Pantai Sayang merupakan sebuah destinasi wisata di Garut yang menawarkan sebuah view keindahan alam memukau. Kawasan pantai di kota Garut ini terbilang masih sangat asri karena pasirnya sendiri berwarna putih dengan deburan ombak menawan.

Tidak hanya itu saja, pantai indah ini juga memiliki sederetan bebatuan karang indah yang mewarnai sepanjang garis wisata. Dengan rentetan keindahan itulah, Pantai Sayang Heulang menjadi destinasi yang masih perawan dan patut untuk dikunjungi saat di Garut.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

harga tiket masuk pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117500079782044889980

Tiket masuk Pantai Sayang Heulang sendiri terbilang masih sangat terjangkau untuk para wisatawan. Untuk masuk destinasi Pantai Sayang Heulang, maka Anda harus mengeluarkan tiket Rp 10.000 saja per orangnya.

Namun tiket tersebut belum termasuk dengan tiket parkir kendaraan ya! Kalau Anda bawa sepeda motor, maka akan dikenakan Rp 2000, sementara untuk mobil sendiri adalah Rp 5000.

Dengan harga tiket masuk semurah itu, Anda bisa bebas menyusuri keindahan pantai. Anda juga bisa bersantai sambil menunggu matahari terbenam.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116358322999243824775

Pantai Sayang Heulang dimana? Anda bisa menemukan keindahan Pantai Sayang Heulang ini di Desa Mancagahar, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Apabila Anda datang dari kota Garut, maka perjalanannya cukup jauh karena akan memakan jarak hingga 87 kilometer. Ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi jika ingin lebih nyaman dan juga aman sampai ke pantai.

Lokasi dan alamat Pantai Sayang Heulang sendiri lumayan mudah untuk ditempuh. Adapun rute untuk menuju Pantai Sayang Heulang sendiri bisa Anda tempuh dengan beberapa rute.

Untuk rute pertama sendiri adalah melalui Cikajang untuk kemudian menuju Pameungpeuk. Jika Anda menggunakan rute ini, maka akses jalannya masih terbilang bagus, hanya ada sebagian saja yang sekiranya masih bergelombang.

Sementara untuk rute kedua yang bisa Anda akses jika datang dari Bandung adalah dengan menuju Pangalengan untuk kemudian menuju Rancabuaya. Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Santolo dan rutenya pun juga sudah bagus untuk dilalui.

Fasilitas

fasilitas pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113547833747604916891

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung di sini, sejumlah fasilitas juga disediakan oleh pengelola Pantai Sayang Heulang seperti :

  • Parkir yang luas
  • Musholla
  • Gazebo
  • Warung-warung makan
  • Persewaan tiker
  • Sewa perahu
  • Penginapan

Jam Buka

jam buka pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113498705953509650430

Kalau Anda ingin sekali datang ke Pantai Sayang Heulang terbaru, maka pastikan mengetahui jam operasionalnya.

Adapun untuk jam buka dari Pantai Sayang Heulang terbaru adalah 24 jam. Ya, kabar baiknya memang Anda bisa datang ke pantai ini kapan saja.

Hal ini dikarenakan objek wisata Pantai Sayang Heulang masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Pantai ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat lokal.

Maka dari itu, untuk jam operasional pantainya sendiri tidak dijaga dengan ketat. Kalau Anda datang di pagi sampai menjelang malam, biasanya masih ada penjaga untuk mematok tiket masuk.

Namun jika Anda datang di malam hari atau menjelang fajar, maka belum ada warga yang berjaga. Sementara untuk Anda yang ingin camping di Pantai Sayang Heulang sendiri pastikan sudah izin kepada pengelola.

Datang juga ke –> Kamojang Ecopark destinasi ciamik yang perlu di explore.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114006842228105500154

Pantai Sayang Heulang sekarang benar-benar sangat indah dan menarik dikunjungi jika kebetulan Anda sedang berada di Garut. Ada banyak aktivitas menarik ketika sedang bermain di Pantai Sayang Heulang ini, yaitu :

Menyaksikan Sunset

Anda yang suka sekali berburu pemandangan matahari terbenam. Maka tunggulah hingga sore hari untuk melihat indahnya pemandangan sunset di pantai ini. Matahari terlihat lebih bulat dari biasanya, terbenam di antara perbukitan dan perairan pantai Sayang Heulang.

Setelah matahari terbenam, langit akan membiaskan warna kemerahan yang membuat suasana semakin indah. Keindahan sunset Pantai Sayang Heulang sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi atau berfoto selfie dengan background matahari terbenam yang menawan.

Menyusuri Keindahan Pantai

Selain menyaksikan sunset Pantai Sayang Heulang, Anda juga dapat berjalan-jalan atau menyusuri keindahan pinggiran jalan destinasi.

Saat berjalan di pinggiran pantai Sayang Heulang, Anda akan disuguhi pemandangan indah destinasi Garut ini. Sebagian besar pengunjung menyusuri keindahan pantai saat fajar atau ketika matahari terbit.

Berjemur

Aktivitas lain yang biasa dilakukan wisatawan adalah berjemur di bawah sinar matahari. Para wisatawan sering berjemur sambil memandangi pemandangan langit dan hamparan laut biru yang tak berujung.

Anda bisa mencoba berjemur atau bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda dan minuman segar lainnya.

Berburu Sunrise

Para wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan di kawasan pantai ini dengan camping.

Pengunjung dapat menikmatinya di pantai bersama teman, keluarga, dan orang-orang terkasih. Kalau ingin bermalam di pantai ini, pastikan untuk membawa perlengkapan camping sendiri, ya!

Berenang

Ombak yang ada di Pantai Sayang Heulang sebenarnya kurang bersahabat untuk tempat berenang, namun juga masih dalam batas aman. Anda masih bisa masih menikmati serunya berenang atau bermain air di Pantai Sayang Heulang.

Hanya saja perlu diingat, Anda bisa berenang di tepian pantai saja, jangan terlalu jauh karena membahayakan. Jadi, selalu hati-hati jika ingin berenang di di Pantai Sayang Heulang.

Kunjungi juga –> Darajat Pass bisa anda jadikan tujuan rekreasi.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113276897190504548940

Apakah Anda ingin sekali berenang di Pantai Sayang Heulang Garut dan mengajak keluarga atau teman-teman? Pastikan ikuti beberapa tips berkunjung ini supaya wisata lebih aman dan asyik :

  • Waktu yang terbaik atau sangat disarankan untuk mengunjungi Pantai Sayang Heulang adalah di hari biasa atau weekdays. Hal ini dikarenakan objek wisata menjadi lebih ramai ketika akhir pekan atau hari-hari libur, terlebih ketika high season.
  • Sangat disarankan untuk membawa sunblock jika ingin melindungi tubuh dari sengatan panas matahari.
  • Disarankan untuk mengunjungi Pantai Sayang Heulang ketika sore hari apabila ingin berburu sunset yang begitu indah.
  • Ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi daripada mengandalkan tranportasi umum.
  • Berhati-hatilah saat mengunjungi wisata sebab ada oknum yang melakukan pungutan liar.
    Selalu jagalah kebersihan dengan membuang sampah di tempat-tempat yang memang telah pengelola sediakan.

Review sebelumnya –> Kebun Mawar Garut yang menawan.

Penginapan di Pantai Sayang Heulang Garut

penginapan pantai sayang heulang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107406358738609713358

Bagi Anda yang mencari pantai Sayang Heulang penginapan terdekat, berikut ada beberapa rekomendasi tempat menginap asyik untuk dipertimbangkan, yaitu :

Penginapan Karang Laut, lokasinya sekitar 20 meter dari pantai dengan tarif per malam sekitar Rp 100 – 125 ribu.

Penginapan Erbysa yang dekat sekali dengan pantai dan buka 24 jam, tarif per malam adalah Rp 150 ribu.

Villagio Hotel, 9 menit dari pantai dengan tarif Rp 200.000 per malamnya.

Anda yang kemungkinan sedang berada di Garut Selatan, Jawa Barat, maka jangan lewatkan datang ke kawasan Pantai Sayang Heulang. Pantai yang indah ini memiliki pesonanya tersendiri sehingga bisa menghipnotis para pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =