Waduk Cipancuh terletak di daerah Indramayu, Jawa Barat. Waduk Cipancuh ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Indramayu.

Bagi masyarakat sekitar gantar indramayu, waduk ini memiliki manfaat untuk kegiatan sehari-hari. Biasanya digunakan untuk menampung air pada musim hujan tiba.

Waduk Cipancuh yang juga dapat dikatakan sebagai Bendungan Cipancuh ini selain sebagai tempat penampungan air juga merupakan tempat wisata. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Daya Tarik Waduk Cipancuh

daya tarik waduk cipancuh
Foto :

Kabupaten Indramayu sudah dikenal banyak memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Objek wisata Waduk Cipancuh adalah destinasi yang sangat disukai oleh masyarakat indramayu untuk menghabiskan waktu.

Pada awalnya, Waduk Cipancuh ini didirikan ketika zaman belanda. Luas Waduk Cipancuh kurang lebih sebesar 70 hektar.

Fungsi utama dari Waduk Cipancuh adalah sebagai menampung air hujan serta ari yang berasal dari sisa pembuangan . Air tersebut kemudian digunakan untuk mengairi sawah para petani di daerah Haurgeulis yang memiliki luas hingga mencapai ribuan hektar.

Ketika berkunjung ke Waduk Cipancuh, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air yang luas. Sehingga mata akan terasa lebih relax dan pikiran penat akan berangsur – angsur menghilang.

Hal yang sama juga dirasakan oleh beberapa pengunjung dengan memberikan review positif setelah mengunjungi Waduk Cipancuh. Salah satu pengunjung menuliskan review bahwa destinasi Waduk Cipancuh sangat asri, sejuk serta nyaman sebagai area wisata.

Maka dapat dikatakan destinasi wisata Waduk Cipancuh adalah destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, pasangan, teman maupun teman kantor. Waduk Cipancuh biasanya akan sangat ramai dikunjungi menjelang waktu liburan serta setiap akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Waduk Cipancuh

harga tiket masuk waduk cipancuh
Foto : https://www.instagram.com/ariwahono.id/

Seperti biasanya, sebelum memasuki kawasan destinasi wisata Anda perlu membayar untuk tiket masuk. Harga Tiket Masuk atau HTM ini tiap destinasi wisata juga bisa berbeda – beda.

Harga Tiket Masuk dari destinasi Wisata Waduk Cipancuh adalah sebesar Rp. 3.000. HTM ini berlaku setiap hari baik saat weekday maupun weekend.

Namun, perlu diingat Harga Tiket Masuk ini juga dapat berubah – ubah menyesuaikan dengan kondisi lokasi tersebut. Untuk dapat memastikan Harga Tiket Masuk Anda bisa menghubungi pihak Telaga Cipancuh terlebih dahulu.

Hal ini dapat membuat Anda dapat mempersiapkan budget yang perlu dipersiapkan sebelum mengunjungi destinasi wisata Waduk Cipancuh.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi waduk cipancuh
Foto : https://www.instagram.com/alieyudin/

Waduk Cipancuh terletak di daerah Gantar, Indramayu, Jawa Barat. Alamat lengkap dari Waduk Cipancuh Indramayu berada di desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi wisata Waduk Cipancuh dapat melewati jalan raya Haurgeulis – Gantar. Selain jalan tersebut, Anda juga bisa melewati jalanan desa menuju arah timur dari jalur Haurgeulis – Bantarwaru.

Transportasi yang dapat Anda gunakan menuju lokasi destinasi wisata Waduk Cipancuh dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ketika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa turun di pemberhentian terakhir di terminal bus kota atau dekat dengan kecamatan gantar.

Namun, agar lebih akurat mengenai alamat dan lokasi Waduk Cipancuh, Anda bisa menggunakan bantuan google maps. Lokasi destinasi wisata ini akan langsung dapat Anda tuju dengan mengikuti arah google maps tersebut.

Fasilitas

fasilitas waduk cipancuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109817005015332220738

Destinasi Wisata Waduk Cipancuh Indramayu dapat dikatakan salah satu wisata waduk yang sudah dilengkapi dengan fasilitas serta pelayanan memadai. Berikut merupakan fasilitas yang disediakan di Waduk Cipancuh:

  • Tempat Ibadah (Mushola)
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Warung wisata
  • Area bersantai
  • Pusat informasi
  • Tempat Parkir Kendaraan
  • Penginapan

Jam Buka

jam buka waduk cipancuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115676275132335864362

Destinasi wisata Waduk Cipancuh ini dapat sewaktu – waktu Anda kunjungi. Karena Waduk Cipancuh ini buka selama 24 jam.

Namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat perubahan jadwal buka dan tutup wisata waduk ini. Perubahan dapat terjadi menyesuaikan kondisi pada area Waduk Cipancuh.

Ada waktu terbaik bagi Anda yang akan mengunjungi Waduk Cipancuh ini. Waktu tersebut adalah ketika pagi hari serta sore hari.

Pada saat pagi hari, Anda akan menyaksikan matahari terbit atau sunrise yang akan menampilkan keindahannya. Tak hanya saat sunrise, pemandangan Waduk Cipancuh ketika sore hari saat matahari akan terbenam atau sunset juga tak kalah cantiknya.

Disamping itu, waduk ini juga memiliki latar belakang pemandangan pegunungan yang mampu menambah keindahan wisata tersebut. Banyak masyarakat sekitar lokasi Waduk Cipancuh akan berbondong – bondong datang untuk menikmati kedua moment tersebut.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan waduk cipancuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118411229935327452947

Destinasi wisata Waduk Cipancuh menyimpan banyak kegiatan yang dapat dilakukan disana. Lokasi wisata yang tenang, nyaman mampu membuat pikiran stress karena pekerjaan maupun kegiatan kuliah dapat lebih tenang.

Pemandangan air Waduk Cipancuh yang luas mampu menghasut mata dengan ketenangan. Ditambah lagi dengan segarnya udara yang menghembus disekitar area destinasi wisata Waduk Cipancuh.

Anda bisa menikmati ketenangan air dan hembusan angin Waduk Cipancuh dengan duduk – duduk santai di area pinggir waduk. Hamparan rumput yang luas menambah keindahan dari wisata Waduk Cipancuh.

Bagi wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahan Waduk Cipancuh, warga setempat telah menyediakan penginapan. Lokasi penginapan berada di dekat dengan lokasi wisata Waduk Cipancuh.

Dengan demikian, Anda dapat lebih lama untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian di luar sana. Anda juga bisa berolah raga sambal menyusuri area destinasi wisata Waduk Cipancuh dengan menikmati seluruh pemandangan yang dimilikinya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung waduk cipancuh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109694723491639774001

Sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata, Anda perlu mempersiapkan seluruh peralatan yang dapat menunjang kegiatan liburan. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan berlibur dapat berjalan lancar dan tidak terhalang apapun.

Seluruh kebutuhan pribadi Anda masing – masing janganlah lupa untuk dibawa. Kebutuhan pribadi seperti obat – obatan, pakaian dan lain sebagainya.

Terdapat peralatan tambahan yang dapat Anda bawa ketika berlibur yaitu kamera. Penggunaan kamera untuk mengabadikan moment yang indah ketika berlibur di wisata Waduk Cipancuh bersama teman – teman dan keluarga.

Tidak hanya itu saja, peralatan seperti tisu basah, sabun, sampo serta antiseptic juga perlu Anda persiapkan. Tentunya bertujuan untuk menjaga kebersihan ketika berlibur. Persiapkan pula fisik yang sehat agar ketika hari liburan telah tiba, Anda akan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Tidak lupa pula persiapkan kendaraan yang akan digunakan sehingga seluruh perjalanan menuju lokasi dapat berjalan dengan lancar. Tetap berhati – hati ketika dalam perjalanan juga penting untuk diperhatikan agar sampai lokasi tujuan dengan selamat.

Demikianlah seluruh informasi mengenai seluruh destinasi wisata Waduk Cipancuh. Waduk Cipancuh sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi yang berlokasi di kabupaten indramayu.

Semoga referensi dari destinasi wisata Waduk Cipancuh menjadi salah satu daftar list liburan Anda. Tetap jaga Kesehatan dan kebersihan ketika sedang berlibur di destinasi wisata dimanapun berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − nine =