Pantai Siung, banyak wisatawan yang mengatakan bila objek wisata yang terletak di Yogyakarta ini adalah Surga yang tersembunyi. Keindahan karang, dan air lautnya yang biru memang menawan hati.

Bibir pantainya memang tidak terlalu luas seperti Parangtritis. Tetapi, selalu saja ada keistimewaan yang dihadirkan di tempat ini. Seakan, objek wisata ini memang sudah dipersiapkan sebagai ikon wisata yang tidak boleh terlewatkan.

Nama Siung sendiri menurut warga sekitar berasal dari bentuknya. Cobalah anda lihat dari kejauhan atau dari atas dengan menggunakan drone. Maka, akan tampak seperti bentuk gigi Siung wanara atau hewan kera.

Lihat juga daftar Wisata Pantai Gunung Kidul jogja terlengkap yang bisa dijadikan refrensi berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

harga tiket masuk pantai siung
foto : https://www.instagram.com/bayuenggal_/

Harga tiket masuk pantai siung adalah 10 ribu rupiah yang sudah termasuk biaya masuk Nglambor dan juga Jogan yang masih berada dalam satu kawasan.

Untuk biaya parkirnya sendiri, kita akan dikenakan sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 tibu rupiah untuk kendaraan bermotor.

Kunjungi juga Pantai Sundak Gunung Kidul yang lokasinya masih berdekatan.

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi pantai siung
foto : https://www.instagram.com/ruangrindujogja/

Alamat pantai siung berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 70 km. Menuju ke kawasan ini anda juga bisa menempuhnya dari Klaten atau juga Solo

Rute menuju pantai siung bila anda berasal dari Kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan menuju ke daerah piyungan, pathuk, wonosari dan jalan menuju ke Baron. Selanjutnya, masuklah jalur menuju Mentel – Bintaos – Tepus – kemudian, pertigaan winangun. Lalu, belok ke kiri dan anda akan sampai di titik lokasi.

jalan menuju pantai siung lainnya bila melalui Klaten. Arahkan kendaraan anda menuju ke Semanu, Giripanggung, Sumber wungu. Lalu, klayu, Gude, Blekonang, hingga ke winangun. Tak lama kemudian anda akan tiba di lokasi tujuan.

Bagi anda yang memulainya dari Kota Solo. Arahkan kendaraan menuju ke Sukoharjo, Wonogiri, Praci. Sesampainya di perempatan pasar praci, belok kekiri. Ikuti saja jalan hingga anda akan tiba d pertigaan sebelum pasar ngrancah.

Belok ke kanan, tak lama kemudian anda akan masuk pasar jepitu. Lurus terus hingga di pertigaan winangun belok ke kiri hingga anda akan tiba di Objek wisata kebangaan masyarakat Tepus.

Datang juga ke Pantai Wedi Ombo yang mempunyai pemandangan sunset terbaik.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

alamat pantai siung
foto : https://www.instagram.com/dilakelana/

Walau kawasan ini masih terbilang sepi, tetapi anda bisa melalukan berbagai macam aktifitas yang seru dan menyenangkan.

Tidak kalah dengan yang ada di pantai lain yang namanya sudah cukup terkenal.

1. Camping

wisata pantai siung
foto : https://www.instagram.com/fiqri_izam/

Salah satu tujuan paling wajib dilakukan di wisata pantai siung adalah Camping. Di sebelah timur pantai terdapat sebuah area camping yang biasa digunakan para pengunjung untuk mendirikan tenda dan menikmati malam yang dingin sembari mendengarkan nyanyian ombak yang terus menerjang tanpa henti.

Di area ini pula terdapat rumah panggung yang mampu menampung hingga 15 orang. Cobalah datang dan nikmati senja dari sini. Apalagi, kalau anda datang di bulan November hingga Februari. Cahaya Matahari akan tampak mempesona.

2. Naik Ke Atas Bukit

jalan menuju pantai siung
foto : https://www.instagram.com/wawancsk/

Pantai Siung memang terkenal dengan pesona Karangnya. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk naik ke atas bukit dan menikmati keindahan kawasan ini dari atas bukit.

Tetapi, menuju ke bukit ini memang tidak mudah. Jalan yang sempit dan kontur jalanan naik turun. Membuat anda harus ekstra hati-hati agar tidak jatuh. Karena, jurang yang menganga dengan bebatuan karst khas Gunung Kidul pastinya membuat luka yang cukup serius bila menabraknya.

Dari sinilah, kita juga bisa melihat kera-kera ekor panjang berkeliaran yang terkadang turun dari atas. Jangan mengganggu karena, mereka adalah hewan yang cukup jinak dan ramah. Tetapi, tetap jaga aturan untuk tidak membawa makanan berlebihan. Karena, namanya kera tetap hijau bila melihat makanan.

Untuk naik ke atas bukir ini ada akan ditarik harga sebesar 5 ribu rupiah. Nah, disarankan untuk membawa perbekalan yang lengkap. Walau, cukup landau dan tidak membutuhkan jarak yang jauh. Namun, konsentrasi tinggi membuat anda merasa haus dan lapar.

Lihat juga Pantai Slili yang sayang untuk anda lewatkan ketika berkunjung ke gunung kidul.

Daya Tarik Lain Pantai Siung Gunung Kidul

Lokasi wisata pantai siung
foto : https://www.instagram.com/dilakelana/

Setelah puas menikmati berbagai macam aktifitas yang ditawarkan hendaknya jangan pulang dahul.

Karena, kita akan disuguhkan dengan daya tarik lain yang tidak kalah mempesonanya.

1. Berenang

jalan menuju pantai siung
foto : https://www.instagram.com/deviarfianita/

Pantai siung memang terdiri dari karang-karang berenang adalah sesuatu hal yang tidak mungkin. Tetapi, uniknya disini adalah terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk dari gugusan karang dan air nya hadir karena pmbak yang datang.

Kolam disini cukup dalam kurang lebih 1 meter. Airnya sedikit kehijauan karena, lumut yang banyak menempel di karang. Areanya cukup luas dan mampu menampung 5 sampai 10 orang.

2. Spot Fotogenic

wisata pantai siung
foto : https://www.instagram.com/r.dzn/

Fenomena alam disini memang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Seperti halnya air terjun dadakan. Dimana, saat datang ombak besar. air ini akan terhalang oleh karang, dan airnya akan mengalir sehingga, membentuk sebuah air terjun nan mengesankan.

Dari atas bukit, kita bisa melihat perpaduan antara karang dengan air luat yang berwarna biru. Rasanya, seperti berada di dunia lain. Apalagi saat paparan senja hendak tenggelam. Sungguh, malas rasanya mau balik kanan untuk pulang.

Simak juga ulasan kami sebelumnya tentang Pantai Baron yang mempunyai banyak spot foto hits.

3. Memancing

wisata pantai siung
foto : https://www.instagram.com/ekafebriantix/

Daya tarik lain dari sini adalah memancing. Dimana, banyak wisatawan yang bisa memanfaatkannya di beberapa tempat disini. Anda bisa bertanya kepada beberapa warga dimana, spot memancingnya.

Menariknya, banyak ikan-ikan yang bisa ditangkap dan disantap saat  berkemah. Rasanya jangan ditanya, walau tanpa bumbu. Aroma ikan lautnya benar-benar terasa. Apalagi, pada saat cuaca malam yang dingin, menikmati ikan akan terasa sangat menyenangkan.

4. Panjat Tebing

rute menuju pantai siung
foto : https://www.instagram.com/yayat02_/

Inilah kegiatan waiib yang harus anda lakukan bila berkunjung ke Lokasi wisata pantai siung ini adalah panjat tebing. Karang-karang yang menjulang tinggi memang sangat mengesakan. Memanjatnya adalah sebuah kewajiban apalagi, bagi anda yang menyukai tantangan.

Konon kabar yang beredar, kawasan ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan jepang. Karena, pada tahun 1989 mereka datang dan berkunjung ke tempat ini untuk melakukan aktifitas yang membutuhkan tenaga ekstra ini.

Menurut mereka bentuk dari karang-karang ini memang terlihat sangat seksi untuk di panjat. Tingkat kesulitannya cukup tinggi. Inilah yang mendasari para wisatawan jepang datang dan melakukan olahraga ini.

Cukup membanggakan memang, mengingat tempat wisata ini pernah menjadi tempat untuk lomba. Di ajanng ASEAN Climbing Gathering. Tidak tanggung-tanggung pesertanya pun mencapai 250 orang.

Tidak hanya dari warga ASEAN saja tetapi, ada juga warga eropa dan asia yang juga menikmati tempat ini. Oleh karena itu, tempat ini dijuluki sebagai  The Best Rock Climbing in the world yang ada di Yogyakarta. karena memiliki kurang lebih 250 jalur panjat tebing yang benar-benar mengesankan.

Datang juga ke Pantai Seruni yang masih jarang deketahui wisatawan.

Pantai Siung adalah keindahan yang sempurna di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang merekomendasikannya. Bagi anda memang menyukai tantangan jangan lupa untuk menikmati wahana Panjat Tebing ini sangat menyenangkan dan bikin jantung anda berdetak kencang. Jadi, kapan anda akan berkunjung ke tempat ini?

Video Travel Vlog Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here