Hutan Wanagama adalah sebuah tempat yang menarik untuk berwisata, jalan-jalan dan juga mengisi waktu luang atau hari libur. Hutan Wanagama Jogja menarik perhatian banyak orang dan pasti akan sangat cocok bagi anda khususnya pecinta lingkungan.

Wisata Hutan Wanagama menyuguhkan berbagai pemandangan yang indah dan bisa menjadi tujuan berlibur anda bersama orang-orang tercinta. Wisata alam Gunung Kidul satu ini termasuk destinasi yang unik dan disebut juga miniatur hutan.

Karena di dalam Hutan Wanagama Gunung Kidul ini terdapat berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah yang cukup melimpah. Mengisi waktu libur ke Gunung Kidul tak hanya pantai saja, Hutan Wanagama ini misalnya yang juga tak kalah menarik.

Harga Tiket Masuk Hutan Wanagama

harga tiket masuk Hutan Wanagama
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114436612517426231184

Dapat anda jumpai berbagai jenis tanaman dan tumbuhan di Hutan Wanagama yang menjadi daya tarik tersendiri wisata ini. Mulai dari Akasia yang mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai bubur kayu dan termasuk dalam Hutan Tanaman Industri.

Deretan barisan pohon minyak atsiri dan kayu putih, yang memiliki manfaat untuk menghangatkan badan kita. Tak hanya itu, ada juga Eboni, Cendana, Murbei, Jati, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Didalam Hutan Wanagama UGM Jogja ini juga terdapat berbagai jenis binatang yang merupakan penghuni asli hutannya. Antara lain seperti unggas, kera, dan beberapa jenis reptil lainnya.

Daya tarik wisata hutan ini dapat anda telusuri lebih dalam dengan biaya retribusi yang amat sangat terjangkau. Harga tiket masuk Hutan Wanagama hanya 5.000 rupiah saja untuk per orangnya, cukup ekonomis bukan?

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat hutan wanagama
Foto : https://www.instagram.com/wanagama/

Wanagama sendiri merupakan hutan pendidikan yang saat ini dikelola oleh Fakultas Kehutanan Univeristas Gajah Mada di Yogyakarta. Yang dimana lokasi Hutan Wanagama berada wilayah seluas 622,25 Hektare dengan memiliki paling sedikit 170 jenis tumbuhan.

Tak hanya tumbuhan saja disini juga terdapat 7 jenis bambu serta 47 jenis burung dan 17 jenis herpetofauna. Dan untuk mencapai ke Hutan Wanagama, dijamin para pengunjung tak perlu bersusah payah untuk sampai disini.

Alamat Hutan Wanagama terletak di Desa Banaran, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan wisata hutan pendidikan ini tak terlalu jauh dari pusat kota Gunung Kidul.

Dari Alun-Alun Wonosari jaraknya hanya sekitar 10,4 km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 16 menit. Akses jalan utamanya merupakan jalur provinsi yang mampu dilintasi oleh semua kendaraan, mulai sepeda motor sampai dengan bis.

Meski sama sekali belum pernah datang ke Hutan Wanagama UGM namun sepertinya anda tak akan menemui kesulitan yang berarti. Anda bisa menggunakan petunjuk akurat pada maps dibawah ini agar rencana kunjungan ke Wanagama tak menemui hambatan.

Datang juga ke –> Goa Jomblang kegiatan ekstrim untuk mengisi liburan anda.

Fasilitas

fasilitas hutan wanagama
Foto : https://www.instagram.com/wanagama/

Kawasan hutan yang mulai dibangun sejak 1964 ini, kini menjadi salah satu tujuan berwisata favorit oleh banyak wisatawan. Sebab suasana yang ditawarkan begitu sunyi, jauh dari keramaian, udaranya bersih, dan mata kita akan dibuat segar oleh hijaunya pepohonan.

Disamping itu, adanya sarana prasarana yang memadai bakal membuat siapapun merasa betah selama mengisi waktu senggang disini. Fasilitas Hutan Wanagama meliputi :

  • Lahan parkis luas
  • Layanan informasi wisata
  • Papan informasi
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Museum kayu
  • Aula pertemuan
  • Camping ground
  • Area outbound
  • Gardu pandang
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Spot foto menarik

Museum Kayu Wanagama menjadi salah satu yang paling ikonik dari wisata hutan pendidikan ini. Berisikan perabotan dan kerajinan kayu yang diperkirakan sudah berusia puluhan, bahkan ratusan tahun.

Ada juga fosil kayu yang diawetkan dan hal-hal menarik tersebut bisa digunakan untuk sarana edukasi tentang perkayuan di indonesia. Serta masih banyak lagi keseruan lain yang dapat pengunjung nikmati selama liburan di Hutan Wanagama.

Kunjungi juga –> Embung Batara Sriten menawarkan panorama alam mengagumkan.

Spot Terbaik di Hutan Wanagama

spot terbaik di hutan wanagama
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116383659827861506915

Tahukah anda jika Hutan Wanagama mempunyai tiga sumber aliran sungai untuk menyuplai kebutuhan air untuk menopang kehidupan Hutannya. Tiga sumber tersebut berasal dari Sungai Oya, Sendang Ayu, dan juga Sungai Banyu Tibo.

Dengan ketiga sungai ini menjadikan Wanagama sejuk dengan suasana yang tenang dan gemericiknya air menjadi keindahan tersendiri. Di Hutan Pendidikan Wanagama ini terdapat salah satu pohon yang membuat tempat ini mendunia.

Tanaman itu adalah Pohon Jati (Tectona Grandis) yang ditanam oleh Pangeran Charles, putra mahkota Britania Raya. Sekitar pada tahun 1989 saat ia berkunjung di Wanagama.

Pohon jati ini dapat anda jadikan latar belakang saat mengabadikan momen melalui berswafoto sebanyak-banyaknya. Berswafoto pada spot terbaik di Hutan Wanagama yang asri, eksotis dan menarik untuk hasilkan gambar lebih instagenic.

Review sebelumnya –> Goa Langse yang menawan dengan view pantai.

Tips Berkunjung

tips berkunjung hutan wanagama
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117294443964642226777
  • Berwisata ke Hutan Wanagama paling pas dilakukan ketika hari cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Jika cuaca sedang kurang bersahabat, sebaiknya tunda dulu rencana explore Hutan Pendidikan Wanagama.
  • Setiap pengunjung wajib mematuhi tata tertib dan juga aturan yang sudah di tetapkan wisata Hutan Wanagama.
  • Ikut serta dalam menjaga lingkungan Wanagama yang begitu asri, bebas dari sampah dan juga penebangan liar.
  • Anda bisa datang saat pagi atau sore hari untuk merasakan suasana Hutan Wanagama yang lebih teduh.

Jadi itu tadi Hutan Wanagama yang dapat anda jadikan tujuan menghabiskan waktu libur selanjutnya bersama dengan keluarga. Sekian dulu ulasan singkat Hutan Wanagama yang telah anda simak dan rekomended untuk di jelajahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + eight =