Tempat wisata di Tanjung Selor adalah destinasi yang akan selalu dicari oleh kebanyakan wisatawan yang datang ke Kalimantan Utara. Konon, di kawasan ini terdapat berbagai macam destinasi wisata yang indah dan sayang sekali jika tidak dikunjungi.

Tanjung Selor sendiri memiliki potensi alam yang sungguh kaya. Sehingga wisatawan yang datang ke sini tidak akan bosan menjelajahi satu wisata ke wisata lainnya. Kira-kira, mana sajakah obyek wisata di Tanjung Selor yang bisa ditelusuri?

Berikut daftar tempat wisata di Tanjung Selor yang terbaik dan bagus untuk dikunjungi bersama pasangan atau keluarga saat liburan tiba :

1. Sungai Giram

tempat wisata di tanjung selor
Foto : https://www.instagram.com/njhomestaybalung/

Sungai Giram adalah sebuah wisata Tanjung Selor yang begitu eksotik. Kawasan wisata ini berada di Kecamatan Peso dan merupakan tempat yang sangat bagus untuk dijadikan olahraga rafting.

Dinamakan dengan Sungai Giram karena arti kata giram sendiri adalah jeram. Jadi, jelas ya kalau sungai satu ini adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda yang ingin sekali bermain arung jeram.

Wisata di Tanjung Selor ini masih sangat asri dan terjaga karena dikelola oleh masyarakat sekitar dengan sebaik mungkin. Bisa dibilang sih, sungai Giram ini merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Tanjung Selor.

Sungai Giram sendiri memiliki panjang mencapai 2 km, sementara untuk lebarnya sendiri adalah 50 meter. Kalau memang Anda adalah orang yang suka sekali berpetualang, maka cobalah menantang nyali dengan bermain arung jeram.

Destinasi wisata satu ini tidak hanya dibekali dengan aliran sungai yang deras, jernih dan eksotik. Namun ada berbagai tebing di sekitar sungai yang tidak kalah indahnya. Tebing-tebing ini hampir menyerupai dinding-dinding batu sehingga membuat sungai menjadi lebih indah.

Anda yang bingung menemukan wisata asyik dan menguji nyali, datanglah ke Sungai Giram. Rasakan bagaimana sensasi mengarungi derasnya sungai di kawasan wisata ini. Yang dijamin akan membuat pengalaman wisata Anda di Tanjung Selor semakin tidak terlupakan.

Perasaan yang tak tertandingi saat melakukan rafting akan mengalihkan pikiran Anda dari segalanya. Dan Anda tidak akan memikirkan apa-apa selain kegembiraan.

2. Gunung Putih

wisata tanjung selor kalimantan
Foto : https://indonesiatraveler.id/

Objek wisata di Tanjung Selor selanjutnya yang jangan sampai terlewat adalah Gunung Putih. Banyak wisatawan yang datang ke Tanjung Selor merasa belum lengkap kalau belum ke Gunung Putih.

Gunung Kapur sendiri adalah ikonnya Tanjung Selor. Bahkan dahulu gunung ini adalah ibukota dari kerajaan yang memiliki pengaruh besar di Kalimantan. Nah, dinamakan dengan Gunung Putih sendiri karena adanya kapur yang menjadikan kawasan ini menjadi putih.

Selain karena keindahan gunungnya yang berwarna putih, ada juga relief alami yang membuat wisata Gunung Putih ini menjadi indah. Semua relief yang ada di gunung ini benar-benar seperti pahatan seorang ahli.

Dengan keindahan tempat wisata alam di Tanjung Selor ini, tidak heran jika banyak yang ingin ke kawasan wisata ini. Sayangnya, untuk datang kesini, Anda harus melalui perjalanan yang cukup panjang dengan memanfaatkan transportasi darat dan juga air.

Nantinya, dari Tanjung Selor, Anda harus menggunakan mobil atau motor menuju ke sungai perbatasan Tanjung Palas. Dengan jarak tempuh perjalanan adalah 30 menit. Kalau sudah sampai ke sungai, maka Anda harus naik sebuah perahu sekitar 5 menit menuju Tanjung Palas.

Kalau sudah sampai Tanjung Palas, maka Anda bisa harus naik kendaraan lagi ke wisata alam Tanjung Selor Gunung Putih. Adapun perjalanan yang Anda butuhkan adalah sekitar 15 menit.

Liburan alam ke Gunung Putih benar-benar menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa. Ada sesuatu yang menyegarkan ketika Anda berada di wisata ini.

Suasana alam di sekitar gunung memberikan rasa pencapaian yang tak tertandingi oleh hal lain. Menyaksikan harmoni yang hadir dalam setiap interaksi alam di sekitar Gunung Putih membangkitkan rasa takjub.

3. Sungai Kayan

Tempat Nongkrong di Tanjung Selor
Foto : https://www.instagram.com/lyd_10/

Sungai Kayan merupakan tempat wisata di Tanjung Selor, Kalimantan Utara yang banyak digunakan untuk jogging track karena keindahannya. Berwisata di Sungai Kayan akan membuat Anda nyaman untuk berlama-lama.

Menjadi salah satu sungai paling panjang dan besar di provinsi Kalimantan Utara. Tidak heran jika masyarakat lokal memanfaatkannya sebagai destinasi wisata terdekat. Keindahannya sangat bagus untuk diabadikan.

Sungai terpanjang ini memisahkan dua kawasan di Kalimantan Utara yakni Tanjung Selor dan Palas. Menariknya, sepanjang kawasan tepi sungai telah dikelola oleh pemerintah daerah dengan sangat tertata dan rapi.

Jadi, selain bisa menyaksikan keindahan air Sungai Kayan, Anda juga bisa bermain di taman. Selain itu anda juga bisa berburu makanan di pusat kuliner dan jogging. Sungai Kayan adalah keindahan wisata di Tanjung Selor yang jangan sampai terlewatkan.

Kegiatan-kegiatan mengasyikkan seperti jogging, bersantai atau berburu kuliner pada gilirannya, membantu Anda melepaskan stres dari kehidupan sehari-hari. Menghirup udara segar dan bersih di Sungai Kayan juga bagus untuk kesehatan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Palangkaraya terbaru yang hits dan selalu di penuhi oleh wisatawan.

4. Sumber Air Panas Sajau

objek wisata tanjung selor
Foto : https://www.panasbuminews.com/

Sumber Air Panas Sajau merupakan tempat wisata di Tanjung Selor terbaru yang jangan sampai Anda lupakan kalau ke Kalimantan Utara. Di sini, anak bisa berendam air panas dengan dikelilingi oleh pemandangan yang begitu indah.

Objek wisata Tanjung Selor ini berlokasi di Desa Sajau Bulungan. Selama perjalanan ke tempat wisata ini, Anda akan disajikan oleh indahnya pemandangan aneka macam pohon besar.

Selain pemandangan pohon ulin dengan ukuran raksasa, ada juga aneka macam pohon meranti yang bahkan usianya sudah ratusan tahun. Anda tidak akan bosan melakukan perjalanan wisata ke kawasan Sumber Air Panas Sajau ini.

Nah, hal yang membuat Sumber Air Panas Sajau ini makin menakjubkan adalah, wisatawan dapat melihat sungai ini mengepulkan sebuah uap. Menurut masyarakat sekitar, air panas disini keluar karena batu gamping yang sudah dikekarkan dan uapnya mengalir menuju sungai.

Jarang sekali bukan ada sebuah sungai yang memancarkan sumber air panas? Umumnya sungai akan memiliki suhu yang dingin dan menyegarkan untuk dijadikan tempat berenang.

Namun, berbeda dengan Sumber Air Panas Sajau yang justru memiliki air dengan temperatur panas. Yang cocok sekali untuk dijadikan tempat refreshing sejenak. Anda bisa datang ke sini bersama keluarga sambil piknik.

5. Selimau Park

tempat wisata keluarga di tanjung selor
Foto : https://www.instagram.com/maulidaanggi/

Kalau Anda sedang mencari tempat wisata keluarga di Tanjung Selor, maka cobalah untuk ke Selimau Park. Wisata di Tanjung Selor ini merupakan salah satu destinasi hiburan yang murah meriah dan sangat menyenangkan untuk dikunjungi ketika liburan.

Kehadiran wisata terbaru di Tanjung Selor ini merupakan angin segar bagi masyarakat lokal yang mencari hiburan saat akhir pekan. Karena meraka tidak harus ke luar kota untuk bisa menikmati wisata menyenangkan.

Selimau Park adalah tempat wisata anak di Tanjung Selor yang menyediakan banyak sekali wahana permainan menarik untuk anak-anak coba. Destinasi wisata Selimau Park menyediakan sebuah kolam renang khusus anak-anak, danau kecil dengan permainan bebek. Dan ada juga mandi bola komedi putar hingga kereta api mini.

Tidak hanya itu saja, Selimau Parkpun menyediakan sebuah wahana adventure yang cocok untuk remaja dan dewasa seperti flying fox. Kalau orang tua bosa menunggu anak, ada juga lho kolam pemancingan yang bisa dicoba.

Atau jika anak-anak tidak mau bermain wahana permainan, ada sebuah kebun binatang mini yang bisa dikunjungi. Pengelola Selimau Park juga sudah melengkapi wisatanya dengan gazebo bagi wisatawan yang ingin beristirahat.

Selimau Park adalah sebuah wisata yang ada di Desa Selimau, tepatnya Jl Diponegoro. Sebenarnya, kawasan wisata ini juga akan membangun sebuah waterboom, namun masih dalam tahap pembangunan.

Selimau Park juga menjadi destinasi terbaik untuk tempat nongkrong di Tanjung Selor. Anda tidak akan bosan ketika mengunjungi Selimau Park mengingat ada banyak sekali fasilitas yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini.

6. Gunung Rian

wisata di tanjung selor
Foto : https://www.instagram.com/disparpora_ktt/

Gunung Rian merupakan wisata Tanjung Selor Kalimantan yang terkenal dengan air terjunnya yang begitu menakjubkan banyak pengunjung. Rasanya kalau sudah berada di Tanjung Selor, sayang sekali jika tidak menginjakkan kaki ke Gunung Rian ini.

Walaupun namanya adalah air terjun Gunung Rian, bukan berarti wisata alam ini milik orang yang bernama Rian. Dinamakan dengan air terjun Gunung Rian karena memang lokasinya ada di sebuah desa Rian, tepatnya di Kecamatan Sesayap.

Kalau Anda datang ke kawasan wisata ini, maka akan ada pengalaman yang begitu luar biasa dan dijamin membuat Anda berkesan. Di kawasan wisata air terjun Gunung Rian ini, Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam. Yang ada di sekitar hutannya yang masih begitu asri, aliran air dari sungainya begitu jernih dan udaranya masih sejuk.

Tidak hanya itu saja, di kawasan wisata ini juga Anda bisa menyaksikan ada berbagai macam vegetasi hutan tropis. Semuanya adalah paket lengkap yang dijamin akan membuat wisatawan semakin berlama-lama di Gunung Rian, terutama air terjunnya.

Untuk bisa menuju ke wisata alam Tanjung Selor, perjalanan yang harus Anda tempuh adalah sekitar 30 kilometer dari ibukota kabupaten. Nah, karena kawasan wisata ini masih belum mendapat sentuhan dari pemerintah daerah. Maka jangan heran jika perjalanan Anda tidak akan mulus.

Wisata Gunung Rian waterfaal ini mempunyai ketinggian sekitar 800 meter. Jadi, kalau Anda ingin mencapai puncak air terjunnya, maka Anda harus melakukan trekking yang panjang.

Nah, wisata Gunung Rian ini mempunyai 7 tingkatan untuk bisa sampai ke puncaknya. Sayangnya, tidak banyak wisatawan yang berhasil hingga ke tingkat 7 karena jauh dan trekking yang tidak mudah.

Umumnya, wisatawan hanya bisa ke tingkat 2 saja, kalau Anda memiliki tenaga ekstra dan badan yang bugar. Mungkin Anda bisa menaklukkan tingkat 7 di gunung ini. Nah, untuk Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun secara dekat, datanglah ke tingkat 2.

Di tingkat ini, banyak warung-warung yang menyediakan jajan dan makan untuk mengganjal perut Anda yang lapar setelah melakukan trekking. Di tingkat 2 ini juga ramai oleh wisatawan dan lokasinya pun paling luas.

7. Air Terjun Idaman Tanjung Selor

wisata alam tanjung selor
Foto : https://www.instagram.com/kuncoro_dw/

Berlokasi di Bulungan, Air Terjun Idaman merupakan satu destinasi yang sepertinya sayang sekali jika tidak masuk dalam daftar wisata Anda. Di kawasan wisata ini, ada banyak tebing yang lebar dan aliran air yang deras. Keduanya bersama-sama menciptakan air terjun yang tiada duanya, menumpahkan lebih dari beratus-ratus meter kubik air setiap menit.

Di kawasan air terjun ini, Anda bisa berenang di sebuah kolam yang indah karena dikelilingi oleh pepohonan. Berenang di air terjun Idaman membuat badang kembali segar.

Kawasan air terjun ini juga merupakan tempat berfoto yang ideal. Pastikan Anda mempertimbangkan waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Idaman Tanjung Selor karena kalau musim hujan, Anda bisa hanyut.

Menyaksikan matahari terbenam adalah cara sempurna untuk mengakhiri hari di Air Terjun Idaman. Saat matahari terbenam di sini, Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan menakjubkan.

Tidak ada latar belakang pemandangan yang lebih baik untuk keajaiban alam ini. Dan jika Anda beruntung, Anda mungkin akan melihat beberapa burung beterbangan kembali ke hutan. Perjalanan wisata Anda ke Tanjung Selor tidak akan lengkap rasanya tanpa melakukan safari, ke air terjun Idaman.

Anda akan dimanjakan dengan banyak pemandangan indahnya yang memukau. Anda dapat menjelajahi alam liar dengan berjalan kaki dan merasakan indahnya suasana sore hari di sini.

Tidak ada keraguan bahwa berwisata di air terjun Idaman dan menyaksikan pemandangan alam indah di sekitarnya. Akan menjadi pengalaman yang menakjubkan bagi semua orang yang telah mengunjungi kawasan wisata satu ini.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Banjarmasin yang menyajikan destinasi masa kini yang elok dan juga eksotis.

8. Gunung Seriang

tempat wisata keluarga di tanjung selor
Foto : https://m.tribunnews.com/

Menghadapi tantangan baru, menjelajahi tempat baru, dan keluar dari zona nyaman adalah salah satu usaha. Untuk mencapai kesuksesan di bidang kehidupan mana pun.

Meninggalkan kota untuk sementara waktu, menyatu dengan alam, dan merasakan kedamaian di dalam diri. Hal tersebut akan memberi Anda perspektif baru dan akan memperluas wawasan Anda.

Ya, wisata petualangan di Tanjung Selor bernama Gunung Seriang adalah salah satu destinasi yang perlu dicoba. Untuk merasakan sensasi berbeda jika Anda ingin sekali menyatu dengan alam. Gunung Seriang sendiri merupakan sebuah wisata yang berlokasi di kecamatan Tanjung Selor, Bulungan.

Untuk mendaki hingga ke puncak Gunung Seriang, Anda harus melalui medan yang cukup kasar dan agak mentulitkan. Namun, setelah bisa mencapai puncak, Anda akan menyadari bahwa perjalanan Anda sebenarnya dipenuhi dengan keindahan dan lelah otomatis akan terbayarkan.

Dari atas, Anda bisa benar-benar melihat betapa menakjubkannya lingkungan yang ada di sekitar Gunung Seriang. Dari pemandangan yang indah hingga jalan yang berkelok-kelok, segala sesuatu tentang Gunung Seriang akan memikat Anda.

Salah satu hal terpenting yang dimiliki dari Gunung Seriang yang adalah udaranya bersih. Ketika Anda sudah sampai di kawasan wisata ini, tarik napas dalam-dalam dan Anda akan segera menyadari perbedaannya.

Meskipun biasanya dingin, udaranya bersih dan tidak tersentuh oleh semua polusi yang melanda kota-kota besar.

9. Air Terjun Long Ipin

tempat wisata alam di tanjung selor
Foto : https://lifestyle.okezone.com/

Air terjun Long Ipin terletak di kawasan Tanjung Selor dan memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Wisata apik ini dikelilingi dengan hutan dan di dalamnya banyak hewan dan burung.
Wisata ke air terjun Long Ipin adalah satu kesempatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jalan untuk bisa sampai ke air terjun penuh dengan keindahan yang memukau.
Selama perjalanan Anda akan menyaksikan pemandangan hutan hijau subur. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan eksotis di kamera Anda. Berjalan-jalan ke air terjun Long Ipin adalah wisata yang akan menjadi pengalaman paling mengagumkan bagi pecinta alam dan pecandu petualangan.

Mendaki puncak untuk bisa sampai ke air terjun benar-benar salah satu pengalaman paling menakjubkan. Dan itu adalah sesuatu yang harus Anda lakukan karena memang sangat seru dan menyenangkan.

Membenamkan diri di Air terjun Long Ipin adalah obat untuk mengurangi stres, dan memulihkan kekuatan jika Anda sedang penat. Wisata alam di Tanjung Selor ini menawarkan sensasi yang baru. Anda bisa merasakan nikmatnya menikmati pemandangan indah dari puncak air yang terjun ditemani udara yang masih asri.

Anda juga bisa kok berenang di kolam air terjun Idaman Tanjung Selor. Berendam di kolam yang masih menyatu dengan alam dapat membangkitkan perasaan menyenangkan. Dan mengurangi keadaan mental negatif bersama dengan emosi kemarahan, keputusasaan, kecemasan dan ketakutan.

Pada gilirannya, perubahan positif pada suasana hati Anda dapat meningkatkan kesehatan fisik, khususnya sistem endokrin, saraf parasimpatis, dan kekebalan Anda. Jika Anda berenang dan trekking, kemungkinan Anda akan memiliki aliran endorfin yang membantu menghilangkan stres dan kecemasan lebih jauh.

Beberapa dari manfaat ini dapat dipetik setelah hanya setengah jam di alam. Jadi bayangkan betapa jauh lebih baik perasaan Anda jika Anda menghabiskan banyak waktu di air terjun Idaman Tanjung Selor ini.

10. Air Terjun Dambaan Km 18

tempat wisata anak di tanjung selor
Foto : https://travelingyuk.com/

Wisata terakhir yang bisa coba dikunjungi di Tanjung Selor adalah Air Terjun Dambaan Km 18. Kawasan air terjun ini berlokasi di jalan poros yang menghubungkan antara Tanjung Selor dan Tanjung Redeb.

Kawasan wisata ini masih begitu asri dengan aneka macam pepohonan rindang mengelilingi air terjun. Kalau Anda ingin mencari destinasi yang masih asri untuk dikunjungi, maka Air Terjun Dambaan adalah kawasan paling tepat.

Tanpa semua gangguan kota, alam memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendengar dan terhubung kembali dengan pikiran Anda.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada sejuta gangguan yang mungkin menghambat fokus Anda. Mulai dari dering telepon, kotak masuk email Anda, atau omelan dari bos. Mungkin terasa mustahil untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada ketika Anda terus-menerus diganggu.

Nah, kalau Anda mencari tempat yang tepat untuk refreshing sejenak untuk mengembalikan fokus. Maka Air Terjun Dambaan ini sangat cocok untuk pelarian karena dekat dengan alam. Ketika dikelilingi oleh alam, semua gangguan yang Anda rasakan hilang karena jumlah rangsangan berkurang.

Anda menemukan diri Anda hanyut kaetika memperhatikan pemandangan dan aroma di depan Anda. Dengan suasana damai dan menenangkan yang ditawarkan oleh Air Terjun Dambaan ini. Tentu jauh lebih mudah untuk memproses pikiran dan perasaan Anda lalu meluangkan waktu untuk merenung.

Selain itu, kualitas udara di Air Terjun Dambaan juga masih segar tanpa polusi. Kualitas udara di kota-kota besar Kalimantan Utara diketahui sangat buruk akibat polusi udara. Dan itu bisa dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Nah, berkunjung ke Air Terjun Dambaan memberikan Anda sebuah udara yang lebih bersih. Istirahatkan paru-paru Anda dan pergilah ke Air Terjun Dambaan untuk liburan.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Samarinda dengan suguhan destinasi menarik yang instagenic.

Bagi Anda yang mungkin bingung untuk mencari sebuah tempat wisata di Tanjung Selor. 10 daftar di atas bisa menjadi alternatif Anda, lho. Jangan lupa siapkan rencana wisata yang matang agar liburan semakin mengesankan!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − seven =