Roro Kuning merupakan salah satu daya tarik wisata alam di Nganjuk yang menyajikan sebuah keindahan alam mengagumkan. Roro Kuning Nganjuk di Jawa Timur memiliki sebuah air terjun menawan yang diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 15 meter.

Air Terjun Roro Kuning mengalir merambat di sela-sela bebatuan padas dari tiga sumber di sekitar Gunung Wilis. Yang kemudian alirannya menuju sebuah kubangan tepat di bawah pepohonan hutan pinus.

Destinasi Roro Kuning Nganjuk Jawa Timur bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu libur anda bersama orang-orang tercinta. Meski bukan tempat wisata Nganjuk terbaru, namun air terjun Roro Kuning Jawa Timur wajib anda explore dan temukan keseruannya.

Harga Tiket Masuk Roro Kuning

harga tiket masuk roro kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101745880831431825229

Beberapa orang juga sering menyebut wisata Nganjuk satu ini Air Merambat Roro Kuning Bajulan. Itu karena proses mengalirnya air terjun membentuk trisula, sehingga masyarakat Desa Bajulan menamakan merambat.

Hal tersebut menjadi salah satu keunikan dari wisata alam Nganjuk ini yang terbukti menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung. Panorama alam yang tersaji bak magnet Roro Kuning dan menjadikannya tak pernah sepi dari pengunjung.

Bagi anda yang berencana untuk liburan disini maka tak perlu keluar banyak uang, sebab murahnya tarif tiket masuk. Ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Roro Kuning yang sedang berlaku adalah sebesar Rp10.000 per orangnya.

Disamping itu anda tak boleh lupa untuk menyiapkan uang guna membayar retribusi parkir kendaraan sesuai aturan di Roro Kuning Nganjuk. Ketentuan biaya masuk wisata air terjun Roro Kuning bisa saja mengalami perubahan harga sewaktu-waktu.

Jam operasional yang berlaku di wisata Roro Kuning Waterfall adalah pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Roro Kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114944298832743460529

Lokasi Roro Kuning berada di sebuah wilayah dengan ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Pada sekeliling air terjun Roro Kuning dipenuhi oleh pepohonan rimbun dan juga beberapa tumbuhan hijau yang asri.

Jadi tak heran jika suasana yang disuguhkan Roro Kuning Nganjuk begitu sejuk dan cocok untuk bersantai. Lepas semua kepenatan dalam diri anda dengan menikmati berbagi suguhan menarik di Air Terjun Roro Kuning.

Alamat Roro Kuning terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan air terjun cantik ini bisa anda jangkau dari Alun-Alun Nganjuk dengan jaraknya kurang lebih 23,8 km.

Akses jalan utama untuk menuju Air Merambat Roro Kuning Bajulan sudah cukup baik dilalui oleh semua kendaraan. Tak perlu khawawtir anda akan kesulitan selama dalam perjalanan, meski sama sekali belum pernah datang kesini.

Maps dibawah ini yang berisikan petunjuk akurat dapat anda gunakan untuk memudahkan laju kendaraan ketika akan explore Roro Kuning Waterfall.

Datang juga ke –> Candi Ngetos dengan sejumlah kisah masa lalu.

Fasilitas

fasilitas roro kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113538644400707000997

Termasuk dalam daftar wisata di Nganjuk yang populer dan menjadi incaran banyak pelancong dari berbagai daerah. Disini juga sudah didukung dengan sarana prasarana memadai yang dapat wisatawan manfaatkan dengan baik.

Berikut ini fasilitas Roro Kuning yang meliputi :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • kolam renang
  • Area outbound
  • Area bermain anak-anak
  • Jalur pendakian Gunung Wilis
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Tempat wisata Nganjuk satu ini sangat cocok untuk anda jadikan tujuan menghabiskan waktu senggang selanjutnya. Dengan banyaknya keseruan yang ditawarkan bakal membuat momen berlibur anda menjadi semakin berkesan dan tak akan terlupakan.

Jernih dan segarnya air terjun ini juga bisa anda rasakan dengan bermain di dalam kubangan airnya. Tidak dalam sehingga aman untuk siapapun bermain persis dibawah air terjunnya.

Kunjungi juga –> Taman Pandan Wilis yang cocok untuk anda rekreasi.

Spot Terbaik di Roro Kuning

spot terbaik di roro kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100848993595162174985

Selain menyajikan keindahan alam, Roro Kuning Nganjuk juga memiliki nilai sejarah di dalamnya. Terdapat sebuah monumen perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman untuk mengenang perjuangannya ketika memimpin perang gerilya melawan Belanda.

Disini anda juga dapat menemukan sebuah rumah sangat sederhana yang konon pada masa perjuangan ditempati Panglima Besar Sudirman. Dengan sekelilingnya dihiasi oleh banyak pepohonan, tumbuhan, bunga-bunga cantik dan juga air terjun yang ciamik.

Merambat pada sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus, air terjun ini seolah membentuk trisula yang menakjubkan. Keindahan semacam ini biasanya pengunjung manfaatkan untuk berfoto-foto ria dalam rangka mengabadikan momen berwisata bareng keluarga.

Jadikan spot terbaik di Roro Kuning sebagai background pada saat anda berswafoto, seperti selfie atau merekam video. Panorama alam memukau di Roro Kuning bakal menghipnotis banyak pasang mata berkat keindahannya.

Review sebelumnya –> Candi Lor dengan sejumlah daya tarik alam memikat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung roro kuning
Foto : https://www.instagram.com/wanda.p.11/

Anda dapat menyimak tips berkunjung ke Roro Kuning Waterfaal Nganjuk sebelum datang kesini. Bisa juga menjadi tambahan referensi anda.

  • Berwisata alam akan lebih maksimal jika di lakukan pada saat hari cerah dengan cuaca yang mendukung.
  • Sebaiknya tidak datang ke wisata air terjun apabila awan mendung atau bahkan sedang turun hujan.
  • Persiapkan fisik anda dengan baik agar semuanya dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan apapun.
  • Dilarang nyampah dan mengotori area wisata alam Roro Kuning Nganjuk agar tetap asri dan lestari.
  • Selalu mengutamakan yang namanya keselamatan selama liburan, untuk mendapatkan pengalaman berkesan.

Jadi itu tadi wisata alam air terjun Roro Kuning Nganjuk yang perlu untuk anda jelajahi lebih dalam ragam keunikannya. Demikian ulasan singkat Roro Kuning yang termasuk dalam wisata Nganjuk rekomended.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + three =