Pantai Kayu Arum di Gunung Kidul. Salah satu pantai baru yang namanya belum dikenal oleh banyak wisatawan. Memang, Kota Yogyakarta selalu saja, mampu menghadirkan kejutan-kejutan luar biasa yang sulit untuk di tebak. Seakan, kota pelajar ini tidak mau kalah dengan kota-kota lain  yang menyajikan pesona wisata baru nan segar.

Objek wisata ini memang belum terjamah sama sekali oleh wisatawan. Sehingga, jangan heran bila saat anda berkunjung ke sini suasananya begitu asri, tenang, teduh, dan sangat damai. Seakan menjadi pantai pribadi yang paling mengerti bila, kepenatan dan beban kerja ini butuh sesuatu agar bisa pergi.

Sebenarnya Lokasi wisata pantai Kayu Arum ini tidak terlalu jauh dari Pantai Baron. Bila anda pergi menuju ke Menara mercusuar atau juga baron technopark. Maka, kawasan ini akan terlihat. Sayangnya, sangat kecil sehingga, banyak wisatawan yang tidak memperhatikan dengan seksama.

Ciri khas yang mencolok dari objek wisata ini adalah hadirnya karang-karang yang bisa anda nikmati berjajar. Disarankan jangan coba-coba untuk berenang disini ya. Lantaran, karang-karang ini cukup tajam sehingga, bisa membuat anda terluka. Lagipula, ombak disini juga cukup ganas.

Tetapi, jangan berkeluh kesah karena saat surut. Kita bisa melihat beberapa ikan yang terselip di antara karang. Begitu banyaknya sehingga, anda bisa menangkapnya atau hanya dijadikan sebagai salah satu objek foto.

Baca juga daftar lengkap 50 pantai di gunung kidul yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk pantai Kayu Arum

harga tiket masuk pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/anasakhsani/

Untuk menikmati objek wisata ini tidak harus pakai mahal. Karena, harga tiket masuk pantai Kayu Arum jadi satu dengan biaya masuk pantai Baron yaitu 10 ribu rupiah.

Setelah sampai di tempat kita akan parkir di pekarangan warga. Disini, kita akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk motor. Dan 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Lihat juga: Pantai Kukup gunung kidul yang menawan.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/arumjayanti_/

Alamat pantai Kayu Arum terletak di Kanigoro, Saptosari, Kranon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari stasiun Yogyakarta menuju ke objek wisata ini kurang lebih 60 km dan menempuh waktu kurang lebih 1 jam 37 menit. Sayangnya, belum ada transportasi umum yang akan mengantar anda menuju ke ojek wisata ini.

Sehingga, anda harus menggunakan kendaraan pribadi agar bisa mencapai lokasi. Rute menuju pantai Kayu Arum bila anda memulainya dari Stasiun Yogyakarta bisa arahkan kendaraan anda menuju ke Jalan Ring road. Kemudian, menuju ke daerah Piyungan, pathuk, Bukit Bintang, Pasar Buah sambipitu.

jalan menuju pantai Kayu Arum selanjutnya adalah hutan bunder, perempatan Gading, menuju ke Panda Wonosari dan Pasar Wonosari. Selanjutnya, menuju ke Jalan Baron, karangjerek, Mulo hingga ke kemiri.

Lalu, ke kemadang, hingga pos retribusi lalu, sebelum tiba di pantai Baron belok ke kanan. Menuju kearah Pantai Parang Racuk atau Baron Tecnopark. Hingga anda sampai di titik lokasi.

Datang juga ke Pantai Gesing yang tak kalah indahnya.

Trackking Area

jalan menuju pantai kayu arum
foto: foto: https://www.instagram.com/salim_pok/

Wisata pantai Kayu Arum lokasinya memang sedikit masuk ke dalam. Sehingga, anda wajib untuk berjalan dari Baron Techno Park menuju ke objek wisata ini.

Saat melakukan perjalanan anda akan ditemani dengan perbukitan yang cukup indah. Dengan jalanan yang membuat anda sedikit berkeringat dan menghela nafas.

Disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman. Lantaran, ada beberapa jalanan yang cukup licin. Tidak hanya area perbukitan saja, bila anda beruntung, anda akan mendengarkan kicauan burung-burung yang menentramkan hati. Seperti sebuah nyanyian alam yang tidak akan pernah berhenti,

Datang juga ke Pantai Sadeng yang mempunyai banyak spot foto hits terbaru.

Spot Wisata di Pantai Kayu Arum

 spot wisata pantai Kayu arum
foto: https://www.instagram.com/journey_traveling/

Tidak hanya bebatuan karang yang berjajar rapi sehingga, membentuk sebuah warna berbeda di kawasan ini. Melainkan, hadir juga pantai pasir putih yang terlihat di depan mata.

Menariknya lagi, kita tidak akan melihat sampah atau juga limbah sedikit pun. Jadi, disarankan bagi wisatawan yang datang ke tempat ini untuk selalu menjaga kebersihan dan membawa sampa yang di bawa lalu di buang ke tempat sampah.

Kondisi Pantai Kayu Arum yang memang masih sepi, biasanya digunakan untuk bermain-main seperti voli, sepak bola serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa kita nikmati. Pemandangan esoktisme lainnya dihadirkan melalui airnya yang cukup jernih.

Bebatuan karang yang menghiasi tidak hanya di bibir pantainya saja melainkan, ada di samping kanan dan juga kirinya. Kita bisa naik sedikit ke bebatuan ini dan mari kita manfaarkan untuk selfie-selfie. Tetepai, tetap hati-hati karena karangnya yang juga tajam.

Lihat juga ke Pantai Nguyahan yang lokasinya masih jarang diketahui wisatawan.

1. Memancing dan Camping

Lokasi wisata pantai Kayu Arum
foto: https://www.instagram.com/singmetosleepy/

Tidak hanya untuk tracking saja. Tetapi, Pantai Kayu arum paling tepat dikunjungi bagi anda yang menyukai memancing. Bisa dibilang, disini adalah surga yang tidak terbantahkan lagi. Begitu banyak ikan yang bisa kita temui dan kita pancing.

Ada ikan yang masih kecil hingga besar berenang di perairan kayu arum. Beberapa diantaranya adalah ubur-ubur, gurita, ikan kerapu, dan berbagai jenis lainnya. Sayangnya, anda harus membawa sendiri semua peralatan persenjataannya. Karena, disini memang belum ada yang menyewakan perlatan memancing.

Nah, biasanya beberapa wisatawan tidak hanya memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat memancing saja. Tetapi, juga dimanfaatkan untuk camping. Walau tidak terlalu luas. Namun, Pantai Kayu Arum ini memiliki tempat yang cukup bagi anda yang ingin menikmati malam nan syadu.

Apalagi, dengan ikan-ikan yang telah kita tangkap. Api unggun dan kuliner ikan bisa dijadikan menu santap malam nan nikmat.  Tidak usah menggunakan bumbu, cukup langsung di bakar saja. Cita rasanya sudah sangat nikmat.

Ternyata tidak hanya digunakan untuk camping saja. Pantai Kayu Arum juga digunakan untuk berbagai macam pelatihan. Sebagai contohnya adalah mapala. Ada pula beberapa mahasiswa menggunakannya untuk malam pengakraban. Dimana, ladang pertanian, jalan yang licin dan becek cukup menyenangkan dijadikan sebagai pelatihan mental.

Kunjungi juga ke Pantai Ngrenehan yang loaksinya masih berdekatan.

2. Sunset dan Sunrise

sunrise di pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/agung_r.s/

Bonus special bagi anda yang memutuskan untuk menginap di Pantai Kayu Arum adalah pemandangan sunset dan juga sunrise yang terlihat begitu mempesona. Bila anda beruntung anda bisa menikmati keindahan senja disini.

Salah satu senjata yang tidak boleh anda lewatkan adalah kamera. Karena, golden sunrise yang membuat anda tidak akan pernah terlupakan sedikit pun. Kerinduan, sedikit demi sedikit anda akan merasuk ke dalam hati.

Jangan lupakan pula langit senja yang seakan hadir memenuhi langit kota Yogyakarta. Sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Tidak hanya sampai disitu saja tetapi, pesona siluet yang disuguhkan juga begitu mengesankan..

Pantai Kayu Arum Adalah keindahan alam yang di miliki oleh Gunung kidul. Pesonanya dijamin akan membekas di hati. Ayo datang dan kunjungi objek wisata ini. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, semakin baik. Karena, bisa saja tempat ini diperhatikan seperti pantai-pantai lain.

Simak juga ulasan kami sebelumnya mengenai wisata pantai Pantai Ngobaran yang sangat menarik.

Mengingat, Objek wisata ini memang masi belum terlalu dilirik. Terbukti, belum ramahnya warung-warung yang bisa anda dapati disini. Disarankan untuk membawa perbekalan lengkap sebelum  mengunjungi kawasan ini. Jadi, kapan anda akan mengunjungi objek wisata di Yogyakarta ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here