Candi Ijo merupakan salah satu cagar budaya di Sleman Yogyakarta yang keberadannya cukup populer sebagai tempat wisata. Wisata di Sleman satu ini merupakan sebuah kompleks percandian bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun antara abad ke10-11 masehi.

Kompleks percandian Ijo berdiri pada zaman Kerajaan Medang periode Mataram di atas sebuah bukit yang menakjubkan. Dari atas bukit Candi Ijo Jogja ini para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Kota Yogya dan Landasan Pacu Bandara Adisucipto.

Panorama semacam ini menjadi salah satu hal yang membuat banyak pengunjung datang untuk berlibur di Candi Ijo Sleman Yogyakarta. Saat anda berada di sekitaran Kota Sleman, maka wisata Candi Ijo Yogyakarta jangan sampai terlewatkan ya.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

harga tiket masuk candi ijo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113674919028622888917

Tahukah anda jika Candi Ijo ini merupakan bangunan percandian tertinggi di wilayah Yogyakarta dengan suguhan panorama luar biasa. Dibangun diatas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo, dengan ketinggian areanya mencapai 410 meter diatas permukaan laut.

Karena ketinggiannya tersebut membuat Candi Ijo Jogja ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan. Bahkan tak jarang, pengunjung yang datang kesini untuk menyaksikan terbitnya matahari dan juga menanti terbenamnya.

Dengan warna kuning keemasan yang memancarkan landscape luar biasa dan mampu menghipnotis banyak pasang mata. Untuk bisa berlibur di Candi Jogja hits satu ini maka para pengunjung tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Harga tiket masuk Candi Ijo di Sleman Yogyakarta sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja per orangnya, murah sekali bukan? Biaya tiket masuk yang relatif ekonomis ini menjadi salah satu hal mengapa kompleks percandian ijo tak pernah sepi dari pengunjung.

Anda bisa datang ke wisata Candi Ijo kapanpun sesuka hati, yang pasti sesuai dengan jam operasionalnya ya. Candi Ijo terbuka untuk umum setiap hari, dari Senin sampai Minggu pada jam 6 pagi hingga 5 sore.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Candi Ijo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107120506852568223718

Lokasi Candi Ijo berada disebuah lereng barat sebuah perbukitan menawan yang bernama Bukit Batur Agung. Diberi nama “Ijo” sebab keberadaan candi ini terletak di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo.

Kira-kira berjarak sekitar 4 km dari candi Ratu Boko ke arah tenggara. Yang dimana Ratu Boko merupakan sebuah candi yang juga cagar budaya paling populer di Jogja.

Alamat Candi Ijo berada di Jl. Candi Ijo, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari Alun-Alun Kota Sleman, maka jarak untuk mencapai Candi Ijo kurang lebih sejauh 24,6 km.

Letak persis Candi Hindu ini sangat dekat dengan salah satu wisata alam Jogja hits lainnya, yakni Tebing Breksi. Yang dimana hanya berjarak sekitar 1,6 km dengan menempuh perjalanan selama 6 menit berkendara.

Dataran kompleks utama candi yang memiliki luas sekitar 0,8 hektare ini bisa anda kunjungi dengan mudah menggunakan berbagai kendaraan. Tak perlu khawatir, sebab maps dibawah ini bisa anda akses guna mendapatkan petunjuk akurat guna memudahkan laju kendaraan.

Datang juga ke –> Gardu Pandang Kaliurang menawarkan pemandangan yang melimpah.

Fasilitas

fasilitas candi ijo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114489521387082165584

Adapun sarana prasana yang tersedia di wisata Candi Ijo Sleman, cukup memadai dalam rangka menunjang setiap aktivitas para pengunjung. Dan berikut ini fasilitas Candi Ijo yang antara lain meliputi :

  • Area parkir kendaraan luas
  • Pusat informasi wisata
  • Papan informasi sejarah Candi
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Homestay
  • Gardu pandang
  • Area bersantai
  • Spot foto menarik

Nikmati setiap sudut Candi Ijo yang menyimpan banyak kisah dan cerita menarik melalui arca, relief, dan juga prasasti. Jalan-jalan menelusuri berbagai keunikan yang ditawarkan Candi Ijo Jogja guna mengisi waktu libur anda agar semakin berwarna.

Kunjungi juga –> Green Kayen destinasi terbaik untuk menenangkan pikiran.

Spot Terbaik di Candi Ijo

spot terbaik di candi ijo
Foto : https://www.instagram.com/adjiesoul471/

Daya tarik wisata Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan yang kemudian terbagi dalam 11 teras berundak. Yang dimana pada teras ke 11 tersebut merupakan pagar keliling dengan delapan buah lingga patok.

Beserta empat bangunan berupa candi utama, dan tiga candi perwara yang dimana peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Corak Hindu yang kental bisa terlihat dari aneka bentuk seni rupa yang akan anda jumpai selama explore Candi Ijo Jogja.

Bangunan-bangunan di Candi Ijo ini berlatar belakang pemandangan alam melimpah yang begitu menakjubkan. Hamparan luas kota Jogja beserta landasan pacu Bandaran Adi Sucipto terlihat sangat mengagumkan dari sini.

Hal tersebut bisa anda manfaatkan guna menjadikannya background saat berfoto-foto ria guna merekam setiap momen selama berwisata. Dapatkan gambar yang menarik pada spot terbaik di Candi Ijo melalui foto selfie, groufie ataupun merekam video.

Review sebelumnya –> Jogja Bay yang kini telah berubah menjadi Waterboom Jogja.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi ijo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102830995705774892723
  • Karena berada di alam terbuka maka tentu akan lebih maksimal jika anda berkunjung pada saat hari cerah.
  • Jika dirasa cuaca sedang tidak mendukung maka sebaiknya tahan dulu rencana rekreasi anda ke Candi Ijo.
  • Anda bisa berkunjung saat sore menjelang malam guna menantikan terbenamnya matahari yang sangat mempesona.
  • Apabila datang di saat siang hari, bisa sedia payung atau topi untuk melindungi diri dari terik matahari.
  • Tetap mengutamakan keselamatan ketika liburan agar semua berjalan aman dan sesuai dengan harapan.
  • Perhatikan tata tertib bagi pengunjung yang sudah di tetapkan oleh pengelola wisata cagar budaya Candi Ijo.

Jadi demikian sudah anda ikuti beberapa informasi mengenai kompleks percandian bercorak Hindu yakni Candi Ijo. Candi Ijo Jogja sangat rekomended untuk anda yang ingin berwisata bahagia bersama keluarga dan juga orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − one =