Pulau Kambing menjadi salah satu destinasi menarik yang dapat anda masukan ke dalam list tujuan liburan selanjutnya. Berada di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, wisata alam ini menyughkan pemandangan bawah laut yang eskotis.

Panorama yang bakal anda jumpai di Kambing Island bakal membuat kedua pasang mata takjub berkat keindahannya. Bagi anda pecinta kegiatan diving dan juga snorkeling, maka wisata Pulau Kambing seperti surga yang tersembunyi.

Kegiatan menyelami lautan tentu saja yang menjadi suguhan utama dari wisata Bulukumba hits satu ini. Jadi, anda bisa segera datang untuk mengexplore bawah laut menakjubkan di Pulau Kambing Bulukumba.

Daya Tarik Pulau Kambing

daya tarik pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101851542380043274571

Baru mendengar namanya saja, mungkin sebagian dari anda sudah berfikir mengenai banyaknya Kambing di pulau ini. Justru malah sebaliknya, karena sama sekali tidak ada kambing disini.

Kambing sendiri hanyalah sebuah nama atau sebutan dari pulau ini saja, tidak ada filosofi lainnya. Jadi anda jangan berfikir akan menemui hewan berkaki empat yang kerap mengeluarkan suara embek .. embek .. disini.

Apabila kita menulis Pulau Kambing pada kolom pencarian di internet, maka tidak hanya di Bulukumba saja. Melainkan ada juga Pulau Kambing di beberapa daerah Indonesia.

Seperti di Lombok, Labuan bajo, hingga Kota Bima Sumbawa yang semunya sama-sama memiliki landscape alam bawah laut mengagumkan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah Pulau Kambing di Kabupaten Bulukumba.

Yang menyuguhkan panorama bawah laut menawan dengan banyak gugusan terumbu karang indah di dalamnya. Tak berbeda dari Pulau Kambing Labuan Bajo, disini juga memiliki air laut yang sangat jernih, sejernih kristal.

Harga Tiket Masuk Pulau Kambing

harga tiket masuk pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116295257061261840541

Kambing Island bisa menjadi pilihan anda ketika akan mengisi waktu libur namun bingung mau kemana. Mau ke Pulau Kambing Lombok ataupun yang di Bulukumba juga sama-sama bagus keduanya.

Atau ke Pulau Kambing Sumbawa? bisa juga. Yang pasti wisata alam bernama Pulau Kambing yang berada di beberapa wilayah Indonesia, sama-sama cocok sebagai tujuan berwisata.

Wisata Pulau Kambing di Bulukumba dapat anda jelajahi berbagai keseruannya tanpa harus keluar banyak biaya. Untuk sekarang, ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Pulau Kambing tidak ada, alias gratis.

Pengunjung hanya perlu keluar biaya untuk menyewa perahu yang digunakan menyebrang menuju spot utama Pulau Kambing. Yang dimana biaya sewa perahu penyebrangan sudah termasuk alat snorkeling ataupun diving.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104504717923359291404

Lokasi Pulau Kambing berada di kawasan yang mengharuskan untuk anda menyebrangi lautan terlebih dahulu. Untuk bisa tiba di Pulau Kambing, maka langkah pertama yang harus lakukan adalah mencari letak Pantai Bira.

Pantai Bira sendiri menjadi titik awal bagi wisatawan yang akan berlibur dan bersenang-senang di Pulau Kambing. Untuk alamat Pantai Bira berada di Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi selatan.

Bisa dibilang kalau Pantai Tanjung Bira merupakan destinasi wisata populer di Bulukumba, sehingga mudah sekali untuk ditemukan. Keberadaan pantai cantik satu ini jika dari pusat Kota Bulukumba atau Alun-Alun kurang lebih sejauh 34 km.

Setibanya di pantai Bulukumba paling hits anda akan langsung menemukan perahu-perahu yang bisa membawa ke Pulau Kambing. Jarak dari Pantai Bira menuju Pulau Kambing kurang lebih sejauh 8,3 km.

Dan waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang menuju wisata Pulau Kambing, kira-kira selama 20 menit saja. Guna memudahkan perjalanan liburan anda ke Pulau Kambing, silakan akses petunjuk akurat menuju Pantai Bira dibawah ini.

Jam Buka

jam buka pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101596412797650197023

Para wisatawan bisa kapan saja datang ke Kambing Island, sesuai dengan keinginan. Karena menariknya Pulau Kambing Bulukumba buka selama 24 jam penuh.

Meski begitu, kami merekomendasikan anda untuk datang kesini tidak pada malam hari. Melainkan datanglah pada saat hari masih cerah, mulai pagi sampai dengan sore hari.

Sebab saat hari belum mulai gelap, anda bisa lebih leluasa menikmati beragam keindahan Pantai Bira maupun Pulau Kambing. Disamping itu, perahu penyebrangan pun hanya beroperasi tidak sampai larut malam.

Fasilitas

fasilitas pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115838714445503299692

Menjadi salah satu tujuan wisata favorit, Pulau Kambing di Bulukumba telah dilengkapi oleh sarana pendukung. Berikut fasilitas Pulau Kambing antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Kios aneka souvenir
  • Area bersantai
  • Penyewaan alat snorkeling
  • Pemandu wisata profesional
  • Sewa perahu
  • Spot foto menarik
  • Foto underwater

Nikmati setiap hal-hal menarik yang anda jumpai selama mengisi waktu libur di Pulau Kambing Bulukumba. Tentunya dengan mencoba kegiatan menyelami lautan dengan diving atau snorkeling.

Lokasi bermain snorkeling Pulau Kambing biasanya terletak di dekat tebing dengan kedalaman yang cenderung tidak terlalu dalam. Arusnya bisa dibilang lumayan kencang sehingga tak jarang banyak penyelam terombang-ambing di permukaan lautan.

Hal tersebut membuat siapapun yang akan melakukan aktivitas snorkeling maupun diving harus ekstra waspada dan hati-hati. Gerombolan ikan-ikan kecil turut menemani sekaligus meramaikan para wisatawan yang tengah menyelam.

Spot Terbaik di Pulau Kambing

spot terbaik pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102568684229402363050

Wisata Pulau Kambing ini memang sangat istimewa dan bakal membuat  banyak orang terpana. Pemandangan bawah laut yang indah tentu menjadi hidangan utamanya Pulau Kambing.

Tebing-tebing terjal pada dindingnya turut membuat pulau satu ini terlihat eksotis dan menakjubkan. Begitupun dengan gugusan terumbu karang yang mudah anda jumpai di dalam lautan.

Sama seperti Pulau Kambing Bima, view bawah laut disinipun tak kalah ciamik. Jadi spot terbaik di Pulau Kambing yang dapat dimanfaatkan untuk foto underwater atau bawah air.

Abadikan semua momen berharga anda selama singgah di Pulau Kambing Sulawesi Selatan melalui berswafoto. Keseruan pada liburan kali ini tentu tak boleh dilupakan begitu saja.

Maka wajib yang namanya berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan mengagumkan Pulau Kambing.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau kambing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102568684229402363050

Bisa jadi beberapa tips berkunjung dibawah masuk dalam referensi anda dalam rencana berlibur ke Pulau Kambing.

  • Anda harus dalam kondisi sehat, fit dan benar-benar bugar ketika berencana untuk bermain snorkeling Pulau Kambing.
  • Namanya wisata alam, wajib untuk anda kunjungi pada saat hari benar-benar cerah dan tidak hujan.
  • Datanglah sejak pagi hari agar anda bisa bermain-main lebih leluasa sekaligus puas di Pulau Kambing maupun Pantai Bira.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan wisata Pulau Kambing agar selalu asri dan juga lestari.
  • Tingkatkan kewaspadaan anda dengan terus berhati-hati agar semunya aman dan berjalan sesuai harapan.
  • Bawa dan sedia alat-alat pendukung aktivitas foto underwater / dibawah air jika akan merekam semua momen keseruannya.

Demikian tadi ulasan dari salah satu spot diving sekaligus snorkeling terbaik di Sulawesi Selatan yakni Pulau Kambing. Tunggu apalagi, yuk buruan datang ke Pulau Kambing Bulukumba dan rasakan sendiri berbagai sajian menariknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 1 =