Candi Ratu Boko merupakan salah satu dari banyaknya wisata Jogja yang rekomended untuk anda telusuri guna mengisi waktu luang. Sejatinya tempat ini bukanlah sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan, oleh karena itu sering disebut Situs Ratu Boko.

Ratu Boko yang kini berfungsi sebagai Taman Wisata Candi diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha. Yang kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu, hal tersebut menyebabkan bangunan Ratu Boko ini dipengaruhi oleh Buddhisme dan Hinduisme.

Sejarah Ratu Boko dapat anda telusuri lebih dalam saat menjadikan destinasi cantik ini sebagai tujuan rekreasi bareng keluarga. Saat berada di Sleman Jogja, destinasi cantik satu ini jangan sampai anda lewatkan ya.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

harga tiket masuk candi ratu boko
Foto : https://www.instagram.com/penginapan.grandzea/

Akhir pekan dan musim liburan adalah saat paling ditunggu oleh banyak orang, sebab diwaktu inilah bisa jalan-jalan bersama yang tersayang. Berkunjung ke Kota Sleman Yogyakarta misalnya yang menjadikan aneka tempat wisata ciamik yang anti mainstream.

Salah satunya adalah Candi Ratu Boko dengan sejuta daya tariknya yang sedang akan kita bahas kali ini. Pada Candi Ratu Boko anda bisa menemukan sebuah prasasti berangka tahun 792 M yang dinamakan Abhayagiriwihara.

Prasasti Abhayagiriwihara di Ratu Boko tertulis menggunakan huruh pranagari, dan merupakan salah satu ciri khas dari prasasti peninggalan Buddha. Itu tadi hanya sedikit dari banyaknya daya tarik yang Ratu Boko suguhkan kepada para wisatawan.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa explore Situs Budaya ratu Boko di Sleman yang anti mainstream. Harga tiket Masuk Candi Ratu Boko adalah sebagai berikut :

  • Rp20.000 : Usia 3 – 10 tahun
  • Rp40.000 : Usia 10 tahun atau lebih
  • Rp20.000 : Tiket untuk study tour (minimal 20 orang)

Sedangkan untuk Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan (termasuk fasilitas shuttle)

  • Rp40.000 : Usia 3 – 10 tahun
  • Rp85.000 : Usia 10 tahun atau lebih Rp85.000

Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur

  • Rp35.000 : Usia 3 – 10 tahun
  • Rp75.000 : Usia 10 tahun atau lebih

Bahwasannya aturan untuk tiket masuk sebuah tempat wisata bisa saja berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu perlu bagi anda untuk mencari lebih banyak informasi sebagai referensi sebelum rekreasi.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi ratu boko
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117330835327911238749

Keraton Ratu Boko yang masih dalam satu kepengurusan dengan Borobudur dan Prambanan ini dikelola secara baik. Maka dari itu harga tiket yang tersedia pun saling tehubung satu sama lain.

Letak Ratu Boko sendiri berada di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 195.97 meter diatas permukaan laut. Berdiri diatas sebuah padang rumput dan pepohonan hijau yang tumbuh tinggi mengelilingi area wisata ini.

Hal tersebut yang membuat suasana disini rimbun dan teduh yang akan membuat siapapun merasa nyaman dan enggan untuk segera pulang. Momen liburan anda bersama yang tercinta di Ratu Bokoh semakin terasa istimewa dan sulit terlupa.

Alamat Candi Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Jarak dari Candi Prambanan ke Ratu Boko hanya sekitar 5 km saja.

Tak perlu khawatir jika anda masih merasa bingung dengan jalur utama menuju tempat wisata Jogja hits satu ini. Maps dibawah bisa anda akses guna memudahkan perjalanan menyenangkan anda ke Ratu Boko.

Jam Buka

jam buka candi ratu boko
Foto : https://www.instagram.com/rendra.wekwek/

Situs Ratu Boko dapat anda kunjungi sesuai dengan ketentuan jam operasional wisata yang berlaku ya. Buka setiap hari dari Jum’at hingga Kamis pada pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113407261436550927489

Memilih Ratu Boko bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu luang dengan jalan-jalan, liburan, dan rekreasi bahagia bersama orang tercinta. Menelusuri berbagai bangunan unik dari reruntuhan sebuah kerajaan yang terdiri atas beberapa kelompok bangunan.

Bangunan Gerbang, Candi Batukapur, Candi PemBokoran, Paseban (tempat menghadap raja), Pendopo, Keputren, Gua dan yang lainnya. Menilik lebih dalam dan mencari tahu kira-kira apa saja informasi yang ada dan bisa menambah wawasan anda.

Disela-sela jalan santai saat di Candi Ratu jangan sampai anda melewatkan kegiatan berswafoto untuk merangkum semuanya. Abadikan setiap momen menyenangkan dengan selfie ataupun groufie pada spot-spot ciamik di Candi ratu Boko.

Duduk santai sembari menikmati berbagai pemandangan alam juga patut anda coba dan rasakan keseruannya.

Datang juga ke –> Kebun Teh Nglinggo

Spot Foto Terbaik

spot foto terbaik Candi Ratu Boko
Foto : https://www.instagram.com/m_bardan/

Berburu foto menarik wajib anda lakukan dan tak boleh terlewatkan agar setiap hal-hal seru disini tak akan terlupakan. Dengan berlatar belakang bangunan Candi Ratu Boko yang eksotis guna menghasilkan gambar yang keren abis.

Setiap sudut Ratu Boko kaya akan panorama menawan yang bisa anda manfaatkan agar berwisata kali ini semakin berkesan. Ciptakan pengalaman liburan yang tak akan terlupakan dengan mengabadikan momen pada spot terbaik di Candi Ratu Boko.

Menariknya, candi Jogja satu ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menyaksikan sunset atau tenggelamnya matahari. Pengunjung bisa naik ke atas salah satu bangunan candi dan bersantai sambil melihat cahaya keemasan dari balik awan

Maka dari itu kamera menjadi hal yang cukup penting untuk dibawa sebagai bekal berwisata selanjutnya.

Kunjungi juga –> Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas

fasilitas candi ratu boko
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108174311951862531372

Tempat wisata di Jogja satu ini sudah didukung oleh berbagai sarana prasana penunjang yang cukup memadai. Dan berikut fasilitas Candi Ratu Boko di Sleman yang diantaranya meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan memadai
  • Pusat informasi wisata candi
  • Tour guide profesional
  • Toilet umum / kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Kios cenderamata dan souvenir
  • Area bersantai
  • Duduk / kursi
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai keseruan yang Candi Ratu Boko Sleman tawarkan untuk mengisi waktu senggang anda kali ini dengan bersenang-senang disini.

Review sebelumnya –> Candi Prambanan

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi ratu boko
Foto : https://www.instagram.com/lailaram_/

Berikut ada beberapa tips yang dapat anda simak saat berencana datang ke Candi Ratu Boko di Sleman Daerah Isitmewa Yogyakarta.

  • Musim panas dengan harinya yang cerah adalah saat terbaik datang untuk berwisata ke Ratu Boko yang mengagumkan.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang kami rekomendasikan untuk mendapatkan suasana candi yang lebih rimbun dan teduh.
  • Jika anda datang saat siang hari agar sebaiknya membawa penutup kepala baik itu topi, payung atau semacamnya.
  • Ikut serta menjaga kebersihan area wisata dengan selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan.
  • Selalu menjaga etika, tutur kata dan tingkah laku agar semua baik-baik saja dan berjalan sesuai rencana.
  • Tidak melakukan tindakan-tindakan berbahaya atau yang bisa merugikan diri sendiri dan juga orang-orang disekitar.
  • Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui foto selfie, groufie, hingga merekam video untuk diunggah ke sosial media.

Jadi demikian informasi singkat yang membahas tentang wisata di Jogja populer yakni Candi Ratu Boko. Wisata Sleman Yogyakarta ini sangat rekomended dengan berbagai sajian anti mainstream di dalamnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =