Tempat wisata di Bangli menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan karena menawarkan berbagai keindahan dan keunikan tersendiri. Bangli sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali yang tidak punya wilayah lautan.

Sekeliling Bangli ada Kabupaten yaitu Gianyar, Badung, Karangasem, Klungkung dan Buleleng. Meskipun tidak memiliki wilayah laut, objek wisata yang ada di Bangli tetap memukau untuk dikunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Bangli yang menarik untuk didatangi saat liburan bersama keluarga maupun orang tercinta :

1. Desa Trunyan

tempat wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/ummumusa_fera/

Desa Trunyan ini merupakan salah satu kawasan yang ada di Bangli yang cukup menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Daya tariknya sendiri terdapat pada tradisi masyarakat setempat yang meletakkan jenazah tanpa dikubur.

Adapun jenazah tersebut ditempatkan dekat menyan dan juga pohon taru sehingga tidak mengeluarkan bau yang busuk. Aroma yang dikeluarkan oleh aroma wangi Sanga membuat bau dari jenazah tidak tercium.

Desa ini memiliki banyak tradisi unik sehingga para wisatawan merasa penasaran. Rasa penasaran ini pula lah yang membawa para wisatawan datang berkunjung dan menyaksikan sendiri tradisi-tradisi yang ada.

Desa Trunyan ini dihuni oleh penduduk asli suku Bali yaitu suku Bali Aga. Penduduk-penduduk di sini hidup dengan banyak tradisi yang diwariskan secara turun temurun hingga saat ini.

2. Museum Geopark Batur

wisata bangli terbaru
Foto : https://www.instagram.com/yoyaku_id/

Museum yang satu ini juga menjadi salah satu wisata terbaru di Bangli. Secara resmi museum Geopark Batur diresmikan tepat tanggal 1 April 2016 langsung oleh Menteri ESDM Sudirman Said.

Isi dari museum ini sendiri berupa koleksi yang merepresentasikan adanya tiga pilar Geopark yaitu budaya geologi hayati. Para pengunjung yang datang juga bisa mengetahui dengan lebih jelas secara dari Gunung Batur di wisata bangli terbaru ini.

Apabila dilihat dari segi fungsi, museum Geopark Batur ini difungsikan sebagai Pusat Informasi Geopark nasional maupun Geopark Batur. Museum ini juga bisa dijadikan tempat wisata anak di Bangli yang menyimpan banyak ilmu pengetahuan.

Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga di Bangli karena selain refreshing juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Alhasil liburan terasa menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan.

3. Danau Batur

wisata di bangli bali
Foto : https://www.instagram.com/edwindjuanda/

Tempat wisata yang satu ini memang sudah cukup familiar dan populer untuk didengar, untuk para wisatawan maupun masyarakat luas. Adapun daya tarik utama lokasi ini adalah keindahan danau yang begitu mempesona dan memikat setiap pasang mata yang melihatnya.

Bahkan tidak sedikit pula yang menganggap bahwa Keindahan danau Batur sulit untuk didefinisikan karena memang punya sisi keindahan tersendiri. Meskipun bukan tempat wisata di Bangli terbaru, pemandangan alam di sekitar Danau Batur yang indah tetap mampu memikat.

Hal tersebut pula lah yang menjadi salah satu alasan penamaan Danau Batur. Danau ini terletak pada ketinggian 1000 mdpl dan menjadi Danau terluas yang ada di Bali, dengan luasnya mencapai 16 km2.

4. Pura Puncak Penulisan

wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/eerna__/

Pura Puncak penulisan ini juga sudah cukup populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata Bali. Wisata ini terletak di puncak bukit yang diatasnya diselimuti tumbuhan hijau yang membuat pemandangan menjadi lebih asri dan menenangkan.

Ternyata jika dilihat dari sejarahnya, pura ini sudah ada sejak zaman megalitikum sehingga menjadi pura tertua yang ada di Bali. Pada mulanya, pura ini dijadikan sebagai tempat untuk para raja melaksanakan kitab yang diberi nama Yoga semadi.

Aktivitas Yoga sendiri merupakan kegiatan melatih tubuh supaya bisa lebih tahan terhadap suhu dingin karena rimbunnya pepohonan yang ada disekitar. Karena kondisinya tersebut pula, banyak yang menyebut jika pura puncak panulisan ini sebagai pura tegak koripan.

5. Air Terjun Dusun Kuning

tempat wisata daerah bangli
Foto : https://www.instagram.com/laxmiii_sbdr/

Tempat wisata di Bangli Bali ini juga menawarkan keindahan alam yang memukau dan mempesona. Daya tarik utama tempat wisata ini merupakan air terjun yang langsung jatuh ke arah sungai yang ada dibawahnya.

Bukan hanya airnya yang begitu indah dan memukau, melainkan juga daratan yang ada di sekitarnya. Yang juga menjadi salah satu alasan para wisatawan untuk datang.

Posisinya yang dikelilingi pepohonan serta tebing-tebing membuat nuansa asri begitu terasa.

Banyak para pengunjung yang datang untuk bisa menikmati wisata alam Bangli ini sembari menghabiskan waktu dan melepas kepenatan. Cocok dijadikan lokasi wisata keluarga karena bisa menjalin keakraban yang lebih sembari menikmati indahnya alam yang terbentang luas.

6. Pura Kehen

tempat wisata kota bangli
Foto : https://www.instagram.com/sscibali/

Wisata di bangli bali ini bernama pura kehen Bangli, dijadikan salah satu objek wisata yang ada di Bali. Sebagai bangunan umat Hindu untuk melakukan ibadah dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Pura kehen Bangli ini tidak menggunakan Candi sebagaimana pura pada umumnya, melainkan menggunakan sandi kurung tepat pada bagian pintu masuk. Keunikan lain yang bisa dilihat berupa Bale kulkul yang berada di atas pohon beringin usianya yang sudah mencapai ratusan tahun.

Dengan begitu posisi bangunan menjadi lebih tinggi dan menawarkan nuansa yang berbeda bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke pura ini. Pemandangan alam sekitar juga asri dengan nuansa hijau penuh kesejukan.

Suasana nyaman dan menenangkan siap menanti para pengunjung yang datang lokasi ini. Para pengunjung yang merasa penasaran dengan tradisi berupa upacara pujawali dan piodalan bisa menyaksikannya di pura ini.

7. Air Terjun Singsing

air terjun sing sing
Foto : https://www.instagram.com/wayan_darmaja/

Air terjun sing-sing ini menjadi salah satu objek wisata di Bangli yang menawarkan keindahan alam memukau. Jika biasanya Bali terkenal dengan wisata lautnya, ternyata di Bangli yang diapit oleh daratan ini menawarkan keindahan air terjun.

Menikmati air terjun sing-sing menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi para wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara. Lokasi dari air terjun ini juga cukup tersembunyi sehingga pesona alam yang ditawarkan juga masih sangat asri dan indah.

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga ataupun kerabat dengan mengunjungi air terjun ini tentu bisa menjadi salah satu rencana baik. Liburan bersama air terjun sing-sing sudah menanti para pengunjung yang akan datang.

8. Toya Bungkah

wisata bangli
Foto : https://www.instagram.com/j_able/

Toya bungkah merupakan salah satu tempat wisata yang berupa pemandian air panas di Kota Bangli. Jika dirasa sudah mulai lelah maka saatnya untuk melakukan refreshing salah satunya dengan menikmati pemandian air panas.

Melakukan aktivitas berendam di wisata bangli bali ini bisa menghilangkan rasa lelah yang membebani. Terlebih lagi pemandangan alam di sekitarnya yang begitu indah dan membuat takjub siapa saja yang menyaksikannya.

Letak pemandian air panas ini sendiri memang tidak jauh dari Gunung Batur sehingga sumber air panasnya pun berasal dari situ. Air panas yang ada di pemandian ini memiliki suhu berkisar antara 38 sampai 39 derajat Celcius.

Dengan suhu demikian, badan akan menjadi lebih rileks dan segar usai mandi di pemandian air panas. Apalagi pemandian air panas dikenal dengan berbagai khasiat untuk kulit.

Tempat yang cocok untuk anda menenangkan diri dibalik kesibukan sehari-hari. Berendam dijamin akan membuat tubuh anda menjadi nyaman dan semangat kembali.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Denpasar dengan berjuta pesona alamnya yang memukau untuk anda saksikan secara langsung.

9. Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani
Foto : https://www.instagram.com/iw_diarta/

Tempat wisata bernama penelokan Kintamani ini mempunyai keindahan yang memikat setiap pasang mata. Setiap wisatawan yang datang bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Batur yang bernuansa asri dan menenangkan.

Tumbuhan pertanian serta pepohonan hijau yang ada di sekitar tempat wisata juga menjadi salah satu daya tarik berkunjung kesini. Selain itu juga adanya lapak hitam padat yang bersumber dari letusan Gunung Batur di tahun 1917 silam.

Ketika sore hari menjelang malam, para wisatawan bisa menikmati sunset yang indah dan menawan. Matahari akan terlihat menghilang diantara celah gunung sehingga menghadirkan suasana yang penuh kehangatan dan tentunya berkesan.

10. Penglipuran

wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/infowisata01/

Penglipuran juga masuk masuk dalam daftar destinasi wisata yang ada di Bangli. Destinasi ini merupakan sebuah wisata desa yang namanya berasal dari kata pangeling pura.

Melakukan wisata ke tempat ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Karena adanya bangunan-bangunan yang mempunyai arsitektur mirip dari ujung desa ke ujung desa lainnya.

Tidak hanya itu, bentuk rumah di desa ini susunannya tampak rapi dan membuat siapa saja yang melihatnya merasa takjub. Kerukunan yang ada di Desa ini juga baik karena selalu dijunjung tinggi oleh seluruh masyarakat yang ada di dalamnya.

Destinasi terbilang yang paling hits jika traveler datang ke bali. Ber foto di Penglipuran selalu menjadi andalan dan dengan spot populer yang ada di dalamnya.

Untuk itu mengunjungi Desa Wisata ini bisa menjadi salah satu rekomendasi ketika liburan telah tiba. Mengunjunginya bersama dengan sanak saudara ataupun teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan.

11. Pura Tirta Sudamala

Pura Tirta Sudamala
Foto : https://www.instagram.com/rebecca.hrosova/

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat peribadatan umat Hindu, pura dengan nama Tirta sudamala ini juga dijadikan destinasi wisata Bali. Pura ini dibangun tepat di antara lokasi persawahan milik warga setempat.

Pemandangan yang disajikan begitu indah dan cantik sebagaimana nuansa alami alam yang begitu memesona. Pohon yang hijau dan rindang membuat suasana semakin sejuk dan menyenangkan.

Lokasi dari tempat wisata di Bangli ini juga cukup jauh dari keramaian sehingga bisa merasakan nuansa alam yang begitu menenangkan. Disini juga terdapat pancuran air yang berasal dari sumber mata air alami yakni dari pohon-pohon besar yang ada di sekitar.

12. Pura Ulun Danu Batur

objek wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/som_inthavong/

Pura Ulun Danu Batur ini didirikan dengan posisi menghadap Barat yang mana latar belakangnya adalah Gunung Batur yang memesona. Para pengunjung yang datang biasanya mengabadikan foto di lokasi ini sebagai kenang-kenangan.

Menurut sejarahnya, pura ini pernah hancur tepat pada tahun 1917 diakibatkan oleh letusan Gunung Batur. Meski demikian, pura kembali dibangun sehingga bisa seperti sekarang ini dijadikan tempat wisata.

Keindahan alam yang ada di objek wisata di Bangli ini menjadi daya tarik dan sayang untuk dilewatkan ketika di Bangli. Pemandangan Gunung Batur siap memanjakan setiap pasang mata yang melihatnya.

Mengambil spot foto terbaik ataupun hasil fotografi di lokasi ini tentu bisa dilakukan sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan.

13. Ayodya Oemah Strawberry

Ayodya Oemah Strawberry
Foto : https://www.instagram.com/ayodyaoemahstrawberry/

Berbeda dengan kawasan Bali lainnya yang terkenal panas. Wisata di Bangli ini menawarkan suasana yang menunjukkan layaknya seperti suasana di kawasan Bandung dan kawasan dingin lainnya.

Setelah ditelisik ternyata Bangli mempunyai udara yang terbilang sejuk sehingga buah seperti strawberry bisa tumbuh dengan baik. Buah strawberry yang tumbuh ini kemudian menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang berkunjung.

Ratusan bahkan ribuan pohon strawberry tumbuh dengan subur di daerah ini dan buah yang dihasilkan berwarna merah dan cukup besar. Dengan begitu, para wisatawan semakin antusias untuk bisa kematian secara langsung.

Kegiatan memetik buah ini memang sangat disukai para wisatawan yang berkunjung ke wisata di bangli ini. Berbagai fasilitas juga sudah tersedia di tempat wisata ini seperti ayunan, panggung strawberry, cafe shop, rumah pohon dan fasilitas lainnya.

14. Kintamani

obyek wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/kadekmitamelati/

Kintamani menjadi salah satu wisata Bangli yang cukup populer ketika berkunjung ke Bangli. Destinasi ini menawarkan keindahan alam yang begitu indah sehingga meninggalkan kesan bagi siapa saja yang datang ke tempat wisata ini.

Pemandangan gunung Batur yang indah disertai Danau Batur pada Bagian lereng membuat pesona alam seakan sempurna. Para pengunjung bisa mengabadikan foto ataupun berburu fotografi di lokasi ini.

Sunset saat sore menjadi salah satu yang paling ditunggu di tempat wisata alam di Bangli ini karena panoramanya yang mempesona. Menikmati secangkir kopi sembari melihat pemandangan alam yang indah di Kintamani bisa menjadi salah satu rencana terbaik saat liburan.

Di lokasi ini tersedia pula deretan rumah makan yang menjual kuliner khas Bali. Rasanya yang unik serta khas membuat kuliner yang ada menjadi incaran wisatawan.

15. Anjungan Tukad Melangit

tempat wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/banglipromotion/

Anjungan Tukad melangit ini berada di Dusun antugan yang cukup populer Bagi kalangan wisatawan. Biasanya kawasan ini cukup populer terlebih lagi bagi para pecinta fotografi karena banyaknya spot-spot menarik untuk menghasilkan foto yang indah.

Pemandagan dari ketinggian akan membuat adrenalin anda semakin bertambah. Menyaksikan keindahan alam memukau nan mempesona terbukti mampu menghipnotis mata siapa saja.

Suasananya yang begitu nyaman dan asri membuat tempat ini cocok untuk para pengunjung yang ingin merasakan suasana pedesaan. Tempat ini memang selalu ramai lagi saat musim libur tiba.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Bali dengan berbagai destinasi hits dan juga terbarunya wajib untuk anda coba jelajahi keindahan serta pesonanya.

16. Pura Bukit Mentik

Pura Bukit Mentik
Foto : https://www.instagram.com/kmlidya99/

Sudah tidak asing lagi untuk kawasan Bangli yang terdapat pura pura yang memiliki latar belakang pemandangan alam yang indah. Adapun lokasi dari pura ini berada di Kintamani yang terbagi menjadi tiga palebahan.

Adapun ketiga palebahan itu disebut dengan tri mandala. Para pengunjung yang datang tidak hanya sekedar bisa melihat setiap sudut pura tetapi juga pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

17. N’jung Bali Camp

tempat wisata di bangli terbaru
Foto : https://www.instagram.com/njungbalicamp/

Njung Bali Camp merupakan kawasan wisata yang menawarkan area camping ground yang indah dan nyaman. Pesona alam di sekitarnya merupakan tarik utama untuk melakukan camping di lokasi wisata ini.

Adanya area camping dengan suasana yang indah di tempat wisata kota bangli ini membuat wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Pesona alam yang selalu memikat setiap pasang mata yang melihatnya.

Melakukan kegiatan seperti bakar-bakar ayam ataupun ikan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan ketika camping di area ini. Sembari menyaksikan hamparan air yang begitu luas dan menikmati kesejukan udara yang tersaji di jamin akan membuat anda nyaman.

Tersedia gazebo dengan luas 2500 m2 bagi para pengunjung untuk bisa Menikmati keindahan alam yang ada di sekitar.

18. Mahapraja Bangli

tempat wisata alam di bangli
Foto : https://www.instagram.com/caroline_t/

Tempat wisata ini berlokasi di Yangapi tepatnya Kecamatan tembuku Kabupaten Bangli. Tempat wisata ini berupa pondok wisata yang cukup kekinian karena adanya spot foto menarik yang bisa dicoba.

Adanya Spot foto menarik dan kekinian di tempat wisata ini membuat para pengunjung bisa mengabadikan momen-momen seru selama berlibur. Tidak hanya itu terdapat pula spot spot lainnya yang bisa dicoba seperti area taman bermain dan juga spot memancing.

19. Air Terjun Tukad Cepung

wisata terbaru di bangli
Foto : https://www.instagram.com/andikalibin/

Destinasi wisata Air ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang bisa dikunjungi ketika pergi ke Bangli. Untuk bisa mencapai lokasi ini memang dibutuhkan perjuangan ekstra karena setiap rute cukup menantang.

Meski demikian, rasa lelah melewati perjalanan akan terbayar karena keindahan yang ditawarkan begitu memesona dan nuansanya begitu menyenangkan. Pepohonan hijau disertai kicauan burung yang menyertai membuat suasana menjadi sangat asri.

Air terjun di wisata ini mengalir seperti tirai yang bercahaya sehingga cara membuat para pengunjung berdecak kagum.

20. Air Terjun Tibumana

tempat wisata di bangli bali
Foto : https://www.instagram.com/bali_best_driver/

Tidak kalah indah, air terjun yang satu ini juga menawan dengan panorama keindahan alam yang begitu asri. Tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga masih kental dengan nuansa alam yang apa adanya.

Dengan begitu, setiap pengunjung bisa merasakan sensasi liburan layaknya liburan pribadi. Adapun air terjun di lokasi ini ada dua dan sering disebut sebagai air terjun kembar karena mengalir secara berdampingan.

Berenang hingga menyelam akan menjadi aktivitas seru dan menyenangkan jika dilakukan. Airnya yang jernih dan udara yang sejuk akan membuat anda betah berlama-lama disini dan enggan pergi meninggalkannya.

Adanya pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik. Karena semakin menambah nuansa asri yang menenangkan untuk bisa dirasakan oleh setiap pengunjung yang datang.

21. Pancoran Solas

wisata alam bangli
Foto : https://www.instagram.com/diiahkemala/

Objek wisata bernama Pancoran Solas ini juga direkomendasikan untuk mengisi waktu liburan. Di tempat wisata ini, terdapat air mancur yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian bawah dan juga bagian atas.

Bagian atas sendiri, biasanya digunakan untuk keperluan upacara sementara bagian bawah terdiri atas terdiri atas 10 Pancoran. Dengan begitu, setiap sudut yang ada di lokasi wisata ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan tujuan wisata.

22. Pura Dalem Balingkang

tempat wisata di bangli
Foto : https://www.instagram.com/danayasa__/

Pura Dalem Balingkang ini salah satu objek wisata yang cukup populer di kawasan Bangli dan juga Bali secara lebih luas. Lokasi ini menawarkan spot-spot yang indah menarik sehingga para pengunjung betah untuk datang ke lokasi ini.

Sisi keunikan dari bangunan pura membuat destinasi wisata ini memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang datang. Para pengunjung bisa memilih untuk melakukan berbagai aktivitas di sini termasuk untuk berburu gambar-gambar bagus ataupun menjajal dunia fotografi.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Badung yang hits di Bali dan sayang untuk anda lewatkan destinasi mempesonanya.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Bangli yang menarik untuk didatangi saat liburan. Tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan, terlebih lagi memboyong serta sanak keluarga, teman ataupun kerabat.

Saat memilih tempat wisata, bisa disesuaikan dengan hobi sehingga bisa menentukan destinasi yang paling tepat untuk dikunjungi. Jika bersama keluarga, maka bisa dibicarakan terlebih dahulu terkait tempat wisata yang akan dikunjungi.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here