Bukan hanya terkenal sebagai ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram juga terkenal dengan Adat Sasak dan Adat Bali. Selain memiliki kekayaan budaya, rupanya juga ada beberapa tempat wisata di Mataram yang recommended untuk dikunjungi.

Terlebih lagi, Mataram merupakan pusat dari perjalanan wisata di Pulau Lombok yang sangat eksotis. Selain memiliki beberapa wisata alam Mataram, kota ini juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah. Sehingga, kota ini sangat layak untuk dimasukkan ke daftar rencana liburan Anda.

Di sana Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus mempelajari situs-situs budaya bersama teman atau keluarga tersayang. Berikut ini daftar tempat wisata di Mataram yang sangat populer dan wajib dikunjungi bersama orang tersayang saat liburan tiba:

1. Pura Batu Bolong

tempat wisata di mataram
Foto : https://www.instagram.com/septiksmynt/

Pura Batu Bolong merupakan salah satu tempat wisata alam di Mataram yang terletak di kawasan Batu Layar, Lombok Barat. Selain aktif digunakan sebagai tempat ibadah, pura ini juga menjadi destinasi wisata alam, sejarah, religi, budaya, dan edukasi.

Pura Batu Bolong Lombok ini telah dibangun sejak tahun 1533 dan masih berdiri kokoh sampai saat ini. Pura ini memiliki tata letak pembangunan yang sangat menarik sehingga Anda pasti akan takjub dengan view atau keindahan yang disajikan.

Daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini tentunya adalah puranya yang berlokasi di tepian laut. Di sekeliling pura terdapat patung-patung yang sangat dihormati dan dikeramatkan, seperti Patung Laksmana, Patung Rama, Patung Naga, dan beberapa lainnya.

Berdasarkan sejarah, nama dari pura ini merujuk pada batuan besar yang menjadi tempat berdirinya Pura Batu Bolong ini. Batuan tersebut memiliki lubang karena terkena abrasi dari air laut yang ada di dekatnya.

Selain pura itu sendiri, batu andesit dan pantai yang ada di sebelahnya juga menjadi daya tarik yang tak kalah menarik. Pantai tersebut bernama Pantai Senggigi yang terkenal dengan panoramanya yang menenangkan hati.

2. Taman Udayana

Wisata Mataram malam hari
Foto : https://www.instagram.com/alifabang_/

Di Jl. Udayana, Pejarakan Karya, Kec. Selaparang, Kota Mataram terdapat satu taman yang cukup menyita perhatian wisatawan. Taman yang biasa dijadikan pusat rekreasi keluarga tersebut bernama Taman Udayana.

Tempat wisata keluarga di Mataram ini berdiri sejak tahun 1988 dan masih menjadi taman kebanggaan kota Mataram hingga saat ini. Sebuah monumen yang menggambarkan kehidupan masyarakat Mataram menjadi daya tarik utama dari taman ini.

Taman Udayana selalu direnovasi sesuai perkembangan zaman sehingga sering terasa seperti wisata terbaru di Mataram. Apalagi sudah ada banyak spot foto kekinian di sekitar taman yang membuat pengunjung semakin tertarik.

Lokasi Taman Udayana yang tak jauh dari lapangan terbang milik Angkatan Udara juga menambah daya tarik dari taman ini. Apalagi di dalam taman Anda juga bisa menemui monumen pesawat TNI Angkatan Udara.

Selain itu, di sana Anda juga bisa menemukan patung berbentuk orang yang tengah memukul alat musik pukul tradisional Lombok. Alat musik bernama Gendang Belek tersebut biasa dimainkan masyarakat Mataram saat ada acara adat atau upacara pernikahan.

Selain menikmati keindahan yang ditawarkan, masyarakat sekitar dan pengunjung juga biasa berolahraga di sekitar taman. Pada pagi atau sore hari banyak ditemui orang yang bersepeda atau berlari mengelilingi taman ini.

3. Pantai Penghulu Agung

wisata mataram lombok
Foto : https://www.instagram.com/aibubble/

Pantai Penghulu Agung merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Kota Tua Ampenan, tepatnya Ampenan Selatan. Wisata pantai di Mataram ini memiliki pasir berwarna hitam dengan ciri khas ombaknya yang tenang.

Dulunya, Pantai Penghulu Agung adalah dermaga yang dijadikan tempat berlabuhnya kapal-kapal para saudagar. Hal ini terbukti dengan adanya mercusuar sirene yang masih berdiri kokoh di salah satu sudut pantai ini.

Saat memasuki pantai ini, Anda akan menemui banyak bangunan pemecah ombak yang berjajar di sepanjang pantai. Pasalnya, daerah sekitar ini hampir setiap tahunnya selalu diterjang oleh ombak yang cukup besar.

Saat memasuki sore, ada banyak anak-anak yang berlarian sambil bermain bola di pesisir pantai. Selain itu, banyak kedai-kedai makanan yang mulai buka saat menjelang sore hari.

Anda bisa menyantap kuliner khas pantai sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam dari pesisir pantai. Pemandangannya yang sangat indah membuat pantai ini sangat banyak diminati oleh pengunjung, terutama yang gemar fotografi.

4. Pura Meru

wisata mataram
Foto : https://www.instagram.com/yury.okh/

Selain Pura Batu Bolong, Mataram juga memiliki pura lain yang tak kalah terkenal, salah satunya adalah Pura Meru. Pura ini berlokasi di Jl. Selaparang, Cakranegara Timur, Kecamatan Cakranegara.

Sebagaimana namanya, objek wisata di Mataram ini memiliki arsitektur yang cukup unik, yaitu berupa Meru dengan atap bertingkat. Berdasarkan sejarah, pura terbesar di kawasan Lombok ini diperkirakan sudah dibangun sejak tahun 1720.

Meskipun sudah menjadi tujuan wisata yang sangat diminati, tetapi pura ini masih aktif digunakan untuk peribadatan umat Hindu. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke pura ini diharapkan selalu dapat menjaga ketenangan, terlebih saat ada pelaksanaan ibadah.

Setelah puas berkeliling Pura Meru sambil menikmati keindahan arsitekturnya, Anda bisa berbelanja di toko-toko oleh-oleh yang ada di Pasar Cakranegara. Pasar ini berlokasi di sebelah barat Pura Meru, Anda bisa ke sana hanya dengan berjalan kaki saja.

Layaknya pura pada umumnya, Pura Meru terbagi menjadi tiga bagian yang mana bagian utamanya bernama Utama Mandala. Di dalamnya terdapat 33 sanggah berwarna putih yang menyimbolkan 33 desa yang membantu pembangunan Pura Meru.

Jika diperhatikan, salah satu Meru-nya memiliki 11 tingkat, sementara dua Meru lainnya hanya memiliki 9 tingkat. Rupanya, Meru-meru tersebut melambangkan dewa-dewa dalam ajaran Hindu yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.

5. Taman Mayura

wisata mataram instagramable
Foto : https://www.instagram.com/hanhan.pic/

Tak jauh dari Pura Meru, terdapat sebuah taman bernama Taman Mayura yang tepatnya berlokasi di Jl. Purbasari No. 29, Mayura. Taman ini dibangun oleh Raja A.A. Made Karangasem sejak tahun 1744 Masehi.

Awalnya, obyek wisata di Mataram ini bernama Taman Kelepug karena sering terdengar suara air yang jatuh ke kolam. Kemudian, pada tahun 1866 Raja A.A. Ngurah Karangasem melakukan renovasi dan mengganti namanya menjadi Taman Mayura.

Taman Mayura menjadi salah satu wisata Mataram instagramable karena perpaduan pemandangan alam dengan nuansa religius dan sejarah yang kental. Perlu diketahui, taman ini sendiri terbagi menjadi dua area, yaitu area taman dan area pura yang dipakai untuk tempat ibadah.

Di dalam taman, pengunjung dapat menemui sebuah kolam dengan sebuah bangunan di tengahnya. Bangunan bernama Rat Kerte ini biasa dijadikan sebagai tempat musyawarah atau tempat berkumpul oleh petinggi kerajaan.

Taman Mayura merupakan salah satu wisata Mataram yang memiliki beberapa keunikan. Di sana terdapat satu patung yang menggambarkan toleransi dan semangat perbedaan, yaitu patung bercirikan China, Muslim, dan Jawa.

Hal unik lain dari pantai ini adalah pengunjung yang datang wajib memakai selendang kecil berwarna merah yang disediakan pengelola. Untuk pemakaiannya adalah dengan cara diikatkan di pinggang dengan mengikuti aturan tersendiri.

Bagi pengunjung yang sudah menikah diikatkan di sebelah kiri, untuk yang masih pacaran diikatkan di sebelah kanan. Sedangkan, bagi pengunjung yang masih single selendang diikatkan di tengah pinggang.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Lampung populer dan selalu ramai di padati oleh wisatawan dari berbagai daerah.

6. Kota Tua Ampenan

objek wisata di mataram
Foto : https://www.instagram.com/kompasphotography/

Kota Tua Ampenan merupakan salah satu wilayah yang sangat populer yang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dinamakan Kota Tua karena wilayah ini memiliki unsur historis yang sangat kental.

Dulunya, Ampenan merupakan wilayah yang menjadi pusat bisnis dan dagang di Pulau Lombok. Hal itulah yang kemudian menjadikan kota ini memiliki banyak suku, mulai dari Bangsa Tionghoa, Arab, Bugis, Melayu, Jawa, dan lain-lain.

Pada zaman penjajahan Belanda, Ampenan merupakan kota pelabuhan utama sehingga banyak sejarah yang tersimpan di dalamnya. Sayangnya, pada tahun 1970 pelabuhan ini terpaksa harus ditutup karena adanya gelombang besar di Selat Lombok.

Di kota Ampenan sendiri masih ada Wihara bernama Bodhi Dharma yang telah berdiri sejak tahun 1804. Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat sekitar yang terdiri dari berbagai suku bangsa selalu hidup rukun dari dulu sampai sekarang.

Selain kaya akan nilai sejarah, Kota Tua Ampenan juga terkenal dengan Pantai Ampenan yang sangat eksotis dan memanjakan mata. Di kawasan Ampenan Anda juga bisa menikmati kuliner khas Lombok seperti pelecing kangkung, urap timun, seafood, lontong, dan lain sebagainya.

7. Pantai Ampenan

wisata di mataram
Foto : https://www.instagram.com/mo_hasan_suryawan/

Pantai Ampenan merupakan tempat paling terkenal yang ada di Kota Tua Ampenan. Objek wisata di Mataram ini juga memiliki sisi sejarah yang sangat kental berkaitan dengan Kota Mataram dan Pulau Lombok.

Secara geografis, lokasi wisata di Mataram ini adalah di Jl. Pantai Ampenan, Ampenan Tengah, Kota Mataram. Setiap harinya pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat menjelang senja tiba.

Pengunjung biasa menikmati seafood dan jajanan lainnya yang ada di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan sunset. Apalagi, Pantai Ampenan kini sudah dilengkapi dengan tempat duduk yang bisa digunakan oleh semua pengunjung.

Pantai Ampenan ini termasuk salah satu destinasi wisata Mataram malam hari karena buka selama 24 jam sebagaimana pantai pada umumnya. Jika berminat untuk camping di tepi pantai, Anda bisa membawa tenda dan perlengkapan lainnya.

Pantai ini telah menyediakan fasilitas berupa lahan parkir yang luas, lapangan basket, dan lapangan voli. Untuk urusan keamanan, di pantai ini sudah terdapat menara pengawas yang bisa dibilang cukup tinggi.

Meski sudah ada fasilitas keamanan, sebaiknya Anda tetap waspada jika mengunjungi pantai ini dengan membawa anak kecil. Usahakan untuk menemani anak-anak kalau mereka ingin berenang di pantai.

8. Pantai Nipah

wisata pantai di mataram
Foto : https://www.instagram.com/mashitafandia/

Pantai Nipahiya atau biasa juga disebut Pantai Nipah merupakan salah satu wisata Mataram Lombok yang memiliki keindahan yang memukau. Destinasi ini memiliki lekukan garis pantai yang sangat cantik dan bisa dilihat dari ketinggian.

Wisata yang berlokasi di sebelah utara Lombok Barat ini memiliki hamparan pasir berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru. Keindahannya itulah yang membuat siapa pun pasti akan betah berlama-lama berenang dan menghabiskan waktu di pantai ini.

Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan berupa perahu-perahu nelayan yang berderet di tepi pantai. Ditambah lagi dengan deru angin dan deburan ombak yang selalu menjadi penyambut kedatangan pengunjung.

Untuk bisa masuk ke pantai ini Anda tidak akan dikenai biaya masuk sehingga bisa keluar-masuk berapa kali saja sesuai keinginan. Di sana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, surfing, bermain kano, atau berkeliling menggunakan perahu nelayan.

Airnya yang jernih juga memungkinkan Anda untuk melakukan snorkeling di pantai ini. Namun, untuk peralatan snorkeling-nya Anda harus menyewa d tempat penyewaan perlengkapan olahraga air yang ada di sekitar pantai.

Kalau Anda kelaparan atau ingin mencicipi kuliner di pantai ini, mampirlah ke kedai-kedai makanan laut yang ada di sana. Umumnya, untuk menikmati satu porsi ikan bakar khas Pantai Nipah Anda harus membayar sekitar Rp 70.000 saja.

9. The Griya

tempat wisata di mataram lombok
Foto : https://www.instagram.com/young_traveller13/

Wisata di Mataram yang tak kalah menarik selanjutnya adalah The Griya Lombok yang merupakan galeri dari produk-produk daur ulang kertas. Di sana, Pak Theo mengolah limbah kertas bekas menjadi berbagai kerajinan yang bernilai jual puluhan juta rupiah.

Jika dilihat dari luar, sekilas tempat ini hampir mirip dengan bangunan unik lainnya. Namun tak banyak tahu kalau ternyata bangunan yang dimiliki oleh Pak Theo ini terbuat dari limbah kertas.

Meskipun terbuat dari kertas tetapi nyatanya bangunan ini tidak roboh meskipun sudah terguncang gempa berkali-kali. Adapun kertas yang digunakan adalah semua jenis kertas yang sudah tidak terpakai seperti struk belanja, kotak susu, kardus, dan lain-lain.

Bukan hanya bangunannya saja yang terbuat dari kertas, tetapi juga termasuk perabotan yang ada di dalamnya. Semuanya diolah sebaik mungkin oleh Pak Theo sehingga menjadi barang-barang yang kokoh dan tahan lama.

Jika Anda berminat untuk membeli salah satu karya Pak Theo, Anda bisa melihat-lihat katalognya di The Griya. Pak Theo juga menerima pesanan berbagai kerajinan kertas bekas, harganya pun tergantung bahan dan tingkat kerumitannya.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pangkalpinang yang unik juga terbaru dengan sajian destinasi apik cocok untuk liburan.

10. Taman Sangkareang

obyek wisata di mataram
Foto : https://www.instagram.com/huzulul_fahmy/

Taman Sangkareang bisa menjadi pilihan tempat wisata anak di Mataram yang wajib dikunjungi jika Anda ke kota ini bersama keluarga. Wisata kota ini merupakan area bermain anak-anak yang dilengkapi dengan air mancur yang sangat keren dan kedai kuliner.

Wisata yang berlokasi di Jl. Pejanggik, Mataram Barat, Kecamatan Selaparang ini buka selama 24 jam. Selain untuk berwisata, taman ini juga biasa dimanfaatkan pengunjung untuk olahraga seperti jogging atau bersepeda.

Tak jarang, taman yang satu ini juga digunakan untuk tempat pelaksanaan acara-acara besar daerah. Apalagi di dalamnya terdapat banyak spot foto yang menarik dengan warna yang beragam, cocok untuk Anda yang suka selfie.

Keindahan dari taman ini akan menyapa sejak Anda memasuki pintu masuk wisata Mataram yang satu ini. Terdapat banyak ukiran unik, pohon-pohon khas, dan berbagai bunga yang cantik menghiasi setiap sudut taman.

Di taman yang bisa Anda masuki secara gratis ini juga menawarkan beberapa fasilitas permainan anak yang menyenangkan. Ada ayunan, mainan pasir, mainan dorong-dorongan, lompat jauh, dan wahana lain yang tertata rapi dan terjaga kebersihannya.

Kalau masih kurang puas dengan wahana yang ditawarkan, Anda bisa mengajak anak untuk menikmati permainan modern yang digerakkan oleh mesin. Permainan seperti sepeda, motor, dan mobil ini bisa dinikmati oleh anak dengan menyewa sebesar Rp 5.000 per orang.

11. Pantai Senggigi

wisata alam mataram
Foto : https://www.instagram.com/pilotlieur/

Salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Lombok dan selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Senggigi. Pantai ini tepatnya berlokasi di Jl. Raya Senggigi Km 6-7 Kecamatan Batulayar, Lombok.

Meskipun Senggigi tak sebesar Pantai Kuta yang ada di Bali, pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dari Pantai Kuta. Nama pantai ini diambil dari nama seorang Putri yang ada dalam cerita legenda rakyat Lombok.

Senggigi juga terkenal dengan keindahan sunset yang bisa dinikmati dari tepi pantai. Apalagi latar belakang dari pemandangan sunset-nya adalah Gunung Agung yang ada di Bali.

Saat hari mulai petang, pemandangan akan semakin indah karena gemerlap lampu-lampu hotel yang ada di sekitar pantai. Agar suasana semakin sempurna, Anda bisa memesan jagung bakar atau ikan bakar yang banyak dijual di kawasan pantai.

12. Waterpark Kura Kura Mataram

tempat wisata keluarga di mataram
Foto : https://www.instagram.com/idharahman02/

Pilihan tempat wisata di Mataram terbaru yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Waterpark Kura-kura. Tempat wisata ini tepatnya berlokasi di Jl. Sriwijaya No. 95, Mataram, Lombok.

Waterpark ini mudah dijangkau karena jaraknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota waktu tempuhnya hanya sekitar 10 menit saja. Sebagaimana namanya, saat baru sampai di Waterpark ini pengunjung akan disambut dengan air mancur berbentuk kura-kura.

Untuk masuk ke Waterpark Kura-kura ini, Anda harus membayar Rp 35.000 sampai Rp 50.000 per orang. Namun kalau datang ramai-ramai bersama rombongan, Anda akan mendapatkan diskon 50% dengan akses lengkap ke seluruh wahana.

Di sana terdapat berbagai kolam berbagai ukuran, baik untuk anak-anak atau orang dewasa. Ada juga seluncuran dengan berbagai ketinggian dan kolam arus yang membawa pengunjung mengikuti aliran sungai.

13. Pantai Sire

wisata mataram
Foto : https://www.instagram.com/nofitri_agustin/

Lombok memang tak pernah kehabisan wisata alam yang sangat memukau dan memanjakan mata. Tempat wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat yang tak kalah keren dari wisata-wisata lainnya adalah Pantai Sire.

Dari pantai yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara ini pengunjung dapat menikmati kemegahan Gunung Rinjani. Panoramanya yang eksotis inilah yang membuat banyak pengunjung tak puas jika hanya sekali mengunjungi pantai ini.

Di sana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang, bermain kano, atau snorkeling. Apalagi di sana sudah ada berbagai fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, musala, dan lahan parkir yang cukup luas.

Pantai yang mempunyai garis pantai sepanjang 3,8 Km ini memiliki air yang jernih dan cukup tenang. Yang membuatnya semakin indah adalah garis pantainya yang mempunyai lekukan-lekukan.

Pasir pantainya berwarna putih dan cenderung kecokelatan dengan tekstur yang sangat lembut. Sehingga, pantai ini sangat nyaman untuk berjemur saat pagi hingga sore hari bersama orang-orang terdekat.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Tanjung Pinang yang hits dengan berbagai macam destinasi eksotis dan juga mempesona.

Itulah 13 tempat wisata di Mataram Lombok yang sangat instagramable dan menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Karena beberapa objek wisata lokasinya berdekatan, tak ada salahnya jika Anda sekaligus mengunjungi semuanya. Apalagi beberapa destinasi wisata bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma alias gratis.

Sebelum berangkat ke Mataram, pastikan Anda membuat list ke mana saja tujuan liburan yang akan dikunjungi. Dengan begitu, liburan Anda akan lebih terorganisir dan tidak ada tempat wisata yang terlewatkan. Jangan lupa sekalian menyewa penginapan yang nyaman agar bisa lebih puas menikmati keindahan kota Mataram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × three =