Candi Lor merupakan sebuah situs bersejarah yang diyakini sebagai monumen cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut diperingati setiap tahunnya tanggal 10 April yang menjadi hari lahir Kota Nganjuk merujuk pada hari peresmian Candi Lor.

Bangunan Candi Lor Nganjuk didirikan oleh Mpu Sindok yang merupakan raja Mataram Hindu bergelar Sri Maharaja Sri Isyana Wikrama Dharmottunggadewa. Berdirinya Candi Lor Jawa Timur adalah sebagai perhargaan kepada warga anjuk ladang yang telah membantu dalam peperangan.

Serta masih banyak kisah menarik lainnya yang dapat anda terlusuri ketika menjadikan Candi di Nganjuk satu ini sebagai tujuan berlibur. Wisata bersejarah di Nganjuk ini dapat menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang anda ketika akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Candi Lor

harga tiket masuk Candi Lor
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114380892676327831124

Destinasi ini merupakan salah satu candi dari beberapa percandian bersejarah yang ada di Nganjuk. Sebut saja Candi Ngetos yang juga tak kalah populer dengan ragam cerita masa lampu di dalamnya.

Dan biasanya, wisata percandian itu tidak mematok tarif yang begitu tinggi kepada semua pengunjung. Sama halnya dengan candi satu ini yang dapat anda explore tanpa harus keluar biaya sepeserpun.

Harga tiket masuk Candi Lor tidak ada, alias gratis sehingga pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, menarik sekali bukan? Dengan begitu tentunya wajib bagi semua wisatawan untuk ikut serta dalam memelihara dan melestarikan budaya nenek moyang.

Kawasan candi di Nganjuk satu ini dapat anda kunjungi kapan saja bersama orang-orang tercinta sesuai keinginan. Namun yang pasti, ada baiknya datang kesini ketika hari cerah, agar pemandangan yang didapatkan lebih maksimal.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi lor
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109561776619354030645

Lokasi Candi Lor berada di area yang terbilang mudah untuk ditemukan meski anda belum pernah datang kesini. Kompleks percandian ini juga cukup teduh, berkat adanya banyak pepohonan yang rimbun sehingga terlihat asri.

Jadi bagi anda yang ingin jalan-jalan santai, maka berwisata ke Candi Lor Nganjuk sepertinya menjadi opsi menarik. Sebelum datang, ketahui lebih dulu Alamat Candi Lor yang terletak di Jl. Panglima Sudirman, Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Keberadannya cukup dekat dari pusat Kota Nganjuk atau Alun-Alun, yang dimana jaraknya sekitar 4,8 km. Dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 11 menit saja untuk perjalanan.

Kami memastikan bahwa setiap pengunjung tak kesulitan dalam menemukan letak persis dari Candi Nganjuk satu ini. Persis berada di tepi jalan dengan plang tulisan “Candi Lor” yang terlihat cukup besar.

Akan tetapi apabila anda masih kesulitan dalam perjalanan, bisa dengan menggunakan maps dibawah ini. Petunjuk akuratnya akan membawa kendaraan anda tiba di Candi Lor tanpa hambatan.

Datang juga ke –> Waduk Perning angin sepoi-sepoi yang bikin betah.

Fasilitas

fasilitas candi lor
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113925426086333676089

Wisata Nganjuk gratis ini termasuk dalam daftar destinasi populer yang menjadi incaran banyak pengunjung. Tempatnya cukup bersih, kawasannya terjaga, penjaga candinya pun juga ramah kepada semua pengunjung.

Serta fasilitas Candi Lor pun sudah cukup memadai yang diantaranya ada tempat parkir luas yang mampu menampung kendaraan wisatawan. Selain itu toiletnya pun juga bersih.

Dibelakang Candinya bisa anda jumpai sebuah sawah yang menjadi pemandangan tersendiri saat berlibur disini. Nikmati setiap keseruan yang disuguhkan Candi Lor Nganjuk sebagai tujuan melepas penat di kala liburan.

Bagus buat tujuan wisata edukasi untuk semua usia, baik yang muda maupun orang tua. Dapatkan pengalaman berlibur anti mainstream dengan explore setiap sudut Candi Lor, yang menjadi monumen cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk.

Kunjungi juga –> Candi Ngetos dengan sejumlah kisah masa lalu yang menarik.

Spot Terbaik di Candi Lor

spot terbaik di candi lor
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111716172147865385312

Bentuk dari Candi Lor ini cukup unik, memiliki denah bujur sangkar, dengan ketinggian sekitar 66 meter diatas permukaan laut. Candinya terbuat dari batu bata dengan pintu masuk yang berada di sisi barat, serta memiliki anak tangga setinggi 3,4 meter

Di depan bangunan candinya bisa anda jumpai sisa pondasi dua candi perwara, tengah, dan juga selatan. Sebenarnya saat ini keadaan Candi Lor mengalami kerusakan parah dan hanya tersisa bagian kaki dan tubuhnya saja.

Hingga hari ini Candi Lor belum mendapat renovasi untuk perbaikan, dan bisa dibilang masih apa adanya. Namun nyatanya hal tersebut tak menyurutkan niat para pelancong untuk datang kesini dan juga berfoto-foto ria.

Kegiatan swafoto tentu wajib dilakukan guna merekam setiap momen menarik dalam rangka liburan ke Candi Lor Nganjuk. Memanfaatkan spot terbaik di Candi Lor sebagai latar belakang / background ketika selfie atau merekam video.

Review sebelumnya –> Taman Pandan Wilis sebagai tujuan bersantai yang ramah dikantong.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi lor
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100571460787096029669

Anda dapat menyimak tips berkunjung berikut ini yang bisa jadi tambahan referensi ketika akan eksplorasi Candi Lor.

  • Pastikan anda berlibur ke Candi Lor disaat hari cerah, tidak mendung apalagi hujan dan cuaca mendukung.
  • Anda bisa datang mulai dari pagi sampai sore hari, agar semuanya terasa lebih maksimal.
  • Sebaiknya anda membawa bekal sendiri, seperti air minum, camilan dan juga makanan berat bila perlu.
  • Bertindak sewajarnya saja dan jangan sampai melakukan kegiatan yang diluar batas normal.
  • Dilarang keras membuat kotor area wisata Candi Lor dengan wajib membuang sampai ke tempat yang disediakan.

Jadi itulah Candi Lor Nganjuk dengan sejumlah daya tariknya yang memikat dan tak boleh dilewatkan sebagai tujuan berlibur. Demikian ulasan singkat Candi Lor di Nganjuk Jawa Timur yang bisa anda explore dan temukan keseruannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 17 =