia memang jadi salah satu kuliner khas Jogja yang sudah terkenal sejak dulu.

Namun tidak hanya Jogja yang memiliki bakpia sebagai oleh-oleh menarik tuk di beli. Di Solo, juga ada bakpia dengan cita rasa enak dengan kualitas terbaik.

Yakni Bakpia Balong yang memiliki keunikan tersendiri dari bakpia-bakpia pada umumnya. Terletak pada ukuran, yang terlihat lebih besar, meski tidak terlalu signifikan.

Bakpia Balong Sumber Rejeki menawarkan beberapa pilihan rasa yang menggugah selera. Rasa Bakpia Balong yaitu cokelat, keju, durian, kacang hijau dan merah, serta daging.

Termasuk salah satu oleh-oeh Solo yang legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1960. Untuk itu, bertepatan dengan anda yang sedang berada di Solo, wajib tuk membeli Bakpia Sumber Rejeki.

Lokasi Bakpia Balong sendiri terletak di Jl. Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Waktu operasional dari toko Bakpian Balong Solo ini adalah pukul 07.30 – 19.00 wib.

Keberadaannya lumayan dekat, bila anda menjangkaunya dari Alun-Alun Kidul Surakarta jaraknya hanya 3,4 km. Membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 15 menit saja tuk sampai ke Bakpia Sumber Rejeki Solo.

14. Solo Pluffy

solo pluffy
Foto : https://www.instagram.com/kulinersoloo/

Ini merupakan salah satu oleh-oleh Solo yang kekinian, atau bisa dibilang kue modern. Solo Pluffy menyuguhkan sebuah camilan manis berupa kue yang menggugah selera.

Berbentuk lingkaran dan terdiri dari tiga lapis. Pada lapis pertama, beripa cake dan juga krim. Sedangkan lapis keduanya, cake ditambah krim dengan varian rasa tertentu. Sedangkan untuk lapis yang ketiga berupa cake.

Tekstur dari Solo Pluffy sangat lembut dimulut dan rasanya begitu enak serta manis. Brand Solo Pluffy sendiri merupakan milik Jessica Mila, artis Indonesia yang sudah malang melintang.

Anda bisa menikmati hidangan Solo Pluffy dalam beberapa pilihan rasa yang cukup beragam. Varian rasa Solo Pluffy yakni original, cokelat, keju, choco crunchy, blueberry dan red velvet.

Dengan beragam menu yang dihadirkan, anda bisa membeli sesuai keinginan. Dan tak perlu ragu soal harganya, karena masih bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Saat ini harga dari per kemasannya yaitu sekitar Rp60.000 saja. Anda bisa menikmati setiap menu Solo Pluffy ditempat maupun tuk dibawa pulang.

Lokasi Solo Plufffy berada di Jl. Ronggowarsito No.145, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Waktu operasional toko Solo Pluffy yaitu pukul 08.00 – 22.00 wib.

15. Abon Mesran

abon mesran
Foto : https://www.instagram.com/nitipkittin/

Abon Mesran dapat anda jadikan buah tangan tuk keluarga di rumah, sepulang dari Solo. Atau, abon ini juga cocok bila dikonsumsi sendiri, seperti misalnya untu teman makan.

Makanan yang terbuat dari serat daging hewan ini begitu populer di kota Solo. Khususnya Abon Mesran, yang namanya lumayan dikenal oleh banyak pemburu oleh-oleh.

Nama “Mesran” sendiri diambil dari nama sang pemiliknya, yaitu Mesran Mistopawiro. Saat anda berburu oleh-oleh khas Solo, Abon Mesran ini jangan sampai terlewatkan ya.

Tersedia dalam dua macam, yakni abon ayam dan juga sapi. Dimana keduanya sama-sama memiliki rasa enak dan mampu menggoyang lidah siapapun yang memakannya.

Karena tahan lama, abon Solo hits ini bisa anda bawa pada jarak tempuh yang tidak dekat. Anda bisa membeli dalam jumlah sedikit ataupun banyak, sebagai stok dikemudian hari.

Lokasi Toko Abon Mesran Mistopawiro berada di Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Waktu operasional dari toko Abon legendaris ini pada pukul 08.00 sampai dengan 22.00 wib.

16. Roti Kecik

roti kecik
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116070864055636945161

Roti Kecik termasuk dalam daftar oleh-oleh Solo yang kami sarankan tuk anda bawa pulang. Mungkin camilan manis ini belum terlalu terkenal khususnya bagi wisatawan luar kota meski sudah ada sejak lama.

Sejarah mengatakan bahwa Roti Kecik Solo berdiri sejak tahun 1881 dan sampai hari ini masih eksis. Kudapan manis ini sendiri berbentuk roti kering yang pembuatannnya menggunakan beras ketan.

Meski namanya roti, namun tidak empuk seperti roti-roti pada umumnya. Tekstur Roti Kecik cenderung keras, namun rasanya manis dan juga gurih lho.

Disamping itu, karena daya tahan roti ini dapat berlangsung kama, jadi coco untuk buah tangan. Dikemas dalam sebuah plastik yang tertutup rapat, sehingga aman meski dibawa pada jarak jauh.

Sama seperti toko roti orion, yang merupakan toko oleh-oleh khas Solo populer. Catat alamat lengkap dari Rori Kecik Solo sebelum anda mengunjunginya.

Lokasi Roti Kecik berada di Jl. Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Kios Roti Kecik di Solo beroperasi pada pukul 07.00 hingga 21.00 wib.

17. Serundeng Solo

serundeng solo
Foto : https://www.instagram.com/jajanan_solo_2004/

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu makanan khas Indonesia satu ini. Serundeng, makanan yang terbuat dari parutan kelapa digoreng bersama beberapa bumbu rempah.

Seperti bawang merah, gula, asam jawa, ketumbar, kunyit, lengkuas, daun jeruk dan lain-lain. Cita rasa yang dihadirkan tentu saja mampu menggugah selera siapa saja ketika memakannya.

Biasanya serundeng dijadikan teman makan, dipadukan dengan nasi dan beberapa lauk pauk. Momen bersantap anda jadi semakin nikmat berkat kehadiran Serundeng yang menemani.

Kota Solo sendiri punya Serundeng khas yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh tuk dibawa pulang. Mudah anda temukan Serundeng Solo di beberapa toko oleh-oleh Kota Budaya ini.

Sensasi rasa manis dan juga gurih dari Serundeng Solo cocok tuk anda beli. Atau menjadikannya cendramata tuk keluarga di rumah agar bisa ikut merasakan kelezatan Serundeng Solo.

Tersedia dalam beberapa kemasan dan teman makan ini juga mampu bertahan dalam waktu lama. Jadi anda tak perlu khawatir apabila ingin membawa Serundeng dalam perjalanan yang memakan waktu.

Salah satu lokasi Serundeng Solo adalah sebagai berikut :

  • Abon Srundeng yang berada di Jl. Kahar Muzakir No.56, RW.9, Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.
  • Toko Abon Mesran Mistopawiro terletak di Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Serta masih banyak lagi toko dan kios oleh-oleh yang menjual Serundeng khas Solo.

18. Rambak Petis

rambak petis
Foto : https://www.instagram.com/tahupetisbunda_solo/

Selanjutnya adalah camilan renyah dengan rasa asin yang memiliki banyak sekali penggemar. Yakni Rambak Petis, dan mungkin beberapa dari anda baru mendengar nama tersebut tuk pertama kalinya.

Kerupuk rambak dan juga petis, adalah komponen utama dari kuliner menggugah selera berikut ini. Kerupuk dari kulit sapi atau yang biasanya disebut rambak, di cocok pada sambal petis.

Petis sendiri merupakan salah satu jenis sambal, dan bisanya disandingkan dengan camilan atau gorengan. Sambal Petis pada umumnya memiliki rasa gurih dan sedikit pedas..

Biasanya bahan dasarnya adalah petis udang, kacang tanah, bawang, gula, garam, kecap manis dan lain-lain. Jadi kesimpulannya, adalah Rambak Petis ini merupakan camilan kerupuk yang di cocol ke sambal.

Kebayang kan gimana kira-kira kelezatan dari kudapan satu ini, yang dapat anda bawa pulang. Atau menikmatinya langsung saat mengisi waktu libur di kota Solo bersama orang-orang terkasih.

Anda bisa menyantapnya di berbagai momen, seperti misalnya ketika sarapan atau makan siang. Rasakan baluran sambal pada kerupuk rambak yang akan menggoyang lidah serta mulut anda.

Ketika anda ingin mencari buah tangan menarik ini, bisa datang ke salah satu toko, yakni Rambak Petis Pak Dul Solo. Lokasi Rambak Petis ini berada di RT.01/RW.11, Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

19. Brem Solo

brem solo
Foto : https://www.instagram.com/nadinenaira.snacks/

Sejatinya Brem merupakan makanan populer yang khas di daerah Jawa Timur. Namun, untuk menemukan brem di wilayah Jawa Tengah, bukanlah sesuatu hal yang sulit.

Sebab di beberapa wilayah Jawa Tengah juga menjual brem di berbagai toko oleh-oleh. Seperti misalnya Kota Solo, yang juga memilki brem sebagai salah satu oleh-oleh khasnya.

Brem Solo memiliki rasa yang unik bila dibandingkan dengan brem-brem pada umumnya. Camilan bernama Brem yang ada di Solo memiliki bentuk seperti lempengan.

Berbahan dasar dari sari ketan hitam yang kemudian difermentasikan dan rasanya begitu menarik. Bagi anda yang belum pernah memakannya mungkin awalnya akan kaget dengan rasanya.

Namun justru karena itulah, Brem Solo punya ciri khasnya tersendiri sehingga memiliki banyak penggemar. Saat disantap, brem akan langsung mencair dan menimbulkan semacam sensasi semriwing pada mulut.

Untuk bisa menemukannya, Brem ini hampir tersedia di semua toko oleh-oleh khas Solo.

20. Ampyang

ampyang solo
Foto : https://www.instagram.com/lengo.klentik/

Dan yang terkahir adalah ampyang, apakah anda baru tahu camilan satu ini? Ampyang sendiri salah satu jajanan tradisional yang ada di beberapa kota provinsi Jawa Tengah.

Seperti misalnya Magelang dan juga Solo, dengan masing ciri khas Ampyangnya. Camilan yang berhahan dasar dari kacang tanah, jahe, dan gula merah ini begitu nikmat saat dilahap.

Bentuk Ampyang Solo seperti lembaran kertas, dan rasanya gurih, manis serta sedikit pedas khas jahe. Ampyang Jahe Solo tersedia dalam beberapa kemasan dan harganya pun relatif murah.

Baca Juga:

Maps Pusat Oleh-oleh Solo

Jika anda sedang berkunjung ke Solo dan ingin membeli oleh-oleh khas solo? Anda dapat mencarinya di Maps berikut :

Demikian pembahasan rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =