Makanan Khas Kebumen memiliki ragam rasa yang unik dan lezat. Ada deretan kuliner yang jangan sampai terlupakan jika datang ke Kebumen. Kota yang terkenal dengan dialek Banyumasan ini memiliki segudang kuliner yang menarik dan halal.

Banyak makanan ringan yang bisa dibuat oleh-oleh serta makanan yang mengenyangkan. Kuliner yang tersedia di emperan pinggir jalan sampai di restauran semua ada. Nah, tanpa perlu memperpanjang lagi, berikut deretan makanan yang layak dicoba:

1. Sate Ambal

Makanan khas kebumen yang enak
foto dari https://www.instagram.com/hartanicitra/

Kuliner merupakan makanan berat. Saat Anda datang ke Kebumen di bagian Pesisir selatan ada makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang harus dicoba. Yaitu Sate Ambal. Nama Ambal berasal dari daerahnya, kecamatan Ambal.

Nah, yang membedakann sate Ambal dengan sate pada umumnya adalah bumbunya. Bumbu sate ini lebih encer, warnanya pun kuning kecoklatan. Sekilas bumbu ini mirip kuah padang. Uniknya lagi, bumbu ini dibuat dari tempe yang direbus. Sementara kebanyakan bumbu sate terbuat dari kacang tanah goreng.

Cita rasa dari bumbu sate ini pun manis-pedas-gurih. Aroma rempahnya pun menggugah selera makan. Mungkin, bagi yang suka makan sate dengan bumbu kacang tanah, agak sedikit saat makan bumbu sate ambal. Tapi tenang, rasa tempenya tidak begitu menarik.

Daging dari sate ambal pun menggunakan ayam kampung. Membutuhkan ayam lebih gurih. Juga cara memasaknya ayam kampung dibumbui dengan kecap dan gula merah. Kemudian dibakar dengan arang. Rasa bumbunya masuk hingga ke dalam daging.

Selain itu, ada yang istimewa dari penyajiannya. Yakni bumbu dan sate disajikan terpisah, sehingga Anda bisa menikmati bumbu sate melimpah. Harga per porsinya hanya 15 ribu rupiah saja, cukup murah dan mengenyangkan.

2. Bengkoang Kebumen

Bengkoang Kebumen
foto dari https://www.nukalapak.com/

Buah yang bisa dibeli dapat dipulihkan, Bengkoang ini sangat populer di Kebumen. Di daerah Kecamatan Prembun adalah pusat dan penghasil bengkoang terbesar. Di sana, Bengkoang selalu ada setiap tahun tanpa menunggu musim.

Bengkoang di Pembun ditanam di kebun tanah warga, bahkan di tanggul-tanggul sungai. Untuk mendapatkan pun sangat mudah. Karena di sepanjang jalan Prembun akan ada lapak-lapak penjual Bengkoang di kanan kiri jalan. Harganya perikat mulai dari 10 ribu saja.

Buah putih yang manis ini pun bisa dibuat oleh-oleh. Karena buah ini tahan hingga 1 minggu. Untuk memilih Bengkoang, kualitas nomor satu pun rumit rumit. Hanya perlu mempertimbangkan ukurannya yang ideal, warnanya tidak pucat.

Buah ini bisa dinikmati sebagai camilan atau bisa dicocol dengan gula merah pedas. Atau bisa dibuat rujak. Untuk mengupas buah ini terbilang sulit karena kulitnya sedang buahnya tebal. Jadi butuh kesabaran untuk bisa menikmati buah manisnya ini.

Meski buah ini hadir setiap tahun, pembelian Bengkoang bisa membludak kompilasi Hari Raya. Seperti saat Ramadhan, pembelian Bengkoang melunjak.

3. Soto Ayam Petanahan

makanan enak di kebumen
foto dari https://www.aspan.travele.comr/

Berwisata ke pantai berjalan menyenangkan. Selain kompilasi ke Kebumen sedang disusun ke Pantai Petanahan. Bermain di pantai pun bikin capek dan lapar. Nah, kompilasi utama di sini Anda bisa icip makanan khas Kebumen paling enak. Namanya Soro Ayam Petanahan.

Soto ini merupakan soto yang terkenal, berisi suwiran ayam lengkap dengan tauge. Yang menjadi istimewa dari makanan ini tidak menggunakan nasi, ditambah menggunakan ketupat. Tidak ada tauge dan soun dalam soto ini. Namun, dari soto ini kental dari soto pada umumnya.

Warna kuning sedikit karena menggunakan kunyit. Ada pun rempah jahe dimasukkan dalam kuah ini, terasa sedikit pedas dan hangat. Lelah setelah bermain di pantai lalu makan soto ini Tentu energi akan lebih terisi lagi.

Soto ini cocok untuk makan siang atau sore. Karena para penjual biasanya baru buka sekitar pukul 10.00 WIB. Jadi, lebih baik menghabiskan waktu di pantai dulu. Harganya pun tidak mahal, hanya 10 – 15 ribu rupiah saja. Makan bersama keluarga pun terasa lebih nikmat.

Coba juga –> Makanan Khas Pemalang

4. Jipang Kacang

Makanan khas kebumen yang enak
foto dari https://www.instagram.com/sigadih_minang/

Di atas tadi sudah membahas makanan berat yang bikin kenyang. Di sini akan dikulik makanan ringan asli Kebumen yang tidak ada di kota lain. Makanan ringan itu adalah Jipang Kacang. Dari namanya saja sudah aneh, makanan apa ini.

Jipang Kacang merupakan makanan yang terbuat dari kacang tanah, dan gula merah. Bentuknya padat dan rasanya manis. Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah ini dibuat dengan cara menyangrai kacang tanah menggunakan pasir. Kemudian kacang tersebut ditumbuk kasar lalu dimasukan gula merah cair.

Dipadatkan hingga berbentuk kotak-kotak. Lalu ditunggu dingin kemudian dibungkus plastik. Dahulu kemasan masih dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini bisa dibaca, bisa dibawa kemana saja.

Jika ingin menikmati Jipang Kacang, Anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh. Atau langsung datang ke sentra pembuatannya di Desa Panjer dan Desa Adimulyo. Wilayah tersebut banyak yang memproduksi makanan tersebut.

Harga dari Jipang Kacang ini punvariasi. Ukuran kecil pulih 2 ribu rupiah, ukuran sedang sekitar 6 cmatasi 3 ribu rupiah. Dan ukuran yang besar harganya 5 ribu rupiah. Tinggal sesuaikan kebutuhan, pilih ukuran yang mana.

5. Nasi Penggel

nasi penggel
foto dari https://www.instagram.com/hamham.nomnom//

Bingung mau sarapan apa di Kebumen? Tak perlu risau lagi, karena di Kebumen ada makanan khas yang enak dan mengenyangkan. Yaitu Nasi Penggel.

Makanan ini hanya tersedia di pagi hari, oleh karena cocok untuk para pemburu sarapan. Hidangan ini dapat ditemukan di Dusun Lengkongan. Lokasinya sekitar dua kilometer dari Alun-alun Kebumen, dan banyak penjual Nasi Penggel bertebaran di pinggir jalan.

Istimewanya, banyak penjual yang mempersilahkan pembeli untuk mengambil nasi sendiri. Jadi Anda dapat mengambil banyak atau sedikit sesuai porsi Anda. Isi dari Nasi Penggel ini sendiri merupakan sayur lodeh dengan potongan nangka muda dan kuah santan. Lalu ada jeroan seperti babat, kikil dan tetelan lainnya.

Nasi Penggel memang sederhana ala ‘wong cilik’, namun rasanya tidak diragukan. Lezat dan nagih Tentu. Selain itu, penyajiannya pun menggunakan pincuk daun pisang, sendoknya juga menggunakan daun pisang yang ditekuk. Sangat sederhana dan praktis.

Warung yang menjajakan Nasi Penggel ini buka dari pk 06.00 dan biasanya sudah ludes pk 08.00. Nah, bagi para pemburu sarapan saja ini ideal. Harganya pun terjangkau, yaitu 7 ribu saja. Anda juga bisa menambahkan gorengan jika dirasa lauknya masih kurang.

6. Yutuk Goreng

makanan enak khas kebumen
foto dari https://www.instagram.com/cilacap_event/

Pergi ke Kebumen jangan pula lupa menikmati kuliner hasil lautnya. Di sini terkenal dengan Yutuk, semacam hewan laut yang banyak ditemukan di Pantai Kebumen. Hewan ini bercangkang dan mirip dengan undur-undur.

Nah, oleh warga lokal Yutuk digoreng dibuat peyek untuk dibuat makanan. Karena menyukai dari laut, rasanya pun asin. Makanan ini cocok digunakan pelengkap hidangan atau hanya dicamil biasa.

Selain peyek, Yutuk juga dioleh menjadi bakwan Yutuk. Rasanya Tentu tetap asin. Bagi Anda yang baru mencoba sekali makanan ini tidak terasa asing di lidah. Karena hampir sama seperti makan hewan laut lainnya.

Saat digoreng, Yutuk berubah warna menjadi merah seperti kepiting yang selesai dimasak. Makanan ini membahas selera makan. Cangkang dari Yutuk pun tidak bisa dimakan karena tidak keras.

Harga dari Yutuk Goreng ini sangat murah, mulai dari 5 ribu rupiah saja. Makanan Khas Kebumen ini bisa dicamil atau dimakan bareng soto dan pecel. Anda juga dapat mengundang pulang oleh-oleh. Jika ingin disimpan ditaruh di tempat tertutup seperti toples agar lebih awet renyahnya.

7. Soto Tamanwinangun

Makanan khas kebumen
foto dari https://www.instagram.com/buf.eat/

Selain Soto Petanahan yang terkenal itu, ada kuliner soto lain yang tidak kalah populer. Dia adalah soto Tamanwinangun. Sesuai dengan namanya, soto ini pembuatnya adalah orang-orang dari Tamanwinangun. Makanya dinamai demikian.

Prinsip Soto Tamanwinangun sama seperti soto lainnya yaitu tauge, kubis, bihun, dan suwiaran daging ayam. Selain itu, soto ini menggunakan lontong atau ketupat. Kuah dari soto ini pun bening, disajikan kompilasi hangat pun semakin menggugah kepuasan.

Uniknya, senang soto dinikmati di pagi hari, beda dengan Soto Tamanwinangun ini. Karena penjualnya sangat menjajakan soto ini sakit hingga malam hari. Lebih banyak yang menjualnya hingga tengah malam.

Jadi, jika malam hari ingin makan yang hangat dan berkuah. Soto Tamanwinangun bisa jadi alternatif pilihan Anda. Harga perporsinya pun terjangkau yakni 10 – 15 ribu saja. Anda pun bisa menikmati kelezatan soto ini bersama kerabat atau keluarga.

8. Lanting

Makanan enak khas kebumen
foto dari https://www.instagram.com/antasyaa09/

Makanan selanjutnya sambil menikmati makanan yang bikin kenyang. Makanan ini sudah populer dan akrab di telinga Anda. Namanya adalah Lanting. Yak, makanan ringan yang sudah ada di berbagai kota ini menjadi primadona di Kebumen.

Camilan yang dibuat dari singkong yang dibuat bulat saja. Namun diganti menjadi bentuk yang diganti. Makanan sejenis kerupuk ini menjadi idola dari berbagai kalangan, dari anak kecil hingga orang tua.

Rasanya pun beragam, ada rasa bawang, rasa asin, rasa pedas, hingga rasa keju dan manis. Semuanya tergantung selera. Rasa bawang putih jadi idola orang tua karena rasanya gurih dan asin, kadang ada remukan bawang putih goreng yang bikin makin enak. Sedangkan anak kecil lebih memilih rasa keju yang tidak terlalu kuat rasanya.

Lanting ini memiliki sejarah, di mana awal mula produksi Lanting berada di Desa Lemahduwur. Makanan ini banyak dikembangkan di sana, lalu sekarang sudah menyebar ke daerah Jawa Tengah dan Kebumen. Awalnya Lanting berwarna merah dan putih.

Nah, sekarang di Kebumen ada 12 kecamatan yang memproduksinya. Selain itu harga dari makanan ringan ini murah. Dapat dibeli kiloan atau kemasan. Mulai dari 8 ribu rupiah saja. Anda pun bisa mendapatkan di toko oleh-oleh.

Baca juga –> Makanan Khas Klaten

9. Ayam Es Bening Kebumen

Ayam-Kampung-es-bening
foto dari https://www.instagram.com/ayamesbening/

Dari sekian banyak kuliner Kebumen. Makanan selanjutnya memiliki nama yang unik. Yaitu Ayam Es Bening Kebumen. Apakah ini merupakan minuman ayam atau bagaimana? Nah, untuk menjawab kebingunagan itu coba simak review berikut ini.

Selain namanya yang unik, Kebumen Ayam Es Bening ini sudah dirintis sejak sebelum merdeka. Berarti kuliner ini sangat legendaris kan? Sejarahnya, ayam ini dibuat oleh Mbah Khalimah yang awalnya hanya berjualan ayam mentah.

Sebenarnya nama Es Bening sendiri berasal dari lokasi penjualan yang diperoleh di Desa Es Bening. Dahulu wilayah ini adalah pabrik yang didirikan oleh Belanda. Makanya nama itu diambil dari wilayah itu. Hingga sekarang nama tidak berganti.

Makanan Khas Kebumen terbaru ini merupakan ayam kampung yang digoreng. Untuk menikmatinya kamu harus menggoreng sendiri. Sebab di sini hanya tersedia ayam mentah berbumbu kemudian para pembelinya harus mengolahnya di rumah. Tetap harus dibawa pulang, namun ayam ini bisa dibeli hingga 5 bulan jika disimpan di freezer.

Saat ayam digoreng muncul kremes-kremes yang bikin menggugah selera makanmu. Untuk dibeli bisa dibeli di Jalan Es Bening No 33 Panjer Kebumen. Di sana merupakan pusat Home Industry Ayam Es Bening.

10. Gula Merah Kebumen

Oleh-Oleh Khas Kebumen
foto dari https://www.instagram.com/camilan_oleh-oleh_kebumen/

Karena Wilayah Kebumen berada di dekat Pesisir Jawa. Oleh karena di sana banyak pantai dan juga sumber daya dari pantai. Misalkan saja di sana banyak pohon kelapa yang biasa tumbuh di Pantai. Nah, oleh warga lokal, sumber daya alam ini diolah menjadi Gula Merah.

Setiap pagi warga Kebumen sibuk mengambil air dari pohon kelapa untuk dibuat Gula Merah. Cara mengambil air nira ini tentu dengan cara naikat pohon kelapa setinggi 5 meter. Air nira ini diperoleh dari bunga kelapa yang belum mekar.

Dengan cara dikikis kemudian diambil airny. Sebagian pohon menghasilkan setengah ember air nira. Kemudian air dikumpulkan dan oleh ibu-ibu lokal hingga menjadi karamel gula merah. Setelah itu dicetak dan dikeringkan.

Pengolahannya pun masih sederhana dan tradisional. Banyak para pengrajin menggunakan tungku dan kayu bakar saat mencairkan gula. Namun, sebenarnya ini yang membuat Gula Merah Kebumen memiliki cita rasa yang khas.

Biasanya 1 liter air menghasilkan 1 kg gula aren. Karena proses yang panjang dan melelahkan, harga dari gula merah ini tidak begitu murah. Yaitu sekitar 15 ribu per kilonya. Gula merah ini bisa dibuat bumbu atau untuk pemanis minuman.

11. Sale Pisang

makanan khas kebumen
foto dari https://www.instagram.com/dellanja_onlineshop/

Diterbitkan tanpa kalah manis. Makanan ini menggunakan bahan utama buah pisang yang dijemur lalu digoreng. Selain itu, makanan ini menjadi favorit banyak warga. Jual pisang namanya. Nah, kalau ke Kebumen bisa mengintip proses produksinya di Desa Mangli Kecamatan Kuwarasan, Kebumen. Di sana banyak yang memproduksi Sale Pisang.

Cara pembuatan sale pisang ini diiris tipis-tipis kemudian dijemur. Tujuan dari penjemuran agar pisang ini tidak cepat busuk dan bisa dibeli lama. Kemudian pisang yang selesai dijemur tadi lantas digoreng tanpa tepung atau juga menggunakan tepung.

Setelah itu penjualan didingin kan dan dimasukan dalam kemasan. Rasanya manis dan tidak banyak. Makanan ini cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Harganya pun terjangkau, Mulai dari 10 ribu rupiah saja Anda bisa membawa pulang satu plastik Pisang Dijual.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Semarang

Bagaimana, penasaran bukan dengan sajian kuliner uniknya? Makanan Khas Kebumen ini menggugah selera makan Anda dengan cita rasa unggul istimewa.

Tunggu apa lagi kompilasi kunjungan di Kota Kebumen ini jangan hanya berwisata saja. Mencoba makanannya yang nikmat pun tak ada salahnya. Lagi pula mahal kuliner di Kebumen ini ramah harga alias tidak mahal. Jadi jangan lupa untuk mampir icip-icip ya!

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here