Cafe di Salatiga bisa menjadi opsi menarik untuk nongkrong atau hangout saat Anda sedang berkunjung ke kota ini. Bagi, warga lokal Salatiga tentu saja sudah tidak asing dengan adanya banyak pilihan cafe yang hits dan instagramable.

Salatiga sendiri merupakan salah satu kota terindah di Jawa Tengah yang berada di ketinggian 750-850 mdpl. Karena letaknya yang cukup tinggi, kota ini menawarkan udara sejuk dan suhu dingin.

Mengimbangi dinginnya kota ini memang paling cocok menyeruput secangkir kopi sambil menyantap makanan lezat. Ini dia daftar cafe di Salatiga yang bisa Anda kunjungi bersama orang tersayang untuk quality time!

1. Pinog Coffee

Pinog Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113907315485730204717

Rekomendasi cafe di Salatiga pertama adalah Pinog Coffee yang sudah eksis sejak tahun 2016. Meskipun sudah berdiri cukup lama, tapi cafe dua lantai ini masih terlihat sangat cozy karena dirawat dengan baik.

Bagi yang suka berfoto akan dimanjakan dengan adanya banyak spot selfie menarik dan fotogenik. Alamat cafe ini adalah berada di Ruko Kembangarum 8-9, Jl. Nakula Sadewa, Klaseman, Sidomukti.

Cafe yang beroperasi mulai dari jam 12 siang sampai 9 malam ini cocok untuk nongkrong, bersantai, maupun berdiskusi. Di sana Anda bisa memesan berbagai menu minuman olahan kopi seperti espresso, cappuccino, americano, hingga moccacino.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain ada area indoor dan outdoor, tempat parkir luas, pelayanan staf ramah, hingga kursi bayi. Selain itu, saat malam hari Anda juga bisa menikmat live music.

Harga menu-menu yang dijual di Pinog Coffee pun terbilang sangat murah, sehingga cocok untuk berbagai kalangan. Sayangnya, cafe ini belum menyediakan smoking area sehingga pengunjung bebas merokok di mana saja.

Menu favorit di Pinog antara lain ada Nasi Telur Setan, Chicken Wrap, Chicken Twister, hingga Lasagna. Sedangkan pilihan makanan ringannya ada Egg Toast yang gurih, serta si manis Croffle dan Waffle.

Sebagai teman minum Anda bisa memesan menu andalan dari cafe ini yaitu Asinan Bogor dan Fruit Punch. Saat berkunjung ke cafe ini, jangan lupa mengenakan outfit yang kece untuk berfoto di setiap spot estetiknya.

2. Aromia Coffee

Aromia Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109413864711464815400

Aromia Coffee merupakan cafe di Salatiga yang murah dengan kisaran harga setiap menunya antara Rp 15.000 – Rp25.000 saja. Cafe yang menyediakan masakan fusion ini berlokasi di Jl. Monginsidi No. 5, Salatiga.

Kedai kopi hadir dengan konsep minimalis bernuansa kayu sehingga dijamin sangat dan nyaman. Bagi Anda yang hobi nongkrong atau merupakan pekerja freelance, Aromia Coffee merupakan tempat yang direkomendasikan.

Menu yang paling direkomendasikan di sana adalah Nasi Goreng dengan Sate Lilit dan Sambal Matah. Rasanya sangat khas dan menggugah selera, lebih enak daripada nasi goreng pada umumnya.

Selain itu ada juga Chicken Cheese Aglio Olio, Tuna Dabu-dabu, Sate Rembiga, dan Krispie Buttermilk Burger. Sedangkan menu makanan ringannya ada Crispy Chicken Skin, Chewy Soft Cookies, dan lain sebagainya.

Untuk menu minumannya antara lain ada aneka olahan kopi seperti Klepon Coffe dan Speculoos Frappe. Jam buka cafe ini adalah mulai jam 12.00 sampai 00.00 WIB, sehingga cocok untuk nongkrong sambil makan siang maupun malam.

Walaupun harga ditawarkan cukup murah, namun Aromia Coffee tetap menyediakan tempat yang menyenangkan. Bahkan sudah ada WiFi gratis dan pelayanan memuaskan dari seluruh barista.

3. Cleverly Eatery

Cleverly Eatery
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116287124758028626828

Pusing dengan ingar-bingar perkotaan yang menghantui Anda setiap hari? Coba saja berkunjung ke Cleverly Eatery yang memberikan pengalaman ngopi dari ketinggian 650 mdpl.

Cafe instagramable di Salatiga ini tentu saja menawarkan suasana sejuk khas pegunungan yang membuat Anda dijamin betah berlama-lama di sana. Lokasi cafe ini adalah di area d’Emmerick Salib Putih Hotel, Jl. Raya Salatiga – Kopeng Km 4.

Meski berada di area hotel, cafe ini bebas dikunjungi oleh siapa saja mulai sekitar jam 11 siang. Cafe ini dibangun di tepi kolam renang sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri.

Pilihan menu yang ditawarkan pun sangat banyak, mulai dari Indonesian, Chinese, hingga Western Food. Soal harga pun juga masih murah walaupun vibes yang ditawarkan oleh cafe ini sangat fancy.

4. Kafeole

Kafeole
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100515160568388978260

Kafeole merupakan tempat nongkrong di Salatiga yang mengusung konsep taman dengan berbagai jenis tanaman di area luarnya. Ada banyak jenis bunga dan pohon-pohon rindang yang membuat suasana di sana semakin sejuk dan menenangkan.

Jika ingin merasakan ngopi dengan nuansa yang lebih alami, Anda bisa memilih tempat duduk di bagian taman. Namun, kalau tidak ingin kepanasan saat berkunjung di siang hari, sebaiknya pilihlah tempat duduk di dalam ruangan atau indoor.

Area indoor-nya sendiri mempunyai konsep semi terbuka, tanpa pintu dan jendela sehingga nyamannya sama seperti di luar. Cafe yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar ini tentu saja tentu saja sangat cocok untuk pencinta alam.

Untuk menu makanannya ada aneka masakan nusantara hingga western, mulai dari Gado-gado, Lasagna, dan Caesar Salad Ole. Kalau masih kenyang dan ingin camilan saja, Anda bisa memesan Pisang Goreng Cokelat atau Udang Mayo.

Untuk minumannya, primadona di Kafeole antara lain ada Milkshake Chocolate dan Wedang Uwuh. Masih ada juga banyak pilihan menu lain yang dijual dengan harga affordable.

5. Langit Senja Cafe

Langit Senja Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105552047367986195276

Jika Anda sedang mencari cafe outdoor di Salatiga yang nyaman dengan pemandangan cantik, Langit Senja bisa menjadi pilihannya. Cafe ini terletak di Jalan Kutowinangun Kidul, tepat di bawah kaki Gunung Merbabu.

Karena konturnya naik dan turun, tentu saja pemandangan di sekitar cafe tak hanya cantik, tetapi juga eksotis. Dengan konsep rumah kaca, cafe ini menawarkan hijaunya bentang alam sejauh 360 derajat langsung.

Ditambah lagi dengan hawa yang sejuk dan menyegarkan, membuat semua pengunjung pasti betah berada di sana. Apalagi pilihan menu yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari makanan berat, camilan, dan minuman.

Jika sedang ingin menyantap camilan dengan cita rasa lokal, Anda bisa memesan Pisang Goreng Cokelat. Sedangkan jika mau yang bernuansa western sekaligus untuk difoto dan upload di Instagram Anda bisa memesan Matcha Waffle.

Anda bisa juga memesan aneka gorengan yang disajikan di keranjang cantik, nama menunya adalah Mix Platter. Untuk minumannya, ada dua pilihan menu yang paling spesial yaitu Coco Beericano dan Grandpa Coffee Cream.

6. Kalimera Coffee Bar

Kalimera Coffee Bar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102602854428214583216

Jika Anda termasuk penggemar berat kopi, Anda wajib berkunjung ke cafe yang sedang hits di Salatiga, yaitu Kalimera Coffee Bar. Cafe yang ada di Jalan Seruni ini mengusung konsep modern minimalis dan tentu saja instagenic.

Lokasi tepatnya adalah di belakang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Sehingga, setiap harinya pasti cafe ini dipenuhi mahasiswa yang mengerjakan tugas atau berdiskusi.

Karena ruangannya tidak terlalu luas, owner memilih menggunakan furnitur yang simpel namun tetap modern. Sehingga meskipun hanya mampu menampung 7 meja, suasana cafe ini tidak terlalu sumpek.

Disempurnakan dengan penggunaan dinding kaca yang tembus pandang untuk menambah kesan lapang dan tidak membosankan. Sehingga cahaya bebas masuk ke dalam area cafe dan membuat suasana menjadi terasa lebih hangat.

Signature menu cafe ini adalah A Day in Java yang merupakan perpaduan antara kunyit dan asam Jawa dengan kopi Arabika. Rasanya sangat unik, tentunya tidak bisa Anda temukan di tempat yang lain.

Tak hanya itu, ada juga menu minuman non-kopi seperti Red Pineapple dan Black Peach. Sebagai pendamping dari minuman ini Anda bisa memesan menu spesial seperti Mie, Nasi Goreng Kalimera, Chicken Steak, dan Egg Toast.

7. Waroeng Lawas

waroeng lawas
Foto : Gmaps Waroeng Lawas

Sesuai dengan namanya, tempat ngopi di Salatiga ini mempunyai konsep yang serba lawas, mulai dari dekorasi interior hingga pemilihan furniturnya. Di sana pengunjung juga bisa melihat koleksi-koleksi lawas seperti sepeda motor kuno dan pesawat telepon.

Semua koleksinya dirawat dengan baik dan dipajang di sebuah studio yang biasanya juga menjadi tempat untuk live music. Menariknya lagi, cafe di Jalan Pattimura ini menyajikan berbagai makanan khas nusantara yang masih jarang ditemui di tempat lain.

Sebut saja ada Nasi Pecel Peyek, Nasi Tumpang Koyor, dan Gendar Pecel Rica Ayam. Meskipun sebenarnya merupakan menu sederhana, namun karena saat ini sulit ditemukan membuat cafe ini cocok bagi yang ingin bernostalgia.

Jangan lupa juga memesan minuman spesial dari cafe ini. Yaitu Vanilla Coffee dan Coffe Beer yang merupakan bir lokal tanpa alkohol. Untuk menemani minuman hangat, Anda bisa mencoba aneka kue lawas seperti Pisang Karamel, Roti Bakar Kacang, dan Proll Tape.

Datang juga ke –> Cafe di Semarang yang populer dan selalu ramai pengunjung.

8. Telon Coffee

telon coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108707558470996178551

Bagi yang ingin ngopi sederhana di pusat kota Salatiga, Anda bisa meluncur ke Telon Coffee. Lokasi tepatnya adalah berada di Jl. Pemotongan No. 48, Kalicacing, Sidomukti, sangat strategis karena dekat dengan beberapa tempat publik di Salatiga.

Cafe ini menawarkan konsep outdoor dan indoor dengan berbagai menu kopi yang nikmat. Meskipun tempatnya sederhana, namun cafe ini memberikan suasana yang nyaman ditambah pelayanan ramah dari barista.

Cafe ini menawarkan menu kopi khas Nusantara dengan berbagai cara penyeduhan sehingga rasanya juga bervariasi. Selain itu, ada juga berbagai menu makanan ringan yang cocok untuk menyempurnakan nongkrong Anda.

Karena lokasinya dekat Lapangan Pancasila, cafe ini sering dikunjungi oleh masyarakat luar kota seperti Boyolali, Solo, dan Semarang. Meskipun tempatnya sederhana, namun Telon Coffe tetap menjadi salah satu tempat hangout di Salatiga yang paling favorit dan selalu ramai.

Waktu operasional cafe ini adalah Senin – Jumat (09.00 – 23.30) dan Sabtu – Minggu (15.00 – 24.00). Semua menu di sana bisa Anda nikmati dengan merogoh kocek mulai Rp15.000-an saja.

9. Frame Coffee House

Frame Coffee House
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114729517274220368600

Frame Coffee House merupakan salah satu tempat nongkrong di Salatiga terkenal yang tidak boleh dilewatkan. Anda akan merasakan suasana layaknya di halaman belakang rumah saat pertama kali masuk ke cafe ini.

Di sana Anda juga akan dimanjakan dengan adanya kolam ikan dan kursi malas yang membuat semakin betah berlama-lama. Jika berkunjung dengan teman, Anda bisa bermain Uno atau permainan kartu lainnya yang disediakan.

Frame Coffee House menawarkan pilihan minuman seperti olahan kopi, coklat, teh, jus, dan float yang dibanderol dengan harga mulai Rp4.000-an. Untuk mempermudah pengunjung dalam memilih, ditawarkan dua varian kopi, yaitu Arabica dan Robusta.

Perlu diketahui kalau setiap varian kopi bisa memberikan sensasi rasa yang berbeda untuk menu sama. Anda pun bisa request kadar kepekatan rasa dari masing-masing menu, mulai dari middle hingga heavy taste.

Karena harganya sangat murah, cafe ini sering menjadi pilihan tempat nongkrong mahasiswa sambil mengerjakan tugas kuliah. Cafe yang beralamat di Jl. Sinoman Tempel, Gang 3, Sidorejo Lor ini buka mula jam 4 sore sampai 11 malam.

10. Waroeng Kopi Prijaji

Waroeng Kopi Prijaji
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102418456774814282574

Waroeng Kopi Prijaji merupakan cafe di Salatiga instagenic yang bisa menjadi pilihan tempat nongkrong saat malam minggu tiba. Lokasinya berada di Jalan Raya Salatiga-Kopeng, Mangunsari, Kecamatan Sidomukti.

Di cafe ini Anda akan dimanjakan dengan desain ruangan yang sangat unik dan menarik. Ditambah lagi dengan berbagai hiasan khas yang membuat cafe ini menjadi lebih mengesankan.

Cafe ini mempunyai tempat yang cukup luas, sehingga cocok dikunjungi beramai-ramai dengan teman-teman. Walaupun namanya cukup lokal, namun selain menyajikan menu khas Indonesia, cafe ini juga menawarkan American Food.

Selain itu, di sana Anda juga bisa memilih aneka pilihan Vegan yang sesuai untuk Vegetarian. Harganya pun tergolong murah, mulai Rp15.000 sampai Rp65.000 saja setiap porsi.

Salah satu menu rekomendasi di sana ada Chicken Kiev yang ayamnya sangat lembut dan juicy namun bagian luarnya masih crispy. Di dalamnya terdapat herb butter yang membuat aroma menu ini semakin menggugah selera.

Selain itu, ada juga Prijaji Burger yang patty-nya cukup tebal dan telurnya matang sempurna. Tomat dan selada yang digunakan di dalamnya masih sangat segar, sedangkan acar dan timunnya pun disajikan secara terpisah.

Untuk minumannya Anda bisa memilih Matcha Milkshake yang super creamy. Tidak terlalu manis, cocok untuk mendampingi makan menu andalan di sana. Selain itu ada juga Nicaraguan Coffee yang rasanya cukup light dan rasanya tidak terlalu strong.

11. Sendja Koffie

Sendja Koffie
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100895118093534868604

Pilihan cafe di kota Salatiga selanjutnya adalah Sendja Koffie yang juga cocok dikunjungi ramai-ramai. Cafe yang berlokasi di Jl. Kemiri II No. 799 ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 10 malam.

Pengunjung akan dimanjakan dengan konsep ruangan terbuka yang dipadukan dengan berbagai jenis tanaman di luar ruangan. Disediakan juga beberapa buku yang bisa Anda sambil menunggu pesanan atau menemani minum kopi.

Tempatnya simpel, tidak terlalu luas namun sangat nyaman untuk digunakan bersantai. Bukan hanya kopi, di sana tersedia juga aneka teh, coklat, dan minuman tradisional lainnya.

Bahkan, di sana ada juga menu minuman cukup unik, yaitu Jeruk Jahe. Yang sangat ampuh untuk menghangatkan badan saat suasana dingin. Rasa kopinya pun tak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti enak.

Ada juga beberapa pilihan camilan yang dijual dengan harga murah, contohnya kentang goreng super crispy. Selain itu, ada juga brokoli goreng yang rasanya unik namun hanya tersedia saat harga di pasar sesuai.

Cafe ini aman untuk mahasiswa dan anak kos karena selain harganya murah juga sudah ada WiFi dan colokan. Owner cafe pun sangat ramah, Anda bisa mengajaknya mengobrol santai saat pengunjung tidak terlalu ramai.

12. Godhong Pring

Godhong Pring
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104921677300564697714

Godhong Pring merupakan restoran bersahaja yang cocok untuk nongkrong kawula muda. Tempatnya unik dan nyaman serta tersedia tempat duduk di kursi kayu maupun lesehan.

Restoran bergaya kontemporer ini memadukan gaya tradisional Jawa Tengah dengan pernak-pernik klasik tempoe doeloe. Cafe di Salatiga yang buka 24 jam ini tepatnya berada di Jl. Merbabu Gang 1 Nomor 3, Kalicacing, Kecamatan Sidodadi.

Sesuai dengan namanya, “Godhong Pring” yang berarti daun pohon bambu, cafe ini dilengkapi dengan perabot, hiasan, dan dinding dari bambu. Satu paling terkenal di sana adalah menu minuman yang menawarkan rasa teh khas dari Salatiga.

Sedangkan untuk makanan berat antara lain ada nasi pecel, nasi bakar, ayam bakar, dan menu-menu jawa lainnya. Harga semua makanan dan minumannya pun sangat ramah di kantong, sehingga cocok juga bagi yang sedang berhemat.

13. Abby’s House Cafe

Abby’s House Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110026716390056083224

Bagi yang sedang berburu tempat estetik untuk menambah koleksi foto di Instagram, bisa berkunjung ke Abby’s House Cafe. Cafe berlokasi di Jl. Diponegoro No. 47 ini menawarkan tempat nongkrong yang nyaman dengan nuansa putih merah.

Tak hanya menawarkan menu modern, cafe ini juga menjual berbagai makanan tradisional yang sangat lezat. Salah satunya adalah gorengan daun ketela yang sudah pasti tidak akan pernah Anda temui di cafe lain.

Walaupun menyediakan makanan tradisional, namun cafe ini tetap mengusung konsep yang minimalis dan modern. Sehingga Anda bisa merasakan sensasi mencicipi makanan tradisional di tempat yang modern.

14. Kopi Si Klasik

Kopi Si Klasik
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104504717923359291404

Kopi Si Klasik merupakan salah satu cafe di Salatiga hits dan rekomended yang juga menarik untuk dikunjungi. Cafe yang beralamat di Jl. Domas No. 27 ini buka setiap hari mulai jam 14.00 sampai 22.30 WIB.

Kopi Si Klasik ini menawarkan konsep yang klasik namun tetap menarik untuk dikunjungi. Bahkan, cafe ini mendapatkan bintang yang cukup tinggi di Google, yaitu 4,6, artinya banyak pengunjung puas dengan pelayanannya.

Semua barista dan crew yang bekerja di sana sangat ramah dan bisa melayani permintaan pengunjung dengan cekatan. Pesanan pun bisa sampai dalam waktu yang cepat, apalagi jika cafe tidak terlalu ramai.

Di sana Anda bisa memesan berbagai sajian kopi dan mencicipi menu makanan yang ditawarkan. Masing-masing menu dijual dengan harga yang sangat murah, sehingga tidak akan membuat kantong jebol.

Kunjungi juga –> Cafe di Ungaran dengan spot fotogenic untuk menemani waktu senggang anda.

15. Casa Coffee

casa coffee
Foto : https://www.instagram.com/_casacoffee/

Jika Anda mencari coffee shop di Salatiga yang menawarkan perpaduan antara desain minimalis dan natural, Casa Coffee adalah jawabannya. Cafe ini berlokasi di Jl. Kyai Hasyim Nomor 10, Mangun Sari, Kecamatan Sidomukti.

Casa Coffee buka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 12 malam, sehingga Anda bisa lunch maupun dinner di sana. Pengunjung juga bisa mencoba berbagai menu kopi dengan cita rasa yang khas dan unik.

Selain itu, tersedia juga berbagai menu Indonesian dan Western Food yang tentunya dibanderol dengan harga terjangkau. Per menu bisa Anda nikmati dengan kisaran harga mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 saja.

Cafe ini menawarkan suasana tenang sehingga sangat cocok untuk pekerja freelance yang membutuhkan tempat sunyi. Terlebih lagi terdapat juga hiasan wallpaper dengan gambar-gambar unik di beberapa sisi dindingnya.

16. Waynet & Cafe

Waynet & Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107099523314763143609

Tentunya masih ada banyak lagi pilihan cafe kopi di Salatiga yang wajib masuk ke dalam wishlist Anda. Salah satunya adalah Waynet & Cafe yang berlokasi di Jl. Argoboga No. 27, Ledok, Argomulyo.

Cafe ini memungkinkan Anda untuk nongkrong seru sambil menikmati live music di tempat yang nyaman. Pengunjung pun diberikan kebebasan untuk request lagu yang mau dibawakan bahkan bernyanyi bersama.

Tak diragukan lagi, cafe ini merupakan pilihan seru bagi Anda yang sedang butuh hiburan. Selain itu, cafe ini sangat direkomendasikan karena menawarkan berbagai menu dengan kisaran harga yang ramah di kantong.

Cukup dengan Rp3.000 hingga Rp20.000 saja Anda sudah bisa menikmati sajian-sajian lezat yang ada di Waynet & Cafe. Harganya murah layaknya angkringan, namun suasananya sangat mewah seperti di cafe mahal.

Cafe ini buka setiap hari mula jam 9 pagi sampai 12 malam, Anda pun bebas mau berlama-lama di sana. Terlebih lagi, cafe ini juga sudah dilengkapi dengan WiFi dan stop kontak yang membuat Anda bisa sambil mengerjakan tugas.

17. Jenderal Coffee

jenderal coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109135230918959275703

Jenderal Coffee merupakan pilihan cafe di Salatiga terbaru yang cocok dikunjungi sendiri maupun ramai-ramai bersama teman. Cafe yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 160, Kalicacing ini beroperasi mulai jam 08.00 – 01.00 WIB.

Dengan dinding kaca, cafe ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mendapatkan pemandangan yang tidak membosankan. Ambience yang ditawarkan juga sangat nyaman, sehingga Anda pasti akan merasa tenang ketika berkunjung ke sana.

Jenderal Coffee menawarkan berbagai menu unik yang masih dijual dengan harga affordable, sesuai kantong mahasiswa. Anda bisa memesan rice box dengan aneka lauk dengan penyajian yang unik jika sedang lapar berat.

Jika sedang tidak terlalu lapar, Anda bisa memesan pastry yang rasanya bervariasi dan lezat. Dengan membawa uang Rp50.000 saja Anda sudah bisa pulang dalam keadaan kenyang dan bahagia.

18. Story Salatiga

story salatiga
Foto : https://www.instagram.com/salatigajajan/?hl=id

Akhir pekan memang paling pas untuk dihabiskan bersama sahabat yang selalu sangat sibuk di hari kerja. Anda bisa mengajak sahabat hangout ke salah satu cafe murah di Salatiga kemudian saling bercerita soal percintaan, pekerjaan, atau lainnya.

Salah satu cafe terbaik untuk momen ini adalah Story Salatiga yang mempunyai tagline “Makan, Minum, Kumpul, dan Bercerita”. Konsep inilah yang membuat Story Salatiga terlihat sangat menarik di kalangan anak muda.

Cafe di Jl. Kemiri Raya ini buka setiap hari mulai jam 12 siang sampai 11 malam. Ada banyak pilihan menu dengan kualitas dan rasa yang berbeda, sehingga memberikan pengalaman tersendiri saat berkunjung ke cafe ini.

Karena mengusung konsep bercerita, agaknya cafe ini kurang cocok bagi introvert yang ingin me time sendirian. Namun, jika ingin tetap berkunjung ke sana bisa datang sejak awal agar dapat tempat duduk yang nyaman dan tenang.

19. 1915 Arts Koffie Huis

1915 Arts Koffie Huis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116508550177144610919

Nongkrong merupakan hal paling mainstream di cafe, sehingga 1915 Arts Koffie Huis akan memberikan pengalaman yang berbeda. Cafe di Salatiga hits satu ini menggunakan bangunan tua peninggalan Belanda yang pastinya terlihat sangat klasik.

Bangunan tua bertulisan 1915 ini tetap terawat sehingga tidak akan membuat Anda merasa ngeri atau ketakutan. Namun, meskipun menggunakan bangun tua, cafe ini sebenarnya masih terbilang cukup baru.

1915 Arts Koffie Huis didirikan pada 2016, owner sengaja menggunakan rumah peninggalan eyangnya untuk membangun cafe ini. Lokasinya adalah berada di Jl. Buk Suling No. 17, Kutowinangun Kidul, Tingkir.

Di setiap sudut cafe terpanjang berbagai lukisan artistik yang mengentalkan unsur seni pada bangunannya. Di sana sudah ada pula fasilitas free WiFi yang pastinya membuat Anda semakin betah.

Waktu operasional cafe ini adalah mulai jam 2 siang sampai 9 malam, tutup setiap hari Kamis. Kisaran harga menu yang ditawarkan di sana adalah mulai Rp10.000 sampai Rp35.000 saja.

20. Soklatok

Soklatok
Foto : https://www.instagram.com/soklatok/?hl=id

Pilihan cafe di Salatiga yang instagramable selanjutnya berada di Jl. Kartini, yaitu Soklatok. Cafe ini mengusung konsep indoor dengan ruangan yang semi terbuka, sehingga tidak ada jendela sama sekali.

Meja dan kursinya ditata rapi dengan menghadap ke arah taman yang sangat cantik. Udara dan cahaya dari luar pun bebas masuk sehingga di sore hari akan ada siluet-siluet yang cantik dari tanaman gantung.

Sesuai dengan namanya, cafe ini menawarkan berbagai sajian hidangan yang berbasis cokelat, terutama untuk minuman dan makanan ringannya. Menu andalan di sana ada minuman Soklatok Premium serta dessert Puding Choco Cheese Cake dan Puding Talas Choco.

Bagi yang kurang suka cokelat jangan khawatir karena ada menu lain seperti Tropical Juice, Jahe Teh Lemon, dan Salad Buah. Sementara itu pilihan menu makanan beratnya ada Iga Dimadu, Chicken Mashed Potato, dan Steak Soklatok.

21. Kala Resto & Coffee

Kala Resto & Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100542549895510130626

Kala Resto & Coffee merupakan tempat makan di Salatiga yang menghadirkan suasana asri dengan pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Restoran ini mempunyai bangunan bergaya a-shaped roof yang sangat menarik dengan panel kaca yang memberikan kebebasan untuk cahaya masuk.

Interiornya didominasi warna gelap dengan perabotan kayu yang seolah mempertegas kesan natural. Setiap sudutnya didesain sangat estetik sehingga cocok dijadikan spot foto untuk diunggah di media sosial.

Lokasinya berada di Bugel, Sidorejo dan beroperasi setiap hari mulai jam 10.00 – 22. 00 WIB. Menu yang ditawarkan pun sangat variatif namun memang agak pricey karena tempatnya memang fancy.

Meski demikian, Anda tidak akan pernah menyesal makan di sana karena hidangannya dijamin kualitas bintang 5. Apalagi ambience yang ditawarkan juga sangat mewah, elegan, dan kekinian.

Area outdoor cukup digemari oleh banyak pengunjung, selain lebih semilir juga banyak spot-spot kece. Jadi tempat yang cocok untuk anda berswafoto bersama orang-orang tercinta ketika nongkrong dan menghabiskan waktu disini.

Review sebelumnya –> Cafe di Banyumanik yang kekinian dengan aneka menu andalan.

22. Moment Senja

moment senja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109287236008578682270

Moment Senja merupakan tempat nongkrong asyik yang berlokasi di Jl. Blotongan No. 1, Sidorejo. Sesuai dengan namanya, tempat ini cocok untuk digunakan bersantai sambil menikmati matahari tenggelam.

Dilengkapi dengan halaman luas yang langsung menghadap ke pegunungan sekitar. Halamannya pun sangat teduh dan berumput, dilengkapi dengan berbagai tanaman hias yang mempercantik pemandangan.

Sementara itu, area indoor-nya menghadirkan tema industrial modern berwarna abu-abu dan hitam. Nuansa di cafe ini sangat elegan dan alami, cocok bagi Anda yang ingin terbebas sejenak dari ingar-bingar perkotaan.

Bagi yang mau bermalas-malasan sambil mengambil foto cantik, bisa memanfaatkan bean bag tersedia. Moment Senja buka Senin – Jumat pada jam 10 pagi, sedangkan saat weekend sudah bisa dikunjungi sejak jam 9.

Di sana juga menyediakan berbagai makanan dan minuman, baik kopi maupun non-kopi dengan harga murah. Jadi, saat liburan nanti Anda bisa menghabiskan waktu sore bersama pasangan atau keluarga di Moment Senja.

Sekian beberapa pilihan cafe di Salatiga yang semuanya wajib dimasukkan ke dalam wishlist tempat nongkrong Anda. Semuanya menawarkan keunikan dan menu yang berbeda-beda, Anda tinggal memilih mana mau dikunjungi terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =