Berjalan-jalan menikmati suasana Kota Bandung nampaknya kurang lengkap jika tidak berburu kulinernya yang beragam dan menggelitik lidah. Salah satu kuliner ini wajib Anda coba adalah Mie Baso Akung yang sangat legendaris dan popular di semua kalangan.

Bahkan karena kepopularannya, tempat makan ini pernah menjadi lokasi shooting film Dilan 1990 yang terkenal itu. Jika Anda penasaran dan berniat untuk datang, berikut informasi selengkapnya tentang bakso yang lagi viral ini.

Sejarah Mie Baso Akung

sejarah mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103743651715689715688

Tempat kuliner di Bandung ini mempunyai sejarah yang panjang, konon katanya kedai tersebut sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Dulunya hanya berjualan di pinggir jalan menggunakan gerobak kecil.

Kemudian sekitar tahun 1994-1995 Mie Baso Akung Bandung pindah ke alamat yang sekarang. Meski sudah puluhan tahun, rasa dan kualitas yang dimiliki tetaplah sama, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung datang kembali.

Keunikan yang Dimiliki Mie Baso Akung

keunikan mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108032705403338272762

Mie Baso Akung halal ini juga mempunyai beberapa keunikan yang menarik buat diketahui. Salah satunya adalah banyak artis yang makan di sini. Sehingga jangan heran jika Anda sedang makan lalu melihat artis favorit di sini.

Keunikan lainnya terdapat pada hari libur yang ditetapkan, yaitu setiap hari Jumat dengan tujuan memberikan waktu beribadah untuk para pegawainya. Bukan hanya itu, kedai ini juga akan libur selama bulan ramadhan dan akan dibuka kembali beberapa hari setelah lebaran.

Hal unik berikutnya bisa ditemukan pada nama-nama menunya yang memakai singkatan dalam penyebutannya. Karena itu, pahami singkatan-singkatan sebelum memesan agar tidak salah, misalnya menu BPTSC yang berarti bakso, pangsit, tahu, siomay, dan ceker.

Harga Menu Mie Baso Akung

harga menu mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105018641600887132287

Harga Mie Baso Akung memanglah sedikit lebih mahal. Namun tentunya hal ini sepadan dengan cita rasa makanan dan minuman yang disajikan. Berikut daftar harga yang perlu Anda ketahui sebelum datang berkunjung ke sini:

  • Mie Yamin atau kuah dengan berbagai topping: Rp16.000 sampai Rp57.000
  • Menu tanpa mie (BPTSC, BPTS, BPT, BPC, dan C): Rp31.000 sampai Rp57.000
  • Aneka minuman (Es Duren, Es Teler, Jeruk, Lemon Tea, Kelapa Muda, Susu campur Soda): Rp23.000 sampai Rp35.000
  • Minuman kemasan: Rp6.500 sampai Rp9.000

Harga dari keseluruhan menu diatas tentunya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecek informasi terbaru sebelum berkunjung.

Menu di Mie Baso Akung

menu mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116688709584427908958

Tersedia beberapa menu andalan yang menggiurkan, salah satunya adalah Mie Yamin dengan tiga varian rasa yaitu asin, sedang, dan manis. Untuk isian pada menu original satu ini pun beragam, seperti tahu, bakso, siomay, pangsit, dan ceker.

Sedangkan mie yamin manis memiliki isian 1 bakso besar, 2 pangsit kuah, 2 bakso kecil, dan ditambah suwiran ayam diatasnya. Rasa manisnya pun begitu pas dan mie yang dipakai tidak lembek, sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama sambal pedas.

Untuk pangsitnya pun memiliki isian berupa daging ayam cincang yang padat dengan kulit lembut dan kenyal. Sehingga tidak heran jika banyak pengunjung menggemari pangsit sebagai salah satu menu yang harus dinikmati.

Sementara jenis minuman yang tersedia di antaranya ada es duren, jeruk, lemon tea, kelapa muda, dan susu campur soda. Dari semua menu minuman yang telah disebutkan, kelapa muda sering menjadi pilihan para pengunjung untuk melepas dahaga.

Lokasi Mie Baso Akung

lokasi mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116381554474561543695

Alamat Mie Baso Akung Bandung ini cukup strategis untuk dijangkau dari berbagai arah. Jika Anda berniat mampir ke tempat kuliner berikut, bisa langsung datang ke Jalan Lodaya, No. 123, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung.

Buat Anda yang berasal dari luar Bandung tidak perlu merasa khawatir, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya. Atau bisa juga menggunakan Google Maps untuk menemukan alamat tersebut.

Jam Buka Mie Baso Akung

jam buka mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115319622302372705352

Anda mungkin pernah bertanya-tanya Mie Baso Akung buka jam berapa? Waktu operasional rumah makan berikut adalah pukul 10 pagi sampai dengan 10 malam. Selain itu, buka setiap hari Senin hingga Minggu, lalu akan tutup pada hari Jumat.

Kedai mie baso satu ini sangat ramai pembeli. Terlebih saat waktu makan siang atau ketika sore hari ketika orang-orang pulang dari kerja. Karena itu, disarankan untuk Anda datang saat jam-jam sepi.

Daya Tarik Mie Baso Akung

daya tarik Mie Baso Akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106071268213281907280

Porsi yang cukup banyak menjadi daya tarik tersendiri bagi kedai makan ini. Sehingga banyak pengunjung tertarik untuk mencicipinya. Karena itu, buat Anda yang belum pernah memakannya, sebaiknya pesan dalam porsi kecil terlebih dahulu.

Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh tempat makan ini adalah bisa memesan bakso. Dengan toping beruupa tahu, siomay, pangsit, dan juga ceker. Bukan hanya itu saja, beraneka ragam toping tersebut memiliki singkatan yang unik seperti mie yamin BPTS.

Disamping itu, daya tarik lainnya juga datang dari kuahnya yang dimasak dengan menggunakan bumbu pilihan dan rahasia. Sehingga kuahnya berwarna bening, namun mempunyai cita rasa khas yang begitu gurih di lidah.

Datang juga ke –> Kopi Kisah Manis cocok untuk anda duduk santai.

Fasilitas di Mie Baso Akung

fasilitas mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101902671668334304185

Dengan ukuran besar, fasilitas yang dimiliki oleh warung mie ayam ciledug Jakarta ini bisa dikatakan lengkap. Saat memasuki ruangan, Anda akan bertemu dengan beragam jajanan seperti kue, buah potong, sampai dengan rujak.

Untuk memesan, Anda bisa langsung order ke kasir dan bayar, lalu mengambil antrian tiba. Selain memiliki pelayanan yang cepat, rumah makan ini juga memperbolehkan Anda untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Ruang makan yang digunakan juga luas serta sudah dilengkapi dengan meja dan kursi tertata rapi berhadap-hadapan. Ditambah sudah lengkap dengan AC, toilet, tempat khusus untuk meroko, dan area parkir yang terjamin aman.

Kunjungi juga –> Paviliun Sunda yang mempesona.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115319622302372705352

Ketika berkunjung ke sini, ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan selain menikmati sajian mie yamin. Anda bisa sekedar berbincang santai bersama teman atau keluarga sambil menikmati kelapa muda yang menyegarkan.

Bisa juga sekedar menikmati suasana kota bandung sambil menghangatkan badan kuah mie yang menggoda dan menuliskan review ala food blogger. Atau bahkan memotret makanan dan minuman sebagai kenang-kenangan.

Review sebelumnya –> Bebek Ali Borme yang seakan tak pernah sepi dari pengunjung.

Tips Berkunjung

tips berkunjung mie baso akung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106835169189393525369

Sebelum datang ke warung bakso enak terdekat seperti Mie Baso Akung ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal seperti tips berkunjung. Berikut tips berkunjung yang dapat Anda ikuti:

  • Agar bisa menikmati hidangan dengan nyaman, sebaiknya datang di jam-jam sepi yaitu selain waktu makan siang dan sepulang orang kerja.
  • Pahami terlebih dahulu menu-menu yang tersedia agar tidak salah memesan, karena terdapat dua porsi pilihan yaitu besar dan kecil.
  • Hindari untuk memarkirkan kendaraan diluar kawasan kedai, karena parkiran yang tersedia sudah luas dan lebih aman.

Nah, itulah sekilas informasi tentang Mie Baso Akung yang merupakan tempat kuliner terkenal di Kota Bandung dan wajib dicoba. Pastikan untuk memasukkan tempat makan ini ke dalam daftar kuliner Anda selama liburan di kota yang kaya dengan sajian-sajian lezatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =