Terletak di ujung selatan Provinsi Lampung, Kalianda merupakan suatu daerah yang memiliki pesona keindahan pantai begitu menakjubkan. Apalagi posisinya berhadapan langsung dengan samudra luas seakan menghadirkan panorama yang begitu memikat hati bagi siapapun melewatinya.

Pantai di Kalianda ini juga terkenal memiliki keunikan tersendiri dengan fasilitas lengkap dan rute perjalanan yang mudah. Menariknya lagi, pantai dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota ini menyajikan pemandangan Gunung Krakatau yang eksotis.

Umumnya pantai di Lampung Selatan ini terdiri dari 2 tipe, yakni pantai berpasir dan berbatu. Nah, diantara sejumlah wisata pantai yang ada di Indonesia. Berikut ini rekomendasi pantai di Kalianda tercantik dan cocok dikunjungi oleh wisatawan.

24 Rekomendasi Pantai di Kalianda

Apakah Anda tertarik melihat keindahan pantai di Kalianda secara langsung? inilah berbagai jenis wisata pantai di Kalianda dengan view terbaik cocok Anda kunjungi saat liburan atau akhir pekan.

1. Pantai Mbeach

pantai mbeach
Foto : https://www.instagram.com/mbeachlampung/

Pantai Marina adalah salah satu pantai di Kalianda, tepatnya berlokasi di Kecamatan Merak Belantung, Lampung Selatan. Destinasi wisata yang dibuka selama 24 jam nonstop ini akses jalannya sangat mudah. Sekitar 2 jam perjalanan saja dari pusat kota.

Pesonanya semakin nikmat dengan hadirnya suasana alami bertabur pasir putih lembut untuk berjalan kaki di atasnya tanpa alas kaki. Bahkan, ketika datang di sore hari, Anda juga bisa mengabadikan momen penampakan matahari terbenam yang sangat indah.

Terdapat pula hamparan batu karang yang tersebar di pinggiran pantai untuk memecah deburan ombak. Wisatawan yang membawa buah hati juga disediakan area taman rekreasi dan play ground cukup teduh dan memadai.

Saat Anda tiba di sana, tentunya akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa. Dengan pasir putihnya yang luas menghadap langsung ke Samudera Hindia. Untuk harga tiket masuknya, Anda harus membayar sekitar Rp10 ribuan per orang.

2. Pantai Canti Kalianda

Pantai Canti Kalianda
Foto : https://www.instagram.com/adehameed/

Berlokasi di Provinsi Kalianda, Lampung Selatan. Pantai Canti Kalianda ini memang masih jarang terdengar di telinga wisatawan karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Pantai seluas 1.5 hektar ini menawarkan keindahan birunya air laut dan ombak tenang yang cocok untuk merasakan berkeliling perahu sampan.

Keunikan lainnya yang akan Anda temukan yakni terdapat beragam batu koral cantik bisa Anda koleksi dan dibawa pulang. Bermain bola voli atau kejar-kejaran di pasirnya yang putih pun bisa Anda coba saat datang ke pantai ini.

Selain itu, di pantai ini Anda juga bebas berenang sepuasnya atau sekedar bermain di pinggir pantai. Sebab, airnya yang bersih ini belum terkontaminasi oleh zat produksi maupun sampah rumah tangga lain berbahaya.

Walaupun fasilitas masih cukup terbatas dan hanya ada sedikit warung. Tetapi pengunjung pasti senang karena bisa melihat Gowa Sawung dan air pasang surut. Untuk mengunjungi lokasi ini, Anda harus membayar tarif sekitar Rp10 ribuan saja per orang.

3. Pantai Grand Elty Krakatoa

Pantai Grand Elty Krakatoa
Foto : https://www.instagram.com/arif.nw07_/

Pantai Grand Elty Krakatoa letaknya terbilang strategis berada di kawasan Krakatoa Nirwana Resort, Jl. Trans Sumatra, Desa Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan. Tidak hanya menawarkan pesona sebuah pantai saja, di sini telah tersedia pula tempat penginapan yang dikelola profesional oleh perusahaan.

Pantai di Kalianda yang ada penginapan ini menghadirkan view bagus dengan fasilitas modern siap memanjakan mata Anda. Ditambah lagi, kawasan pantai ini dihiasi dengan pemandangan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang garis pantai.

Jika Anda berasal dari pusat kota Bandar Lampung, maka membutuhkan waktu tempuh berkisar 1 jam perjalanan. Beberapa fasilitas yang disediakan, seperti arena bermain futsal, voli pantai, outbond, ruang rapat, pondok, restoran, dan lain sebagainya.

Tenang saja, bagi pengunjung yang tidak ingin menginap juga tetap diperbolehkan masuk. Hanya saja, untuk tarifnya ini sedikit lebih mahal, yakni Rp50 ribuan di hari biasa dan Rp75 ribuan di hari weekend.

4. Pantai Laguna

pantai laguna
Foto : https://www.instagram.com/wisata_pantai_laguna/

Pantai di Kalianda Lampung selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Pantai Laguna. Wisata Pantai dengan pasir putihnya yang indah ini tepatnya terletak di Desa Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan.

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke sini. Misalnya menyaksikan suasana sejuk pantai, menikmati fasilitasnya, hingga bermain air laut.

Destinasi ini juga cukup populer di kalangan wisatawan untuk berburu spot instagramable dengan background Gunung Rajabasa dan laut.

Dengan tarif masuk mulai Rp5 ribuan saja, Anda juga bisa menikmati wahana yang menantang. Seperti berselancar, diving, hingga bermain ayunan di pantai. Bahkan, pengunjung juga bisa ikut merasakan senangnya memancing gurita bersama nelayan setempat.

Bagi Anda yang merasa kelaparan, di sekitar pantai pun ada banyak warung makanan dan resto. Yang menjual menu-menu khas dengan harga ramah di kantong. Tersedia pula pondok-pondok teduh untuk rebahan dan bersantai.

5. Pantai Wisata Tanjung Tua

Pantai Wisata Tanjung Tua
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113248225629590625676

Pantai Wisata Tanjung Tua memang tak sepopuler Pantai Laguna dan Grand Elty di Lampung Selatan. Namun, pantai ini menyuguhkan keunikan tersendiri dengan nuansa air lautnya yang hijau berpadu perkebunan jagung di sekitarnya.

Saat pertama kali Anda memijakkan kaki di sana akan disuguhkan dengan pemandangan. Gugusan Pulau Sebesi dan Pulau Krakatau di sebrang lautan. Anda bisa mencoba spot foto instagramable di atas tower sambil melihat pemandangan Pantai Tanjung Tua dari atas ketinggian.

Terdapat pula rumah pohon atau batu bertuliskan kata-kata inspiratif, menghibur, dan peringatan. Meskipun obyek wisata ini terletak jauh dari perkotaan. Tetapi Anda tetap bisa bermalam di sini dengan menyewa penginapan di Café Kedas Bakuheni.

Agar bisa memasuki pantainya, Anda diharuskan merogoh kocek sekitar Rp5 ribuan. Sementara untuk naik tower dikenai biaya tambahan sebesar Rp10 ribuan. Jadi, setidaknya Anda harus memiliki budget sekitar Rp15 ribuan untuk menikmati segala fasilitasnya.

6. Pantai Wartawan

pantai wartawan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109648648946768280356

Dari namanya saja, Pantai Wartawan sudah bisa ditebak kalau identik dengan profesi jurnalistik. Sebab, pada mulanya pantai ini memang dikelola oleh warga lokal yang mayoritas bekerja sebagai wartawan atau penulis berita.

Lokasinya yang berada di Desa Way Muli, Rajabasa, Lampung Selatan ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Apalagi, dengan hadirnya anak Gunung Krakatau di sini membuatnya memiliki sumber air panas di bibir pantai.

Bahkan, karena saking panasnya ini, pengunjung bisa mencoba merebus telur di air tersebut. Untuk keindahan alamnya pun tidak perlu diragukan dengan kehadiran air laut bersifat damai dan tenang.

Hanya dengan tiket sebesar Rp3 ribuan saja, para pengunjung pun bisa menjajal makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung terdekat. Wisatawan juga dapat singgah di Bukit Botak yang lokasinya dekat dengan Pantai Wartawan dengan ketinggian hanya sekitar 50 meter.

7. Pantai Marina

pantai marina kalianda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103135711594394043823

Obyek wisata pantai di Kalianda selanjutnya yang sangat populer adalah Pantai Marina. Mulai dari bebatuan karangnya sampai pinggir pantainya terlihat begitu indah dan istimewa bagi para wisatawan.

Pantai yang terletak di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan ini selalu dilirik wisatawan dengan spot utamanya berupa Batu Jambul. Disebut begitu karena bentuk batunya yang menyerupai kepala burung dan tumbuhan di bagian atasnya.

Di sini juga tersedia area pondokan untuk berteduh, taman rekreasi, dan play ground yang berfungsi untuk mendukung aktivitas sang anak. Jika Anda berani berpetualang mistis, cobalah pula untuk mengunjungi Goa Life yang terletak di atas lereng bukit.

Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribuan, Anda bisa berkeliling bibir pantai sambil menikmati keindahan laut menggunakan kendaraan motor pribadi. Tentunya, spot ini juga cocok dijadikan koleksi sosmed atau latar belakang foto prewedding.

8. Pantai Arang

pantai arang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117199142516378148277

Pantai Arang di Kalianda Lampung memiliki hamparan pasir putih yang luas layaknya pantai Bali. Lokasinya yang masih satu pintu masuk dengan Pantai Marina. Hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan dari arah kota.

Selain itu, pantai ini juga didesain kekinian dengan view dan footage yang cukup mengagumkan. Setelah kelelahan bermain pasir, Anda juga akan disambut dengan gazebo teduh berpayung daun kelapa dan kursi estetik.

Jika ingin mendapatkan view yang lebih tenang, Anda juga bisa menyewa bangku kosong di padang rumput dekat pantai. Suasana anginnya yang sepoi-sepoi, ditambah view sunset perlahan tenggelam mampu mengembalikan pikiran Anda menjadi jernih.

Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, pantai ini hanya membebankan biaya Rp150 ribu per orang. Dengan rincian biaya voucher BBQ dan privat beach. Berbagai fasilitas yang dimiliki Pantai Arang ini meliputi restoran, toilet, ruang santai, tempat charge, parkiran luas, dan sebagainya.

9. Pantai Kedu Warna Kalianda

Pantai Kedu Warna Kalianda
Foto : https://www.instagram.com/deehaaoo/

Pantai Kedu Warna Kalianda juga menarik dibahas karena memiliki visual yang sungguh memanjakan mata. Beralamat di Jalan Sinar Laut, No.54, Kelurahan Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan, pantai ini dibuka full 24 jam.

Dihias dengan permukaan pasirnya yang tertutup rerumputan hijau dan diselingi pepohonan kelapa, sangat cocok dikunjungi untuk mengisi waktu luang. Anda juga bisa berpose ala selebgram dengan menjadikan kapal karam sebagai latar belakangnya.

Pantai ini juga sangat populer di kalangan remaja yang ingin menyaksikan spot matahari terbit dan terbenam. Bahkan, saat malam hari tiba tetap disediakan café pinggir pantai. Yang menyajikan menu lezat dengan hiasan lampu berwarna-warni di bagian tepi pantainya.

Baik di hari biasa maupun liburan, tiket memasuki Pantai Kedu Warna Kalianda hanya dipatok Rp5 ribuan. Namun, untuk parkir kendaraan ada biaya tambahan sekitar Rp20 ribuan dan tiket camping sebesar Rp30 ribuan.

10. Pantai Kunjir

pantai kunjir
Foto : https://www.instagram.com/agustianheru/

Pantai Kunjir yang terletak di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan ini memang kurang cocok dipakai untuk bermain air. Sebab, bebatuan karang di pinggir pantainya ini bisa membahayakan pengunjung jika tak sengaja tergelincir.

Namun, untungnya saat ini pemerintah daerah telah merenovasinya menjadi jalan setapak di pinggir laut. Sehingga, Anda bisa berjalan setapak ke tengah lautan sambil merasakan deburan ombak yang menghantam sisi luarnya.

Kalianda Beach ini menawarkan pula fasilitas lengkap dan nyaman. Seperti persewaan pondokan untuk beristirahat, toilet bersih, kamar bilas, dan gazebo gratis. Bagi Anda yang ingin berkeliling pantai, maka dapat menyewa perahu nelayan ada di sana.

Dengan harga tiketnya yang hanya sebesar Rp10 ribuan dan akses mudah dijangkau, pastinya lokasi ini recommended untuk dikunjungi. Apalagi saat datang di pagi hari, Anda bisa merasakan angin sejuk dan melihat keindahan biota lautnya.

11. Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera
Foto : https://www.instagram.com/ety.nurjanah/

Berikutnya terdapat Pantai Tapak Kera dengan lokasi berada di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Saat pertama kalinya menginjakkan kaki di sini, Anda bisa melihat banyak sekali bebatuan karang tajam.

Dimana, bebatuan yang menjulang tinggi ini bentuknya seperti taring hiu sangat bagus untuk menunjang keperluan fotografi. Sayangnya, untuk menjaga keselamatan bermain air atau terseret arus, pengunjung tidak diperkenankan melakukan aktivitas berenang.

Pantai dengan pasir berwarna putih ini juga bisa Anda jadikan tempat hiking menyusuri bebatuan curam yang cukup ekstrim. Nah, jika Anda berasal dari pusat kota Bandar Lampung, maka perjalanannya bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam saja.

Untuk memasukinya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp20 ribuan per orang. Namun, karena masih tergolong pantai terbaru, sehingga kualitasnya pun masih kurang memadai. Jadi, sebaiknya Anda membawa bekal dari rumah karena di sini belum tersedia warung makanan.

12. Pantai Mandiri

pantai mandiri
Foto : https://www.instagram.com/pantaimandiri/

Jika Anda mencari destinasi wisata bahari yang menyajikan keindahan pohon kelapa rindang dan pasir putih berwarna kecoklatan. Maka kunjungilah Pantai Mandiri ini. Dengan membayar parkir kendaraan sebesar Rp10 ribuan saja, Anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sini.

Salah satunya, Anda bisa menyewa peralatan selancar untuk melakukan kegiatan surfing di sini. Bagi wisatawan yang masih tahap pemula, Anda juga bisa meminta bantuan kepada petugas untuk melatih cara penggunaan papan luncur.

Karena ombaknya yang lumayan tenang dan tidak terdapat bebatuan atau terumbu karang, sehingga lokasinya ini juga aman untuk berenang. Obyek wisata ini bisa Anda kunjungi kapan saja mulai hari Senin sampai Minggu karena tidak dibatasi oleh waktu kunjungan.

Apabila Anda ingin bermalam di sini, tak perlu khawatir. Karena tersedia berbagai penginapan murah, hotel, hingga resort yang bisa dipilih sesuai bujet.

Anda bisa menginap di Mandiri Beach Club yang menghadirkan aneka makanan lezat. Dengan desain mewah seharga Rp1.2 jutaan ber malam untuk sewa kamarnya.

13. Pantai Semukuk

pantai semukuk
Foto : https://www.instagram.com/pantai.semukuk/

Berlibur ke Pantai Semukuk bisa Anda pilih dengan beragam fasilitasnya yang lengkap dan juga tersedia persewaan camping ground. Perkemahan ini wajib Anda lakukan untuk merasakan sensasi tidur di alam terbuka dan akan disambut mentari cantik di pagi hari.

Saat berlibur di pantai ini, Anda juga bisa mencoba banyak spot wahana air yang memacu adrenalin. Aktivitas yang disukai anak muda utamanya adalah bermain jetski pemecah ombak. Atau snorkeling di bawah pantai untuk berfoto bersama ikan warna-warni dan terumbu karang.

Bagi yang tidak suka bermain air, Anda pun bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain pasir, jalan-jalan, dan lainnya. Nah, jika sudah capek berkeliling, tentunya Anda bisa berteduh di bawah payung dan kursi pantai sambil menikmati camilan yang dibawa.

Kalau ingin yang lebih nyaman, Anda juga bisa lakukan penyewaan sofa angin atau menemukan penginapan di sekitarnya. Kemudian, sama seperti sebelumnya dimana untuk tiket masuknya digratiskan, tetapi Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp10 ribuan.

14. Pantai Bagoes

pantai bagoes
Foto : https://www.instagram.com/agussuci/

Pantai Bagus Kalianda bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang berasal dari rute Grand Elty Krakatao Resort. Destinasi yang berposisi di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan ini mudah dilalui oleh segala tipe kendaraan.

Wisata Pantai yang tidak pernah sepi pengunjung ini menawarkan keindahan pohon-pohon besar sejuk dan cocok untuk merehatkan pikiran. Namun, waktu terbaik mengunjunginya adalah datang pagi lebih awal atau di sore hari.

Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga Anda tetap bisa berenang di Pantai Bagoes ini. Sebaiknya Anda juga mempersiapkan sendiri bekal makanannya karena di sini fasilitas penunjangnya masih kurang optimal dan hanya sedikit warung-warung makanan.

Lebih menyenangkan lagi kalau keluarga diajak bermain ayunan pantai atau pergi ke pondokan bersama keluarga. Nah, setiap pengunjung hanya diwajibkan membayar uang parkir sebesar Rp10 ribuan saja. Tergolong murah meriah kan pastinya?

15. Pantai Embe

pantai embe
Foto : https://www.instagram.com/ayahnyakirei/

Pantai Embe di Kalianda Lampung menawarkan suasana yang tidak jauh berbeda dengan Pantai Bagoes. Karena keduanya memang masih berada pada satu kawasan. Tepatnya hanya sekitar 1.5 jam perjalanan dari kota Lampung ke Merak Belantung.

Pantai ini memiliki daya tarik unik berkonsep earth play. Artinya di pantai ini tersedia sejenis permainan yang umum dimainkan oleh generasi 90-an. Produk permainan yang ada di sini, seperti gobak sodor, gasing, enggrang, dan lainnya.

Meskipun lokasinya berdekatan dengan Pantai Bagoes, tetapi pantai ini turut menawarkan fasilitas mendukung yang lebih unggul dan lengkap. Diantaranya sudah tersedia kamar mandi, toilet, parkir, tempat penitipan, mushola, hingga warung.

Bahkan, Anda juga bisa menyewa bahan pelampung atau ban agar lebih aman dalam berenang melalui warung-warung yang disediakan. Terdapat pula area outbond track, lapangan bermain anak, hingga camping ground yang perlu Anda coba untuk menghasilkan pengalaman tak terlupakan.

16. Pantai Ketang

pantai ketang
Foto : https://www.instagram.com/erdayati03/

Wisata Pantai Ketang beralamat di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Pantai hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota ini menghadirkan kolaborasi batuan karang hitam yang terletak di bibir pantai.

Meskipun ketinggian batuannya lebih pendek dibandingkan Pantai Gigi Hiu tadi, tetapi momen eksotis ini tetap harus diabadikan sebagai kenang-kenangan. Pemandangan indah Gunung Rajabasa juga nampak jelas dari pantai ini yang cocok dijadikan sebagai latar belakang foto.

Karena keindahannya mengagumkan ini, sehingga banyak pula pasangan yang memilih tempat foto prewedding di sini. Terdapat pula fasilitas delman yang bisa Anda sewa untuk jalan-jalan berkeliling pantai dengan tarif Rp10 ribuan saja.

Pantai ini dibuka setiap hari tanpa dipungut biaya masuk ini tidak pernah terjadi kemacetan seperti pada pantai lainnya. Sayangnya di sini belum tersedia penginapan terdekat, sehingga Anda harus memesannya di Kota Kalianda.

17. Teluk Nipah

teluk nipah
Foto : https://www.instagram.com/jy.onfilm/

Teluk Nipah adalah salah satu wisata pantai di Kalianda Lampung yang menarik dikunjungi karena memiliki panoramanya masih asri dan segar. Pantai yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Tua ini menghadirkan sejumlah struktur bebatuan menjulang tinggi dan menjorok ke pantai.

Semakin indah lagi saat deburan ombaknya mampu memunculkan pelangi yang cocok dijadikan spot foto unik. Pantai yang berada di kawasan PT Perkebunan Nusantara ini juga aman untuk bermain anak-anak karena memiliki ombak pantai dangkal.

Untuk menuju ke sana, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari Bandar Lampung menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya yang cukup tersembunyi dan akses jalan masih sulit, sehingga Anda memerlukan tenaga ekstra untuk menikmati panorama di pantai ini.

Nah, karena destinasi wisata ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga Anda bebas memasuki kawasan pantai ini tanpa dipungut biaya. Namun, fasilitas publik yang tersedia pun masih terbatas berupa toilet dan saung tempat istirahat saja.

18. Pantai Sari Ringgung

pantai sari ringgung
Foto : https://www.instagram.com/harryzent/

Pantai Sari Ringgung selalu ramai pengunjung karena lokasinya yang berdekatan dengan pusat Kota Bandar Lampung. Tepatnya, pantai ini beralamat di Jl. Way Rantai No.KM 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kalianda, Lampung.

Di tengah lautannnya, pantai ini nampak berwarna biru dan hijau toska di bagian tepi pantainya. Ada juga ayunan dengan latar belakang laut lepas yang bisa diandalkan untuk spot selfie bagus. Nah, Anda juga bisa menemukan wahana seluncuran di atas air laut yang bisa dijadikan area untuk berenang.

Keseruan bermain di Pantai Sari Ringgung semakin asyik dengan hadirnya banyak wahana waterspot. Diantaranya ada speed boat, banana boat, perahu kano, dan air tumpah.

Dengan kondisi airnya yang jernih, bahkan Anda juga bisa melihat langsung pemandangan di dasar air.

Pantai yang dibuka pukul 06.00–17.00 waktu setempat ini tiket masuknya hanya sebesar Rp2 ribuan saja dan biaya parkir Rp10 ribuan. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, maka Anda bisa mencoba memanfaatkan angkutan umum menuju pedesaan atau ojek.

19. Pantai Sapenan

Pantai Sapenan
Foto : https://www.instagram.com/nurokhmah.dewi/

Letak wisata Pantai Sapenan berposisi di Desa Merak Belatung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Nuansanya tenang, ditambah adanya deretan saung yang bisa dijadikan tempat berteduh cocok banget buat healing bersama keluarga.

Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir putih landai yang bisa Anda manfaatkan untuk beragam olahraga pantai. Seperti senam dan voli pantai. Gelombang ombaknya yang bersahabat, tentu dapat digunakan oleh anak-anak untuk berenang bebas.

Jika Anda ingin berlama-lama di sini, cobalah untuk mendirikan hammock yang menghadap langsung ke Gunung Rajabasa. Di malam hari, Anda juga bisa berkemah sambil ditemani hiasan lampu kecil yang syahdu digantung diantara pepohonan.

Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp15 ribuan saja per orang, Anda sudah bisa menikmati indahnya pantai yang jernih ini. Sementara akses jalannya juga terbilang mulus karena bisa dilalui oleh kendaraan pribadi maupun bus angkutan umum.

20. Pantai Guci Batu Kapal

pantai guci batu kapal
Foto : https://www.instagram.com/wantry_anugrah_p/

Menikmati keindahan Pantai Guci Batu Kapal sangat cocok untuk menghilangkan stres akibat pekerjaan kantor. Pantai ini menyimpan sebuah mitos terkenal.

Dimana konon katanya batu karang terbesarnya itu adalah kapal-kapal asing yang dikutuk oleh Si Pahit Lidah asal Kerajaan Majapahit.

Lokasinya berada di kaki Gunung Rajabasa, tepatnya di Jalan Pesisir, Desa Maja, Kalianda, Lampung Selatan. Jika Anda berangkat dari Bandar Lampung menggunakan bus, maka berhentilah di Desa Maja dan lanjutkan perjalanan menggunakan ojek setempat.

Saat di sini, Anda bisa berenang di laut dengan menyewa ban pelampung seharga Rp15 ribuan agar lebih aman. Waktu terbaik untuk mengabadikan spot fotografi adalah saat sore hari.

Dengan berfoto di depan batu karang atau naik ayunan yang ada di sekeliling pantai. Harga tiket masuk Pantai Guci Batu Kapal ini sangat terjangkau, cukup mengeluarkan uang sebesar Rp30 ribuan per orang.

Plus biaya parkir motor atau mobil. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh atau mencicipi kopi asli khas pesisir Rajabasa. Di sini tersedia banyak pedagang dan kedai kopi.

21. Pantai Kahai Beach Resort

harga tiket masuk Kahai Beach Resort
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102551531100185132198

Pantai di Kalianda Resort yang dapat Anda singgahi adalah Pantai Kahai Beach Resor. Tepatnya terletak di Desa Batu Balak, Rajabasa, Kalianda, Lampung. Pemandangannya yang indah di sepanjang perjalanan dan aspal tidak berlubang, tentu mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.

Di pantai ini juga dilengkapi fasilitas waterboom dengan tingkat kedalaman bervariasi, cocok dijadikan tempat bermain anak-anak dan orang dewasa. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat arena permainan anak-anak, mulai dari ikan putar, kereta putar, bebek air, dan lainnya.

Disediakan pula gazebo atau pondokan bisa Anda gunakan bersantai sambil melihat hilir mudik perahu yang melewati pantai. Warung makanan terletak di sepanjang garis pantai yang terkenal memiliki beragam camilan lezat.

Wisatawan yang ingin menginap, di sini Anda bisa booking resort di pinggiran pantai dengan suasana berbeda dan harga terjangkau. Nah, biaya tiket masuknya hanya sekitar Rp20 ribuan per orang dan tiket wahana permainan dengan tarif mulai Rp20 ribuan.

22. Pantai Pasir Putih Kalianda

pantai pasir putih
Foto : https://www.instagram.com/mbeachlampung/

Fasilitasnya yang amat lengkap di Pantai Pasir Putih Kalianda ini tentu sayang jika dilewatkan untuk dikunjungi. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Lampung. Untuk menikmati hamparan pasir luas berwarna putih dan air laut jernih berwarna hijau kebiruan.

Aktivitas air yang bisa Anda nikmati, seperti surfing, berenang, atau snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan hias. Nah, jika Anda takut menceburkn diri ke dalamnya, maka bisa mencoba alternatif lain berkeliling pantai menggunakan perahu nelayan.

Sehingga, Anda tetap bisa menikmati keeksotisan pantai sambil belajar cara mendayung kano secara baik dan benar. Memori menyenangkan ini pasti sangat pas untuk pasangan yang sedang merencanakan bulan madu.

Terlebih lagi, di sana tersedia banyak pilihan hotel dan resort dengan harga yang tidak terlalu mahal. Para wisatawan yang ingin mengeksplorasi Pantai Pasir Putih diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang.

23. Pantai Indah Krakatau

pantai krakatao
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102685137001213862527

Di kawasan Kalianda Lampung, Anda juga bisa menjelajahi Pantai Indah Krakatau yang eksotis dengan air laut berwarna biru. Jika dilihat secara sekilas, pantai ini memiliki pemandangan yang serupa dengan Pantai Bagoes dan Pantai Embe.

Namun, karena lokasinya masih belum banyak yang tahu, sehingga Pantai Indah Krakatau ini memiliki suasana damai dan sangat bersih. Tak hanya deburan ombak, di pantai ini Anda juga bisa menikmati keasrian hutan mangrove.

Bahkan, Anda juga bisa mencoba aktivitas menanam mangrove canoeing bersama warga. Kemudian, saat cuacanya panas wisatawan juga bisa memanfaatkan gazebo yang disediakan atau menggelar tikar sendiri.

Jika memutuskan menginap di sana, Anda tidak perlu cemas karena lokasinya tidak jauh dari penginapan. Pantai yang bisa ditempuh dengan jarak sekitar 1.5 jam perjalanan dari pusat kota ini hanya mematok tarif Rp10 ribu.

24. Pantai Senja

pantai senja
Foto : https://www.instagram.com/pantai_senja_kalianda/

Pantai di Kalianda Lamsel terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Senja. Pemandangannya berhadapan dengan samudera ini memiliki bibir pantai yang landai cocok dijadikan tempat berenang.

Di sana, disediakan pula lapangan sepak bola yang bisa Anda coba mainkan bersama teman-teman. Kemudian, kalau untuk bermain air disarankan untuk hati-hati karena banyak bebatuan yang bisa menyebabkan luka.

Jika Anda lupa membawa camilan dari rumah, maka bisa membeli snack atau menu kuliner di café kecil. Nah, setelah Anda mandi di lautan, jangan lupa juga untuk membilas tubuh di toilet umum atau ruang ganti.

Untuk plesiran ke sini, tarif masuknya pun relatif murah sekitar Rp10 ribuan saja mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Obyek wisata ini juga bisa dibilang memiliki fasilitas dan pelayanan ramah, mulai dari kamar mandi, area parkir, mushola, hingga penginapan.

Demikian tadi berbagai rekomendasi pantai di Kalianda yang bisa Anda singgahi saat berkunjung ke sana. Namun, untuk rincian tiketnya tadi masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola dan momen yang dihadirkan.

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tempat wisata dimanapun berada dan jangan sampai merusak fasilitas yang disediakan. Jadi, diantara ke-24 pantai tadi, kira-kira manakah yang ingin segera Anda kunjungi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + fifteen =