Danau Batur – Bali adalah salah satu wilayah di Indonesia yang bisa dibilang memiliki pariwisata yang super lengkap. Mulai dari Pesona alam berupa pantai, danau, dan gunung. Atau juga wisata kebudayaan berupa tari-tarian, upacara adat yang masih sangat kental dan seakan tidak akan pernah luntur oleh waktu.

Salah satu kawasan yang tidak boleh terlewatkan bila berkunjung ke Pulau Dewata adalah Danau Batur. Pemandangannya elok dan esoktis membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini pasti susah untuk move on.

Danau ini terletak di sekitaran Gunung Batur. Nah, nama dari Batur sendiri diambil dari Gunungnya. Terletak di atas ketinggian 1050 mdpl. Dengan luas kurang lebih 16 km persegi. Dengan kedalaman kurang lebih 51 meter.

Perlu diketahui bahwa objek wisata ini pernah mengharumkan nama bangsa karena ditetapkan sebagai taman bumi oleh Unesco. Dimana, kita bisa menikmati berbagai macam keindahan seperti pepohonan yang hijau. Membuat suasana dan nuansa di sekitar danau menjadi sangat sejuk, teduh dan damai.

Menariknya, warna air di danau ini bisa berubah-rubah lho. Lantaran pengaruh dari senyewa belerang yang ada di dasar danau. Kadang kita akan melihat warnanya sedikit kebiruan, atau berubah menjadi kehijauan. Bisa juga menjadi kekuningan.

Disini pula kita bisa menikmati berbagai macam satwa endemik serta bebatuan yang sangat menarik dan berkaitan dengan geopark.

Harga Tiket Masuk Danau Batur

harga tiket masuk danau batur
foto: https://www.instagram.com/rahmatkuady/

Harga tiket masuk Danau Batur  sangat ramah karena, anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor.

Bagi yang membawa mobil akan dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah. Sementara, bagi anda yang membawa Bus akan ditarik uang sebsar 20 ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan.

Kunjungi juga daftar 25 tempat wisata di Bali yang paling rekomended.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi danau batur bali
foto: https://www.instagram.com/kilafaorganizer/

Alamat Danau Batur terletak di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jaraknya kurang lebih 65 km dari Kota Denpasar. Bila anda memulainya dari Bandara Ngurah Rai waktu yang harus ditempuh kurang lebih 2 jam hingga 3 jam. Tergantung kecepatan dan arus lalu lintasnya.

Arahkan kendaraan menuju ke Jalan Tol Benoa menuju ke Denpasar atau Sanur. rute menuju Danau Batur Selanjutnya, masuk ke jalan tol Mandara. Lanjutkan, ke Jalan Raya Pelabuhan Benoa, By Pass Ngurah Rai sejauh 30 km.

Lalu, arahkan kembali kendaraan menuju ke Jalan Raya Tulikup hingga anda menemukan Bundaran. Jalan menuju danau batur selanjutnya, Terus lurus menuju ke jalan brigjen ngurah rai. Ikuti saja beberapa papan petunjuk yang sudah tersedia. Hingga anda akan sampai di titik lokasi.

Kunjungi juga Danau Beratan Bedugul Bali yang sangat indah dan menarik.

Spot Wisata di Danau Batur Bali

Berikut beberapa destinasi wisata yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kesini:

1. Memancing

alamat danau batur bali
foto: https://www.instagram.com/_algifs_/

wisata danau batur tidak hanya memberikan kesejukan saja. Melainkan, ada beberapa aktifitas yang bisa anda nikmati disini. Mulai dari memancing. seperti kita ketahui, bila danau ini melimpah akan ikan-ikan. Sehingga, beberapa nelayan pun akan mencari ikan disini.

Bagi anda yang ingin merasakan bagaimana pengalaman mencari ikan di Danau Batur. Anda wajib menghubungi salah satu nelayan. Dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah. Anda akan di beri beberapa peralatan pancing dan diantar ke spot-spot menarik untuk memancing.

Selain memancing kita juga akan disuguhkan dengan pesona adat desa trunyan yang masih menjaga kebiasaan dan adat tradisi yang menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah tidak mengubur jenazah yang sudah meninggal menariknya, tidak menimbulkan bau menyengat lho.

Disini, terdapat pohon tarumenyan. Dimana, pohon ini yang menatralisir bau-bau mayat yang dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, desa ini dinamakan sebagai desa trunyan.

Kunjungi juga Cafe di Bali Terbaru dan Paling Hits, Wajib Untuk Anda Kunjungi.

2. Wisata Kuliner Terbaik di Kintamani

kuliner di danau batur bali
foto: https://www.instagram.com/warungdprbali/

Menikmati Danau Batur juga bisa dengan mengunjungi beberapa restonya yang menyajikan menu makanan terbaik di kintamani. Disini pula anda juga bisa menikmati yang namanya ikan mujair. Konon katanya, olahan ikan ini merupakan olahan khas kintamani.

Selain menikmati berbagai macam menu makanan yang lezatnya menggoda. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang super kece. Sehingga, nafsu makan anda akan bertambah seketika.

Untuk harga pun tidak terlalu mahal dan sangat ramah bagi anda para backpacker. Dengan pelayanan yang sangat ramah membuat tempat makan disini begitu sayang untuk tidak dikunjungi.

Datang juga ke Tempat Populer Beli Oleh-Oleh Khas Bali.

3. Spot Foto Paling Romantis

spot foto danau batur bali
foto: https://www.instagram.com/evelynkathrinelifisisujoto/

Bagi anda yang mencintai fotografi. Jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni. Karena, Danau Batur terkenal dengan spot foto nan romantis yang akan mengesankan bila ditampilkan di gambar.

Selain itu, kita juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang sangat romantis. Cobalah untuk bertahan hingga, senja tiba maka, kita akan mendapati pesona danau batur bagaikan dalam sebuah lukisan tangan-tangan pelukis ternama.

4. Menikmati Batur Natural Hot Spring

Batur Natural Hot Spring kintamani
foto: https://www.instagram.com/doplang_jaya/

Pesona terakhir yang bisa kita nikmati di Lokasi wisata danau batur adalah Natural Hot Spring. Dimana, air yang ada disini berasal dari Gunung Batur, Sehingga, memiliki kandungan belerang yang sangat baik untuk tubuh dan juga hati anda.

Bagi anda yang ingin santai-santai disini. anda wajib membayar ongkos sebesar 15 ribu rupiah saja. Bagi anda yang ingin berenang dan menikmati bagaimana nikmatnya air panas ini akan dikenakan biaya sebesar 60 ribu rupiah saja.

Lihat juga 10 tempat Wisata Kuliner Khas Bali yang sayang untuk dilewatkan.

5. Hotel Sekitar

hotel dekat danau batur
foto: https://www.instagram.com/toyadevasya/

Menikmati suasana di Danau Batur memang sangat menyenangkan. Rasanya enggan untuk segera pergi dari tempat ini. Kesejukannya dan juga keteduhannya benar-benar membuat kita terbius akan eloknya.

Oleh karena itu, lebih baik kita mencari penginapan untuk tempat istirahat agar esok hari kita bisa melanjutkan perjalanan menikmati sisi kintamani dan Bangli. Ada beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan referensi bagi anda untuk menginap saat mengunjungi Danau Batur.

Pertama adalah Lakeview Hotel and Restaurant. Tempat ini paling diminati oleh wisatawan kebanyakan yang datang dan berkunjung ke Danau Batur. Pemandangan yang mengesankan berupa danau dan gunung akan terlihat jelas di depan mata.

Bayangkan saja, saat bangun pagi anda keluar ke balkon dan anda akan melihat pesona matahari yang berpadu dengan megahnya gunung dan danau. Sungguh, sayang sekali untuk ditolak.

Ada beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati seperti wifi gratis, antar jemput dari dan ke bandara, bar, dan taman yang menarik. Untuk harganya mulai dari 600 ribuan hingga 3 jutaan. Penginapan ini terletak di Jl. Raya penelokan, Kintamani, Sukawana, Kintamani, Bangli, Bali.

Rekomendasi kedua yang bisa diberikan untuk anda adalah Black Lava Hostel. Fasilitasnya pun tidak kalah. Kita bisa menikmati wifi gratis dan super kencang. Kolam renang, restoran, antar jemput bandara, kano, sewa sepeda dan masih banyak lagi yang pastinya akan memanjakan anda.

Harga kamarnya mulai dari 500 ribu rupiah hingga 2 jutaan rupiah. Alamat penginapan ini terletak di jalan Pendakian Gunung Batur, Batur Tengah, Kintamani,  Kabupaten Bangli, Bali 80652.

Kunjungi juga: Tempat Menarik di Bali yang terbaru.

Danau Batur juga ditetapkan sebagai kaldera terindah dan terbesar di dunia. Semua keindahannya sayang untuk dilewatkan sedikit pun. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu anda berkunjung ke objek wisata ini saat berada di Bali ya.

Video Travel Vlog Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here