Museum Kailasa merupakan salah satu bangunan yang di dalamnya menyimpan benda-benda antik dan pastinya bersejarah. Anda bisa menemukan berbagai koleksi benda-benda cagar budaya, artefak, dan juga film mengenai Dieng di dalam Museum Kailasa Banjarnegara.

Yang dapat pengunjung lihat pada Museum Kailasa Dieng antara lain adalah sejarah mengenai letusan Gunung Prahu Tua di masa lalu. Serta melihat secara lebih dekat sumber batu andesit yang kemudian digunakan untuk pembangunan candi-candi di Dieng.

Beserta sistem kepercayaan masyarakat Dieng yang meliputi keseharian, pertanian, kepercayaan, dan juga kesenian. Aneka warisan arkeologi dari kawasan dataran tinggi ini bisa anda temukan lebih banyak pada Tempat wisata di Dieng berikut.

Harga Tiket Masuk Museum Kailasa

harga tiket masuk Museum kailasa
Foto : https://www.instagram.com/dhimasjhn/

Mengisi waktu libur dengan berkunjung ke dataran tinggi Dieng sangatlah cocok, apalagi jika dilakukan bersama dengan keluarga tercinta. Dieng sendiri memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata berbasis alam yang keindahannya luar biasa.

Namun Dieng tidak hanya seputar wisata alamnya saja, masih banyak juga destinasi-destinasi cantik yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Museum Kailasa Dieng ini, yang bakal membuat pengalaman liburan anda lebih berwarna.

Berbagai suguhan menarik di dalam Museum Dieng satu ini bisa anda saksikan secara lebih dekat agar mendapatkan wawasan baru. Khususnya seputar segala sesuatu yang ada di Dieng, meliputi kehidupan manusianya dengan kisah-kisah menarik menyertainya.

Dan untuk bisa eksplorasi semua di Museum Kailasa Dieng Banjarnegara ini maka anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket masuk Museum Kailasa Dieng sangat bersahabat di kantong, hanya 5.000 rupiah saja per orangnya.

Menarik sekali bukan, biaya yang sangat ekonomis pada wisata Museum Dieng satu ini membuatnya selalu ramai oleh pengunjung. Anda pun dapat singgah di Museum ini sesuai dengan jam operasional yang berlaku, terbuka untuk umum pada pukul 04.30-16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum kailasa
Foto : https://www.instagram.com/aryadidarwanto/

Lokasi Museum Kailasa terletak di sebuah kawasan milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Provinsi Jawa Tengah bernama Gedung Arca. Persis berada di tepi jalan sehingga mudah dijangkau meski anda sama sekali belum pernah datang kesini.

Anda bisa menemukan letak Museum Dieng ini persis di seberang pintu masuk wisata Candi Arjuna yang sangat populer. Atau ketika anda akan berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng, pasti pula akan melewati museum ini.

Alamat Museum Kailasa berada di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Museum Kailasa Banjarnegara ini pun tepat berada di bawah Bukit Pangonan yang terlihat mengagumkan.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Museum Kailasa dijamin tak akan menemui kesulitan yang berarti. Cukup strategis dan bisa dilalui dari berbagai arah kedatangan anda.

Dengan akses jalan utama sudah beraspal halus dan dapat dilintasi oleh semua jenis kendaraan wisatawan. Gunakan maps dibawah ini sebagai petunjuk agar laju kendaraan menuju wisata Museum Kailasa semakin lancar dan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Telaga Merdada menawarkan pesona yang memikat.

Fasilitas

fasilitas museum kailasa

Termasuk dalam daftar wisata Dieng favorit yang selalu menjadi incaran para wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi di museum ini sudah dilengkapi oleh berbagai sarana penunjang yang cukup memadai dan terbilang lengkap.

Dan berikut ini beberapa fasiltas Museum Kailasa di Dieng Banjarnegara yang diantaranya meliputi :

  • Lahan parkir memadai
  • Layanan informasi museum
  • Kamar mandi / toilet
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Kios souvenir
  • Gazebo
  • Panggung terbuka
  • Taman bunga
  • Tempat duduk
  • Gardu pandang
  • Spot foto instagenic

Satu hal yang membuat museum ini terlihat luar biasa adalah kehadiran taman bunga di dalam arenya. Taman di Museum Kailasa ini menyajikan banyak sekali bunga-bunga cantik dan berwarna-warni yang akan menghipnotis mata kita.

Kunjungi juga –> Candi Bima memiliki bentuk yang anti mainstream.

Spot Terbaik di Museum Kailasa

spot terbaik di museum kailasa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107162304774802680501

Berkunjung ke Museum tidak hanya jalan-jalan dan melihat benda-benda peninggalan bersejarah yang beraneka ragam. Salah satu hal yang membuat Museum Kailasa ini berbeda dari wisata serupa adalah kehadiran sebuah taman cantik.

Dari taman ini juga terdapat sebuah area panggung terbuka dan gardu pandang untuk bisa menyaksikan banyak pemandangan. Dari taman bunga ini, mata anda akan terpukau berkat suguhan panorama alam khas dataran tinggi yang melimpah ruah.

Melalui gardu pandang Museum Kailasa dan bisa anda manfaatkan sebagai background ketika berfoto-foto ria. Menjadikan spot terbaik di Museum Kailasa pada saat selfie ataupun foto bersama untuk hasilkan gambar yang instagenic.

Abadikan setiap momen dan keseruan bersama orang-orang tercinta ketika berlibur di Museum Kailasa Dieng yang luar biasa. Maka dari itu jangan lupa bawa kamera ya, agar setiap hal-hal seru disini bisa terrekam semua.

Review sebelumnya –> Pemandian Air Panas Dieng bernama D’Qiano Hot Spring.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum kailasa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118111957936781099721

Dibawah ini bisa anda simak tips berkunjung ke Museum Kailasa Dieng Jawa Tengah untuk menambah referensi saat rekreasi.

  • Hari yang cerah adalah waktu terbaik explore Museum Kailasa Dieng dengan aneka daya tarik di dalamnya.
  • Agar lebih maksimal anda bisa datang lebih awal untuk bisa menelisik lebih dalam setiap koleksi-koleksi yang terpajang.
  • Anda bisa menyimak dengan baik informasi-informasi yang tertera pada setiap koleksi untuk menambah pengetahuan baru.
  • Patuhi aturan dan tata tertib pengunjung yang sudah di tetapkan oleh pengelola museum demi keberlangsungan dan kebaikan bersama.

Jadi itu tadi ulasan singkat mengenai Museum Kailasa yang menyimpan benda-benda cagar budaya, artefak, dan juga film mengenai Dieng. Segera atur waktu terbaik anda untuk bisa melihat secara lebih dekat koleksi-koleksi menarik di Museum Kailasa Dieng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × four =