Kampung Cai Ciwidey berada di kota Bandung jawa barat. Wilayah ini punya wali kota yang luar biasa dan mempunyai kota yang menawan. Serta dipenuhi oleh orang-orang yang ramah nan hangat.

Bandung sebagai kota wisata sangat bangga memiliki Ciwidey dengan air panas dari gunung Patuha. Salah satunya pemandian air panas di kampung Cai, Ciwidey. Panasnya menambah hangat kesan kota Bandung.

Barisan objek wisata di Ciwidey selalu dipenuhi pengunjung, terutama ketika musim liburan. Bahkan tidak hanya untuk tujuan liburan, kampung wisata Cai Ciwidey Bandung atau lebih akrab dikenal dengan Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat pembuatan video clip artis ternama lho, yaitu salah satu dari lagu milik Raisa yang berjudul “Jatuh Hati”.

Ranca Upas banyak dikunjungi untuk tujuan kemping. Deretan tenda, api unggun, dan pengunjung yang bercengkrama dengan hangat menjadi pemecah kesunyian malam di Ranca Upas. Yuk kita bahas lebih dalam lagi kampung rusa ini.

Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ciwidey

harga tiket masuk Kampung Cai Ciwidey
foto : https://www.instagram.com/andhikabayu/

Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ciwidey sangat terjangkau untuk semua kalangan, termasuk kalangan mahasiswa. Untuk tiket masuk dikawasan kampung Cai yaitu Rp15.000,-/orang diluar harga wahana lainnya.

Jika ingin berenang, relakanlah Rp15.000,- keluar dari kantong. Kamu sudah bisa mandi air panas sepuasnya selama 24 jam. Dan jika ingin kemping, perorang dikenakan biaya sebesar Rp12.000,- sedangkan untuk parkir roda 2 Rp2000,- dan Rp5000,- untuk roda 4 serta Rp20.000,- untuk kendaraan roda 6.

Kampung Cai Ciwidey Bandung juga menyediakan perlengkapan camping lengkap mulai dari tenda sampai kayu bakar. Untuk tenda dengan kapasitas 2-3 orang seharga Rp150.000,- tenda regu berkapasitas 20 orang Rp350.000,- sleeping bag Rp20.000,- dan booking area Rp500.000,- untuk harga perlengkapan lain, masih standar harga umum.

Kunjungi juga Taman Kelinci Ciwidey yang merupakan destinasi baru dan menarik untuk dikunjungi.

Rute Menuju Lokasi Kampung Cai Ciwidey

jalan menuju Kampung Cai Ciwidey
foto : https://www.instagram.com/azmifjriani/

Alamat kampung Cai berada di jalan raya Ciwidey-Ptenggang KM 11 di desa Alam Endah, Ciwidey, Bandung. Lokasi berdekatan dengan objek wisata kawah putih sebelum kebun teh Rancabali. Jalan cukup berkelok-kelok dan menanjak, cukup berbahaya ketika hujan turun.

Jalan menuju kampung Cai Ciwidey cukup sulit diingat karena Bandung memiliki banyak sekali pertigaan atau perempatan.

Namun jangan khawatir, informasi yang diberikan masyarakat Bandung sangat membantu. Banyak masyarakat yang mengetahui lokasi wisata ini.

Jika kamu berangkat dari stasiun Bandung dengan menggunakan kendaraan umum, silahkan ambil jurusan terminal Leuwingpanjang. Setelah sampai di terminal, pilih angkot berwarna kuning jurusan Kampung Cai Ciwidey, Rancabali.

Lihat juga daftar tempat menarik di Bandung terbaru dengan destinasi yang sangat indah.

Fasilitas Kampung Cai Ciwidey

Fasilitas Kampung Cai Ciwidey
foto : https://www.instagram.com/dewifajarizka/

Wisata Kampung Cai Ciwidey Bandung memiliki banyak fasilitas. Diantaranya lahan adventure, kolam renang air panas, water games, war games, ATV, kolam renang waterboom, lahan camping, dan penangkaran rusa.

Harga wahana permainan yaitu flying fox Rp15.000,- jembatan goyang Rp15.000,- Trampolin Rp15.000,- Paintball Rp90.000,- fun game Rp47.000,- dan tersedia juga sepeda gunung yang dapat disewa dengan harga Rp10.000,-/jam.

Selain itu, jika kamu ingin berkemping, tidak perlu membawa perlengkapannya. Karena Kampung Cai Ciwidey bandung menyediakan semua kebutuhan camping. Cukup membawa perlengkapan pribadi dan makanan.

Jangan hanya berkemping di kampung Cai Ciwidey Bandung, kamu juga bisa memilih Ranca Upas sebagai saksi bahagia pernikahanmu.

Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk momen tersebut. Rusa-rusa lucu bisa menjadi bagian dari konsep prewedding yang unik.

Setelah berkunjung jangan lupa beli oleh oleh Khas Bandung yang bisa dibawa pulang.

Spot Wisata di Kampung Cai Ciwidey

Spot Wisata di Kampung Cai Ciwidey
foto : https://www.instagram.com/nur_ihsaan/

Sebagai kampung wisata, Ranca Upas tergolong sukses dalam mempromosikan lokasi wisata, bahkan mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Hasilnya, tidak hanya sebagai tempat wisata, namun berbagai macam acara sering diadakan di lokasi kampung Cai Ciwidey Ranca Upas. Tentunya hal tersebut karena Ranca Upas memiliki spot wisata yang keren dan menagih untuk dikunjungi.

1. Camping Ground

Camping Ground
foto : https://www.instagram.com/budi_0493/

Sudah jelas, Ranca Upas menjadi tempat terfavorit untuk berkemping. Keindahan alamnya tidak hanya mempesona di siang hari, tetapi juga lebih mempesona ketika malam hari.

Kamu bisa melakukan kegiatan malam seperti jelajah malam, dan kegiatan perkemahan lain.

2. Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa
foto : https://www.instagram.com/gemivaro/

Spot ini menjadi tempat terfavorit untuk prewedding dan berfoto bersama Rusa. Kamu bisa memberi makan rusa-rusa yang lucu dengan membeli wortel di petugas Ranca Upas.

Momen terbaik untuk mengabadikan momen berfoto dengan rusa yaitu ketika mereka berlarian mengejar makanan yang ada di tangan kalian.

3. Pemandian air panas

Pemandian air panas
foto : https://www.instagram.com/adhe_ria/

Banyaknya khasiat dari berendam di air panas menjadi alasan ramainya pengunjung yang datang. Butuh nyali untuk bisa merendam tubuh kita di air panas.

Mula-mula air terasa sangat panas, namun setelah beberapa saat, panas tersebut berubah menjadi hangat dan bikin nagih tidak mau keluar dari kolam.

Kunjungi juga objek wisata Situ Patenggang yang mempunyai pemandangan alam indah.

4. Wahana permainan

Wahana permainan
foto : https://www.instagram.com/ranca_upas/

Selain pemandian air panas yang banyak khasiat, kampung Cai juga menyediakan wahana bermain yang bervariasi, seperti outbond, flying fox, swing stair, shake stair, cano, dan banyak lagi. Permainan tersebut cocok untuk kalian yang ingin mengadakan kegiatan outdoor kampus seperti perkemahan atau pelatihan kepemimpinan.

Kampung Cai Ciwidey atau kawasan wisata Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata yang sangat mempesona. Hal tersebut terlihat banyaknya unggahan foto sosial media yang luar biasa indah di setiap sudut kawasan Ranca Upas.

Saat ini, sudah tersedia kafe Ranca Upas, dimana pintu masuk kafe menjadi spot utama untuk berfoto. Penasaran kan bagaimana pintu tersebut? Untuk memastikan dengan pasti, segera rencanakan untuk berkunjung ke wisata kampung Cai Ciwidey.

Kunjungi juga destinasi terdekat lainya:

Ibarat kata “Sedia payung sebelum hujan” kamu harus mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi ketika liburan. Membawa mantel ketika berkendara roda 2, baju cadangan, dan jaket. Karena suhu udara di Ranca Upas cukup dingin ketika malam hari. Selamat berlibur gengs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here