Tugas yang terus bertumpuk, dosen killer, sampai urusan cinta yang terus mengalami pasang dan surut adalah bagian dari kehidupan mahasiswa. Ditambah lagi dengan ujian akhir semester, bakal bikin seluruh badan terasa kesemutan menghadapi berbagai tantangan. Hadapi saja, karena begitu masa libur akhir semester tiba, segera cek info lengkap kereta api Surabaya Malang karena kamu butuh liburan.

Eh, tapi sepertinya bukan cuma Surabaya dan Malang saja yang menjadi kota dambaan kaum mahasiswa. Ada beberapa kota lainnya yang wajib dijelajahi untuk membuang semua beban pikiran selama satu semester belakangan.

Selain cek jadwal kereta Surabaya – Malang, berikut adalah beberapa rekomendasi kota-kota yang menjadi idaman untuk liburan ala mahasiswa.

Malang

foto:limakaki .com

Kenapa makin banyak mahasiswa yang ngebet kuliah di Malang? Alasannya karena kota ini memang kondusif banget buat jiwa muda. Nggak hanya masyarakatnya yang easy-going, asik diajak nongkrong, sekeliling Malang juga dipenuhi tempat-tempat wisata. Mulai dari yang enteng sampai memancing adrenalin, buat anak-anak sampai orang tua, semuanya ada.

Lebih dari itu, Malang juga dikenal dengan kulinernya yang bikin lidah bergoyang, dikombinasi dengan harga yang terjangkau, bikin dompet berdendang riang. Nggak heran kalau mahasiswa-mahasiswa di kota-kota terdekat selalu meluangkan waktu cari jadwal kereta Surabaya – Malang biar bisa liburan sambil me-refresh otak biar selalu siap dengan tantangan di dunia perkuliahan.

Surabaya

foto:suaramuslim. net

Sejak dulu, Malang nggak bisa lepas dari Surabaya. Kalau petualangan alam bisa kamu lakukan di Malang, sambung liburanmu ke kota metropolitan-nya Jawa Timur ini. Di sini, kamu bisa wisata belanja sepuasnya karena ada banyak mal besar dan keren yang menjamur di berbagai sudut kota. Belum lagi tata kota yang makin keren semenjak dipimpin oleh Ibu Tri Rismaharani.

Selain itu, kuliner Surabaya juga nggak kalah lezat dibandingkan Malang. Lebih seru lagi, untuk pergi ke sana tinggal cek jadwal kereta  Surabaya РMalang saja. Ada KA Penataran yang setia mengantarmu dari dan ke dua kota ini, setiap beberapa jam sekali.

Solo

foto:kitamuda. id

Kota Solo dikenal sebagai kota yang ramah buat budget traveler, khususnya mahasiswa, yang selalu berkutat dengan uang kos dan makan setiap bulannya. Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di kota yang juga tetangga dari Jogjakarta ini. Mulai dari berburu baju dan oleh-oleh murah di Pasar Gede atau Pasar Klewer, hingga mempelajari budaya Jawa di Keraton Solo. Jangan lupa belajar batik di kampung-kampung batik yang tersebar di penjuru Kota Solo.

Jogjakarta

foto:berandajogja. com

Dari Kota Solo, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Jogjakarta. Sama seperti tetangganya, Jogja juga ramah untuk budget traveler. Destinasi bersahaja yang membuat setiap orang jatuh cinta kepadanya. Hampir semuanya murah, mulai dari jajanan, kuliner, hingga oleh-oleh, bisa kamu dapatkan di Kota Budaya ini. Untuk menjelajahi Jogjakarta dengan leluasa, ada baiknya kamu sewa motor saja. Biar bisa berkeliling dari pusat kota, candi-candi, sampai ke daerah pesisir selatan yang punya pemandangan luar biasa.

Kudus

foto:instagram. com/snopinop

Buat kamu yang sedang menuntut ilmu di Jawa Tengah atau Jogjakarta, lengkapi jiwa petualangmu dengan mendaki Gunung Muria di Kudus. Kota yang juga populer sebagai penghasil rokok kretek ini juga punya banyak tempat-tempat wisata menarik, seperti Museum Kretek dan Simpang Tujuh. Jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, yaitu Lentog, biar liburan akhir semester kamu makin komplit.

Jangan bad mood gara-gara menghadapi ujian akhir semester. Rajin melihat jadwal kereta Surabaya Malang mungkin bisa memberi ide akan ke mana liburan semester depan. Yuk buat dirimu selalu dengan bahagia karena sesudahnya kamu bisa isi libur panjang berpetualang sepuasnya di lima kota di atas.

Video Travel Vlog Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here