Pantai Nampu – Indonesia memang selalu menghadirkan berbagai macam kejutan mengenai dunia pariwisata  yang benar-benar esoktis nan elok. Salah satunya berada di kawasan Yogyakarta. lebih tepatnya adalah Gunung Kidul.

Ada sebuah pantai yang mengesankan namanya, berada di dua kawasan sekaligus. Tempat tersebut adalah Pantai Nampu.

Seperti kita ketahui bahwa wisata Pantai Nampu sendiri adalah kawasan wisata di Wonogiri. Tetapi, perlu anda ketahui pula bila nama objek wisata ini sendiri ternyata juga ada di Gunung kidul. Banyak wisatawan pasti tidak akan percaya karena, sejak awal kawasan ini memang lebih di kenal sebagai ikon wonogiri.

Bisa di bilang objek wisata ini merupakan perbatasan antara wilayah Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata ini memang sangat dekat dengan Pantai Wedi Ombo. Oleh karena itu, jangan heran bila pesonanya tidak akan jauh berbeda

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

harga tiket masuk pantai nampu
foto: https://www.instagram.com/raniananti28/

Untuk menikmati kawasan wisata ini, harga tiket masuk Pantai Nampu adalah nol rupiah. Alias gratis dan tidak bayar sama sekali. Baik di Wonogiri maupun di Gunung Kidul.

Di tambah dengan biaya parkir untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah dan kendaraan bermotor sebesar 3 ribu rupiah.

Kunjungi juga daftar 50 pantai di gunung kidul yang sangat indah dan menarik.

Alamat dan Rute Lokasi

lokasi pantai nampu
foto: https://www.instagram.com/umi_umanyus/

Alamat Pantai Nampu terletak di Kawasan Wisata Pantai Wedi Ombo. Desa Balong. Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju ke tempat ini anda harus mencapai wedi ombo terlebih dahulu.

jalan menuju Pantai Nampu selanjutnya, bisa di tempuh dengan dua cara. Pertama, menggunakan rute menuju Pantai Nampu yang baru saja dibuka dan diresmikan. Ada jalan langsung yang bisa anda manfaatkan menuju ke area pantai.

Sementara cara yang kedua adalah menggunakan jalur lama. Dimana, kita harus berjalan ke arah utara dari wedi ombo terlebih dahulu. Jalur ini pun juga mempunyai sisi keindahan nan menawan hati yang sulit untuk anda tolak.

Kunjungi juga: Pantai Kesirat yang tak kalah indahnya.

Spot Wisata Pantai Nampu

Berikut berbagai macam destinasi dan aktifitas yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke pantai ini:

1. Pemandangan yang Ditawarkan

pantai nampu gunung kidul
foto: https://www.instagram.com/frdnysh08/

Baiklah, keunikan dari Pantai Nampu ini adalah keindahan dan pesona yang dihadirkan di perjalanan menuju tempat tersebut. Seperti saat kita memilih jalur terpendek menuju ke sini. Dimana, kita akan disuguhkan pemandangan air laut dan perbukitan yang membuat mata anda terpukau dan enggan untuk berkedip sedikit pun.

Suasana laut akan langsung kita rasaka saat anda tiba di atas bukit. Sayangnya, di sini area parkir yang disediakan tidak terlalu luas. Setidaknya, hanya beberapa kendaraan saja yang bisa kita parkirkan disana.

Dari sini kita bisa melanjutkan perjalanan menuju ke objek wisata dengan berjalan kaki. Ada jalan setapak berupa tanah padat yang bisa kita manfaatkan. Tetapi, anda harus behati-hati karena, jalanan yang ada sedikit licin apalagi, saat hujan melanda. Medannya menjadi bertambah berat.

Tetapi, jangan menyerah terlebih dahulu, Tetap semangat dan teruslah melangkah. Karena, saat semangat itu datang. Anda akan menemukan sebuah surga yang benar-benar tersembunyi. Memang, keindahan yang sempurna itu tidak mudah di dapatkan.

Setelah, memutuskan untuk tak menyerah dan keringat air mata sudah bercucuran. Anda akan menemukan sebuah tikungan jalan yang terdapat jalan menurun. Disana, kita bisa memanfaatkan pagar pengaman agar tetap aman berjalan menuju ke objek wisata ini.

Nah. Di tikungan inilah kita akan menemukan sebuah pemandangan yang benar-benar mengesankan. Dimana, anda akan menyaksikan pesona pantai wedi ombo yang menawan hati. Garis pantainya yang sedikit melengkung mirip bulat sabit.

Pemandangan ini yang membuat siapa pun akan tercengang dan mengalihkan perhatiannya untuk sejenak. Oleh karena itu, jangan heran bila saat tiba di tikungan ini banyak wisatawan yang akan berhenti sejenak dan melakukan aktifitas selfie.

Lalu, lanjutkan perjalanan menuju ke dasar pantai dengan jalur setapak dengan sudut kemiringannya yang cukup tajam. Sayangnya, hanya motor off road yang bisa melintasi track ini.

Datang juga ke Pantai Sarangan yang mempunyai banyak spot foto indah.

2. Tempat Pelelangan Ikan

pelelangan ikan pantai nampu
foto: https://www.instagram.com/dyahayuantingwulan/

Sebelum menjadi sebuah objek wisata yang lambat laun bakal dikenal oleh orang lain. Lokasi wisata Pantai Nampu biasa dijadikan sebagai nelayan untuk menyandarkan kapalnya.

Nah, disini pula anda bisa melihat tempat pelelangan ikan yang menyediakan berbagai macam ikan-ikan yang segar dengan harga relatif murah.

Menariknya lagi tempat pelelangan ikan ini merupakan, yang terbesar diantara beberapa TPI yang ada di gunung kidul. Banyak varian ikan mulai dari kakap, cumi, udang, hiu, kerapu, dan masih banyak lagi yang bisa kita beli. Hanya saja, disarankan sebelum anda beli kita harus bisa menawar harganya ya.

Di sini, jumlah nelayan yang ada memang tidak sebanyak nelayan yang ada di gunung kidul. Sehingga, setelah mereka menyandarkan kapal. Mereka akan langsung menjualnya di TPI yang ada disini. Jadi, jangan takut kesegarannya ya.

Baca juga Pantai Nguluran yang mempunyai banyak spot foto selfi.

3. Fasilitas nan Mumpuni

fasilitas pantai nampu
foto: https://www.instagram.com/miranti.agusta/

Pantai ini memang masih sepi. Sehingga, paling cocok digunakan sebagai tempat untuk relaksasi diri. Saat berkunjung ke tempat ini pun kita bisa bermain-main air dan juga pasir putih yang mengesankan.

Selain itu, disini juga sudah tersedia toilet serta kamar ganti. Yang disediakan bagi anda yang ingin berenang di kawasan ini. Fasilitas lain yang juga ditawarkan disini adalah warung-warung kecil yang tersedia.

Memang hanya satu saja itupun kadang buka dan kadang tidak. Maklum saja, kawasan pantai ini memang masih jarang yang mengunjunginya. Disini pula kita bisa melihat bagaimana indahnya senja yang tenggelam dan juga fajar yang terbit. Suguhan inilah menjadi alasan kuat beberapa wisatawan yang sudah mengetahui objek wisata ini akan datang lagi dan lagi disini.

Datang juga ke Pantai Kayu Arum yang masih jarang diketahui wisatawan.

Pantai Nampu Wonogiri

pantai nampu wonogiri
foto: https://www.instagram.com/vinna_pr/

Nah, setelah kita mengetahui betapa eloknya pantai nampu yang ada di Gunung kidul. Saatnya kita melihat esoktisnya tempat wisata yang ada di Wonogiri. Alamat objek wisata ini terletak di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Objek wisata ini sebenanrnya tidak jauh berbeda dari yang ada di gunung kidul. Hanya saja, bibir pantainya cukup luas beserta karang-karang yang mengesankan. Ombaknya pun cukup deras mengingat pantai nampu terletak di pantai selatan.

Menuju ke area pantainya sendiri kita harus menuruni kurang lebih ratusan anak tangga yang memang sudah di bangun untuk memudahkan anda menuju ke sana. Keunikan dari objek wisata ini terletak di saat pantai sedang surut.

Dimana, cumi-cumi ini akan terselip diantara karang-karang. Sehingga, menawarkan biota laut yang lucu nan menggemaskan. Biasanya, cumi ini akan di cari para nelayan, biasanya mereka akan menjualnya dan disajikan dengan beberapa santapan yang disajikan di beberapa warung-warung yang tersedia disini.

Datang juga ke Pantai Kukup Gunung Kidul yang lokasinya masih berdekatan.

Pantai Nampu di Gunung kidul memang pesonanya lebih dari yang ada di wonogiri. Semua yang disajikan disini dijamin bakal membuat anda merasa terpesona dengan apa yang disuguhkan. Ayo datang dan kunjungi objek wisata ini. Walaupun sulit. Namun, bukan berarti tidak bisa diraih bukan? Ayo datang dan nikmati pemandangan disini jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga agar tempat ini semakin viral.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here