Pulau Sumatera memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat indah bak surga duniawi. Sangat beragam wisata pulau yang tersedia disini, salah satunya adalah Pulau Poncan.

Pulau ini merupakan destinasi pantai yang berada di area pelabuhan. Karena lokasinya sangat menarik yang membuat pulau ini semakin ramai oleh pengunjung.

Tidak hanya itu tentunya Pulau Poncan Sibolga juga memiliki pesona keren. Ditambah dengan adanya panorama bahari Sumatera Utara yang sangat memukau.

Harga Tiket Masuk Pulau Poncan

harga tiket masuk Pulau Poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101509091442109981461

Pulau Poncan Ketek ini memberikan tarif HTM yang sebanding dengan keindahan serta fasilitas didalamnya. Umumnya harga tiket masuk tempat wisata ketika weekday berbeda dengan hari libur.

Namun ketentuan tersebut tidak berlaku di Pulau Poncan. Baik weekday maupun weekend beserta hari libur harga tiket masuk yang berlaku di Pulau Poncan ini relatif sama. Yaitu hanya sebesar Rp100.000.

Tentunya HTM ini telah sebanding dengan keindahan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Pulau Poncan ini sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket masuk ini juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101640526370633307427

Pulau Poncan atau yang biasa dikenal dengan Sibolga Marina Poncan ini beralamat di Kelurahan Pasar Belakang, Sibolga, Sumatera Utara. Akses menuju Kelurahan Pasar Belakang ini cukup mudah dengan transportasi darat.

Begitu juga dengan rute menuju objek wisata ini juga tidak terlalu sulit dilakukan. Jika Anda berasal dari luar Sumut Anda bisa memilih penerbangan menuju Bandara Pinang Sori.

Nah dari bandara tersebut Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Sibolga. Kemudian rute terakhir adalah Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sibolga.
Selanjutnya Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ke Pulau Poncan.

Waktu perjalanan yang harus ditempuh sekitar 15 menit. Perlu Anda ketahui bahwa ongkos kapal tergantung dengan ombak yang terjadi.

Sehingga sangat dianjurkan sekali untuk berangkat pagi agar ongkos kapal bisa lebih murah. Nah untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai panduan arah perjalanan.

Daya Tarik Pulau Poncan

daya tarik pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103824045055382730132

Daya tarik yang terlihat pada pulau ini adalah lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan. Meskipun begitu Poncan Island ini sangat aman dari pengaruh angina laut yang kencang.

Ditambah dengan panoramanya yang mampu menarik minat para wisatawan domestic maupun mancanegara.

Pulau Poncan Sibolga mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Karena airnya yang sangat bersih ditambah lagi dengan adanya jembatan menuju laut. Sehingga pengunjung bisa menikmati pesona laut dari jembatan tersebut.

Uniknya dari pulau ini adalah eksotika bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Sehingga akan membuat para pengunjung terkesan dan betah berada disini.

Fasilitas

fasilitas pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104663488837706813731

Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung tentunya setiap tempat wisata memiliki fasilitas tersendiri. Tak terkecuali dengan Pulau Poncan yang juga menyediakan berbagai fasilitas keren seperti :

  • Adanya dermaga kapal
  • Penginapan
  • Area camping
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Persewaan camping
  • Toilet

Seluruh fasilitas ini akan membuat Anda betah berada di Pulau Poncan dalam waktu yang cukup lama.

Meskipun harga tiket masuknya sangat terjangkau sekali. Pulau Poncan tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi para pengunjung dengan menyediakan berbagai fasilitas.

Jam Buka

jam buka pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100276423756014215709

Pulau Sibolga ini merupakan pulau terbuka yang bisa dikunjungi oleh siapapun. Sehingga Pulau ini tidak melakukan aturan jam buka. Karena 24 jam penuh pulau ini bisa dikunjungi oleh siapapun.

Jadi Anda bisa liburan sepuas mungkin berada disini tanpa tergesa-gesa takut dikunci dan sebagainya. Pengunjung bisa datang dan pergi kapanpun. Hal inilah yang menjadikan pulau ini unik dan semakin ramai dengan pengunjung domestik maupun macanegara.

Nah untuk itu agar Pulau Sibolga tetap ramah sebaiknya Anda turut berkontribusi sebagai pengunjung dengan tidak membuang sampah sembarangan. Perlu Anda ingat juga bahwa jam buka ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kondisi Pulau Poncan ini sendiri.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105446323998427108614

Setelah Anda mengetahui bahwa cukup banyak aktivitas yang disediakan oleh Pulau Poncan. Hal ini tentunya akan sangat mendukung Anda ketika melakukan berbagai aktivitas menarik. Aktivitas seru yang dapat Anda lakukan disini adalah :

Berenang dan snorkling

Ketika berlibur ke suatu pulau bermain air menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Nah untuk itu aktivitas berenang bisa Anda lakukan disini. Dengan berenang Anda bisa menikmati keindahan dan kesegaran air Pulau Poncan ini.

Selain itu disini Anda juga bisa bermain snorkeling bersama ikan hias dengan jumlah yang tidak sedikit.

Disini Anda hanya bisa melakukan mini snorkling karena terbatasnya habitat bawah laut yang tersedia. Seperti ikan kerapu, kuda laut dan bintang laut saja.

Trekking

Selain berenang dan melakukan snorkeling bawah laut, di Pulau Poncan ini Anda juga bisa melakukan trekking. Trekking sendiri merupakan aktivitas jelajah pulau seperti berjalan-jalan, menaiki tebing maupun mencari tempat teduh.

Uniknya disini terdapat sebuah goa yang jarang sekali dijamah oleh para wisatawan. Sehingga sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan kedalaman goa tersebut.

Nah bagi Anda yang memiliki nyali cukup besar boleh banget untuk mencoba trekking disini. Jangan lupa untuk membawa guide tour ketika melakukan trekking disini agar tidak tersesat.

Berfoto

Akan sangat sayang sekali jika keindahan dari Pulau Poncan tidak diabadikan melalui gambar maupun video. Setiap sudut pulau ini pasti sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai background foto.

Sedangkan untuk hasil yang lebih memukau Anda bisa mencoba trekking sedikit ke atas tebing. Karena diatas tebing tersebut Anda bisa melihat pesona Pulau Poncan dari atas.

Selain foto di daratan Anda juga bisa berfoto dengan habitat laut ketika snorkeling. Disini Anda bisa melakukan foto karena memang air pulau ini sangat jernih sekali.

Menginap

Karena tempat wisata ini buka selama 24 jam. Maka akan sangat sayang sekali jika Anda tidak menikmati suasana malam Pulau Poncan. Untuk itu Anda bisa melakukan aktivitas menginap disini.

Harga hotel di Pulau Poncan Sibolga juga cukup murah. Disini terdapat satu buah resort yang cukup terkenal. Yaitu Sibolga Marine Resort. Resort ini sudah tergolong eksklusif dengan tarif per malamnya hanya sekitar Rp400.000 an saja.

Review sebelumnya –> Pulau Kalimantung dengan pemandangan menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau poncan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112559548934781117170

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Poncan secara langsung. Tentunya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Nah pas banget berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda selama liburan di Pulau Poncan:

  • Usahakan berkunjung diwaktu pagi agar tiket kapalnya cukup murah karena ombaknya bersahabat.
  • Jarak pulau ini cukup dekat dengan Sibolga sehingga pulau ini bisa dikunjungi pulang dan pergi.
  • Jangan lupa untuk melakukan tawar menawar kapal penyeberangan ketika berada di pelabuhan.
  • Jangan lupa untuk membawa seluruh barang yang akan Anda butuhkan di tempat wisata.
  • Perhatikan dan awasi baik-baik seluruh partner liburan Anda jangan sampai ada yang tertinggal ataupun hilang jejak.
  • Patuhi peraturan yang berlaku di Pulau Sibolga dan jangan membuang sampah sembarangan.

Pulau Poncan ini menyuguhkan spot menarik dan pemandangan yang menenangkan. Untuk itu, jika Anda sedang membutuhkan healing, maka tempat ini bisa dijadikan solusi terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three − one =