Candi Jawi merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dapat anda telusuri beragam keunikannya. Dibangun sekitar abad ke 13, Candi Jawi Pasuruan merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan Singhasari yang berlatar belakang Hindu-Buddha.

Banyak yang mengira kalau Candi Jawi Jawa Timur ini adalah sebagai tempat pemujaan atau tempat peribadatan Buddha. Padahal sebenarnya Candi Pasuruan satu ini merupakan tempat penyimpanan abu raja terakhir Singhasari yakni Kertanegara.

Dibalik kisah dan sejarah yang terkandung di dalamnya, membuat cagar budaya satu ini bisa jadi tujuan wisata anda. Wisata Pasuruan Jawa Timur berupa candi ini bisa jadi alterntif anda ketika ingin mengisi waktu senggang agar lebih berwarna.

Harga Tiket Masuk Candi Jawi

harga tiket masuk cand jawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107234856116819798378

Pasuruan menjadi daerah di Jawa Timur yang menyimpan banyak daya tarik wisata yang bisa dijelajahi. Banyaknya destinasi wisata, membuat siapapun tak kesulitan apabila sedang berada di Pasuruan dan ingin jalan-jalan.

Seperti Candi Jawi misalnya yang menjadi opsi menarik untuk tujuan anda berlibur selanjutnya. Sebab bangunan bersejarah ini tentu mengandung kisah-kisah menarik yang dapat anda kulik lebih dalam saat berkunjung.

Dan untuk bisa explore indahnya Candi Jawi Pasuruan maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Candi Jawi yang berlaku adalah sekitar Rp5.000 saja per orangnya.

Dengan biaya yang murah meriah tersebut, para pengunjung dapat dipastikan bisa jalan-jalan dan berkeliling area candi sampai puas. Cerita dan kisah di masa lalu seputar sejarah Candi Jawi bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

Wisata Candi Jawi dapat anda kunjungi sesuai dengan jam operasional wisata yang sudah ditetapkan. Candi Jawi terbuka untuk umum di setiap harinya pada pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi jawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112667256278306701447

Lokasi Candi Jawi terletak di Kaki Gunung Welirang. Atau lebih tepatnya berada di pertengahan jalan raya antara Kecamatan Pandaan, Prigen dan juga Pringebukan.

Untuk lebih lengkapnya, alamat Candi Jawa letaknya berada di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan situs bersejarah ini dapat anda jangkau dari Alun-Alun Pasuruan dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 40 km.

Bangunan candi ini mudah ditemukan meski anda sama sekali belum pernah datang kesini. Terpasang beberapa plang petunjuk yang akan memudahkan perjalanan anda ketika ingin ke Candi Jawi Pasuruan Jawa Timur.

Akses jalan utama tentu sudah layak dan sangat baik untuk dilintasi beragam jenis kendaraan pengunjung. Tak perlu ragu apabila anda merasa bingung dengan jalur mana yang musti dilintasi.

Gunakan maps dibawah ini, karena petunjuk akuratnya akan mempermudah laju kendaraan anda menuju Candi Jawi.

Datang juga ke –> Kebun Raya Purwodadi destinasi yang asri dan juga sejuk.

Fasilitas

fasilitas candi jawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105153086523023484021

Termasuk ke dalam daftar wisata Pasuruan yang populer dan selalu ramai akan kehadiran banyak pengujung. Puncaknya tentu pada saat musim liburan dan akhir pekan, para pelancong dari luar Pasuruan berdatangan kemari.

Telah di dukung dengan adanya sarana prasarana penunjang yang bisa wisatawan manfaatkann dengan baik. Fasilitas Candi Jawi di Pasuruan Jawa Timur meliputi :

  • Area parkir kendaraan
  • Information centre
  • Papan informasi candi
  • Toilet / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Dapatkan pengalaman liburan berkesan dengan berkunjung ke Candi Jawi yang dahulunya didirikan atas perintah raja terakhir Kerajaan Singasari. Menjadikan tempat beribadah untuk umat beragama Siwa-Buddha kala itu.

Telusuri lebih dalam berbagai relief yang terdapat di dinding candi. Uniknya, sampe hari ini relief Candi Jawi Pasuruan belum bisa dibaca karena pahatannya yang diduga terlalu tipis.

Kunjungi juga –> Saygon Waterpark taman rekreasi air dengan aneka wahana seru.

Spot Terbaik di Candi Jawi

spot terbaik candi jawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117982498338442633090

Berdirinya bangunan Candi Jawi menempati area yang cukup luas, yakni kurang lebih mencapai 40 x 60 meter persegi. Candinya terbuat dari batu andesit dan dikelilingi oleh sebuah pagar bata dengan tinggi sekitar 2 meter.

Parit yang saat ini dihiasi oleh bunga teratai mengelilingi kawasan Candi Jawi, membuatnya terlihat menawan. Bentuk Candinya sendiri berkaki Siwa dan berpundak Buddha.

Ketinggian Candi Jawi Pasuruan ini sekitar 24,5 meter. Dengan panjang mencapai 14,2 meter. Dan lebarnya kurang lebih 9,5 meter. Jika diamatai dengan seksama, sekilas bentuknya hampir mirip dengan Candi Prambanan.

Tinggi ramping dengan atap yang bentuknya merupakan paduan antara stupa dan kubus bersusun. Yang meruncing pada bagian puncaknya.

Beragam keunikan yang tersaji disini, patut anda abadikan ke dalam sebuah foto dan juga video. Menjadikan spot terbaik di Candi Jawi sebagai latar belakangnya, saat swafoto ketika merekam semua momen menariknya.

Review sebelumnya –> Air Terjun Kakek Bodo yang mempesona dan memanjakan mata.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi jawi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105153086523023484021

Berikut tips berkunjung ke Candi Jawi yang bisa jadi tambahan referensi dan juga informasi anda.

  • Karena berada di alam tebuka, tentu waktu terbaik berlibur disini adalah saat cuaca mendukung.
  • Hari yang cerah, tidak mendung apalagi hujan, merupakan waktu yang tepat untuk explore Candi Jawi.
  • Pahami dengan baik tata tertib dan juga aturan untuk pengunjung yang sudah ditetapkan oleh situs Candi Jawi.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan Candi Jawi yang bersejarah dan juga menyimpan sejumlah daya tarik.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang favorit untuk anda singgah di Candi Jawi dengan nuansa lumayan teduh.

Itulah tadi Candi Jawi yang merupakan peninggalan bersejarah Hindu-Buddha dari Kerajaan Singhasari pada abad ke 13. Demikian ulasan singkat Candi Jawi di Pasuruan yang bisa jadi tujuan menghabiskan waktu luang anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − 6 =