Museum Mpu Tantular adalah destinasi menarik yang bisa jadi tujuan berlibur anda selanjutnya ketika akhir pekan tiba. Tempat wisata Sidoarjo satu ini menyimpan banyak nilai-nilai luhur Indonesia yang dapat pengunjung saksikan secara lebih dekat.

Wisata Museum Mpu Tantular Sidoarjo terdapat koleksi dari berbagai sumber sejarah yang kaya akan kisah di masa lalu. Mulai dari emas yang dibuat sejak zaman purbakala di abad pertengahan hingga lukisan-lukisan.

Serta masih banyak lagi hal-hal menarik yang dapat anda temukan kala mengujungi Museum Sidoarjo satu ini. Yuk segera rencanakan waktu terbaik anda untuk bisa jelajah dan melihat secara lebih koleksi Museum Mpu Tantular Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Museum Mpu Tantular

harga tiket masuk museum mpu tantular
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102852689681285443317

Sidoarjo memiliki banyak sekali tempat wisata yang rekomended untuk di explore guna ciptakan pengalaman mengesankan. Dan Museum Mpu Tantular ini menjadi salah satunya, yang akan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan anda.

Berlibur tak hanya mengunjungi wisata alam seperti pantai ataupun gunung. Singgah ke museum misalnya untuk mengetahui berbagai kisah masa lalu yang terbalut dalam sebuah benda-benda peninggalan.

Koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo secara garis besarnya adalah berupa arca dari Buddha dan juga Hindu. Serta masih banyak lagi koleksi menarik untuk anda temukan ketika berkunjung kesini.

Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa berwisata di Museum Sidoarjo hits satu ini. Harga tiket masuk Museum Mpu Tantular hanya sekitar 5.000 rupiah saja per orangnya.

Dengan biaya tersebut, para wisatawan sudah bisa melihat, menjelajahi dan berjalan-jalan di seluruh area museum sampai puas. Wisata Museum Mpu Tantular menerapkan aturan jam operasional untuk pengunjung yakni pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum mpu tantular
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114718550805116047584

Lokasi Museum Mpu Tantular berada di area yang cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Berdiri diatas lahan seluas 3,28 hektare dan terdiri atas beberapa sektor ruangan yang didalamnya menyimpan barang-barang antik.

Alamat Museum Mpu Tantular terletak di Jl. Raya Buduran-Jembatan Layang, Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Posisi dari museum satu ini masih berada di area kota Sidoarjo, dan tak akan kesulitan untuk bisa sampai kesini. Dari Alun-Alun Sidoarjo jarak yang musti ditempuh untuk sampai Museum Mpu Tantular hanya 2 km saja.

Membutuhkan waktu 5 menit perjalanan untuk tiba di Museum Mpu Tantular dari pusat Kota Sidoarjo. Anda bisa memakai jasa angkutan umum apabila tidak membawa kendaraan pribadi.

Akan tetapi menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil pastinya akan lebih mudah untuk berlibur di Museum Mpu Tantular. Bagi anda yang tak tahu jalan, bisa dengan mengakses maps dibawah ini melalui petunjuk akuratnya.

Fasilitas

fasilitas museum mpu tantular
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107159268524153409096

Cerita sejarah menjadi keunggulan dari museum paling populer di Sidoarjo ini. Selama explore Museum Mpu Tantular pastinya anda akan merasa nyaman dengan dukungan sarana prasarana.

Berikut ini fasilitas Museum Mpu Tantular di Sidoarjo Jawa Timur yang meliputi :

  • Area parkir luas
  • Pusat informasi wisata
  • Local guide
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Kantin
  • Tempat duduk
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya mengisi waktu senggang dengan menjelajahi setiap sudut museum dengan koleksi-koleksinya. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Arca merupakan peninggalan yang paling ikonik di dalam museum ini.

Arca yang terdapat di Museum Mpu Tantular antara lain Ganesha, Durga Mahesasuramardhini, Prajna Paramita, Siwa, Dewa Wisnu, Dwarapala. Selain itu masih ada Arca Dewa Brahmana, Siwa Mahadewa, Dewi Parwati dan lain-lain.

Kunjungi juga –> Delta Fishing daya tarik wisata berbasis taman rekreasi untuk keluarga.

Spot Terbaik di Museum Mpu Tantular

spot terbaik di museum mpu tantular
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109132906338325648674

Tak hanya arca saja yang bisa anda jumpai di Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Masih ada beberapa peninggalan di masa lalu lainnya yang tak kalah unik. Seperti Batuan Beku yang diantaranya, Batu Kaca, Fosil kayu, Marmer dan lain-lain.

Ada juga fosil tengkorak manusia purba, seperti Erectus, Pithecanthropus, dan Homo Erectus. Lalu tumbuhan yang membatu dan fosil-fosil sisa binatang, ada gading dan geraham gajah.

Adapun koleksi-koleksi batik, seperti Singo Mengkok Drajad dari Pekalongan, Pyur Lamongan, Gajah Oling Banyuwangi, Kerton Trenggalek dan masih banyak lagi. Selain yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa peninggalan masa lalu seperti Telepon Meja, Sepeda Kayu, Motor Uap.

Serta masih banyak lagi hal-hal menarik yang bisa anda jumpai dan memanfaatkannya sebagai background saat berswafoto. Abadikan momen berlibur dengan berfoto-foto ria pada spot terbaik di Museum Mpu Tantutalar yang menarik perhatian anda.

Review sebelumnya –> Alas Prambon wisata outbound dengan aneka wahana seru untuk semua usia.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum mpu tantular
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104732578123572800760

Beberapa tips berkunjung dibawah ini bisa untuk tambahan informasi sekaligus referensi anda saat akan berwisata ke museum.

  • Perkirakan dengan sebaik mungkin waktu berlibur anda ke Museum Mpu Tantular agar semunya lebih maksimal.
  • Jika ingin merasakan suasana yang lebih damai di museum ini maka datanglah diluar hari libur.
  • Datang lebih awal agar anda bisa menjelajahi setiap sudut museum yang menyimpan segudang benda bersejarah.
  • Pahami aturan dan juga tata tertib pengunjung yang berlaku di Museum Mpu Tantular Sidoarjo Jawa Timur.
  • Untuk dapatkan pengetahuan dan wawasan baru, anda dapat membaca dengan seksama pada papan informasi.

Itulah tadi salah satu wisata di Sidoarjo yang bisa jadi pilihan anda dalam menghabiskan waktu libur agar lebih berwarna. Demikian ulasan singkat Museum Mpu Tantular yang telah anda simak dan untuk menjadikan tujuan berwisata bahagia anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 10 =