Tempat wisata di Garut memang tiada duanya. Satu diantara beberapa kota favorit kunjungan wisata ini memang tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Keunikan dari tempat ini bisa dilihat dari beberapa sisi. Bila anda tertarik akan nuansa alam. Gunung Cikuray bisa jadi solusinya.

Gunung tertinggi di Garut tersebut bila anda perhatikan berbentuk kerucut, seperti gambar anak-anak bila disuruh menggambar pemandangan. Kemudian, ada lagi hewan domba yang konon merupakan jenis domba lokal terbaik yang ada di Indonesia.

Tidak hanya kedua itu saja. Potensi wisatanya tidak usah diragukan lagi. Tetapi, bagi kami ada beberapa tempat yang harus anda kunjungi terlebih dahulu. Berikut rekomendasinya untuk anda. Jangan lupa untuk selalu membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan dimanapun anda berpijak.

1. Kebun Mawar Situhapa

tempat wisata di garut terbaru
foto: https://www.instagram.com/kebunmawar/

Wisata di Garut ini terletak di Jl. Raya Kamojang KM.5, Samarang, Sukajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Salah satu keunikan di tempat ini adalah adanya Kebun Mawar dan beberapa jenis lainnya. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp17.500 sampai Rp22.500.

Terletak di ketinggian 1000 mdpl dimana, salah satu sudutnya anda bisa menikmati kebun bunga Inggris. Pesona lain adalah pemandangan mengesankan Gunung Guntur dan juga Papandayan. Anda juga bisa bermain di taman labirin yang semaknya memiliki ketinggian 160 meter.

Menariknya lagi, berkunjung ke tempat ini adalah anda bisa merasakan makan di tengah taman bunga yang asri. Interiornya menggunakan material kayu dan juga jendela kaca yang instagramable. Ada banyak menu makanan khas Sunda seperti nasi timbel, sop buntut, dan menu western.

Ada pasta, es krim, untuk minuman juga cukup beragam. Jangan lupa untuk menikmati teh. Ada berbagai macam rasa seperti melati, chamomile serta Teh mawar yang membuat kamu ketagihan.

Soal penginapan, Tempat wisata di Garut ini cukup banyak. dengan nuansa kayu. Ada juga Villa terbesar yang bisa digunakan untuk 10 orang. Untuk harganya pun cukup murah mulai dari 300 ribuan saja.

2. Pantai Karang Paranje

wisata garut
foto: https://www.instagram.com/_ismiwuland_/

Wisata Garut ini terletak di Karyasari, Kecamatan Cibalong. Kawasan ini disebut sebagai pantai Tanah Lotnya Garut. Salah satu ciri khasnya adalah beberapa saung yang terlihat mirip dengan Pura. Konon katanya, dulu pantai ini digunakan sebagai tempat persembunyian putri raja.

Sang Putri lari karena dijodohkan dengan pria buruk rupa. Beliau bersembunyi di balik karang bersama dengan ayam yang sering dijadikan untuk sabung ayam. Pada pagi hari, prajurit kerajaan mencari sang putri dan mendengar ayam yang berkokok.

Dari kejadian tersebut akhirnya pantai ini diberi nama Karang Paranje. Dimana, Paranje sendiri artinya adalah kurungan ayam.
Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di tempat ini. Seperti, Tebing bebatuan anda bisa naik ke atasnya dan melihat panorama sesungguhnya. Dari tebing ini pula anda bisa melihat pesona sunset yang mengesankan. Selain foto-foto, anda juga bisa melakukan aktivitas memancing.

Disini, ada banyak ikan dan juga lobster yang beratnya beragam. Ada yang masih kecil dan besar dengan ukuran hampir 3 kilogram. Beberapa wisatawan, sering memanfaatkan ikan ini untuk santai di malam hari. Atau sembari menikmati senja. Cukup dibakar saja, ikan ini sudah enak lho.

3. Bukit Pilar Angin

wisata di garut
foto: https://www.instagram.com/herculesega/

Kalau anda lihat di berbagai media sosial. Tidak salah bila kawasan ini seperti di Nusa Tenggara Timur. Objek wisata Garut ini terletak di belakang Bukit Cikaja, Kecamatan Cikelet. Padang rumput ini mempunyai pemandangan lain seperti kawanan domba yang digembala oleh warga.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Pilar Angin adalah sore hari. Keindahan alam yang menawan saat senja datang, langit berubah menjadi orange, dan padang rumput membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai spot foto. Selain sore hari, anda juga bisa datang saat musim kemarau.

Karena, saat musim penghujan tempat ini rerumputan akan berubah menjadi hijau. Sehingga, pemandangan kurang mengesankan. Anda juga bisa camping di sekitar kawasan. Melihat pemandangan saat matahari terbit. Hanya saja, anda harus bangun pagi dan naik keatas bukit untuk bisa menikmatinya.

4. Curug Sahyang Taraje

objek wisata di garut
foto: https://www.instagram.com/adelstarii_/

Salah satu wisata paling keren yang kami kunjungi di Garut adalah Sahyang Taraje.Terletak di Kampung Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Bogor. Objek wisata di Garut ini memiliki debit air sangat deras. Bahkan, saat musim kemarau pun, debitnya tidak surut.

Konon katanya, curug ini mempunyai sebuah tangga yang digunakan Sangkuriang untuk mengambil Bintang Dayang Sumbi. Masyarakat sekitar sebagian besar percaya, bahwa bintang yang diambil tersebut masih ada di balik air terjun yang mempunyai ketinggian 80 meter ini.

Aliran air dari derasnya curug membuat banyak wisatawan betah berlama-lama. Disarankan bagi anda jangan terlalu mendekat ke curug. Terlalu berbahaya, setidaknya jarak aman 1 sampai 2 meter saja. Airnya sangat dingin dan menyegarkan.

Pemandangan hijau area perbukitan dan tebing menjadi spot tambahan yang menarik. Di tempat ini ada kolam renang buatan. Sayang, tidak digunakan karena tidak dirawat dengan baik. Tidak jauh dari curug, anda bisa menemukan tanah lapang yang bisa digunakan untuk camping.

Fasilitas lain yang bisa anda manfaatkan adalah gazebo, toilet, mushola, dan warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, Bila ada yang camping, warung ini akan buka 24 jam lho. Jadi, anda tidak harus membawa perbekalan banyak dari rumah.

Kunjungi juga –> 15 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru

5. Situ Bagendit

obyek wisata di garut
foto: https://www.instagram.com/ana_reza05/

Tempat wisata di Garut ini terletak di Jl. KH. Hasan Arif, Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi. Untuk harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp5.000,- sampai Rp10.000,-. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah pemandangan alam yang luar biasa indah.

Pada bagian sudutnya, anda bisa melihat tanaman eceng gondok yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kerajinan tangan dan teratai yang tumbuh subur. Disini juga sudah disediakan perahu dan rakit yang bisa digunakan untuk berkeliling danau.
Waktu terbaik untuk berkeliling adalah saat sore hari. Dimana, matahari tenggelam dan langit yang berubah warna menjadi oranye menjadi sajian yang mengesankan. Situ bagendit juga digunakan untuk aktivitas memancing. Anda bisa ikut para nelayan dan coba peruntungan menangkap ikan.

Tidak jauh dari Situ Bagendit, ada beberapa warung yang akan memanjakan anda dengan berbagai macam menu makanan yang lezat dan nikmat. Di samping Situ, juga sudah dibangun beberapa permainan khusus seperti Trampolin, kolam pancing mini, mandi bola dan masih banyak lagi.

Ada juga gazebo yang dibangun untuk anda beristirahat bila lelah berjalan. Terakhir, anda bisa lakukan kegiatan foto-foto. Sudah banyak sudut instagramable dengan pesona payung warna-warni, jadi jangan sampai ketinggalan untuk membawa kamera ya. Untuk fasilitas lainnya masih ada toilet dan mushola yang terawat dengan baik.

7. Candi Cangkuang Garut

tempat wisata di garut
foto: https://www.instagram.com/ridwan_pandani/

Tempat wisata di Garut ternyata tidak hanya soal keindahan alam melalui pantai dan curugnya saja. Tetapi, pesona sejarah juga hadir disini. Terletak di Desa Cangkuang, kecamatan Leles. Konon merupakan peninggalan agama Hindu dari abad ke 17.

Nama cangkuang sendiri berasal dari nama tanaman pandan. Candi ini berdiri di tengah-tengah situ yang ada disana. Ditemukan pada 6 Desember 1966 dan merupakan peninggalan dari Embah Dalem Arif Muhammad dan Patung Dewa Siwa. Selanjutnya, mengalami pemugaran pada tahun 1974. Sampai saat ini masih belum pasti darimana asal keberadaan candi ini. Siapa yang membangun dan dari kerajaan mana.

Saat ditemukan, para peneliti harus menggali sedalam 4,5 meter. Ditemukan sudah berserakan dan berbentuk puing-puing. Tidak ada prasasti atau petunjuk mengenai Candi Cangkuang. Beberapa peneliti menilai, candi ini merupakan peninggalan terakhir kerajaan Hindu-Budha sebelum islam masuk ke Garut.

8. Curug Jagapati

air terjun di garut
foto: https://www.instagram.com/abi_ujang/

Tempat wisata di Garut ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet. Berasal dari Aliran Sungai Cilimbung yang mempunyai mata air di Gunung Limbung. Aliran airnya cukup deras. Bahkan, saat musim kemarau pun masih cukup deras. Uniknya lagi berliku-liku melintasi beberapa bebatuan.

Anda bisa memanfaatkan alirannya yang berliku ini dengan duduk di bawahnya dan rasakan langsung kesegarannya mengenai kulit. Atau berenang di kolam yang tersedia. Airnya sangat jernih dan bersih. Perjalanan dari area parkir menuju ke lokasi memerlukan waktu 30 menit.

Sepanjang perjalanan anda tidak akan menemukan warung sama sekali. Jadi, sediakan perbekalan seperti camilan dan minuman. tetapi, jangan lupa untuk membuangnya di sampah jangan di lokasi. Untuk harga tiket masuk anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja.

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Serang Terbaru

9. Gunung Papandayan

tempat wiasta alam di garut
foto: https://www.instagram.com/dy_regar/

Tempat wisata di Garut harus anda kunjungi apalagi, yang menyukai pesona wisata di atas puncak. Untuk harga tiketnya mulai dari 20 ribu sampai 35 ribu rupiah. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.665 Mdpl. Menariknya tempat ini adalah banyaknya jalur datar daripada tanjakan ke atas.

Selain itu, sudah tersedia banyak toilet di berbagai titik yang bisa anda manfaatkan untuk buang air. Begitu Pula dengan warung yang juga tersebar di beberapa pos. Ada minuman dan makanan yang bisa digunakan untuk mengganjal perut. Pesona Papandayan bisa anda lihat dari kawahnya yang masih aktif.

Jadi, jangan lupa bawa masker agar kadar belerang tidak terlalu kuat tercium. Salah satu alasan mengapa para pendaki naik Gunung adalah hadirnya Padang Edelweis yang terhampar luas. Untuk bisa menikmati keindahannya, jangan lupa datang saat bulan Agustus sampai Oktober.

Tetapi, jangan diambil ya, karena bunga ini dilindungi oleh negara. Ada lagi hutan mati yang hanya ditumbuhi oleh pepohonan kering dan hanya kayu tanpa ada daun-daun. Setelah sampai di atas, anda bisa melihat penampakan Gunung Cikuray, Galunggung, serta bukit karacak.

Saat anda memutuskan untuk camping. Jangan lupa bangun sekitar pukul 3 pagi. Karena, keindahan bintang-bintang di galaksi bima sakti benar-benar mengesankan mata. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah jam 8 pagi. Perjalanan menuju ke atas 7 jam sampai 8 jam. Sehingga, pesona sunset dan sunrise bisa anda nikmati sekaligus.

10. Leuwi Tonjong

tempat wiasat di garut
foto: https://www.instagram.com/ramdanibudi612/

Keunggulan dari tempat wisata di Garut ini adalah pesonanya yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Sebuah aliran sungai yang airnya sangat jernih dan dihimpit oleh dua tebing yang menjulang. Mata seakan enggan untuk berkedip melihat semua pesonanya.

Sayangnya, untuk bisa menikmati keindahan ini, anda harus berjalan menyusuri pedalaman hutan terlebih dahulu. Siapkan tenaga ekstra karena rute yang harus dilalui lumayan sulit, sempit, bertangga tanpa penyangga dan sangat licin. Bila tidak berhati-hati kemungkinan untuk jatuh sangat tinggi. Jarak dari area parkir sampai lokasi kurang lebih 30 menit sampai 45 menit.

Diantara tebing yang mempunyai tinggi 90 sampai 120 meter ini anda bisa melihat indahnya air terjun mini. Jangan lupa bawa baju ganti, karena sampai disini tidak berenang sepertinya ada yang kurang. Bila ingin menyusuri sungai, anda juga bisa menyewa getek yang sudah disediakan oleh warga.

11. Leuwi Jurig

wisata terbaru di garut
foto: https://www.instagram.com/yayuukp/

Tempat wisata di Garut ini terletak di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang. Anda akan disuguhkan dengan pesona air yang cukup jernih berwarna hijau-kebiruan. Anda bisa menyaksikan begitu banyaknya tebing-tebing. Suasana dan panoramanya membuat anda semakin terpukau.

Anda bisa berenang di tempat ini dengan menggunakan perahu karet hingga sampai ke tengah. Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan dilengkapi warung-warung kecil dengan camilan dan juga air minum yang cukup banyak. Tebing-tebingnya mengesankan seperti halnya di Amerika bernama Grand Canyon.

Untuk harga tiket masuknya 10 ribu rupiah saja. Untuk mengunjungi tempat ini anda harus menggunakan jasa pemandu. Lebih baik menggunakan warga lokal saja yang sudah mengetahui rutenya secara pasti. Maklum, kawasan ini terletak tersembunyi di dalam hutan.

12. Pusat Konservasi Elang Kamojang

tempat menarik di garut
foto: https://www.instagram.com/rairaiul/

Tempat wisata di Garut ini menyediakan fasilitas liburan yang berbeda. Anda bisa melihat burung Elang yang memukau Sekaligus belajar melihat bagaimana kehidupan mereka. Saat ini Pusat Konservasi mempunyai kurang lebih 122 ekor. Beberapa yang sudah siap dilepaskan, akan dilepasliarkan ke hutan.

Disini sudah tersedia dokter dan perawat yang siap merawat burung-burung ini. Mereka menjadi hewan yang sering diburu. Tidak heran bila banyak luka terlihat di sekujur tubuhnya. Sebagian besar hewan satu ini sudah jinak dan bisa anda lihat atau bahkan diajak untuk foto.

Lihat juga –> 19 Tempat Wisata di Pandeglang

13. Kawah Talaga Bodas

wisata keluarga di garut
foto: https://www.instagram.com/dolankemari/

Wisata di Garut selanjutnya adalah Talaga Bodas yang terletak di Caringin, Karang Tengah. Terletak di lereng Gunung Galunggung yang berada di ketinggian 1512 Mdpl. Untuk harga tiket masuknya, anda akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja,

Talaga bodas ini sendiri merupakan sebuah kawah dimana, untuk bisa menikmatinya anda harus naik turun gunung. Di salah satu sisinya, anda bisa menikmati mandi kolam air hangat yang mengandung belerang. Anda bisa berendam dan menikmati suasananya yang syahdu.

Untuk kenyamanan anda, Talaga Bodas sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan tempat ganti baju. Andai suda ada kereta menuju ke Garut. Anda bisa turun di stasiun Wanaraja. Dari sini jaraknya hanya 40 menit saja.

14. Pantai Cijeruk

wisata anak di garut
foto: https://www.instagram.com/sang.fajar92/

Pantai Cijeruk terletak di Desa Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut. Keunggulan dari kawasan ini adalah suasananya yang asri dan damai. Anda bisa menikmati rerimbunan pohon karet yang terhampar luas di depan mata. Air lautnya sangat jernih berwarna biru, senada dengan langit yang terlihat diatas.

Menariknya lagi, anda bisa juga berkemah disini. Menikmati malam dengan ombak yang cukup tenang. Tidak perlu tambah biaya, anda hanya perlu meminta izin kepada petugas pantai saja. Untuk melengkapi perbekalan kemah, anda bisa memancing di spot yang telah disediakan.

Dibakar bersama dengan jagung yang pasti malam berkemah anda akan semakin nikmat. Wahana terakhir yang tidak boleh anda lewatkan adalah berlayar. Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling ke seluruh kawasan pantai.

14. Kampung Pulo Garut

tempat wisata di garut jawa barat
foto: https://www.instagram.com/rimbogunawan/

Pesona Garut lainnya yang bisa anda nikmati adalah kampung Pulo yang bercorak agama islam. Letaknya berada di kompleks Candi Cangkuang. Dari dahulu sampai saat ini, kawasan ini hanya memiliki 7 bangunan saja. 6 rumah untuk perempuan dan 1 mushola untuk laki-laki.

Warga disini dipercaya sebagai keturunan dari Eyang Dalem Arif Muhammad. Makamnya, bisa anda temui di sekitar Candi Cangkuang. Adat yang unik adalah kepala keluarga tidak boleh lebih dari tujuh, Jika ada yang menikah, mereka wajib keluar dari kampung.

Kecuali, bila ayah dan ibu mereka meninggal. Maka, diperbolehkan untuk tinggal di kampung. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga. Diantaranya, tidak boleh menabuh gong besar dan ternak hewan besar berkaki empat. Beberapa ritual juga masih dilanjutkan seperti, mencuci benda pusaka, berziarah di setiap hari rabu dan malam rabu. Syukuran saat memperingati hari maulid nabi.

15. Pantai Rancabuaya

wisata pantai di garut
foto: https://www.instagram.com/muhamad_dheni/

Perjalanan penutup untuk kawasan pantai, kami memilih Rancabuaya. Untuk harga tiket masuknya mulai dari 5 ribu sampai 10 ribu rupiah saja. terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin. Alasan utama kami memilih kawasan ini karena, bisa melihat pesona air terjun yang menghadap ke pantai.

Setelah puas bermain air di laut, langsung membasuh diri di air terjun ini. pasir pantainya pun terlihat putih bersih. Di sekitar kawasan, anda bisa menyaksikan tebing ukir yang luar biasa indahnya.

Pemandangan matahari terbenam disini, juga tidak kalah menawannya. Perpaduan, antara tebing, matahari, langit, dan air laut mengingatkan anda pada sebuah gambar anak SD yang disuruh menggambar oleh guru. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa anda nikmati disini.

Ada diving, snorkeling dan berkemah. Buat anda yang lapar setelah puas bermain. Tidak ada salahnya untuk menikmati hidangan kuliner di warung-warung dekat pantai. Olahan hidangan lautnya membuat liburan anda terasa lengkap dan sempurna.

16. Leuwi Korsi

wisata garut jabar
foto: https://www.instagram.com/indrarasigumelar17/

Tempat wisata di Garut terbaru ini adalah sebuah kolam kecil yang airnya sangat jernih. Terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Garut. Menariknya, kadang air disini bisa berubah menjadi warna coklat karena kiriman dari air sungai yang melintas. Biasanya terjadi pada musim hujan,

Di sekitar kolam, anda bisa melihat beberapa tebing batu yang cukup unik. Anda bisa duduk disana dan foto-foto. Hal inilah yang disebut dengan korsi.Untuk bisa menuju ke area lokasi, anda harus berjalan sekitar 1 jam. Dengan kontur jalan naik turun. Karena, belum ada warung persiapkan air minum dan makanan selama diperjalanan.

Tetapi, jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya. Jangan hanya dibuang begitu saja yang nantinya akan mengotori lingkungan.

17. Gunung Sadahurip

tempat wisata di garut
foto: https://www.instagram.com/sahrulimam_/

Tempat terakhir yang menjadi akhir dari perjalanan kami di Garut adalah Gunung Sadahurip yang bentuknya mirip piramida. Warga sekitar pun menganggapnya sebagai tempat keramat. Karena, bentuknya yang aneh dan mungkin satu-satunya di Indonesia.
Keunikan dari gunung ini adalah dua lubang di puncak gunung.

Konon sampai saat ini para peneliti masih belum menemukan kisah sejarah apa yang terkandung didalamnya. Menariknya lagi, wisata yang terletak di Desa Sadahurip ini digunakan untuk bercocok tanam dan tidak pernah mengalami kejadian longsor.
Trek menuju ke atas memang cukup sulit.

Review Sebelumnya –> 20 Tempat Wisata di Jakarta

Tempat wisata di Garut memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setiap kawasannya memiliki keunikan dan cerita yang bisa disuguhkan untuk banyak orang. Menjelajahi Kota dengan julukan Swiss Van Java ini adalah sebuah kewajiban. Setidaknya, satu kali seumur hidup anda, dijamin ketagihan.

Kuliner Vlog Ke Waroeng Holiday yang Lagi Hits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here