Lagi liburan ke Tanjung Pinang? Anda wajib mengunjungi beberapa tempat wisata di Tanjung Pinang berikut ini agar liburan semakin seru dan menyenangkan. Seperti yang diketahui Tanjung Piang merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau.

Kota ini sendiri berada di Pulau Bintan dan juga diantara beberapa pulau kecil seperti Pulau Penyengat dan Pulau Dompak. Kondisi geografis yang terbilang bagus membuat Tanjung Pinang memiliki banyak sekali wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, untuk Anda yang butuh liburan seru dan menarik, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Tanjung Pinang yang menarik dikunjungi bersama keluarga tercinta:

Daftar Isi

1. Areca Water Park

tempat wisata di tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/arecawaterpark/

Cari tempat wisata anak di Tanjung Pinang yang murah meriah? Destinasi wisata Tanjung Pinang pertama ini bisa Anda kunjungi saat liburan tiba adalah Areca Water Park. Objek wisata kolam renang ini terbilang cukup populer karena memiliki kolam yang lumayan luas.

Areca Water park tidak hanya menyediakan kolam dengan berbagai ukuran saja tetapi juga menemukan fasilitas lainnya. Fasilitas yang tersedia seperti tempat makan, tempat berbelanja, tempat bilas dan lain sebagainya.

Karena banyaknya wahana yang disediakan oleh pihak pengelola membuat liburan Anda dan keluarga semakin seru dan menyenangkan. Agar kegiatan berenang si kecil tetap aman, Anda harus memberi si kecil ban atau pelampung saat berenang.

Lokasinya Areca Water park sendiri berada di Jl Batu IX Kecamatan Tanjungpinang, Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Untuk harga tiketnya sendiri yaitu sekitar Rp 30 ribuan saja per orang.

Dengan menghabiskan akhir pekan ke waterpark ini, tentu saja membuat liburan Anda menjadi seru dan berkesan. Selain itu, bisa membuat Anda semakin semangat menjalani aktivitas keesokan harinya.

2. Gurun Pasir Bintan

wisata tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/simple1229/

Ingin melihat wisata gurun pasir? Tenang, Anda tidak harus pergi ke Mesir untuk bisa menikmati pemandangan gurun pasir memukau, karena di Tanjung Pinang juga tersedia.

Berkunjung ke Kepulauan Riau, destinasi wisata Tanjung Pinang Bintan yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Gurun Pasir Bintan. Kira-kira apa yang Anda bayangkan jika mendengar tentang kata gurun pasir?

Tentu saja, Anda akan membayangkan tentang hamparan pasir di sepanjang mata memandang bukan? Ingin merasakan sensasi wisata gurun pasir seperti yang ada di Timur Tengah ? maka wajib untuk mengunjungi wisata eksotis ini.

Berlokasi di jalan Raya Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam ini mematok harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Di sana Anda bisa menyaksikan pemandangan gurun pasir yang begitu luas dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto.

Agar liburan Anda di Gurun Pasir semakin nyaman, disarankan untuk menggunakan baju kasula saja. Dengan menggunakan pakaian kasula tentu saja badan tetap aman dan tidak terasa lengket.

3. Pulau Penyengat

wisata tanjung pinang bintan
Foto : https://www.instagram.com/timeaddicter_/

Siapa yang sudah pernah liburan ke Tanjung Pinang? Jika Anda sudah pernah berkesempatan untuk berkunjung ke sana, tentu sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata Pulau Penyengat, bukan?

Tempat wisata Tanjung Pinang yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pulau Penyengat. Destinasi wisata yang satu ini memang terbilang cukup populer di daerah Tanjung Pinang karena memiliki potensi wisata yang mengagumkan.

Di pulau ini Anda bisa mencari tahu lebih dalam tentang bahasa/bangsa melayu yang mencoba untuk datang ke Pulau Penyengat. Pulau Penyengat sendiri merupakan pulau kecil yang berada di kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Untuk lokasinya sendiri bisa dikatakan cukup strategis karena hanya berjarak kurang lebih sekitar 2 km dari pusat kota. Berkunjung ke Pulau Penyengat, Anda akan dibawa ke peradaban melayu kuno yang banyak peninggalan-peninggalan bersejarah.

Untuk masuk ke Pulau Penyengat, para pengunjung akan dikenai biaya tarif atau tiket seharga Rp 7 ribuan per orang. Bagaimana, sangat terjangkau dan cocok dijadikan sebagian tujuan liburan besama keluarga, bukan?

Untuk lokasi dari Pulau Penyengat ini yaitu di Jl Penyengat Kecamatan Tanjungpinang Kepulauan Riau. Jika Anda belum pernah berkunjung ke sana bisa menggunakan aplikasi Google Maps agar tidak tersesat.

4. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

tempat wisata tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/townshedz/

Sudah pernah mendengar tentang Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah? Seperti yang diketahui, selain gurun pasir di Bintan juga terdapat objek wisata sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berlibur di objek wisata di Tanjung Pinang hits maka wajib hukumnya berkunjung ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Mengapa museum ini sangat menarik untuk dikunjungi?

Museum sejarah ini nantinya akan membawa Anda mengenal lebih jauh tentang kota Tanjung Pinang. Tidak hanya menceritakan tentang asal usul kota Tanjung Pinang saja. Disini anda juga akan menemukan berbagai macam koleksi benda-benda sejarah yang tidak kalah menarik.

Mulai dari berbagai macam keramik sampai seni dan budaya yang begitu kental. Menariknya lagi, baru-baru ini tersedia kereta wisata yang bisa membawa pengunjung berkeliling tempat wisata dengan aman dan nyaman.

Untuk bisa masuk ke museum ini, para pengunjung wajib membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 5 ribu per orangnya. Jika Anda belum tahu dimana lokasinya, museum ini berlokasi di Jl Ketapang No 2 Kamboja Kecamatan Tanjungpinang Barat Kepulauan Riau.

Agar perjalanan yang Anda lakukan bebas hambatan, maka menggunakan aplikasi Google Maps bisa jadi solusi. Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama selama di perjalanan karena sudah menemukan lokasinya.

5. Pulau Dompak

wisata malam tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/husni_alfi/

Selain Pulau Penyengat, Pulau Dompak juga menjadi tempat wisata populer yang ada di Tanjung Pinang. Bukan tanpa alasan, di pulau ini tersedia banyak sekali potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Pulau Dombak merupakan salah satu objek wisata di Tanjung Pinang yang berada di sebelah selatan dari pusat kota. Pulau ini dihubungkan dengan dua buah jembatan dengan daratan utama dari Kota Tanjung Pinang yang ada di Pulau Bintang.

Seperti yang diketahui, hingga saat ini Pulau Dompak dijadikan sebagai pusat Pemerintahan. Tidak heran jika di pulau ini terdapat kantor Gubernur Kepri, DPRDD Kepri, dan beberapa dinas terkait lainnya.

Umumnya masyarakat Kota Tanjung Pinang yang ingin mengurus administrasi maka perlu menyeberang ke pulau ini. Sekarang ini sudah tersedia banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat ke Pulau Dompak.

Tempat wisata di Tanjung Pinang Kepri yang tersedia mulai dari jembatan hingga ikon-ikon wisata lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke sana, jangan lupa untuk membawa semua keluarga agar liburan semakin seru dan berkesan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Bengkulu dengan banyak pilihan destinasi kekinian serta panorama alam yang memukau.

6. Patung Seribu

wisata di tanjung pinang kepulauan riau
Foto : https://www.instagram.com/royfadlii/

Siapa yang sudah pernah liburan ke destinasi wisata Patung Seribu? Jika belum, Anda wajib memasukkannya ke dalam list kunjungan saat sedang berkunjung ke Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Mendengar nama dari wisata di Tanjung Pinang Kepulauan Riau ini, mungkin Anda bisa langsung menebak tentang daya tarik yang dihadirkan. Tanjung Pinang tidak hanya memiliki destinasi wisata alam yang menarik, di sana juga tersedia tempat unik yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu wisata di Tanjung Pinang yang terbilang populer adalah Patung Seribu. Lokasi dari objek wisata ini terbilang cukup strategis yaitu di Jalan Asia Afrika KM 14.
Menariknya, objek wisata Patung Seribu ini tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata saja tetapi juga tempat beribadah umat budha. Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik yang hanya ingin menikmati daya tariknya ataupun beribadah.

Nah, untuk Anda yang ingin liburan ke wisata Patung Seribu tapi belum tahu dimana lokasinya. Disarankan menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan perjalanan Anda ke sana tanpa gangguan.

7. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

tempat wisata di tanjung pinang dan bintan
Foto : https://www.instagram.com/riniaudinilubis/

Tempat wisata di Tanjung Pinang selanjutnya yang wajib untuk Anda jelajahi adalah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Bagi Anda yang tinggal disini tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata di Tanjung Pinang Kepulauan Riau ini.

Seperti yang diketahui, vihara ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang bisa memberikan kesan kagum saat melihatnya. Selain dijadikan sebagai tujuan wisata saat akhir pekan, tempat wisata religi ini juga digunakan sebagai tempat beribadah.

Konsep bangunan yang begitu unik dan megah semakin memberi kesan religius yang mendalam. Jika Anda berkesempatan untuk liburan ke Kota Tanjung Pinang, pastikan untuk tidak melewatkan tempat wisata ini.

Sebelum masuk ke lokasi wisata, para pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk alamatnya sendiri berada di Jl Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjung Pinang.

Sebelum berangkat, pastikan untuk cek lokasinya di Google Maps agar Anda bisa sampai ke lokasi tanpa hambatan. Dengan begitu, liburan Anda bersama keluarga tidak hanya habis di perjalanan saja.

8. Tepi Laut Tanjung Pinang

Tempat nongkrong di Tanjung Pinang
Foto : https://www.instagram.com/skyscrapercity.batam/

Bosan dengan destinasi wisata yang gitu-gitu saja? Anda sedang lelah dan ingin menghabiskan liburan ke wisata alam di Tanjung Pinang? Destinasi wisata Tepi Laut Tanjung Pinang bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Tempat nongkrong di Tanjung Pinang tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi saat musim liburan tiba. Banyak yang menjadikan tempat wisata ini sebagai favorit karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Meski terdengar sederhana, ternyata tempat wisata alam di Tanjung Pinang ini bisa menghilangkan penat atau stress yang Anda rasakan. Di sana Anda bisa melihat hamparan air laut tanpa batas dan hanya bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata.

Untuk berlibur ke tempat wisata ini disarankan saat kondisi langit cerah karena pemandangan yang disajikan akan terlihat maksimal. Liburan ke Tepi Laut Tanjung Pinang bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

Pasalnya, untuk bisa menikmati pemandangan alam di tempat wisata ini para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, bagi yang membawa kendaraan pribadi maka harus mengeluarkan biaya parkir.

Lokasi dari objek wisata alam ini yaitu di Jalan Hang Tuah Kecamatan Tanjungpinang Kota Tanjung Pinang. Gunakan aplikasi Google Maps jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan lokasinya.

9. Danau Biru Tanjung Pinang

tempat wisata di tanjung pinang bintan
Foto : https://www.instagram.com/kulofajar/

Sedang liburan ke daerah Bintan? Anda dan keluarga wajib untuk berlibur ke tempat wisata di Tanjung Pinang dan Bintan ini. Danau Biru Tanjung Pinang atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Telaga Biru merupakan objek wisata hits di kota ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang liburan ke sana apalagi saat akhir pekan tiba. Selain karena keindahan alam yang ditawarkannya, tempat wisata di Tanjung Pinang Bintan ini tergolong murah meriah.

Perlu diketahui, untuk bisa masuk ke lokasi wisata, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribuan per orang. Tentu saja, sangat cocok untuk dijadikan tujuan untuk liburan bersama keluarga karena tidak menguras kantong.

Asal usul dari Danau Biru ini sendiri terbentuk dari bekas galian pasir yang diisi air hingga akhirnya membentuk sebuah danau. Menariknya, danau ini dikelilingi dengan gunung pasir yang lumayan luas yaitu sekitar 6.000 ha sehingga membuatnya semakin menarik.

Karena semakin populernya objek wisata ini, tidak heran jika sudah banyak ditambah dengan beberapa properti. Menariknya lagi, di sana juga tersedia banyak spot foto yang dijamin keren dan instagramable.

Untuk Anda yang berencana mengajak keluarga liburan ke sana, Danau Biru ini berada di Jl Desa Busung Kabupaten Bintan. Jika berkesempatan untuk liburan ke sana, jangan lupa untuk mencoba semua wahana yang disediakan oleh pihak pengelola ya!

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Lampung terbaru yang hits dan jangan sampai anda lewatkan.

10. Masjid Raya Sultan Riau

tempat wisata di tanjung pinang kepri
Foto : https://www.instagram.com/buruhurban/

Selain wisata religi, Vihara Patung Seribu tidak kalah bagus dan populer adalah Masjid Raya Sultan Riau. Bagi masyarakat muslim di daerah Tanjung Pinang tentu sudah sangat familiar dengan wisata di Tanjung Pinang ini, bukan?

Setiap masjid tentu saja memiliki keunikan atau ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan Masjid Raya Sultan Riau yang juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangunan masjid lainnya.

Salah satu ciri khas dari Masjid Raya Sultan Riau ini yaitu adanya campuran putih telur untuk bahan pembuatan bangunan masjid. Itulah yang menjadi ciri khas atau keunikan dari masjid ini yang mungkin tidak dimiliki oleh masjid lainnya.

Untuk Anda yang bingung mau kemana, berkunjung ke wisata malam Tanjung Pinang Masjid Raya Sultan Riau sangatlah disarankan. Untuk masuk ke lokasi, para pengunjung tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Jadi tidak perlu khawatir saat mengajak keluarga pergi ke sana dan bersama-sama menikmati sensasi liburan.

Lokasi dari Masjid Raya Sultan Riau ini berada di Jl Penyengat Tanjung Pinang Kota Kepulauan Riau. Selain menikmati keindahan bangunannya, pastikan untuk menyempatkan sholat saat berkunjung ke sana ya!

11. Benteng Bukit Kursi

tempat wisata kelaurga di tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/ruziana.fathruzi/

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, wisata terbaru di Tanjung Pinang yang sangat disayangkan adalah Pulau Penyengat. Pulau kecil yang jaraknya sekitar 2 km dari pusat kota ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Di sana tersedia banyak sekali peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih terus di jaga oleh masyarakat setempat. Salah satu peninggalan sejarah terpopuler yang bisa Anda saksikan saat berkunjung ke Pulau Penyengat adalah Benteng Bukit Kursi.

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Pulau Penyengat tentu sudah sangat familiar dengan destinasi wisata yang satu ini. Selain menikmati peninggalan sejarah, Anda juga bisa melihat pemandangan yang dijamin menyejukkan mata.

Seperti yang diketahui, Benteng Pertahanan Bukit Kursi ini langsung menghadap ke lautan luas. Sehingga tidak heran jika pemandangan yang disajikan sangat menawan dan memanjakan mata.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Benteng Bukit Kursi, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 7 ribuan saja per orang. Untuk lokasinya sendiri terbilang mudah dijangkau yaitu berada di Jl Penyengat Kecamatan Tanjung Pinang Kota Kepulauan Riau.

12. Pantai Trikora

wisata alam tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/ardijmn/

Tempat wisata keluarga di Tanjung Pinang selanjutnya yang selalu ramai dikunjungi apalagi saat akhir pekan tiba adalah Pantai Trikora. Rasanya belum liburan ke Tanjung Pinang jika tidak mengunjungi Pantai Trikora yang sangat terkenal.

Destinasi wisata alam di kota Tanjung Pinang ini sangat cocok untuk Anda yang hobi travelling. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu khas dan mempesona.

Meski objek wisata ini tidak termasuk ke dalam wilayah Tanjung Pinang, namun lokasinya yang dekat saat memudahkan Anda untuk mengunjunginya. Jika melihat dari view yang dihadirkan, sekilas visualnya hampir sama dengan pantai yang ada di Bangka Belitung.

Dihiasi dengan pasir putih yang bersih dan air pantai yang jernih menjadi salah satu daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Trikora berlokasi di Jl Trikora Kawal Kecamatan Gn Kiang Kabupaten Bintan.

Bagi para pengunjung yang ingin liburan ke sana akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribuan. Mengingat harga tiketnya yang sangat terjangkau, sangat cocok dijadikan sebagai tujuan untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Saat liburan ke sana, jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan agar tidak kelaparan saat di lokasi wisata. Meski di sekitaran pantai dijumpai banyak penjual makanan namun rata-rata harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

13. Jembatan Dompak Tanjung Pinang

objek wisata di tanjung pinang
Foto : https://www.instagram.com/sandy.rizario.sr/

Satu lagi tempat wisata di Tanjung Pinang terbaru yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah jembatan Dompak Tanjung Pinang. Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan destinasi wisata ini, bukan?

Pasalnya Jembatan Dompak Tanjung Pinang menjadi salah satu ikon wisata yang cukup populer. Tidak heran jika setiap harinya tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat akhir pekan.

Karena lokasinya yang tidak jauh dari Masjid Raya Dompak, Anda bisa sekalian berkunjung ke sana saat ke Jembatan Dompak ini. Lokasi dari Jembatan Dompak sendiri berada di Jl Batu IX Kecamatan Tanjung Pinang Timur Kota Tanjung Pinang.

Karena objek wisata ini belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah, tidak heran jika masih belum banyak fasilitas yang ada di sana. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu saja sangat memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Jembatan ini.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Pangkalpinang yang cocok untuk anda jadikan tempat liburan bersama keluarga.

Itulah ke-13 tempat wisata di Tanjung Pinang yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang berkesempatan liburan ke sana. Selain menarik dan unik, beberapa objek wisata yang sudah disebutkan di atas tidak bisa Anda jumpai di daerah lain.

Oleh karena itu, jangan sampai menyesal dan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata menarik yang ada di Tanjung Pinang. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membuat liburan Anda bersama keluarga semakin seru dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =