Pantai Kukup – Yogyakarta adalah wilayah kecil di selatan Jawa yang mempunyai banyak sekali pariwisata. Mulai dari bangunan tua, sejarah, wisata alam berupa gunung dan pantai, serta wisata buatan berupa taman dan juga waterpark. Semuanya seakan menggoda untuk dikunjungi.

Berbicara mengenai Pantai, di Kota Gudeg ini mempunyai beberapa pantai klasik yang namanya sudah ada sejak zaman dahulu. Dimana pantai klasik ini menjadi perburuan para wisatawan sebelum berkembang dengan beberapa pantai seperti saat ini. Objek wisata itu bernama Pantai Kukup.

Keindahannya dari dulu sampai saat ini tidak pernah berubah sedikit pun. Pantai Pasir putihnya terlihat sangat halus dan lembut dengan butiran-butiran pecahan batu gamping. Keunikan lain yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke sini adalah tebing karang yang cukup besar terletak di tengah pantai.

Pesona ini membuat kita seperti berada di Tanah Lot. Perbedaan yang paling mencolok adalah tidak adanya kehadiran pura. Melainkan, sebuah gardu pandang sehingga, anda bisa melihat keindahan dari objek wisata ini dari atas ketinggian.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

harga tiket masuk pantai Kukup
foto: https://www.instagram.com/rshd12_/

Bagi anda yang belum pernah sama sekali ke tempat ini. Disarankan untuk segera mengunjunginya dengan harga tiket masuk pantai Kukup hanya 10 ribu rupiah.

Di tambah dengan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah bagi anda yang membawa mobil.

Lihat juga daftar 50 pantai di gunung kidul yang indah.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat lokasi
foto: https://www.instagram.com/ayucandhraa/

Alamat pantai Kukup terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Ngepung, kemadang, Tanjung sari, Kabupaten Gunung Kidul. Apabila anda berangkat dari stasiun Yogyakarta maka, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 59 km. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit.

Rute menuju pantai Kukup hampir sama dengan rute menuju ke Baron. karena keduanya, mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh. Hanya saja, sebelum masuk pantai baron anda harus belok ke kiri sesuai dengan papan petunjuk agar tiba di lokasi tujuan.

jalan menuju pantai Kukup tidak hanya bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi saja, Melainkan, juga bisa menggunakan bus dan transportasi umum. Pertama, pergilah ke terminal giwangan Yogyakarta.

Kemudian, naik bus jurusan Yogyakarta – wonosari. Setibanya di terminal wonosari lanjutkan dengan menggunakan bus dengan jurusan Baron. kemudian, naik ojek hingga anda akan sampai di lokasi.

Kunjungi juga: Pantai Gesing yang tak kalah indahnya.

Pesona Lain yang Ditawarkan

alamat pantai Kukup
foto: https://www.instagram.com/thoriqaljabar/

Pulau karang yang terlihat memang sangat mempesona. Namanya adalah jumino dimana, menuju ke tempat ini kita akan disajikan dengan sebuah jembatan khusus untuk anda. Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat ini sebagai salah satu spot foto terbaik mereka.

Selain tebing karang yang mempesona wisata pantai Kukup, juga akan menyuguhkan berbagai macam terumbu karang yang luasnya mencapai 100 meter. Menariknya, saat air laut sedang surut kita bisa melihat berbagai macam keindaan biota laut seperti ubur-ubur.

Bulu babi yang harus menjadi perhatian terlebih anak-anak anda. Seperti, yang kita ketahui bersama bahwa bulu babi adalah hewan yang bisa mengeluarkan racun bila terkena tubuh manusia.

Ikan-ikan kecil nan lucu dan juga kerang juga bisa anda saksikan disini. Banyak yang menyebut bahwa pantai kukup adalah aquarium alami. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di tempat ini.

Di sekitar pantai kita bisa merasakan sayup-sayup teduh semilir angin yang benar-benar menyenangkan hati. Pesona objek wisata ini akan bertambah dengan sendirinya dengan hadirnya gua karang yang bisa juga anda jadikan sebagai tempat untuk berteduh.

Datang juga ke Pantai Sadeng Gunung Kidul yang mempunyai banyak spot foto indah.

Fasilitas di Pantai Kukup

fasilitas pantai Kukup
foto: https://www.instagram.com/ihsanvianisty/

Tidak berlebihan bila, banyak wisatawan yang menyebut bahwa pantai kukup adalah pantai paling memanjakan di Yogyakarta. Karena, berbagai macam fasilitas yang di tawarkan cukup mempesona. Mulai dari toilet bersih, area parkir yang cukup luas, musholla bagi umat muslim yang ingin melakukan sholat.

Tidak hanya sampai di situ saja. Kita juga akan disuguhkan dengan berbagai macam warung-warung yang menjajakan berbagai macam menu kuliner. Seperti, olahan ikan yang menggiurkan dengan saus asam manisnya yang katanya juara.

Ada pula ikan bakar yang di olah dari berbagai jenis ikan dari tangkapan para nelayan. Sehingga, cita rasa yang dihasilkan benar-benar sempurna. Apalagi, saat anda memadukannya dengan sambal dan nasi putih hangat. Kenikmatannya, seakan melonjak drastis. Akan lebih sempurna lagi, bila kita padukan dengan es kelapa muda yang di ambil langsung dari pohonnya.

Berbicara mengenai harga makanannya tidak terlalu mahal. Bisa di bilang sangat ramah di kantong. Fasilitas selanjutnya yang tidak kalah penting adalah adanya toko souvenir yang berdiri menghadirkan berbagai macam oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Ada kaos yang bertuliskan pantai kukup, gantungan kunci yang terbuat dari hewan laut. Selain itu, ada rempeyek khas gunung kidul yang rasanya gurih menggoda. Serta, masih banyak lagi yang bisa anda temui dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, disini kita juga bisa melihat berbagai macam pedagang yang menjual ikan-ikan hias nan lucu. Harganya pun cukup terjangkau hanya mulai dari 2 ribu rupiah saja. kita sudah bisa membawa ikan-ikan yang lucu nan imut ini.

Kunjungi juga ulasan kami sebelumnya tentang Pantai Nguyahan yang jarang diketahui wisatawan.

1. Upacara Adat yang Dilakukan

objek wisata di pantai Kukup
foto: https://www.instagram.com/fjr_stvn/

Bukan Indonesia namanya, bila tidak menghadirkan tradisi dan kebudayaan yang bisa jadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan. Seperti halnya di Lokasi wisata pantai Kukup, upacara adat yang tersaji di Pantai Kukup ini. Namanya adalah Upacara Sedekah laut.

Adat ini sebenarnya tidak hanya di lakukan di Pantai Kukup ini saja. Melainkan, hadir pula di beberapa pantai seperti Baron dan Sadranan. Sedekah laut adalah upacara sebagai bentuk rasa syukur dan berharap di tahun mendatang mereka akan panen ikan kembali.

lihat juga wisata Pantai Ngrenehan yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

2. Penginapan Sekitar Pantai Kukup

rute Lokasi pantai Kukup
foto: https://www.instagram.com/novemlawalata/

Menikmati beberapa pantai di Gunung kidul memang tidak bisa hanya satu jam atau dua jam saja. Keindahan di setiap wisata membuat waktu seakan berjalan sangat cepat. Oleh karena itu, penginapan adalah salah satu jalan yang bisa digunakan.

Apalagi, di sekitar objek wisata ini kita bisa memilih beberapa penginapan seperti, Johor homestay yang menyediakan berbagai macam fasilitas seperti, tempat yang sangat nyaman. Tempatnya pun berada di tengah-tengah antara pantai Baron, dan juga Pantai Kukup. Harganya pun cukup bersahabat mulai dari 250 ribu rupiah.

Ada pula penginapan Kukup Indah. Menyediakan fasilitas berupa kipas angin atau AC, televisi sebagai hiburan, ruang tamu hingga kursi. Ada kurang lebih 30 kamar yang disediakan dengan harga per malam nya kurang lebih mulai dari 500 ribu rupiah. Pelayanannya cukup baik dan kondisi lingkungan yang bersih membuat penginapan ini bisa dijadikan rekomendasi.

Datang juga ke Pantai Ngobaran yang sedang hits untuk saat ini.

Pantai Kukup adalah keindahan pantai klasik di Yogyakarta yang sampai saat ini masih berdiri dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tidak hanya dari nusantara saja melainkan, mancanegara pun juga mengunjungi objek wisata ini. Bila, mereka sudah pernah meninggalkan Jejak disini, lalu kapan anda akan mengikutinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here