Di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pesawaran terdapat Pantai Dewi Mandapa yang memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Bisa dikatakan pantai ini memiliki pesona yang seakan bisa menarik para wisatawan untuk berdatangan.

Pantai Dewi Mandapa Lampung ini sendiri merupakan rumah bagi pohon bakau atau mangrove. Sehingga di dalamnya tercipta hutan mangrove yang sangat asri.

Tempat wisata yang menghadirkan berbagai macam daya tarik ini akan membuat para pengunjung puas dan tidak bosan. Di bawah ini disajikan beberapa informasi seputar Pantai Dewi Mandapa lebih lanjut:

Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa

harga tiket masuk pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117131069199600045568

Banyak wisata yang akan memberikan banderol tiket masuk kepada para pengunjung agar dapat menikmati objek di dalamnya. Begitupula dengan wisata Pantai Dewi Mandapa.

Anda tidak perlu khawatir, harga masuk Pantai Dewi Mandapa ini masih dibanderol dengan harga terjangkau. Harga masuk wisata ini berdasarkan jenis kendaraan yang dikendarai oleh para pengunjung.

Apabila Anda membawa motor, maka harga tiket masuk sebesar Rp25.000 per motor. Sedangkan untuk mobil membayar sekitar Rp50.000 per mobil.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104912758063244273391

Untuk tepatnya, Pantai Dewi Mandapa terletak di desa Gebang, kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pesawaran, Lampung.

Untuk menuju wisata ini, apabila Anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, memerlukan waktu sekitar 1 jam. Anda dapat memulai rute perjalanan dari Jalan Pramuka ke arah Teuku Cik Ditiro.

Setelah itu, Anda perlu melewati Jalan Readen Imba Kusuma Ratu hingga tiba di Padang Cermin. Kondisi jalan menuju arah pantai ini masih berupa tanah dan batu, belum sepenuhnya beraspal sehingga Anda perlu berhati-hati dalam perjalanan.

Untuk jalanan yang rusak kira-kira sepanjang 500 meter. Jalanan tersebut kemudian dilanjutkan dengan jalan tanah Merah sepanjang 50 meter.

Jalur ini masih tetap dilalui oleh mobil ataupun motor. Untuk kendaraan roda empat, hanya cukup untuk satu jalur kendaraan saja.

Sambil menikmati suasana santai berkendara, Anda akan dimanjakan dengan pepohonan rindang yang berada di samping kanan dan kiri jalanan.

Anda tidak perlu takut tersesat, asalkan Anda tetap mengikuti petunjuk yang tersedia Anda akan sampai di lokasi wisata. Bagi Anda yang masih belum mengetahui jalan, Anda dapat meminta bantuan Google Maps atau bertanya kepada penduduk lokal.

Fasilitas

fasilitas Pantai Dewi Mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112149397038594846100

Salah satu wisata pantai di Lampung ini memiliki beragam fasilitas yang memanjakan para pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pantai Dewi Mandapa antara lain:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Gazebo
  • Kamar mandi atau toilet
  • Jembatan
  • Dermaga asmara
  • Warung makanan dan minuman
  • Spot foto

Jam Buka

jam buka pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113579901344200178955

Sebagai salah satu pantai pasir putih Lampung, pantai Dewi Mandapa memiliki jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 19.00 waktu setempat. Anda dapat mengunjungi wisata ini setiap hari Senin hingga Minggu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113534441597978383882

Para pengunjung yang mengunjungi wisata ini akan disuguhkan dengan beragam aktivitas seru. Bagi Anda yang masih penasaran dengan aktivitasnya, berikut di bawah ini penjelasan untuk Anda:

Menikmati keindahan alam

Wisata pantai di Lampung ini memiliki keindahan alam yang lengkap. Mulai dari hamparan pasir putih, birunya laut, kawasan hutan mangrove serta penampakan gunung.

Dengan perpaduan alam yang lengkap tersebut, dapat Anda gunakan untuk santai dan rehat untuk menyegarkan jiwa raga.

Lokasi dari Pantai Dewi Mandapa tergolong masih sulit dijangkau. Membuat wisata ini tidak ramai pengunjung sehingga dapat Anda gunakan untuk tempat menenangkan diri.

Melakukan kegiatan camping

Dengan adanya area yang luas, para pengunjung dapat mendirikan tenda serta menghabiskan liburan dengan camping di wisata ini. Biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan untuk camping sebesar Rp100.000 per tenda.

Melihat pesona hutan mangrove

Kawasan hutan mangrove merupakan salah satu icon dari Pantai Dewi Mandapa. Anda dapat menikmati dan melihat pesona hutan mangrove yang berada di sekitar pantai.

Untuk mengabadikan momen, Anda dapat melakukan pemotretan menggunakan smartphone ataupun kamera yang Anda bawa.

Mengunjungi Pulau Cinta

Pulau Cinta adalah spot favorit yang dimiliki oleh Pantai Dewi Mandapa. Dinamakan Pulau Cinta karena bentuknya menyerupai bentuk hati dan di dalamnya terdapat pasir putih timbul yang sangat lembut.

Di spot wisata ini terdapat beberapa gazebo atau saung-saung yang jika airnya sedang pasang, seperti berada di atas air. Berbagai kegiatan yang seru dapat Anda lakukan disini.

Diantaranya seperti bermain lembutnya pasir putih, bermain air laut, bermain ayunan dan hunting foto-foto yang keren. Tidak ketinggalan, para pengunjung pecinta snorkeling akan dapat menikmati pengalaman snorkeling yang seru di Pulau Cinta.

Untuk aktivitas snorkeling, Anda dapat membawa peralatan sendiri dari rumah atau dapat menyewa satu set perlengkapan snorkeling. Biaya sewa untuk snorkeling kira-kira di kisaran Rp40.000.

Kursi panjang kayu dengan khas kursi untuk berjemur dapat coba Anda duduki dengan bersantai sembari menikmati pemandangan pantai.

Untuk tambahan informasi, para pengunjung yang ingin menikmati keseruan di Pulau Cinta harus membayar biaya tambahan kisaran Rp5.000 per orang.

Bersantai dan berfoto dermaga asmara

Dermaga apung ini berada tidak jauh dari Pulau Cinta. Dermaga apung terbuat dari kayu yang mengapung di atas lautan.

Di dermaga ini terdapat kursi yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama orang-orang tersayang. Untuk dapat menikmati dermaga apung, Anda akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp5.000.

Di dermaga ini, Anda juga dapat melakukan foto dengan pemandangan hutan mangrove yang asri nan subur.

Menikmati panorama sunset

Berbicara mengenai pantai, tentu tidak lengkap rasanya apabila pengunjung belum menikmati sensasi perubahan alam yang sangat cantik. Tentunya panorama ini berkaitan dengan senja, menyaksikan matahari tenggelam dan kembali ke peraduan.

Anda dapat menikmati perubahan alam yang indah ini dengan berada di dermaga apung ataupun saat bersantai di gazebo.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105821889049313567399

Beberapa tips berkunjung yang perlu Anda perhatikan saat berada di Pantai Dewi Mandapa, Lampung diantaranya sebagai berikut:

  • Tepi pantai ini terdiri dari lumpur tanpa pasir sehingga untuk aktivitas berenang di pantai ini sangat tidak disarankan. Mungkin Anda tidak dapat berenang di pantai ini, tetapi Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling di Pulau Cinta.
  • Sebagai informasi, batas aman dalam melakukan snorkeling adalah sejauh 100 meter dari garis pantai.
  • Membawa baju ganti agar selalu terjaga kebersihan tubuh.
  • Tetap menjaga keselamatan diri maupun orang lain.

Wisata Terdekat

wisata dekat pantai dewi mandapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100148907056764103539

Bagi Anda yang masih ingin mengunjungi wisata lain saat berada di sekitar Pantai Dewi Mandapa Lampung, Anda dapat mengunjungi:

Pantai Mutun, berlokasi Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.
Pantai Sari Ringgung, berlokasi di Jalan Way Ratai Kilometer 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.

Puncak Mas, berlokasi di Jalan Panglima Besar Marga, Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Di wisata ini, Anda dapat menikmati liburan dan menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuknya kehidupan kota. Saat berada di kawasan wisata, pastikan untuk menjaga kebersihan agar pesonanya tetap dapat dinikmati oleh pengunjung setelahnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =