Keraton Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata sejarah dan juga budaya yang perlu anda rasakan sensasi keseruannya. Fungsi utama dari tempat ini adalah sebagai tempat tinggal sultan di istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dan kini sebagian kompleks Keraton Jogja sebagian sudah beralih fungsi sebagai museum benda-benda koleksi milik kesultanan. Maka dari itu siapapun sekarang bisa memasuki area wisata Keraton Yogyakarta untuk merasakan liburan yang anti mainstream.

Bagian bagian Keraton Yogyakarta dapat anda telusuri sembari berjalan-jalan dan melihat-lihat berbagai koleksi yang ada di museum. Letaknya yang berada di tengah-tengah kota membuat wisata Jogja dekat malioboro ini jangan sampai terlewatkan ya.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

harga tiket masukkeraton yogyakarta
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110391471542999115494

Mengisi waktu senggang dengan rekreasi ke Keraton Yogyakarta bisa menjadi alternatif mengisi hari libur bersama keluarga. Istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini masih terus menjaga warisan budaya agar tidak punah.

Bangunan yang ikonik di Keraton Jogja ini menjadi salah satu daya tarik yang merupakan hasil karya Sultan Hamengkubuwana I. Kemampuan beliau dalam bidang arsitek menjadikan kawasan kompleks Keraton ini sebagai salah satu contoh arsitektur istana jawa terbaik.

Bagi anda yang berencana untuk datang ke tempat ini guna menambah wawasan baru maka tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta sangatlah terjangkau, yakni hanya sekitar Rp8.000 saja per orangnya untuk wisatawan domestik.

Sedangkan tiket masuk Keraton Jogja untuk pengunjung dari Mancanegara maka kurang lebih sekitar Rp15.000/orang. Dengan biaya yang ekonomis ini memungkinkan para wisatawan bisa untuk menelusuri dan mengetahui isi seluruh Keraton Yogyakarta.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi keraton yogyakarta
Foto : https://www.instagram.com/ria_rochma/

Lokasi Keraton Yogyakarta berada di sekitaran komplek Alun-Alun Utara Jogja yang berada di pusat kota. Pada sebelah barat kompleks alun-alun utara terdapat Masjid Raya Kesultanan atau yang dikenal dengan Masjid Gedhe Kauman.

Untuk alamat Keraton Yogyakarta sendiri terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari Titik 0 KM Yogyakarta hanya sekitar 500 meter saja dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 6 menit.

Akses jalan selayaknya di kota, sudah sangat baik dan mudah dilintasi oleh semua kendaraan yang melintas. Mulai dari kendaraan roda dua seperti sepeda onthel, motor hingga bis pariwisata sekalipun.

Tak perlu khawatir jika anda belum mengetahui lokasi dan juga jalur utama untuk menuju salah satu wisata bersejarah Jogja ini. Silakan maps dengan petunjuk akurat dibawah ini bisa anda gunakan dalam memudahkan laju kendaraan saat menuju Keraton Jogja.

Jam Buka

jam buka Keraton Yogyakarta
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117581743933994021171

Sebelum berkunjung, ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu jam operasional wisata yang berlaku di Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta terbuka untuk umum mulai pukul 08.00-14.00 WIB pada hari Sabtu sampai Kamis.

Sedangkan untuk hari Jum’at ada jam khusus yang berlaku di Keraton Yogyakarta yakni pukul 08.00 – 12.00 WIB saja. Menariknya, di kawasan keraton ini juga selalu mengadakan pentas pertunjukan seni yang digelar cukup rutin.

Dan berikut jadwal perunjukan di area Keraton sesuai dengan jam dan juga hari yang telah ditentukan.

  • Gamelan -> Senin dan Selasa pukul 10.00-12.00 WIB
  • Wayang -> Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB
  • Tarian -> Minggu dan kamis pukul 19.00-12.00 WIB
  • Pembacaan Puisi -> Jum’at pukul 10.00-11.30 WIB
  • Pertunjukan Wayang Golek -> Rabu pukul 09.00-12.00 WIB

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan keraton yogyakarta
Foto : https://www.instagram.com/jenengkualdo/

Berkunjung ke sebuah museum tentu bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan juga informasi baru. Sama halnya ketika kita singgah di Museum Keraton Yogyakarta yang menyimpan benda-benda koleksi milik kesultanan.

Seperti melihat secara lebih dekat kereta kencana yang digunakan para raja Yogyakarta zaman dulu. Selain itu kita juga bisa menyaksikan perangkat musik jawa, benda pusaka Khas Yogyakarta, beserta lukisan-lukisan.

Yang cukup menarik perhatian yakni ada juga benda-benda antik pemberian raja-raja Eropa di masa lalu yuang masih tersimpan disini. Selain dari benda-benda yang sudah disebutkan diatas, satu hal yang tak boleh wisatawan lewatkan yakni menonton pagelanan seni di Keraton.

Pagelaran pertunjukan seni di Keraton Yogyakarta biasanya selalu diadakan pada setiap harinya mulai pukul 09.30 WIB. Aktivitas wajib yang juga tak boleh anda lewatkan adalah berfoto-foto ria pada spot terbaik di Keraton Yogyakarta.

Datang juga ke –> HeHa Sky View

Spot Foto Terbaik

spot foto keraton yogyakarta
Foto : https://www.instagram.com/iamfernandoreza/

Bangunan Keraton dengan arsitektur istana jawa terbaik ini sangatlah menarik dan bisa menghasilkan foto yang instagenic. Tiap sudut bangunan keraton, penuh dengan pernak-pernik khas istana kesultanan yang kaya akan budaya.

Istana Keraton Kesultanan Jogja ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merupakan pelataran kedhaton yang merupakan tempat sultan.

Pada bagian kedua merupakan bagian istri dan puteri sultan, dan yang terakhir adalah bagian putra sultan. Tidak semua area di Keraton Jogja dibuka untuk umum, terutama pada kawasan bangsal kencono ke arah barat.

Maka dari itu bagi anda yang hendak berswafoto maka perlu mengetahui dulu batasan-batasan yang sudah ditetapkan. Bangunan jawa tempo dulu yang ikonik ini sangat menarik sekali untuk dijadikan background saat selfie maupun gorufie.

Rekam setiap momen seru selama di wisata Keraton Yogyakarta dengan menjadikan setiap sudut ciamiknya sebagai latar belakang. Hasilkan foto dan video instagenic dengan spot foto terbaik di Keraton Yogyakarta.

Kunjungi juga –> Benteng Vredeburg

Fasilitas

fasilitas keraton yogyakarta
Foto : https://www.instagram.com/linaparju/

Telah di dukung oleh berbagai sarana prasana penunjang para pengunjung selama aktivitas dan kegaiatan rekreasi di Keraton Yogyakarta. Dan berikut fasilitas Keraton Yogyakarta antara lain adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Papan petunjuk wisata
  • Pemandu wisata profesional
  • Warung wisata
  • Kios souvenir
  • Panggung pertunjukan
  • Area bermain anak
  • Dekat dengan Maliboro
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya mengisi waktu libur dengan menjelajahi museum Keraton Yogyakarta yang menyimpan banyak peninggalan kerajaan di masa lampau. Dapatkan pengalaman liburan berkesan dan pastinya sulit terlupakan dengan eksplorasi museum keraton bersama yang tercinta.

Review sebelumnya –> Goa Pindul

Tips Berkunjung

tips berkunjung keraton yogyakarta
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110402023697343137341

Berikut ini ada beberapa tips berkunjung ke wisata museum Keraton Yogyakarta yang bisa anda jadikan tambahan referensi.

  • Sebaiknya datanglah sejak pagi mengingat museum ini hanya beroperasi sampai siang saja.
  • Bagi yang ingin menonton pertunjukan seni disini, maka perkirakan waktu berkunjung anda dengan jadwal pementasan.
  • Gunakan jasa pemandu yang tersedia agar kunjungan anda ke Keraton terasa lebih maksimal dengan banyaknya pengetahuan baru yang didapat.
  • Selalu menjaga tutur kata dan tingkah laku anda selama berada di kawasan Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
  • Patuhi aturan bagi pengunjung yang sudah di tetapkan demi kebaikan bersama supaya semua baik-baik saja.

Demikian sudah anda simak ulasan singkat yang memuat informasi mengenai museum wisata Keraton Yogyakarta yang menakjubkan. Ragam peninggalan masa lalu yang terpajang disini sangat banyak dan juga bervariatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =