Tempat wisata di Pangkalpinang bisa menjadi rekomendasi destinasi liburan seru bareng orang terdekat. Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi Bangka Belitung menyimpan sederet destinasi menarik yang tengah populer di kalangan wisatawan.

Jika Anda tertarik berlibur ke Pangkalpinang bersama keluarga atau orang terdekat, sudah memutuskan objek wisata yang akan dikunjungi? Nah, berikut rekomendasi tempat wisata di Pangkalpinang terbaru yang menawarkan kenangan dan keindahan tidak terlupakan

Berikut daftar tempat wisata baru di Pangkalpinang yang harus masuk dalam list kunjungan selama berlibur di Bangka Belitung :

1. Pantai Matras

tempat wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/juitawilna/

Pantai yang menawarkan keindahan pasir putih bersih sepanjang 3 km, yaitu Pantai Matras. Sepanjang jalan menuju pantai, pengunjung sudah disambut desiran ombak dan bentangan air biru sejauh mata memandang.

Wisata Pangkalpinang ini berlokasi kan di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka. Menariknya, Pantai Matras juga dikenal dengan nama Pantai Rakyat karena lokasi yang mudah dijangkau dan harga tiket masuk murah.

Keindahan lain yang ditawarkan adalah deretan batu-batu granit dan pepohonan kelapa yang tersebar di sepanjang garis pantai. Belum lagi, aliran sungai yang sangat jernih akan membuat Anda semakin terpikat dengan panorama dan suasana pantai.

Pada waktu malam hari pun suasana pantai tetap ramai dengan deretan kapal-kapal nelayan yang mulai berlayar. Dan gemerlap lampu yang menyala dengan indahnya dari restoran terdekat.

Bahkan banyak warga lokal sering menghabiskan waktu malam dengan memanggang ikan di bibir pantai.

2. Danau Kaolin Bangka

tempat wisata pangkalpinang bangka
Foto : https://www.instagram.com/astri_rezy/

Tempat wisata di Pangkalpinang Bangka Belitung yang menawarkan keindahan alam seperti Danau Kawah Putih Ciwidey, yaitu Danau Kaolin. Namun, warga setempat sering menyebut wisata ini dengan nama Danau Air Biru.

Wisata ini awalnya area pertambangan kaolin yang ditinggalkan, dan semakin lama lubang bekas penambangan penuh. Penih terisi oleh air hingga terbentuk menjadi danau kolin. Di sisi lain, timbunan bekas galian secara alami membentuk bukit yang menambah keindahan danau.

Kaolin sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang banyak digunakan dalam industri kecantikan dan pengobatan. Meski begitu, pihak pengelola tidak menyarankan pengunjung berenang di area danau karena air terdapat kandungan racun.

Keistimewaan wisata ini, air danau akan berwarna biru muda ketika cuaca sedang cerah. Uniknya lagi, air danau akan berubah warna hijau ketika cuaca sedang mendung. Lokasi Danau Kaolin di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

3. Batu Belimbing

wisata baru di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/suhaimi_hanka/

Kepulauan Bangka sebagai daerah wisata tidak pernah kehabisan ide untuk membuka objek wisata baru. Tempat wisata alam di Pangkalpinang yang populer akhir-akhir ini yaitu wisata Batu Belimbing yang terletak di Toboali, Bangka Selatan.

Alasan dibalik penamaan objek wisata ini karena deretan bebatuan granit ini memiliki bentuk relief seperti buah belimbing. Namun dalam versi raksasa, keunikan pola gugusan membawa bebatuan granit berdiameter 5-6 meter ini dipilih sebagai spot foto instagramable.

Namun, perlu Anda catat, akses menuju geowisata Batu Belimbing Toboali ini bukanlah perkara mudah. Setiap pengunjung harus membelah permukiman penduduk dan melewati jalanan yang tidak terlalu lebar, persimpangan, belokan dan tanjakan.

Geowisata Batu Belimbing bisa dikunjungi kapan pun sepanjang tahun. Anda yang baru pertama datang ke wisata ini disarankan bertanya arah kepada warga setempat.

Karena tak sedikit sudah banyak cerita pengunjung tersesat dan salah rute.

4. Pantai Pasir Padi

wisata pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/donny.hermawan/

Jelajah wisata alam Pangkalpinang kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Pasir Padi dengan ombak tenang. Dan juga serta tekstur pasir putih yang padat dan halus.

Dari garis pantai sepanjang 300 meter dengan hamparan pasir putih yang luas. Pengunjung bisa melakukan latihan trek motor balap di area pantai.

Pantai ini, berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Pangkal Pinang ini memiliki ombak yang tenang dan air laut yang jernih. Bahkan pengunjung dapat melihat terumbu karang yang cantik berwarna kemerahan saat kondisi air laut sedang surut.

Dari bibir pantai, pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal tanker milik perusahaan penambang timah yang berada di laut lepas. Selain itu, deretan pohon cemara di sepanjang pantai memberi suasana rindang dan nyaman untuk berteduh.

Lokasinya terletak di Jalan Raya Pasir Padi, Bukit Intan, Pangkalpinang, atau kurang lebih berjarak sekitar 9 Km dari pusat kota. Harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

5. Jembatan Emas Bangka

wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/rhariwijaya/

Obyek wisata di Pangkalpinang sekaligus ikon dari kota ini Jembatan ini adalah Jembatan Emas Bangka. Buat yang penasaran, keistimewaan jembatan ini terlihat dari struktur gantungan kabel yang dilengkapi lampu LCD. Yang menyala dengan begitu cantik dan menawan di saat malam hari.

Uniknya lagi, jembatan ini membentang sepanjang 785 meter dengan lebar 23 meter. Memiliki struktur bagian tengah jembatan bisa dibuka tutup untuk memberi akses kapal-kapal besar yang melintasi Sungai Pangkal Balam.

Menjelang sore, Jembatan Emas berlokasi di Ketapang, Kota Pangkal Pinang akan ramai dengan lalu lintas pengendara sekaligus pengunjung yang datang. Apalagi pemandangan matahari terbenam dari atas jembatan dengan lampu LCD yang mulai menyala terlihat begitu cantik.

Perlu Anda catat, tidak setiap pengunjung bisa dengan mudah melewati atau sekedar ingin berfoto karena jembatan di jembatan. Karena ada waktu dan hari-hari teretntu, Jembatan Emas sibuk memantau dari monitor lalu lintas kapal yang melintas.

6. Pantai Tikus

wisata baru di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/endhika_pratiwi/

Pantai Tikus termasuk wisata tersembunyi di Bangka yang masih terjaga kebersihan dan ketenangan khas suasana pantai. Lokasi pantai ini terletak di Parit Padang, Sungai Liat, Bangka dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat kota.

Pemberian nama Pantai Tikus karena pantai ini terdapat jalan setapak atau jalan tikus yang terbilang banyak. Dimana dulu difungsikan sebagai akses jalan membawa timah ke sisi pantai oleh penambang timah secara ilegal.

Spot terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Tikus berada di atas bukit yang terdapat sebuah vihara bernama Vihara Puri Agung. Dari atas bukit, Anda disuguhi pemandangan batuan granit berukuran besar, tebing terjal serta air jernih kebiruan sejauh mata memandang.

Pantai Tikus memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga setiap mengunjungi pantai ini sama artinya mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Untuk harga tiket masuk Pantai Tikus sebesar Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Palembang yang memiliki pesona alam menawan dan juga memukau.

7. Bangka Botanical Garden

Tempat romantis di Pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/amos_pls/

Rekomendasi tempat wisata anak di Pangkalpinang yang akan membuat momen liburan lebih bermanfaat yaitu Bangka Botanical Garden. Dari keseluruhan kawasan agrowisata, terbagi dalam area wisata edukasi seperti pertanian, peternakan, dan perikanan organik.

Bangka Botanical Garden, sebelumnya merupakan kawasan bekas penambangan dan penggalian timah yang kemudian diubah menjadi objek wisata. Pemandangan hijau sejuk adalah suasana yang dapat Anda rasakan selama berkeliling area agrowisata.

Selain itu, ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di Bangka Botanical Garden. Mulai dari memetik beraneka buah, memberi makan hewan, menunggang kuda, menuju peternakan sapi dan hingga menikmati olahan susu segar.

Lokasi destinasi wisata Bangka Botanical Garden terletak di Jalan Raya Pasir Padi, Temberan, Bukit Intan, Pangkalpinang. Untuk jam operasional wisata ini mulai dari 08.00 –18.00 WIB.

8. Pantai Teluk Uber

Tempat wisata di Bangka Belitung selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/chardinasari/

Salah satu pantai eksotis yang termasuk jajaran tempat wisata Pangkalpinang Bangka favorit pengunjung lokal hingga mancanegara yaitu Pantai Teluk Uber. Lokasi pantai berada di Rambak, Sungailiat, Bangka yang butuh waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota.

Berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan di sebelah utara, Pantai Teluk Uber memiliki luas sekitar 25 hektar. Dengan hamparan pasir putih yang cukup bersih dan indah. Ada alasan warga setempat menyebutnya teluk yaitu geografis pantai yang menjorok ke daratan.

Setelah tiba, Anda akan langsung disambut dengan ketenangan ombak laut dan gugusan batuan granit yang menjulang kokoh di tepi pantai. Suasana sekitar pantai pun terbilang masih sepi sehingga cocok untuk Anda yang butuh ketenangan selama liburan.

Suasana pantai di sore hari pun tidak kalah menakjubkan seakan membuat Anda semakin betah sebari menanti momen matahari terbenam. Di sekitar area pantai juga terdapat tempat penginapan dengan fasilitas lengkap untuk kenyamanan pengunjung.

9. Alun Alun Taman Merdeka Pangkalpinang

Wisata Tersembunyi di Bangka
Foto : https://www.instagram.com/nickywu_pwt/

Alun-alun Taman Merdeka merupaka wisata Pangkalpinang yang wajib dikunjungi selama berlibur di Bangka Belitung. Seperti yang sering dikatakan, rasanya kurang lengkap jika datang ke suatu kota tanpa mengunjungi alun-alun.

Sebelum menjadi Alun-alun Taman Merdeka, kawasan lapangan terbuka ini menyimpan sejarah yang lumayan panjang. Dikenal dengan nama Lapangan Merdeka, yang menjadi saksi bisu perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di tanah Bangka Belitung.

Berdasarkan Perda tahun 1989, akhirnya pemerintah setempat merevitalisasi alun-alun seluas 4,5 hektar menjadi tempat wisata. Fasilitas pelengkap yang diberikan seperti berbagai wahana permainan, taman hijau, dan area pedagang yang menjajakan aneka kuliner lezat.

Sekarang kawasan alun-alun ini sangat ramai pengunjung di malam hari yang sekedar bersantai menikmati suasana malam. Untuk lokasi Alun-alun Taman Merdeka berada di Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang.

10. Pulau Ketawai

tempat wisata baru di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/anas_tyas.998/

Destinasi wajib wisata di Pangkalpinang bagi Anda penggemar wisata pantai eksotis yang memanjakan mata. Maka Pulau Ketawai yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah akan menjadi pilihan sempurna untuk menghilangkan penat rutinitas harian.

Transportasi utama agar bisa sampai di Pulau Ketawai, pengunjung bisa menyewa perahu dari Desa Kurau. Sepanjang perjalanan, pemandangan hamparan laut biru menyegarkan akan menemani terlihat sangat jelas.

Bahkan setelah sampai di pulau, Anda akan disambut hamparan pasir putih yang dikelilingi rindangnya pepohonan kelapa.

Suasana di pulau ini sangat nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman. Kegiatan snorkeling dan diving adalah cara terbaik menikmati sajian terumbu karang yang begitu indah dan alami di lautan.

Jika sudah sampai di Pulau Ketawai jangan lupa untuk merasakan kesegaran air kelapa sebari bersantai di pinggir pantai. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan alam maupun berfoto mengabadikan momen liburan.

11. Rumah Jendela Inspirasi

tempat wisata pangkalpinang bangka
Foto : https://www.instagram.com/kafe.rumah.jendela/

Rekomendasi tempat wisata di Bangka Belitung selain pantai dan banyak menarik perhatian yaitu Rumah Jendela Inspirasi. Tempat wisata ini identik dengan dekorasi ratusan jendela bekas yang dicat warna-warni dan hampir menghiasi dinding lantai atas bangunan.

Di sini Anda bebas berfoto di seluruh area bangunan sembari melihat-lihat interior ruangan yang bernilai seni tinggi. Lokasi tempat nongkrong generasi millennial ini berada di Jalan Haji Romawi Latief, Gerunggang, Kacang Pedang, Kota Pangkal Pinang.

Bukan hanya itu, Rumah Jendela Inspirasi ini juga memiliki ruangan perpustakaan. Di sana Anda bisa menemukan berbagai koleksi alat musik tradisional, motif kain khas Bangka Belitung, dan banyak lagi.

Setelah selesai berburu foto dan melihat semua area bangunan, pengunjung dapat menikmati kopi dan hidangan pendamping. Tentu saja dengan harga terjangkau untuk melengkapi suasana nongkrong bersama teman.

Lokasi cafe sendiri terletak di area masuk Rumah Jendela Inspirasi dengan nama “Jendela Kopi”. Sementara jam operasional tempat wisata ini yaitu 10.00 – 22.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3000 saja.

12. Pantai Turun Aban

wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/tutikpujiastuti/

Soal wisata baru di Pangkalpinang, terutama wisata pantai rasanya tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Pasalnya hampir disetiap sudut Pulau Bangka terdapat lokasi pantai menakjubkan.

Pantai Turun Aban menjadi tujuan wisata yang tampak cantik di wilayah timur Pulau Bangka, tepatnya Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka. Secara geografis, lokasi pantai ini berdekatan dengan beberapa pantai populer di Pangkalpinang, seperti Pantai Matras dan Pantai Parai tenggiri.

Memang tidak yang istimewa dari pantai yang diapit oleh gugusan batuan granit raksasa yang menjorok ke arah Laut Cina ini. Namun, jika diperhatikan secara detail, Pantai ini memiliki gugusan batu granit bercorak legam dengan sebatang pohon kecil di atasnya.

Sebenarnya, pantai Turun Aban lebih menyerupai sebuah teluk karena ukuran pantai yang tidak terlalu luas. Dan juga diapit oleh deretan batu granit raksasa.

Meski begitu, pantai ini cocok untuk destinasi liburan karena ombak yang relatif tenang.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Bengkulu yang kekinian dengan suguhan destinasi menarik untuk anda explore keindahannya.

13. Museum Timah Indonesia

objek wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/wawanbray/

Rekomendasi wisata edukasi yang populer di Pangkalpinang berikutnya adalah Museum Timah Indonesia. Keberadaan wisata museum ini menyimpan cerita sejarah Bangka Belitung yang terkenal sebagai salah satu penghasil timah di Indonesia.

Pada tahun 1958, gedung museum dibangun dengan memodifikasi bangunan Belanda yang pernah digunakan untuk tempat perundingan Roem-Royen. Bangunan Museum ini terbagi dalam area galeri, perpustakaan, kantor, dan auditorium.

Lokasi museum berada di rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning tepatnya Jalan Ahmad Yani No. 179, Pangkal Pinang.

Wisata yang resmi dibuka pada 2 Agustus 1997 adalah sebagai satu-satunya Museum Timah yang ada di Indonesia bahkan dunia. Jam operasional museum ini mulai pukul 08.00 – 12.00 dan 13.00 – 16.00 WIB, sementara khusus hari Jumat libur.

14. Pantai Rambak

obyek wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/aep_komo/

Tempat wisata Pangkalpinang Bangka sekaligus salah satu pantai primadona berikutnya adalah Pantai Rambak. Siapa yang tidak terpesona dengan pantai yang memiliki hamparan pasir putih ditambah birunya air laut sejauh mata memandang.

Lokasi Pantai Rambak terletak di Desa Rambak, Kota Sungailiat, Bangka, dengan waktu tempuk sekitar 45 menit dari pusat kota Pangkalpinang. Dari garis pantai sepanjang 2 Km, pengunjung disuguhi panorama gugusan bebatuan granit sebagai dekorasi alam yang indah untuk dipandang.

Suasana pantai pun cocok untuk berjemur menikmati hangatnya sinar matahari atau sekadar jalan-jalan. Dan mengelilingi kawasan pantai tanpa alas kaki di atas pasir putih yang lembut.

Bagi Anda penggemar fotografi, Pantai Rambak termasuk objek wisata yang menyimpan spot foto terbaik di setiap sudut pantai.

Apalagi panorama matahari terbit di pantai ini begitu memesona karena pantai ini berada di garis Pantai Timur Sumatera.

15. Kelenteng Dewi Laut

tempat wisata keluarga di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/natural_photobangka/

Tidak jauh dari lokasi Pantai Pasir Padi, Kelenteng Dewi Laur jadi objek wisata di Pangkalpinang yang telah berumur ratusan tahun. Daya tarik utama kelenteng ini adalah pesona pemandangan yang menghadap langsung ke arah laut.

Pesona lain Kelenteng Dewi Laut atau Kelenteng Shen Mu Miau, terdapat patung 12 shio yang jarang dijumpai di kelenteng lain. Tidak heran misalkan kelenteng ini menjadi destinasi wisata religi umat Kong Hu Chu yang populer di Pangkalpinang.

Kelenteng yang terletak di Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang ini buka setiap hari selama 24 jam untuk ibadah. Akan tetapi jam operasional dibatasi untuk tujuan kunjungan wisata.

16. Pantai Parai Tenggiri

tempat wisata di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/dolisky/

Pesona Pantai Parai Tenggiri yang menawan cocok sebagai tempat wisata keluarga di Pangkalpinang yang dilengkapi beragam fasilitas. Lokasi pantai terletak di Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, dan butuh waktu 45 menit dari pusat kota Pangkalpinang.

Sebelum dikenal sebagai Pantai Parai Tenggiri, warga setempat menyebutnya Pantai Hanok. Jika dulu banyak nelayan ikan tenggiri, sekarang sudah tidak ada lagi nelayan yang pergi berlayar.

Pesona keindahan alam yang diberikan Pantai Parai Tenggiri adalah pasir putih dengan air laut jernih berwarna biru kehijauan. Di sini pengunjung bebas jalan-jalan santai mengelilingi pantai, berjemur, atau bermain di bibir pantai karena hempasan ombak yang relatif tenang.

Jika cuaca mendukung, pengunjung bisa mencoba berbagai wahana permainan air seperti jet ski, banana boat bahkan parasailing. Selain itu, area Rock Island yang terhubung dengan jembatan lampu-lampu cantik sepanjang 200 meter menjadi daya tarik saat malam hari.

17. Masjid Raya Tua Tunu

tempat wisata anak di pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/argoussy/

Pangkalpinang juga mempunyai Masjid Kayu Tua Tunu yang dibangun di tengah hutan yang asri dengan arsitektur bangunan yang menawan. Lokasi masjid ini terletak di Tua Tunu, Gerunggang, sekitar 7 Km dari pusat kota Pangkal Pinang.

Sepanjang jalan menuju masjid sekaligus destinasi wisata di Pangkalpinang ini, suara gemercik air sungai terdengar menenangkan. Selain itu, didukung dengan pemandangan sekitar berupa perkebunan nanas, lada, dan pepohonan kayu yang tinggi menjulang.

Masjid Kayu Tua Tunu ini dibangun di atas tanah seluas 4 hektar yang mana seluruh material bangunan terbuat dari kayu. Sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid ini tidak pernah dikunci dengan suasana tenang sepanjang waktu untuk melaksanakan ibadah.

18. Pantai Tongaci

wisata alam pangkalpinang
Foto : https://www.instagram.com/robet_sihite/

Destinasi wisata Pantai Tongaci harus masuk daftar kunjungan karena termasuk ikon pantai eksotis di kepulauan Bangka Belitung. Lokasi pantai terletak di Jalan Laut, Kampung Pasir, Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai yang didominasi oleh hamparan pasir putih ini juga difungsikan sebagai tempat penangkaran aneka jenis penyu yang terancam punah. Selain pesona keindahan alam, pengunjung disediakan beberapa spot foto menarik, diantaranya De Locomotief dan Museum Gallery.

Jam operasional Pantai Tongaci untuk umum mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Setelah itu aktivitas pantai akan diisi oleh suasana ramai dari restoran, bar/cafe yang menyajikan beragam kuliner khas Pulau Bangka.

Banyak pengunjung datang ke Pantai Tongachi yang indah ini. Karena suasana malam dan dekorasi sepanjang area pantai cocok sebagai rekomendasi tempat romantis di Pangkalpinang.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Lampung terbaru yang hits dan jangan sampai anda lewatkan saat liburan.

Itulah 18 rekomendasi tempat wisata di Pangkalpinang yang wajib Anda catat untuk destinasi liburan yang akan datang. Soal wisata alam, daerah Pangkalpinang memang didominasi wisata pantai pasir putih.

Meski begitu, ada destinasi wisata kekinian yang tidak kalah menarik untuk berburu spot foto instagramable.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 14 =