Desa Penglipuran merupakan salah satu daya tarik wisata di Pulau Dewata Bali yang dapat anda explore ketika berkunjung. Bali tak melulu soal wisata bahari yang memang memiliki panorama alam mengagumkan sekaligus bikin tenang.

Seperti halnya Penglipuran Village ini, yang menyuguhkan sebuah kawasan desa dengan sejumlah keseruan di dalamnya. Dinobatkan sebagai salah satu dari tiga desa terbersih di dunia lho, keren bukan?

Tak heran jika Desa Penglipuran Bali menjadi salah satu tujuan berlibur favorit ketika jelajah wisata Bangli saat hari libur tiba. Anda bisa memasukan Desa Wisata Penglipuran ke dalam daftar rencana mengisi waktu libur anda selanjutnya bersama orang-orang tercinta.

Daya Tarik Desa Penglipuran

daya tarik Desa Penglipuran
Foto : https://www.instagram.com/desa_adat_penglipuran/?hl=id

Sejumlah daya tarik yang dimiliki, menjadikan Penglipuran Bali seakan tak pernah sepi dari kunjungan banyak wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal sampai dengan mancanegara kerap memadati area Desa Penglipuran Bali ini.

Bali memang menjadi tujuan favorit berwisata oleh banyak orang, sebab menyimpan pesona alam yang seolah tak ada habisnya. Mulai dari wisata bahari seperti pantai yang melimpah, panorama bawah laut, perbukitan, dan masih banyak lagi.

Wisata Desa Penglipuran merupakan salah satu destinasi yang tak boleh anda lewatkan saat berada di Bangli Bali. Penglipuran Bali, adalah satu dari ketiga desa yang disebut-sebut paling bersih di dunia.

Berkat kebersihan dan kerapiannya, menjadikan desa wisata Bali satu ini berhasil meraih beberapa penghargaan. Seperti Kalpataru pada tahun 2017 hingga masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation, keren ya!

Nah bagi anda yang penasaran kira-kira apa sih daya tarik utama dari Desa Penglipuran Bangli. Tata ruangnya terkonsep dengan baik, hutan bambu menjadi pelindung desa, Ritual Keagamaan dari Pura Luhur Penglipuran yang turun temurun.

Selain itu, desa Bali satu ini juga menyajikan sajian kuliner unik, yakni Loloh Cemcem dan Tipat Cantok. Pagelaran budaya atau yang disebut Penglipuran Village Festival diadakan setiap akhir tahun.

Harga Tiket Masuk Desa Penglipuran

harga tiket masuk desa penglipuran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116645758273679266852

Dengan segala keindahan alam, tradisi adat, serta keunikan budaya, yang masih kental, membuat desa ini sangat rekomended. Sebagai tujuan anda dalam rangka menghabiskan waktu libur di Pulau Dewata Bali.

Rasakan atmosfer desa Bali yang otentik dan masih asri tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Mengelilingi indahnya Desa Wisata Penglipuran lebih leluasa, anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Desa Penglipuran adalah sebagai berikut :

  • Wisatawan Lokal : Rp15.000 (anak-anak) & Rp30.000 (dewasa)
  • Wisatawan asing : Rp30.000 (anak-anak) & Rp50.000 (dewasa)

Biaya yang tergolong murah meriah tersebut pastinya menjadi salah satu keunggulan sendiri dari wisata di Bangli ini. Jelajah beragam keunikan Desa Wisata Penglipuran dengan lebih leluasa bersama teman, sahabat hingga orang-orang tercinta.

Namun perlu digaris bawahi juga, bahwa ketentuan biaya tiket masuk pada sebuah tempat wisata bisa berubah sewaktu-waktu. Satu yang pasti, biaya-biaya yang dipatok untuk wisata Bali satu ini tak akan membuat kantong anda jebol.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi desa penglipuran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102435082466931784058

Lokasi Desa Penglipuran termasuk strategis dan mudah sekali untuk menemukannya. Sehingga bagi anda yang mungkin belum pernah datang kesini, kami jamin tak akan kesulitan untuk mencapainya.

Alamat Desa Penglipuran terletak di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk bisa sampai kesini.

Jika tak membawa kendaraan pribadi pun tak perlu khawatir, sebab tersedia banyak jasa angkutan umum atau ojek online. Setibanya disini, anda akan langsung disambut oleh deretan tanaman hijau yang mempesona.

Udara sejuk begitu terasa, yang berbalut dengan pemandangan asri berupa pagar tanaman. Pagar tanaman yang menghiasi seluruh areanya bertujuan untuk salah satunya adalah menjaga lingkungan Desa Penglipuran agar bebas dari polusi.

Apabila anda masih kesulitan ketika perjalanan, dapat mengakses maps dibawah ini.

Fasilitas

fasilitas desa penglipuran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117557710521867052649

Termasuk dalam list wisata Bangli favorit, disini tentu sudah dilengkapi oleh sarana pendukung memadai. Dan berikut ini fasilitas Desa Penglipuran :

  • Area parkir kendaraan
  • Jasa pemandu wisata
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Fasilitas kesehatan
  • Balai serba guna
  • Warung makanan
  • Penginapan
  • Tempat bersantai
  • Spot foto melimpah

Nikmati serunya berlibur di Penglipuran Village guna menciptakan momen berwisata yang lebih bahagia. Melihat secara lebih dekat tata ruang Desa Penglipuran yang unik, dan masih mengusung patokan adat yang sudah turun temurun.

Desa Wisata ini dibangun dengan mengusung konsep Tri Mandala yang dimana tata ruang desanya terbagi menjadi tiga wilayah. Tiga wilayah yang dimaksud yaitu Utama Mandala, Madya Mandala, serta Nista Mandala.

Tak hanya itu, disini anda juga bisa menjumpai hutan bambu yang menjadi pelindung desa. Hutan bambu dengan luas mencapai 45 hektare ini mengelilingi area desa.

Bahkan sekitar 40 persen dari luas keseluruhan Desa Penglipuran merupakan hutan bambu yang terus dijaga dan dilestarikan. Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran belum lengkap kalo tidak mencicipi kuliner khas setempat.

Namanya adalah loloh cemcem dan tipat cantok. Yang dimana Loloh cemcem ini merupakan minuman khas Desa Penglipuran.

Terbuat dari daun cemcem atau daun kloncing dan dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan. Untuk makanan, ada yang namanya tipat cantok, terdiri dari ketupat dan sayuran rebus kemudian disajikan bersama bumbu kacang.

Kunjungi juga –> El Lago Kintamani yang cocok untuk anda duduk santai.

Spot Terbaik di Desa Penglipuran

spot terbaiik di desa penglipuran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108374236876344815039

Satu hal yang tak boleh anda lewatkan saat liburan disin tentu saja adalah berfoto-foto ria. Merekam setiap momen pada latar belakang view Desa Penglipuran Bali yang mempesona.

Bersih, tata ruang berkonsep, dihiasi oleh berbagai tanaman serta pepohonan hijau, dan ornamen penghias yang ikonik. Mudah anda temukan background menarik untuk dijadikan spot terbaik di Desa Penglipuran ketika berswafoto.

Melalui selfie, foto bersama-sama sampai dengan merekam video pada setiap landscape memikat di Penglipuran Bali. Abadikan semua momennya, agar perjalanan liburan ke Penglipuran, sebagai wisata sejarah dan budaya di Bali ini menjadi sulit terlupakan.

Review sebelumnya –> Ritatkala Cafe dengan aneka menu menggugah selera.

Tips Berkunjung

tips berkunjung desa penglipuran
Foto : https://www.instagram.com/nowbalimag/?hl=id
  • Anda bisa mencari tau informasi terkini mengenai Desa Penglipuran sebelum memutuskan liburan kesini.
  • Datanglah sejak pagi, agar anda bisa menelusuri setiap area Penglipuran yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia.
  • Hari yang cerah, tidak mendung apalagi hujan, adalah saat terbaik explore indahnya Desa Penglipuran Bali.
  • Apabila anda tak ingin berada di situasi yang terlalu ramai, maka datanglah ke Penglipuran saat weekday.
  • Jaga tingkah laku dan tutur kata anda saat berada di Penglipuran Village agar semuanya baik-baik saja.

Itulah tadi sudah anda simak ulasan singkat mengenai salah satau desa wisata paling populer di Bali, yakni Penglipuran. Wisata Desa Penglipuran wajib anda kunjungi dan temukan sendiri keunikan beserta keindahan alamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =