Surabaya North Quay merupakan destinasi wisata kekinian yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan keren di Pelabuhan Tanjung Priok Surabaya. Tempat ini pada awalnya adalah terminal kapal pesiar yang kemudian direnovasi oleh pemerintah hingga akhirnya menjadi tempat wisata hits.

Tak Perlu waktu lama, beberapa saat setelah diresmikan, tempat ini langsung menjadi salah satu spot paling ramai di Surabaya. Bahkan, wisatawan yang berkunjung bukan hanya dari warga lokal saja, tetapi juga dari luar daerah.

Keberadaan Surabaya North Quay seolah menarik wisatawan yang ingin menyaksikan sunset dengan latar belakang kapal-kapal pesiar unik. Cocok sekali untuk Anda yang bosan pergi ke pantai, gunung, atau air terjun.

Harga Tiket Masuk Surabaya North Quay

harga tiket masuk surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109396247235959160324

Untuk masuk ke dermaga ini tentu saja Anda akan dikenai biaya tiket masuk per orang dan biaya parkir. Harga tiket masuk Surabaya North Quay tidaklah mahal karena cuma Rp10.000 per orang.

Sedangkan tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000. Walaupun sangat murah, tetapi fasilitas serta pelayanan yang diberikan oleh pengelola Surabaya North Quay tetap maksimal dan memuaskan.

Ada beberapa ketentuan lain yang perlu diperhatikan kalau kamu berkunjung ke dermaga ini, yaitu:

Bayi tidak akan dikenai biaya tiket alias gratis. Namun, jika sudah berusia di atas 2 tahun maka akan dikenai harga penuh karena sudah terhitung sebagai pengunjung.

Harga tiket Surabaya North Quay tersebut di atas sudah termasuk voucher senilai Rp4.000. Anda bisa menukarkan voucher tersebut di foodcourt dengan transaksi minimal Rp20.0000.

Pengunjung bebas mengakses Teras Tepi Laut jika membeli voucher senilai Rp50.000 ke atas.

Perlu diperhatikan bahwa ketentuan di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola dan pemerintah kota.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102143690133512728643

Surabaya North Quay (SNQ) berlokasi Tanjung Perak bagian utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya Timur. Lokasi Surabaya North Quay ini sangat strategis dan aksesnya pun mudah karena jalan-jalan menuju ke sana sudah sangat mulus.

Kalau Anda memulai perjalanan dari pusat kota Surabaya, pilihlah Jalan Kalimas Baru menuju ke Tanjung Perak. Melalui rute ini, waktu yang diperlukan adalah hanya sekitar 25 menitan saja.

Selain itu Anda juga bisa lewat Jalan Perak Bar yang selisih waktunya sangat sedikit, yaitu sekitar 24 menit. Pengunjung dari luar kota bisa memanfaatkan jasa persewaan mobil yang ada di Surabaya untuk menuju ke alamat Surabaya North Quay.

Fasilitas

fasilitas surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111815351494798068263

Sebagai salah satu destinasi wisata paling hits di Surabaya, tempat ini tentu saja menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Beberapa fasilitas yang tersedia di Surabaya North Quay antara lain adalah:

Area parkir luas yang bisa menampung semua kendaraan pengunjung. Disertai juga dengan juru parkir yang cekatan dan akan menjaga kendaraan Anda dengan baik.
Mushola untuk pengunjung muslim yang akan melaksanakan ibadah wajib saat sedang berada di sana.

  • Toilet umum yang memadai dan terjaga kebersihannya.
  • Food court court yang menyediakan berbagai cemilan dan minuman ringan.
  • Restoran dan Kafe untuk pengunjung yang ingin mencicipi berbagai sajian lezat khas Surabaya.
  • Berbagai spot foto yang unik dan instagramable.
  • Toko souvenir yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka

jam buka surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103670402444657539432

Anda sedang ada rencana ingin bertolak ke Surabaya tetapi belum tahu Surabaya North Quay buka jam berapa? Jadi, SNQ buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Pada hari Selasa hingga Kamis, jam operasional SNQ adalah mulai pukul 12.00 sampai 19.00 WIB.

Pada hari Jumat, Anda bisa berkunjung mulai pukul 13.00 hingga 19.000 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu-Minggu, tempat wisata ini buka mulai pukul 12.00 sampai 20.00 WIB.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103670402444657539432

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan di SNQ bersama dengan orang-orang tersayang. Beberapa aktivitas yang dimaksud antara lain adalah:

Nongkrong Santai Bersama Keluarga

SNQ mempunyai beberapa area yang bisa dipilih untuk nongkrong sambil mengobrol santai bersama keluarga. Agar suasana makin hangat Anda bisa juga memesan minuman yang tersedia di Surabaya North Quay café.

Rapat atau Kegiatan Komunitas

Bagi yang ingin rapat atau berkumpul bersama rekan dengan suasana tidak biasa, Anda bisa melakukan reservasi tempat di SNQ. SNQ menyediakan tempat yang nyaman dan luas untuk membuat kegiatan organisasi atau komunitas Anda semakin seru.

Menyewa Area VIP

Jika ingin menikmati pemandangan laut dengan lebih leluasa dan nyaman, sewa saja area VIP yang bernama Teras Tepi Laut. Untuk menikmati hal ini Anda hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp50.000 saja.

Berfoto di Berbagai Spot Foto Unik

SNQ mempunyai banyak sekali spot foto yang unik dan tak bisa Anda temukan di destinasi wisata lain. Jadi, sebelum ke sana persiapkan dulu pose-pose terbaik agar tidak mati gaya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102373105160988446463

Agar liburan terasa lebih menyenangkan, Anda harus memperhatikan beberapa tips berkunjung ke SNQ berikut ini:

  • Ada baiknya untuk mencari tahu jadwal kapal pesiar Surabaya North Quay agar saat di sana Anda bisa menikmati keindahannya.
  • Mengingat bahwa SNQ menawarkan banyak spot foto instagramable¸ bawalah kamera yang bagus dengan memori besar untuk mengabadikan momen.
  • Jika membawa anak kecil yang sedang aktif-aktifnya, mata Anda harus selalu mengawasinya. Saat pengunjung sedang sangat ramai, bisa saja si kecil kebingungan mencari Anda.
  • Bawalah budget lebih untuk berjaga-jaga jika Anda ingin mencoba aneka santapan yang tersedia atau membeli banyak oleh-oleh.
  • Jika mau lebih lama menikmati keindahan laut Surabaya, Anda bisa berkunjung sedari siang.

Review sebelumnya –> Kebun Binatang Surabaya yang menarik.

Pemandangan yang Bisa Dilihat di Surabaya North Quay

pemandangan yang bisa dilihat surabaya north quay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109833968089456668875

SNQ menawarkan beberapa spot pemandangan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

Panorama Laut

SNQ menawarkan pemandangan panorama alam laut yang sangat eksotis. Di sana pengunjung bisa menikmati kemegahan kapal pesiar yang tengah bersandar setelah berlayar.

Sunset dengan Kapal Pesiar Mewah

Kalau berkunjung saat sore, Anda berkesempatan menyaksikan matahari tenggelam yang akan terlihat sangat indah. Perlahan-lahan akan muncul siluet berbagai ikon kota yang membuat suasana semakin hangat dan menenangkan.

Di saat yang sama, kapal-kapal tengah bersandar juga akan terlihat berwarna orange karena terkena sinar matahari. Jadi, Anda harus membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen indah ini.

Ikon khas Surabaya

Dari lantai 3 pelabuhan, Anda bisa menikmati keindahan dua ikon khas Surabaya, yaitu Jembatan Surabaya dan Monjaya. Lokasi Jembatan Suramadu sebenarnya memang tidak terlalu jauh dari SNQ sehingga keindahannya akan terlihat jelas.

Sementara itu Monjaya atau Monumen Jalesveva Jayamahe menawarkan pemandangan yang tak kalah unik. Di sana ada patung perwira AL yang gagah dan menghadap ke laut seolah siap mengarungi lautan tersebut.

Demikian informasi wisata Surabaya North Quay yang bisa Anda jadikan referensi untuk liburan nanti. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tips-tips berkunjungnya agar liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + thirteen =