Pantai Masceti adalah kawasan destinasi wisata Gianyar yang rimbun dan menawarkan suasana pedesaan yang indah. Destinasi pantai satu ini dikelilingi oleh persawahan yang hijau dan lingkungan yang asri.

Ombak di Pantai Masceti sangat kuat dan indah, cocok untuk berselancar. Hanya saja, wisatawan yang datang ke Pantai Masceti tidak disarankan untuk berendam dan berenang.

Pantai satu ini sangat bagus dikunjungi saat pagi atau sore hari. Penasaran seperti apa indahnya Pantai Masceti dan di mana bisa menemukan destinasi satu ini?

Harga Tiket Masuk Pantai Masceti

harga tiket masuk pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/agusyudiana/

Pantai Masceti merupakan destinasi yang cukup populer di Bali. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah memiliki pura di dekatnya.

Konon, Pura Masceti menjaga pulau dari roh laut jahat. Pura di pantai ini bahkan dikenal sebagai kahyangan jagat dan memainkan fungsi penting dalam agama Hindu di Bali.

Pintu masuk utama pura bahkan menghadap hamparan luas pantai yang masih asli. Nah, karena wisata satu ini memang belum terkenal, maka tidak ada tiket masuk Pantai Masceti.

Pengunjung yang penasaran dengan keindahan pantai ini bisa bebas mengunjungi wisata tanpa dipungut biaya.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/ikhsaneffendi/

Lokasi Pantai Masceti terletak di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Jalan Pantai Masceti, Medahan, Kabupaten Gianyar, Bali sendiri mudah untuk dilalui.

Masceti beach menawarkan pantai pasir hitam yang memikat dan eksotis. Kondisi ini juga didukung dengan pemandangan alam pantai, ombak, pohon kelapa dan pegunungan Bali.

Pantai Masceti sendiri hanya berjarak satu jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Pantai Masceti juga mudah diakses dengan mobil dari Jl. Prof.Dr.ida Bagus Mantra.

Fasilitas

fasilitas pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/kayhantii__/

Meskipun pantai Masceti Bali tidak seterkenal dengan destinasi lainnya di Gianyar, namun fasilitas yang disediakan sudah terbilang lengkap.

Pantai Masceti sudah memiliki fasilitas bagi wisatawan. Di sini didirikan area parkir, toilet, restoran, warung makan di sekitar yang dikelola oleh penduduk setempat dan penginapan.

Datang juga ke –> Pasar Seni Ubud sebagai destinasi anda mencari oleh-oleh.

Jam Buka

jam buka pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/kadekgilank_/

Bali adalah pulau kecil dengan ribuan daya tarik di dalamnya. Pesisir indah yang mengelilingi pulau ini tak perlu diragukan lagi.

Salah satu keindahan alam yang ada di pulau Dewata ini adalah Pantai Masceti Gianyar Bali. Bagi Anda yang hendak mengunjungi Pantai Masceti maka bisa datang kapan saja.

Kawasan pantai ini tidak memiliki jam operasional sehingga bebas untuk Anda kunjungi kapanpun.

Kunjungi juga –> Pison Ubud untuk anda menghabiskan waktu senggang.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/jerojasminenovi12/

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Masceti Beach, di antaranya :
Menikmati Deburan Ombak

Pantai Masceti benar-benar menampilkan keindahan garis pantai Bali dengan pasir lembut dan deburan ombak.

Ombak pantai ini memiliki ketinggian lebih dari 2 meter. Sebenarnya, ukuran tersebut adalah ketinggian ombak yang ideal untuk peselancar.

Peselancar pemula juga bisa belajar menaklukkan ombak di sini. Sayangnya, kawasan pantai ini tidak diperbolehkan untuk berselancar atau olahraga air.

Untuk berselancar, berenang, atau berjemur di garis pantai Mescati, para wisatawan harus pindah ke sisi kanan atau kiri wisata. Nantinya, Anda akan menemukan payung putih besar.

Bersantai dan Menikmati Sunrise

Jika tidak berselancar, biasanya pantai di Bali bisa digunakan untuk berenang. Sayangnya, aktivitas berenangpun dilarang di pantai ini.

Anda dan pengunjung hanya boleh bersantai, bermain seperti membangun istana dari pasir, bermain voli pantai atau berfoto.

Pada sore hari, pantai ini juga sering digunakan untuk jogging karena memiliki area yang cukup panjang. Sedangkan di pagi hari, Anda bisa menyaksikan matahari terbit yang menjadi salah satu daya tarik utama Pantai Masceti.

Wisata Religi

Di lokasi pantai ini terdapat satu rumah ibadah penting untuk umat Hindu yaitu Pura Masceti. Pura ini terletak di tepi utara dan langsung menghadap pantai.

Di luar pura juga terdapat bangunan yang cukup besar dan disebut balai wantilan. Pura Masceti didedikasikan untuk pemujaan Dewa Wisnu.

Adanya pura ini begitu lekat dengan nuansa spiritual. Pura Masceti dipercaya sebagai penjaga Pulau Bali dari roh jahat laut.

Nah, karena adanya pura ini, maka segala aktivitas turis termasuk berjemur dan berenang di area ini sangat dilarang.

Pantai Masceti dianggap sebagai situs suci, dan memang Kawasan ini dirancang khusus untuk upacara keagamaan Hindu.

Kedamaian Pantai Masceti tidak seperti yang lain. Keanggunan dan simetri pantai ini paling baik diamati dalam keheningan saat umat Hindu mempersembahkan doa dan bunga kepada Dewa Laut.

Pantai Masceti sangat cocok untuk wisata spiritual yang bisa menenangkan pikiran Anda. Pura Masceti berfungsi sebagai tempat memuja Tuhan dengan manifestasi-Nya sebagai Tuhan Wisnu yang memberikan kemakmuran bagi para penyembah-Nya.

Upacara Melarung Bumi dan Ngaben juga digelar di Pantai Masceti. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan upara adat tersebut di pantai Masceti.

Mitos Pantai Masceti

Ada kisah rahasia menarik di balik indahnya Pantai Masceti. Konon dalam cerita, ketika Dewa Wisnu yang merupakan pelindung manusia dengan kekasihnya Dewi Laksmi suka dengan pantai Masceti.

Keduanya memiliki hubungan dan mereka sangat tertarik dengan pantai yang indah ini sehingga sering mengunjungi Pantai Masceti. Berinteraksi sambil menikmati panorama alam dan Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi keindahan ombak yang menerjang.

Suatu hari keduanya mengunjungi Pantai Masceti sambil berbincang satu sama lain. Dalam percakapan keduanya terjadi perselisihan yang membuat Dewi Laksmi sangat marah dan mengamuk.

Dewi Laksmi kemudian memutus arus laut yang menghubungkan Pantai Masceti dan Saba. Arus dua pantai kemudian terputus ini menjadi alasan mengapa kedua destinasi menjadi terpisah.

Akibat dari konflik Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi, mereka akhirnya berpisah. Jadi, orang percaya mitos Pantai Masceti sampai sekarang.

Mitos itu mengatakan bahwa setiap orang yang berkencan di pantai Masceti maupun Saba, hubungan itu tidak akan langgeng.

Review sebelumnya –> Pantai Saba yang mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai masceti
Foto : https://www.instagram.com/thok.ebikes.indonesia/
  • Bawalah pakaian yang sopan saat mengunjungi Pantai Masceti mengingat destinasi satu ini sangat suci.
  • Waktu terbaik jika ingin berselancar di sisi kanan atau kiri pantai adalah empat hari sebelum dan sesudah bulan purnama.
  • Sangat disarankan untuk datang ke Pantai Masceti pada musim kemarau, antara Juni-Oktober.
  • Bagi yang hendak berselancar di sisi kanan pantai, idak perlu membawa papan selancar. Di sekitar pantai banyak sekali tempat persewaan, namun harus berjalan cukup jauh dari lokasi utama Masceti.
  • Bawalah kamera terbaik jika ingin mengambil berbagai momen saat berwisata di Pantai Masceti.
  • Gunakan sunblock jika ingin terlindungi dari panasnya sinar matahari.

Jika Anda sedang berlibur ke Bali, luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi pantai Masceti. Gulungan ombak tinggi di kawasan ini juga diminati oleh para pecinta surfing, meski harus berselancar di sisi kanan atau kirinya.

Kegiatan ritual yang sering diadakan di area pantai atau pura juga menjadi suguhan tersendiri bagi para Anda yang tertarik. Jadi, jangan lewatkan untuk datang ke Pantai Masceti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =