Pulau Dewata Bali masih menjadi incaran tempat berlibur favorit wisatawan lokal, luar daerah, hingga mancanegara. Sejumlah tempat wisata di Denpasar dapat menjadi pilihan untuk melepaskan penat dengan menghabiskan masa liburan yang menyenangkan.

Denpasar merupakan Ibu kota Bali yang menjadi tujuan berlibur karena menyimpan destinasi wisata yang indah dan seru. Daerah ini juga menjadi yang paling populer karena mudah menjangkaunya serta objek wisata yang ditawarkan sangat beragam.

Keindahan alam dan keramahan warga Denpasar menjadi daya tarik wisatawan dan memilihnya sebagai tempat menghabiskan masa berlibur. Berikut daftar tempat wisata di Denpasar Bali yang wajib untuk anda coba telusuri :

1. Pura Sakenan

tempat wisata di denpasar
Foto : https://www.instagram.com/komang6934/

Berbicara tentang Bali, maka tidak akan pernah terpisahkan dari adanya budaya dan agama yang kemudian mempunyai representasi sejumlah peninggalan. Salah satunya adalah Pura Sakenan yang menjadi tempat beribadah yang menyimpan keunikan tersendiri.

Pura Serangan menjadi satu dari banyaknya pura di Bali yang berlokasi di Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat sakral ini harus melalui jalur laut terlebih dahulu. Dan berjalan dengan menaiki perahu nelayan atau menyewa speed boat.

Yang menjadi daya tarik wisatawan datang mengunjungi Pura Sakenan ini karena daerah tersebut juga merupakan tempat penangkaran penyu. Juga ada watersport dan lainnya, selain itu, keindahan Pulau Serangan sangatlah mempesona.

Pura Sakenan sendiri adalah jenis Pura Kahyangan Jagat yang dibangun Mpu Kuturan. Pada momen tertentu, wisatawan dapat menyaksikan tempat ini penuh dengan jemaat yang melakukan ibadah.

Karena lokasi ini memang masih aktif digunakan, seperti untuk Hari Raya Kuningan.

Pura ini mempunyai bentuk pelinggih-pelinggih yang terdapat dua pelebah, yakni Pura Dalem Sakenan dan Penataran Agung. Pada bagian luar, Anda dapat melihat pohon besar yang diyakini merupakan tempat tinggal roh-roh yang menjaga Pura Sakenan.

2. Big Garden Corner

wisata denpasar bali
Foto : https://www.instagram.com/majareth/

Pilihan lokasi di Denpasar yang cocok untuk berfoto ria yang mempunyai keindahan pemandangan dan sangat populer adalah Big Garden Corner. Ini adalah destinasi wisata yang berupa galeri seni serta taman patung dengan suasana yang indah dan latar pemandangan alam asri.

Ada sejumlah daya tarik yang dapat Anda jadikan latar berfoto yang keren, seperti patung batu yang berukuran kecil hingga besar. Terdapat juga rumah pohon yang terbuat dari bambu, kayu, dan atap jerami dengan tambahan patung kera di bagian tangganya.

Untuk Anda yang menyukai berfoto dengan latar yang keren dan bisa diunggah ke feed Instagram. Maka wajib mencoba foto di Batang Pohon Menyilang.

Ini mempunyai daya tarik lainnya sebab jenis pohon ini tergolong langka dan harganya juga mahal.

Terdapat satu lagi spot berfoto yang digemari oleh kebanyakan wisatawan, yakni atap dari payung berwarna-warni. Di sini, terdapat layanan foto pre-wedding bagi para pasangan dengan harga sebesar Rp. 200.000.

Jika Anda berlibur dengan membawa anak-anak, tenang saja di Big Garden Corner terdapat taman bermain anak. Puas dengan bermain, perut pasti lapar, maka Anda bisa langsung datang ke restoran.

Yang berada di sebelah tempat bermain anak yang menyediakan beragam masakan lezat dan menggugah selera.

3. Pantai Sanur

wisata denpasar
Foto : https://www.instagram.com/sheril_virgin/

Pantai Sanur merupakan tempat wisata di Denpasar Bali yang sangat terkenal sehingga saat musim libur akan banyak sekali wisatawan. Ini menjadi pantai favorit karena kebersihannya yang terjaga dan pastinya pemandangan menakjubkan.

Menikmati liburan di Pantai Sanur bisa Anda lakukan dengan memilih sejumlah aktivitas water sports yang seru dan menyenangkan. Banyak wisatawan yang menyukai kegiatan snorkeling, seawalker, menaiki banana boat, hingga jet ski.

Pantai Sanur menyimpan daya tarik lain yang tidak kalah indahnya, yakni berupa suguhan pemandangan terbaik untuk menyaksikan matahari terbit/sunrise. Dengan begitu, ini bisa menjadi tempat wisata di Bali yang cocok untuk pacaran karena suasananya romantis.

Kawasan wisata Pantai Sanur cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga karena ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Pantai Sanur mempunyai ombak yang tergolong tenang, maka aman untuk anak-anak berenang.

Tempat ini semakin lengkap dan membuat nyaman wisatawan karena bisa dengan mudah menemukan akomodasi sesuai budget. Lokasi liburan Pantai Sanur dekat dengan resort bintang lima, hotel keluarga, hingga penginapan dengan harga terjangkau.

4. Upside Down Bali

wisata denpasar murah
Foto : https://www.instagram.com/darshan.mshah/

Upside Down Bali adalah tempat Instagramable di Denpasar yang mengusung konsep foto 3 dimensi yang berlokasi di Kawasan Wisata Seminyak. Tempat ini sangat unik dan keren untuk mengambil foto dengan tema terbalik seolah tidak ada gaya gravitasi.

Pada spot foto di Upside Down Bali dibuat dengan desain terbalik sehingga menciptakan keunikan dan ilusi yang membuat kagum. Paduan warna dan desain interior pada sejumlah ruangan akan menciptaan hasil gambar yang instagramable untuk Anda unggah ke Feed.

Untuk mendapatkan hasil foto yang semakin menarik, maka Anda bisa bergaya seolah terbang, mengambang, dan lainnya. Dengan melakukan rotasi pada foto sebanyak 90 derajat, maka hasil gambar ruangan normal, tetapi orang di gambar menjadi terbalik.

Spot foto yang tersedia di sini sangat banyak, seperti Ruang Tamu dengan tungku api, Kamar Anak, Ruangan 3D. Juga Tempat Tidur Master, Laundry, Kamar Mandi, dan Ruangan bergaya Bali.

Ada pemandu wisata yang akan mengarahkan Anda bergaya supaya hasil gambarnya apik dan instagramable.

Tempat wisata yang dibuka tahun 2016 ini semakin ramai pengunjung terutama anak-anak muda untuk mendapatkan foto yang unik. Jika Anda tertarik dengan konsep foto terbalik ini, langsung saja datang ke Upside Down yang berlokasi di Jl. By Pass Ngurah Rai 762, Pemogan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Karangasem Bali yang selalu ramai dan di padati oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

5. Pasar Seni Kumbasari

objek wisata di denpasar
Foto : https://www.instagram.com/salekhan82/

Berlibur ke daerah atau kota lain, maka tidak lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh khass. Di Bali, tepatnya di Denpasar, Anda dapat mengunjungi Pasar Seni Kumbasari yang menawarkan berbagai produk kesenian khas Bali yang menarik.

Pasar Seni Kumbasari kini menjadi pasar yang modern dengan lantai empat dan arsitek yang bagus.

Dengan mengusung tema Bali yang sangat kental. Pengunjung akan dimanjakan dengan produk jualan yang beragam, namun harganya cukup terjangkau.

Para pedagang yang ada di Pasar Seni Kumbasari kebanyakan adalah masyarakat Bali asli. Dengan demikian, produk-produk yang mereka tawarkan adalah berasal dari kerajinan asli warga Bali sendiri yang dibuat dengan tangan-tangan mahir mereka.

Pengunjung bisa memilih berbagai jenis produk kesenian asli Bali mulai dari patung, lukisan dinding, pajangan-pajangan, hingga aksesori. Untungnya lagi, Anda masih bisa melakukan tawar-menawar dengan pedagang untuk mendapatkan harga terbaik.

Pasar Seni Kumbasari buka untuk dua sesi, yakni pagi untuk jual-beli barang-barang kebutuhan sehari-hari. Dan sore atau malam untuk produk-produk seni.

Tidak ketinggalan, pengunjung juga bisa menikmati kuliner lezat yang bisa ditemukan di warung-warung makan di sini.

6. Desa Budaya Kertalangu

wisata denpasar malam hari
Foto : https://www.instagram.com/stevenjerst/

Untuk Anda yang sedang merasakan penat dengan kehidupan kota, maka bisa sejenak menepi dan menghilangkan kejenuhan di Desa Budaya Kertalungu. Ini adalah desa wisata yang terletak di Desa Kesiman, Denpasar Timur yang berada di dekat Pantai Sanur.

Desa Budaya Kertalungu sering menjadi objek wisata bagi para anak-anak sekolah yang ingin menikmati keasrian sebuah desa. Anda akan melihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata dan udara yang segar serta sejuk.

Tanaman-tanaman hijau yang ada di sini dikelola dan ditata dengan sangat rapi sehingga memunculkan kesan yang indah dipandang. Kawasan terbuka hijau ini menawarkan ragam kegiatan seru, seperti penelitian, pelestarian budaya, meminum jamu, dan lainnya.

Karena sering menjadi destinasi kunjungan anak-anak sekolah, maka tempat ini sangat nyaman bagi anak untuk berlibur sambil belajar. Selain mengenal budaya dan tamanan, pengunjung juga dapat datang ke Tugu Perdamaian dengan simbol gong besar dan ada lapangannya juga.

Di area gong perdamaian ini, pengunjung bisa melakukan aktivitas yang paling sering dilakukan, yakni berfoto atau selfie. Tidak hanya itu saja, sudah tersedia ragam penunjang fasilitas seperti, jogging track.

Juga arena outbound, kolam pancing, naik kuda, pentas seni, hingga wisata kuliner.

7. Pantai Sindhu

tempat wisata di tabanan
Foto : https://www.instagram.com/nancyaryasubawa/

Rekomendasi wisata Denpasar Bali berikutnya jatuh pada pilihan pantai yang mempunyai daya tarik berupa keindahan pemandangan matahari terbitnya. Pantai Sindhu menjadi primadona dengan pasir putihnya serta ombak yang cenderung tenang sehingga lebih aman.

Tidak hanya ombaknya saja yang tenang, suasana di Pantai Sindhu juga sangat damai sebab belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Ikon pantai ini adalah gazebo yang berada di pantai yang dapat menjadi tempat terbaik menikmati keindahan.

Gazebo ini menjadi favorit wisatawan karena meskipun hanya sebuah tempat istirahat kecil, namun keindahan pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Banyak yang menghabiskan waktu di sini sembari melihat matahari mulai terbit.

Menghabiskan waktu di Pantai Sindhu tidak hanya dengan bermain pasir, berfoto, atau berenang saja. Pengunjung juga bisa berolah raga dengan jogging di pagi hari karena udaranya cukup sejuk serta belum terlalu terik.

Bagi para pecinta olahraga air, maka bisa memilih untuk ikut aktivitas snorkeling atau bermain kano. Di tempat wisata yang satu ini sudah menyediakan beragam kebutuhan perlengkapan untuk melakukan water sport tersebut.

Nikmati keindahan Pantai Sanur dengan panorama mempesona yang hits wajib untuk anda segera coba jelajahi. Datang bersama keluarga, sahabat dan orang tersayang akan menambah sensasi liburan anda menjadi semakin istimewa.

8. Pura Agung Jagatnatha

tempat wisata di denpasar yang murah
Foto : https://www.instagram.com/dwphotography86/

Bali tidak pernah lepas dari yang namanya pura, ini merupakan tempat peribadatan yang ada di Pulau Dewata. Dengan jumlah yang sangat banyak dan tersebar di seluruh penjuru wilayah, salah satunya adalah Pura Agung Jagatnatha.

Disini terdapat bangunan padmasana yang sangat tinggi sekitar 15 meter dan menjadi tempat ibadah aktif oleh umat Hindu urban Denpasar. Kini, tempatnya sudah dibuka untuk menjadi salah satu destinasi wisata.

Di tempat ibadah Pura Agung Jagatnatha ini, pengunjung akan merasakan suasana yang penuh dengan kedamaian. Bangunan pura yang dibangun juga mempunyai keunikan dengan ornamen seni yang khas serta adanya singgasana istana para Dewa.

Menengok kembali ke proses pembangunan Pura Agung Jagatnatha, ternyata tidak serta merta langsung dibangun. Pada awalnya banyak pendatang Hindu di Denpasar yang kesulitan menemukan tempat ibadah, sehingga ini menjadi landasan pembangunan pura.

Pura Agung Jagatnatha terletak di dekat jalan sehingga bisa dengan mudah menjangkau dan menemukannya. Suasana sekitar tempat bersembahyang umat Hindu ini juga sangat asri sehingga membuat wisatawan merasa tenang dan damai.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Klungkung yang elok juga menawan wajib untuk anda coba explore semua keindahannya.

9. Hutan Mangrove Bali

tempat wisata di denpasar bali
Foto : https://www.instagram.com/anandaapuspa/

Berwisata ke Bali memang selalu identik dengan tema alam yang menyejukkan dan menyegarkan. Hal wajib Anda coba adalah dengan datang ke Hutan Mangrove Bali yang menyimpan lebih dari 80 spesies jenis tumbuhan bakau.

Hutan Mangrove yang merupakan tempat dengan kumpulan pohon bakau ini tidak hanya mempunyai manfaat untuk pergerakan air dan mencegah abrasi. Keindahannya bisa menjadi daya tarik untuk melepaskan lelah dan mendapatkan oksigen yang lebih bersih.

Wisata Hutan Mangrove Bali ini berlokasi di daerah yang ramai di Kabupaten Badung sehingga banyak sekali polusi udara dan suara. Dengan adanya hutan ini, maka bisa mengurangi polusi tersebut dan memberikan kualitas kehidupan lebih baik bagi masyarakat sekitar.

Wisata Hutan Mangove Bali ini menjadi destinasi yang bisa melihat lebih dekat pohon bakau melalui jembatan kayu sepanjang 2 km. Suasana asri dan sejuk yang menenangkan dan bikin betah akan sangat terasa di sini.

Keindahan hutan bakau ini menjadi tempat yang bagus untuk mengambil gambar atau rekreasi bersama keluarga. Di sini merupakan salah satu tempat wisata di Denpasar yang murah karena hanya dibanderol Rp. 10.000 per orang.

10. Taman Werdhi Budaya Art Centre

wisata denpasar gratis
Foto : https://www.instagram.com/novie.nitamie/

Di Bali tidak lengkap rasanya jika tidak menonton pertunjukan kesenian tari yang sangat indah dan terkenal. Taman Werdhi Budaya Art Centre adalah tempat terbaik dengan lokasi yang bagus, nyaman, aman, hingga pemandangan sekitar yang sangat mempesona.

Pusat Kesenian Bali ini adalah milik warga Bali yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan bakat seni dan melestarikannya. Di Taman Werdhi Budaya Art Centre inilah tempat diselenggarakannya Bali Festival pada setiap tahunnya.

Bali Art Festival mendapatkan penghargaan dari pemerintah maupun masyarakat dan wisatawan karena keindahan pertunjukan. Setiap momennya selalu ramai dan penuh dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah hingga luar negeri.

Tempat pertunjukan kesenian ini buka setiap hari kecuali hari libur. Waktu terbaik menyaksikan pertunjukan adalah sore menjelang malam karena pemandangan matahari terbenam akan semakin melengkapi pertunjukan.

Untuk dapat menyaksikan pertunjukan, di sini masuk ke dalam wisata Denpasar gratis atau tidak dipungut biaya. Hal tersebut tentu saja menarik perhatian warga lokal, wisatawan daerah lain, hingga internasional.

11. Tanah Lot

tempat wisata alam di denpasar
Foto : https://www.instagram.com/tanahlotid/

Jika mendengar nama Bali, wisata satu ini pasti yang akan terlintas pertama kali di pikiran kita semua. Saking hits dan tenarnya wisata ini, tak heran jika Tanah Lot sangat terkenal oleh masyarakat di berbagai daerah.

Bali dan Tanah Lot menjadi satu kesatuan yang sangat populer di kalangan wisatawan bahkan orang awam sekalipun. Kombinasi duo ini merupakan daya tarik wisatawan yang berupa pemandangan pura yang unik dan eksotis.

Di Tanah Lot terdapat tebing tinggi yang menjorok yang menjadi penghubung lokasi pura dengan daratan. Ini merupakan Pura Kahyangan Jagat Bali yang mempunyai makna sebagai tempat pemujaan Dewa Penjaga Laut.

Jika air sedang pasang, maka akan nampak pula dikelilingi oleh air laut yang penuh. Tanah lot dapat menjadi wisata Denpasar malam hari karena pemandangan matahari terbenamnya yang sangat menarik dan begitu mempesona.

Pada area parkiran menuju pura, ada sejumlah pedagang kerajinan khas Bali yang dapat Anda jadikan oleh-oleh. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dengan pilihan produk seni beragam, seperti lukisan, pernak-pernik, dll.

Anda juga bisa dengan mudah menemukan hotel dan penginapan di sekitar Tanah Lot Tabanan ini. Pada malam hari, di sini juga sering mengadakan pagelaran kesenian seperti tari kecak dan lainnya.

12. Bajra Sandhi Renon

wisata terbaru di denpasar
Foto : https://www.instagram.com/riskidarmawan_/

Bajra Sandhi Renon merupakan objek wisata yang berupa Monumen yang terletak di pusat Kota Denpasar. Monumen ini mempunyai simbol sebagai bentuk perjuangan dan dedikasi bagi seluruh masyarakat Bali atas perjuangan mereka.

Monumen ini mempunyai bangunan dengan desain yang sangat khas dan kental akan arsitektur Bali, yakni pahatan dan ukiran unik. Bajra Sandhi Renon terletak di Lapangan Niti Mandala Renon yang selalu ramai pengunjung.

Di tempat ini juga sering menjadi area warga atau wisatawan melakukan aktivitas olahraga, seperti jogging hingga bermain sepak bola. Suasana di sekitar monumen juga cukup sejuk dengan pemandangan langit luas yang menghampar sangat indah.

Terdapat sejumlah fasilitas di Bajra Sandhi Renon ini, seperti museum, perpustakaan, kolam ikan, hingga kerajinan tangan. Pada lantai dua, Anda akan melihat museum yang mempunyai cerita tentang rakyat Bali di zaman pra sejarah serta perjuangan-perjuangannya.

Berwisata di monumen ini tergolong wisata Denpasar murah karena dengan ragam fasilitas yang disediakan biaya masuknya adalah Rp. 25.000 per orang dewasa dan anak-anak sebesar Rp. 2.000 saja. Kemudian, untuk parkir kendaraan terdapat biaya tersendiri.

13. Pantai Kuta

tempat wisata di denpasar
Foto : https://www.instagram.com/yusron_motret/

Salah satu pantai yang paling populer di Pulau Dewata Bali adalah Pantai Kuta. Di sini, Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis berupa lautan Samudera Hindia dengan hamparan pasir putih.

Pantai Kuta adalah tempat habitat dari Penyu Hijau yang hingga sekarang keberadaannya semakin punah sehingga menjadi hewan yang dilindungi. Di sini, daya tarik utamanya adalah menonton keindahan matahari terbenam atau sunset.

Garis Pantai Kuta bisa dikatakan sangat panjang sejauh 5 km dengan hamparan yang landai dan luas. Selain itu, dengan adanya pengelolaan membuat pantai ini tetap bersih, indah, dan pastinya membuat wisatawan merasa nyaman.

Saat berkunjung ke Pantai Kuta, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas seru dan menyenangkan, seperti berjemur, berenang, hingga berselancar. Selancar di Pantai Kuta sangat cocok, karena sudah tersedia penyewaan papan surfing dan segala perlengkapan.

Menikmati pemandangan matahari terbenam menjadi kegiatan yang paling disukai dan dinantikan wisatawan. Menjelang sore hari, akan banyak orang yang berjalan di pinggir pantai, duduk sembari menunggu matahari tenggelam.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Tabanan Bali dengan bermacam-macam destinasi hits yang eksotis dan apik.

Dari rekomendasi 13 tempat wisata di Denpasar tersebut bisa menjadi referensi Anda menentukan destinasi terbaik untuk liburan mendatang. Kota Denpasar merupakan tempat yang mudah untuk dijangkau serta mempunyai daya tarik kenyamanan tersendiri.

Bali selalu menghadirkan cerita tidak terlupakan untuk setiap orang yang datang dan singgah di sini. Ragam wisata mulai dari pantai, hutan mangrove, taman pertunjukan, menjadi pengalaman yang berharga dan membuat rindu selalu datang.

Datang ke Bali bersama orang terkasih akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Setiap keindahan dan keramahan warganya memberikan kehangatan hati sehingga ingin segera datang kembali.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here