Candi Pari merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Sidoarjo dan bisa anda telusuri keunikannya saat hari libur tiba. Dengan segudang daya tarik yang dimilikinya membuat Candi Pari Sidoarjo juga sebagai tujuan wisata oleh banyak orang.

Tempat wisata di Sidoarjo satu ini menyajikan sebuah bangunan candi yang pertama kali ditemukan pada Oktober 1906. Oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda hingga dilakukan pemugaran pada 1994 hingga 1996, kurang lebih 2 tahun.

Menurut dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Candi Pari Jawa Timur ini adalah peninggalan zaman Majapahit. Lebih tepatnya pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk di era tahun 1350-1389 Masehi.

Harga Tiket Masuk Candi Pari

harga tiket masuk Candi Sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113515272688461710356

Selain karena Lumpur Lapindo, Sidoarjo juga cukup dikenal dengan kehadiran beberapa tempat wisata yang populer. Dan Candi Pari merupakan salah satunya, yang letaknya hanya 2 km ke arah barat laut dari pusat semburan Lumpur Lapindo.

Sampai hari ini bangunan Candi Pari Sidoarjo masih berdiri kokoh dan kerap dipadati oleh banyak wisatawan. Terutama pada saat musim liburan atau akhir pekan, area cagar budaya Candi Pari selau jadi tujuan berwisata.

Selain karena keunikannya, wisata Candi Sidoarjo satu ini juga menerapkan tiket masuk yang sangat ramah dikantong. Harga tiket masuk Candi Pari hingga kini hanya sekitar 5.000 rupiah per orangnya, murah sekali bukan?

Dengan biaya yang terjangkau tersebut, pastinya para pengunjung bisa dengan leluasa berkeliling Candi Pari. Menyaksikan secara lebih dekat berbagai peninggalan bersejarah yang pastinya mengandung cerita-cerita menarik di masa lalu.

Anda bisa kapan saja berkunjung ke Candi Pari Sidoarjo, sebab terbuka untuk umum selama 24 jam penuh. Akan tetapi waktu yang kami sarankan untuk liburan ke Candi Pari adalah pagi sampai dengan sore hari saat masih terang.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104617365781605341963

Lokasi Candi Pari cukup mudah ditemukan keberadaannya meskipun anda mungkin berlum pernah datang kesini. Alamat Candi Pari terletak di Jl. Purbakala, Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Posisi persis candi ini bisa ditempuh dari Alun-Alun Sidoarjo dengan jarak kurang lebih 15 km. Dan waktu untuk perjalanan sekitar 27 menit melalui jalur darat.

Akses jalan utamanya terbilang baik dan mudah dilintasi oleh semua kendaraan, baik motor atau mobil. Dijamin anda tak akan kesulitan dalam menemukan candi menawan ini saat akan mengisi waktu senggang bersama keluarga atau teman.

Tak perlu khawatir apabila anda belum tau jalur mana yang musti dilintasi untuk sampai ke Candi Pari. Dengan menunggunakan petunjuk akurat dibawah ini melalui maps akan membuat perjalanan tak perlu bersusah payah.

Datang juga ke –> Delta Fishing tempat rekreasi hits yang menyenangkan.

Fasilitas

fasilitas candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116872836684151789221

Termasuk dalam daftar wisata Sidoarjo yang populer dan menarik minat banyak wisatawan dari luar daerah. Disini para pengunjung akan dibuat lebih nyaman dengan adanya sarana pendukung yang sudah cukup memadai.

Dan berikut ini fasilitas Candi Pari di Sidoarjo Jawa Timur yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Papan informasi
  • Mck / Toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Area bersantai
  • Tempat sampah
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berlibur dengan explore Candi Pari Sidoarjo yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Juga beberapa tumbuhan disekelilingnya sehingga memberikan suasana sejuk dan angin semilir yang membuat anda merasa betah disini.

Duduk santai menikmati secara lebih dekat candi yang eksotis ini dengan sejumlah kisah-kisah masa lalu. Ciptakan pengalaman liburan berkesan dan sulit terlupakan dengan datang ke Candi Pari bersama orang-orang tercinta.

Kunjungi juga –> Alas Prambon menyajikan wisata outbound dengan banyak permainan.

Spot Terbaik di Candi Pari

spot terbaik di candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104709823182369498022

Berkunjung ke Candi Pari dalam rangka berwisata bahagia jadi opsi yang menarik dilakukan bersama orang-orang tercinta. Membuat momen berlibur jadi lebih bermakna dengan jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat menarik yang bermakna.

Seperti halnya dengan Candi Pari Sidoarjo yang merupakan cagar budaya dengan segudang kisah menariknya. Candi peninggalan kerajaan Majapahit ini merupakan suatu bangunan persegi empat yang terbuat dari batu bata.

Menghadap ke barat dengan ambang serta tutup gerbang dari batu andesit yang eksotis. Bentuk atapnya serupa dengan atap candi-candi di Kerajaan Kamboja dan Vietnam.

Disini anda bisa berfoto-foto ria dalam rangka mengabadikan momen selama di Candi Sari Jawa Timur. Manfaatkan bangunan candi yang mempesona sebagai latar belakang selama berfoto-foto bersama orang-orang tercinta.

Abadikan keseruan liburan pada spot terbaik di Candi Pari sebagai background untuk hasilkan gambar yang instagenic. Maka dari itu jangan sampai anda melewatkan untuk selalu bawa kamera kemanapun akan berlibur saat hari libur tiba.

Review sebelumnya –> Museum Mpu Tantular yang menyimpan benda-benda bersejarah.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103668940639124184180

Dari tips berkujung dibawah ini bisa untuk tambahan referensi dan informasi anda saat akan singgah ke Candi Pari.

  • Karena berada di alam terbuka maka datanglah ke Candi Pari disaat cuaca mendukung.
  • Apabila sedang turun hujan, atau awan mendung maka sebaiknya tahan dulu niat anda untuk datang kesini.
  • Datang di pagi atau sore hari untuk mendapatkan suasana lebih teduh dan tidak kena terik matahari.
  • Di beberapa waktu, Candi Pari menetapkan biaya masuk seikhlasnya, maka dari itu anda bisa bawa uang yang pas saja.
  • Tidak apa-apa jika ingin sedia bekal dari rumah untuk memenuhi kebutuhan makan dan juga minum selama berwisata.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan bangunan Candi Pari Sidoarjo dengan tidak nyampah atau merusak fasilitas.

Itulah tadi Candi Pari Sidoarjo yang memikat serta memiliki panorama alam sekitar menakjubkan. Yuk segera rencanakan waktu terbaik anda untuk jelajah Candi Pari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =