Tempat wisata di Situbondo merupakan destinasi yang banyak dicari oleh orang-orang karena terkenal masih asri dan alami. Situbondo sendiri adalah nama dari kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur dan masih berdekatan dengan Banyuwangi.

Kabupaten satu ini mempunyai panaroma alamnya yang begitu indah dan amat menakjubkan. Hampir semua wisata yang ada di kawasan Situbondo ini jarang dikunjungi sehingga menjadi hidden game. Penasaran dengan daftar destinasi wisata apa saja yang bisa dijelajahi di Situbondo?

Berikut daftar tempat wisata di Situbondo yang hits dan menarik sekali untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan ketika liburan tiba:

1. Pantai Bilik

tempat wisata di situbondo
Foto : https://www.instagram.com/jstinee.project/

Objek wisata di Situbondo pertama yang bisa Anda kunjungi adalah pantai Bilik. Destinasi pantai satu ini sangat unik karena mempunyai gradasi warna yang berbeda dari jenis lainnya. Ya, pantai Bilik sendiri mempunyai gradasi warna seperti abu abu dan coklat muda dari pasirnya, biru dan hijau dari airnya.

Kemudian ada juga warna coklat tua dan emas di pinggir pantai. Semua kombinasi warna yang ada di Pantai Bilik benar-benar menciptakan sebuah keindahan yang luar biasa. Tidak heran ya jika ada banyak wisatawan berdatangan ke Pantai Bilik. Kawasan pantai Bilik sendiri bisa Anda temukan di Jl. Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

2. Plaza Rengganis

plaza rengganis
Foto : https://www.instagram.com/kekyblancos93/

Plaza Rengganis merupakan wisata terbaru di Situbondo yang menarik untuk Anda jadikan pilihan. Meski namanya adalah “plaza”, namun destinasi satu ini bukanlah pusat perbelanjaan, ya!

Destinasi satu ini merupakan sebuah puncak yang memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl. Kawasan wisata ini dahulunya adalah gunung berapi aktif yang berubah menjadi sebuah puncak dengan keindahan pemandangannya yang menarik untuk disaksikan.

Nah, gunung Rengganis sendiri memiliki banyak puncak dan salah satu yang paling bagus untuk dikunjungi adalah Rengganis Argopuro. Di sini merupakan titik yang paling populer dengan keindahan alamnya.

Di puncak Rengganis Arguporo sendiri, Anda bisa menyaksikan sebuah pemandangan alam menakjubkan dari ketinggian. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mengunjungi beberapa situs peninggalan dari zaman dahulu.

3. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Situbondo Paling Hits
Foto : https://www.instagram.com/s.ilvipratiw/

Tempat wisata keluarga di Situbondo yang harus Anda kunjungi adalah Taman Nasional Baluran. Bisa dibilang sih taman nasional satu ini hampir mirip dengan suasana yang ada di benua Afrika.

Hal ini dikarenakan dengan padang savanna yang begitu luas di taman nasional ini, savananya yang luas dan pepohonan yang lebat. Tidak heran jika orang banyak mengatakan bahwa Taman Nasional Baluran ini mirip dengan Afrika, bahkan bisa dibilang miniaturnya.

Saat musim hujan, hampir pohon yang ada di Taman Nasional Baluran tumbuh menjadi lebat, sungguh menyejukkan sejauh mata memandang. Sayangnya, ketika memasuki musim kemarau, kawasan wisata ini berubah menjadi panas dan gersang. Ada baiknya sih jika Anda mengunjungi kawasan ini saat musim hujan.

Taman Nasional Baluran sendiri mempunyai luas hingga 25.000 hektar. Dengan lokasinya yang sangat luas ini, tidak heran jika Taman Nasional Baluran merupakan sebuah habitat yang nyaman bagi satwa-satwa liar.

4. Air Terjun Talempong

air terjun talempong
Foto : https://www.instagram.com/tatashintanadhira/

Air terjun Talempong merupakan wisata alam Situbondo yang sepertinya jangan sampai terlewatkan. Berlokasi di Jalan Secang Barat, kelurahan Kalisari, Anda bisa menelusuri pesona keindahan alam Air Terjun Talempong yang begitu mempesona.

Kawasan wisata ini juga memiliki suasana yang begitu menenangkan. Kalau Anda mencari tempat untuk healing, sepertinya Air Terjun Talempong adalah alternatif yang paling tepat.

Destinasi wisata Situbondo ini cocok untuk refreshing dan healing. Apalagi, air terjunnya juga tidak begitu tinggi dan debit airnya tidak terlalu deras.

Kalau Anda mau berenang, Air terjun Talempong ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Karena airnya yang segar dan suasana di sekitar yang begitu sejuk, dijamin membuat Anda betah.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo

Tempat instagramable di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/fahmi_rizky45/

Pantai Pasir Putih merupakan tempat wisata di Situbondo paling hits. Berlokasi di Jalan Pandansari, destinasi bahari di Situbondo ini mudah sekali untuk Anda temukan nantinya. Pantai memiliki air laut begitu putih jernih.

Saking jernihnya, bahkan Anda bisa lho melihat secara langsung makhluk-makhluk air yang ada di bawah laut. Pantai ini masih terjaga keasriannya dengan baik. Kalau Anda tertarik menjelajahi keindahan pantainya, cobalah untuk menyewa perahu dari nelayan sekitar.

6. Savana Bekol

Wisata Situbondo Terbaru
Foto : https://www.instagram.com/ayyearifin/

Savana Bekol merupakan tempat wisata alam di Situbondo yang sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja. Berlokasi di Taman Nasional Baluran, Savana Bekol menawarkan pemandangan yang teramat indah.

Sesuai dengan namanya, maka destinasi wisata ini menawarkan sebuah suasana savana. Tempat ini benar-benar mempunyai sebuah padang rumput dengan hamparan begitu luas. Wisata Savana Bekol menjadi destinasi yang direkomendasikan oleh sebagian besar pengunjung ketika datang ke Situbondo.

Savana Bekol memiliki pemandangan dan suasana yang hampir sama dengan luar negeri. Di mana lokasinya penuh dengan aneka macam tumbuhan yang rata-rata didominasi dengan pepohonan lebat dan hamparan rumput.

Adapun jenis tanaman yang paling banyak Anda temukan nantinya di Savana Bekol sendiri adalah Acacia nilotica.

Tanaman ini unik karena pertumbuhannya menyesuaikan pada musim. Kalau hujan, maka Acacia Nilotica akan bertumbuh dengan lebat. Sementara saat kemarau, tanaman juga akan menjadi kering dengan sendirinya.

7. Pantai Lempuyang

wisata Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/jen_muqit/

Pantai Lempuyang merupakan tempat wisata di Situbondo paling hits. Mungkin saat Anda mendengar “Lempuyang”, yang terbayang di benak Anda adalah sebuah nama stasiun di Yogyakarta.

Namun, sebenarnya kawasan satu ini merupakan sebuah destinasi wisata yang indah. Lempuyang di Situbondo menawarkan sebuah destinasi pantai yang eksotis dan cantik dengan pasir putihnya yang begitu lembut jika disentuh.

8. Alun Alun Situbondo

alun alun situbondo
Foto : https://www.instagram.com/akhmad_basofi/

Belum lengkap deh rasanya jika jalan-jalan ke Situbondo tapi belum mengunjungi alun-alunnya. Kalau Anda sedang berada di Situbondo, cobalah untuk mengunjungi kawasan alun-alunnya yang indah.

Alun-alun menjadi tempat wisata anak di Situbondo yang cukup ramah dan bisa menjadi alternatif destinasi saat sore atau malam hari. Kawasan wisata ini begitu indah dan dijamin bisa menghibur rasa bosan Anda.

Menjadi sebuah taman kota kebanggaan Situbondo, maka Anda harus mengunjungi tempat wisata satu ini sebab pesonanya yang hampir tiada dua. Masyarakat lokal Situbondo sering menjadikan alun-alun sebagai alternatif untuk wisata di dekat kota karena aksesnya yang begitu mudah.

Di sini, Anda bisa melakukan jogging, berburu kuliner, bersantai sambil menyaksikan pemandangan Situbondo, nongkrong hingga bersepeda.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Probolinggo yang menyimpan sejuta keindahan panorama alam yang eksotis dan mampu memanjakan para wisatawan.

9. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
Foto : https://www.instagram.com/roday_17/

Pantai Tangsi merupakan sebuah obyek wisata di Situbondo yang sangat unik dan layak sekali untuk Anda kunjungi. Berlokasi di Mangaran, Pantai Tangsi merupakan sebuah kawasan wisata dengan pemandangan alam yang benar-benar memukau.

Uniknya, sebelum menjadi sebuah destinasi pantai, kawasan ini dahulunya adalah kilang minyak. Walau dahulunya adalah kilang minyak, tetap saja pantai Tangsi mempunyai kecantikan alam yang indah dan tetaplah mempesona.

10. Pabrik Gula Olean

Pabrik Gula Olean
Foto : https://www.instagram.com/rioprabowohrp/

Pabrik Gula Olean merupakan tempat wisata di Situbondo, Jawa Timur yang memiliki nilai sejarah tinggi. berlokasi di Jl. Laksda Adi Sucipto, kelurahan Olean, Anda sepertinya jangan melewatkan bangunan pabrik gula satu ini.

Pabrik gula legendaris ini sudah ada semenjak tahun 1864 dan sampai hari inipun masih berdiri. Ya, bangunan tua di Situbondo ini masih beroperasi dan memproduksi gula dengan kualitas terbaik.

Saat mengunjungi bangunan pabrik ini, maka Anda seolah akan diajak menjelajahi masa lampau. Dengan model arsitektur bangunannya yang begitu unik dan khas mampu membawa kita ke masa lalu.

11. Pantai Pathek

objek wisata di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/mazdanee/

Pantai Pathek merupakan wisata di Situbondo yang begitu menarik. Berlokasi di Jalan Pantai Pathek, kawasan wisata ini mudah sekali untuk Anda temukan karena ada di jalur pantai utara. Tidak jarang Pantai Pathek menjadi sebuah persinggahan sementara wisatawan.

Saat singgah di kawasan pantai ini, pastikan Anda menyempatkan diri berburu kuliner lezatnya. Ada juga spot terbaik untuk memancing kalau memang Anda suka sekali dengan aktivitas mencari ikan.

12. Samir Rafting

Samir Rafting
Foto : https://www.instagram.com/situbondo.adventure/

Berlokasi di Desa Bantal yang masih berada di Kecamatan Asembagus, Anda sepertinya perlu mencoba arung jeram di Samir Rafting. Di sini, Anda bisa melakukan aktivitas arung jeram bersama teman-teman karena sungainya memiliki medan yang menyenangkan untuk dilalui.

Dikelola oleh Situbondo Adventure, maka Anda bisa menikmati asyiknya rafting dengan teman-teman. Dibekali dengan pemandangan alam yang begitu indah, dan ada 3 pilihan waktu untuk rafting yakni pagi, sore dan siang.

Jarang sekali bukan ada tempat wisata yang menawarkan rafting di malam hari? Kalau Anda dan teman-teman butuh wisata yang menantang saat malam hari, Anda bisa pergi ke Samir Rafting. Dan nikmatilah asyiknya arung jeram di sungai yang berada di Desa Bantal.

13. Pantai Tampora

wisata di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/ivan_maulana_prasasty/

Berlokasi di Jl. Tampora, Kalianget, wisata Situbondo satu ini tidak kalah terkenalnya untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih indah yang bisa dipadukan dengan air laut yang begitu jernih.

Pantai ini juga mempunyai pemandangan batu karang dan aneka macam rumput laut yang indah. Saling menyebar di kawasan bibir pantai Tampora yang membuatnya terlihat semakin eksotis dan mempesona.

Tempat instagramable di Situbondo ini sangat populer karena keindahan wisatanya dan fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas di Pantai Tampora yang bisa Anda gunakan adalah saung untuk beristirahat, gazebo, toilet, parkir dan kamar mandi.

14. Monumen 1000 Km Anyer Panarukan

Monumen 1000 Km Anyer Panarukan
Foto : https://www.instagram.com/anita.nur.laily/

Mau mengenang betapa hebatnya kekuatan masyarakat Indonesia zaman dahulu? Cobalah untuk pergi ke monumen peringatan bernama 1000 km Anyer Panarukan.

Monumen satu ini adalah saksi sejarah kekejaman Daendels. Penjajah Belanda yang meminta rakyat Indonesia untuk membangun sebuah jalan raya dengan panjang hingga 1.000 kilometer.

Jalan ini dibangun sepanjang Anyer, Jawa Barat hingga Panarukan, Situbondo. Monumen satu ini dibangun pada tahun 2014 dan masih terbilang baru.

Monumen bersejarah ini didominasi dengan warna putih dan sebuah tugu udang yang menjadi simbol bahwasannya Panarukan sebuah tempat budidaya udang. Kalau Anda sedang berada di Situbondo, jangan lupa untuk pergi ke monumen satu ini.

15. Pantai Balanan

Pantai Balanan
Foto : https://www.instagram.com/zidanee.a/

Kawasan pantai Balanan merupakan sebuah destinasi yang berlokasi di Desa Wonorejo, kelurahan Sumberwaru, Banyuputih. Air laut yang ada di pantai Balanan sangat jernih belum lagi pemandangan hutan mangrovenya yang begitu mempesona.

Pantai Balanan sendiri hampir selalu menjadi sebuah wisata populer di Situbondo ketika akhir pekan tiba. Di pantai ini, Anda bisa menyaksikan sebuah padang savana dengan pemandangan yang begitu eksotis.

Padang savanna di Pantai Balanan ini hampir menyerupai kawasan NTT. Apalagi warna laut pada pantai ini juga biru indah.

Kalau Anda ingin menginap, kawasan pantai ini juga menyediakan sebuah resort. Jadi, Anda bisa bersantai dengan nikmat ditemani dengan fasilitas lengkap dari resort. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama di Pantai Balanan.

16. Alun Alun Asembagus

tempat wisata di situbondo
Foto : https://www.instagram.com/andriecalum/

Mau mencari tempat nongkrong seru di kawasan Situbondo? Coba saja ke Alun-alun Asembagus. Di tempat wisata ini, Anda bisa santai atau berburu spot foto menarik. Ya, ada sebuah tulisan “Alun-alun Asembagus” yang cukup fotogenic, bagus menjadi spot foto Anda ketika datang ke tempat wisata ini.

Kalau lapar, tenang saja! Ada banyak sekali lho pedagang yang menjajakan makanannya di sekitar alun-alun. Mau menikmati pemandangan kota Situbondo sambil jajan akan lebih asyik dilakukan di alun-alun Asembagus.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Sampang dengan wahana dan destinasi kekinian yang baru dan selalu ramai dipadati oleh wisatawan.

17. Pantai Banongan

obyek wisata di Situbondo
Foto : https://www.pantainesia.com/

Pantai Banongan merupakan tempat wisata di Situbondo terbaru. Berlokasi di Jl. Waringin Anim Utara, Asembagus, pantai ini memiliki banyak sekali pohon kelapa yang mendayu-dayu.

Di sini, Anda bisa menyaksikan pohon kelapa yang bertumbuh dengan subur di bibir-bibir pantai Banongan. Kawasan pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang begitu bersih. Warnanya yang putih begitu menyatu dengan keindahan air laut sehingga menjadi sebuah destinasi yang sayang dilewatkan.

18. Waduk Pitaloka

tempat wisata di Situbondo Paling Hits
Foto : https://www.instagram.com/arum0513/

Mau mencari sebuah wisata yang asyik untuk nongkrong bersama teman-teman? Pergi saja ke Waduk Pitaloka yang berlokasi di desa Curah Cotok. Di destinasi wisata ini, Anda bisa menyaksikan sebuah bendungan air yang indah dengan pepohonan yang begitu rindang dan asri.

Bendungan yang ada di Waduk Pitaloka sendiri telah masyarakat sekitar manfaatkan sebagai sumber irigrasi sawah. Mengingat kawasan sekitar dekat sekali dengan sawah dan pertanianan, jadi tidak heran jika bendungan di waduk dimanfaatkan sebagai irigasi.

19. Pantai Bama

tempat wisata di Situbondo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/ika.soliah/

Wisata Situbondo terbaru yang bisa Anda jelajahi adalah Pantai Bama. Kawasan pantai ini masih berada di Taman Nasional Baluran. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan yang semuanya masih terjaga dengan begitu baik.

Selain melihat pemandangan, Anda juga bisa mengamati aneka macam hewan liar yang hidupnya masih saling menyatu dengan alam sekitar. Sajian pemandangan inilah yang membuat Pantai Bama hampir tidak pernah sepi.

Pantai Bama juga mempunyai hutan bakau sebagai habitat para satwa liar. Ada juga sebuah jembatan sederhana yang cukup bagus untuk berfoto. Tertarik dengan Pantai Bama, datanglah ke Jl. Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

20. Waduk Bajulmati

tempat wisata alam di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/disiniclau/

Berlokasi di Jalan Baluran, Waduk Bajulmati bisa menjadi salah satu destinasi Situbondo yang bisa dikunjungi. Saat weekend, Waduk Bajulmati ini hampir selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Waduk ini mempunyai keindahan alam yang masih asri dan dijamin akan mempesona mata Anda. Belum lagi ada banyak pepohonan di sekitar waduk yang dijamin memberikan udara sejuk meski Anda datang di siang hari.

Waduk ini mempunyai bendungan air yang sangat jernih, dijamin Anda tidak akan bosan telah berkunjung ke Bajulmati.

21. Pelabuhan Jangkar

wisata terbaru di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/royhantofail/

Mau mencari wisata laut yang indah dan mempesona? Datang saja ke Pelabuhan Jangkat Situbondo! Berlokasi di Kecamatan Asembagus, destinasi wisata satu ini sangat ramai dikunjungi ketika weekend maupun tanggal merah.

Pelabuhan Jangkar sendiri mempunyai panorama indah yang dijamin akan mengobati rasa jenuh Anda setelah seharian beraktivitas. Apalagi untuk bisa menikmati pemandangan laut di Pelabuhan Jangkar juga tidak dikenakan tiket.

22. Gunung Argopuro

tempat wisata di Situbondo, Jawa Timur
Foto : https://www.instagram.com/arman__man__/

Kalau Anda mencari tempat untuk refreshing sejenak, sepertinya Anda perlu pergi ke Gunung Argopuro. Wisata gunung yang ada di Situbondo ini selalu ramai oleh para pengunjung yang ingin camping.

Gunung Argopuro sendiri begitu indah dengan sensasi pemandangan dan suasananya yang masih asri. Kalau Anda sedang berada di Situbondo, sepertinya wisata Gunung Argopuro sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Datanglah bersama teman-teman dan membawa perlengkap camping sendiri. Jangan lupa bawalah makanan dan minuman yang cukup supaya bisa menjadi bekal selama perjalanan menuju ke puncak.

23. Pantai Bletok Situbondo

tempat wisata keluarga di Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/tataunited/

Situbondo memang terkenal dengan wisata pantainya, salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Bletok. Sama dengan jenis pantai lainnya yang ada di Situbondo, pantai Bletok ini memiliki air yang sangat jernih.

Tidak hanya airnya yang jernih, ombak yang ada di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga aman sekali untuk berenang. Kalau Anda datang bersama anak-anak, maka kawasan pantai ini bisa dijadikan tempat berenang dan bermain air yang tepat.

Anda tidak perlu takut jika anak-anak terbawa arus karena ombaknya begitu aman. Kalau mau bermain pasir juga bisa karena pantai Bletok memiliki hamparan pasir yang sangat lembut. Selain itu, ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati di pantai ini mulai dari gazebo, rumah makan, hingga toilet.

24. Puncak Ringgit

wisata alam Situbondo
Foto : https://www.instagram.com/juniardanarizky/

Kalau Anda suka sekali mendaki, sepertinya Puncak Ringgit adalah destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan Anda. Puncak yang berada di Gunung Ringgi Situbondo ini memiliki ketinggian hingga 1250 mdpl, sehingga masih terbilang mudah sekali untuk ditaklukkan.

Jika Anda tidak ingin camping atau bermalam, maka pastikan Anda datang saat malam hari sehingga bisa menyaksikan sunrise tepat waktu. Di jalur pendakian Puncak Ringgit sendiri terdapat sebuah situs wisata religi yang bisa Anda kunjungi.

Ya, ada sebuah makam dari toko religi Situbondo yang disegani yakni Raden Condro. Kalau Anda penasaran dengan petilasannya, maka cobalah untuk mengunjungi situs religi ini selama melakukan pendakian.

25. Pantai Pandean

tempat wisata di situbondo
Foto : https://www.instagram.com/wildan_hamami/

Tempat wisata di Situbondo terakhir yang bisa Anda jelajahi adalah Pantai Pandean. Kawasan pantai satu ini sangat terkenal dengan pemandangan pantainya yang begitu mempesona. Berlokasi di Desa Wanareja, masih berada di kecamatan Banyuputih, Pantai Pandean memiliki pemandangan yang dijamin tidak akan membuat Anda bosan.

Pantai Pandean memiliki warna laut biru jernih dengan pasir putihnya yang begitu halus dan lembut. Mau berenang atau bermain pasir? Keduanya bisa Anda lakukan di Pantai Pandean. Pantai satu ini hampir selalu ramai ketika weekend karena lokasinya yang mudah diakses.

Review sebelumnya –> tempat Wisata di Sidoarjo yang terbaru dengan beragam spot hits cocok banget untuk anda berlibur saat akhir pekan.

Bagaimana, masih bingung mencari tempat wisata di Situbondo untuk dikunjungi? Dengan 25 daftar destinasi wisata Situbondo yang dijelaskan di atas, maka Anda bisa menyusun itinerary dengan lebih lengkap!

Pastikan bahwa semua rencana sudah Anda persiapkan dengan matang agar liburan Anda berjalan dengan lebih lancar.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here