Tempat wisata di Sumatera Utara ada banyak sekali yang dapat Anda kunjungi dengan pesona keindahan beragam. Dikenal dengan adat suku Batak nya yang mendominasi, wilayah ini menawarkan sederet destinasi wisata alam, budaya, kuliner, hingga keunikan sejarahnya.

Misalnya, Anda bisa menikmati pesona cantik nan eksotis dari Danau Toba yang sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Terutama saat Anda datang di bulan Desember, maka bisa menikmati pertunjukan festival yang diselenggarakan di Danau Toba.

Namun, selain itu masih banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Yuk, simak rekomendasi 30 tempat wisata di Sumatera Utara yang paling recommended dan sering dikunjungi.

1. Gedung London Sumatera Utara

Gedung London Sumatera Utara
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112451953871157933917

Gedung London Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata di Sumut yang mengusung konsep bangunan bergaya Eropa. Bangunan bersejarah zaman kolonial Belanda ini telah ada sejak tahun 1909 silam.

Di gedung lima lantai ini juga masih mempertahankan bentuk lift-nya sama seperti saat pertama kali didirikan. Dimana, cara naik dan turun lift dilakukan menggunakan tuas sederhana yang dikemudikan oleh operator, bukan menggunakan tombol.

Bangunan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini sangat dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan. Dan hingga sekarang masih digunakan oleh PT. London Sumatera. Tak tanggung-tanggung, bahkan Anda bisa menyewa cagar budaya ini sebagai background foto pre-wedding.

2. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Foto : https://www.instagram.com/anggalybaz/

Tempat wisata Sumatera Utara Medan selanjutnya adalah Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Berlokasi di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan telaga dengan dua warna.

Tidak hanya satu air terjun saja, di sini terdapat tiga air terjun sekaligus untuk mengabadikan momen foto yang instagramable. Nah, untuk tarif masuknya sekitar Rp25 ribuan saja dengan fasilitas yang tergolong lengkap dan sudah disediakan area berkemah.

Karena lokasinya yang cukup terjal, sehingga Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam. Jika dari kota Medan untuk sampai di air terjun ini. Pastikan Anda juga memiliki fisik yang kuat untuk menelusuri hutan dan perbukitan.

3. Danau Toba

danau toba
Foto : https://www.instagram.com/hadysurya_/

Hampir setiap orang di Indonesia pasti sudah mengetahui destinasi wisata Danau Toba yang terkenal akan keindahan alamnya. Selain itu, wisata Sumatera Utara Medan ini juga memiliki suasana udara sejuk dan airnya yang jernih sangat cocok menghilangkan stres.

Nah, saat berkunjung ke sini Anda bisa mengabadikan foto dari atas pegunungan Bukit Barisan dengan tiket masuk sekitar Rp5 ribuan. Di sini para pengunjung bisa mencoba aktivitas naik perahu dengan rute perjalanan jalur Tongging-Silalahi, Tongging-Samosir, atau Lingkaran Utara.

Danau seluas 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter ini termasuk danau terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya pun sangat strategis dan tidak pernah sepi pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati wisata ini secara langsung.

4. Desa Lingga

desa lingga
Foto : https://www.instagram.com/jejak_budaya/

Desa Lingga adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Simpangempta, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada sekitar 5 kilometer dari Kabanjahe. Desa ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berdirinya rumah-rumah adat yang telah berumur ratusan tahun.

Meski bangunannya sudah terlihat tua, namun kondisinya masih sangat kokoh dan layak untuk dijadikan tempat menginap. Diantaranya, seperti bangunan rumah adat suku Karo, Jambur, Sapo Page, dan Lesung.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan berbagai macam koleksi Kerajaan Karo zaman dahulu yang disimpan di Museum Karo.

Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp10 ribuan baik weekend atau weekday dan bisa berubah kapan saja. Untuk jam operasionalnya sendiri yaitu mulai dari pukul 07.00 sampai 20.00 WIB.

5. Menara Padang Tele

menara padang tele
Foto : https://www.instagram.com/dodiblangkon88/

Nah, ketika Anda mengunjungi Danau Toba, jangan lupa juga untuk singgah di Menara Padang Tele karena lokasinya yang memang berdekatan. Tepatnya, Menara ini beralamat di Turpuk Limbong, Harian, Samosir, Sumatera Utara.

Tempat wisata di Medan yang lagi hits ini mempunyai empat tingkatan dengan jarak pandang bervariasi. Misalnya, saat berada di posisi puncak Menara akan terlihat jelas keelokan Danau Toba. Yang dikelilingi bukit pinus dan Gunung Pusuk Buhit.

Tiket masuknya pun sangat murah meriah sekitar Rp7 ribuan saja, namun bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Jam buka objek wisata ini hampir setiap waktu, yakni pukul 06.00-24.00 WIB. Untuk fasilitasnya sudah sangat lengkap dan tersedia pula rest area dengan desain unik yang sangat diandalkan oleh pemburu foto.

6. Pantai Sialang Buah

pantai sialang indah
Foto : https://www.instagram.com/stevenstph/

Tempat wisata di Sumatera Utara selanjutnya yang dapat Anda datangi adalah Pantai Sialang Buah. Pantai yang beralamat di Pekan Sialang Buah, Kec. Teluk Mengkudu, Serdang Begadai, ini menyajikan panorama pasir putih begitu eksotis.

Salah satu spot foto instagramable di sini adalah jembatan tua yang menghubungkan antara dua dusun. Di sini Anda juga bisa melihat para nelayan pergi melaut atau memasak ikan segar yang tersedia di pelelangan.

Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas lengkap, seperti area parkir luas, gazebo, hingga wisata kuliner seafood yang lezat. Cukup dengan membayar retribusi masuk sebesar Rp5 ribuan saja. Anda bisa menikmati panorama air laut biru yang indah sepuasnya mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

7. Taman Alam Lumbini

taman alam lumbini
Foto : https://www.instagram.com/nina.lifeindo/

Berkunjung ke Taman Alam Lumbini sangat tepat untuk Anda yang ingin menikmati keindahan bangunan replika Pagoda Shwedagon di Myanmar. Bangunan yang resmi berdiri sejak 2010 ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Brastagi, Karo, Sumatera Utara.

Objek wisata yang terletak di dataran tinggi ini suasana alamnya begitu sejuk dan asri untuk menghirup udara segar. Dengan kemewahan pagoda emas dan keindahan arsitektur layaknya diluar negeri, Anda wajib menjadikannya sebagai latar berpose.

Taman seluas 3 hektare ini dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat. Dan hingga kini masih aktif buat ritual keagamaan. Walaupun harga tiket masuk di sini gratis, tetapi sebaiknya Anda menyiapkan donasi secara sukarela untuk ikut menjaga kelestarian kuil.

8. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Foto : https://www.instagram.com/iraa71051/

Air Terjun Sipiso-Piso adalah destinasi wisata yang terletak di Desa Pengambaten, Merek, Karo, Sumatera Utara. Tampat wisata yang dibuka selama full 24 jam ini dikelilingi oleh hutan pinus pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Untuk ketinggian air terjunnya sendiri yakni sekitar 120 meter. Sehingga tak heran jika wisata ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi ke-6 di Indonesia. Namun, agar bisa melihat air terjun dari dekat, Anda harus berjuang menyiapkan stamina dengan menuruni 1.000 anak tangga.

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sini adalah menikmati matahari terbenam. Dan juga kemewahan Air Terjun Sipiso-Piso dari gardu pandang. Tiket masuk ke area ini juga tergolong terjangkau sekitar Rp7 ribuan dewasa dan Rp5 ribuan untuk anak-anak.

9. Pantai Olo

pantai olo
Foto : https://www.instagram.com/kancocity/

Wisata lainnya yang juga bisa dibilang populer di wilayah Medan, Sumatera Utara adalah Pantai Olo. Pantai yang menyimpan banyak kenangan manis ini sudah dibuka sejak puluhan tahun silam dengan harga tiket masuknya sekitar Rp15 ribuan.

Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan disuguhkan dengan panorama lautnya yang jernih dan semilir angin sepoi-sepoi. Para pengunjung pun diperbolehkan berenang di tepi pantai ini karena memang ombak lautnya yang cukup tenang.

Aktivitas utama yang sangat disukai pengunjung yakni menikmati panorama pantai dan kapal pelabuhan berlalu Lalang sambil memancing ikan. Jika Anda merasa lelah, di sini sudah tersedia pula restoran, bangku taman, area bermain, bebek air, hingga live music.

10. Istana Maimun

istana maimun
Foto : https://www.instagram.com/gmontadaro/

Istana Maimun juga sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat berada di Kota Medan, Sumatera Utara. Bangunan bersejarah ini didominasi oleh warna kuning dengan pesona arsitekturnya yang luar biasa.

Sementara nuansa Eropa bangunan ini bisa Anda lihat dari ornamen pada lampu, lemari, kursi, meja, dan pintu dorong. Setidaknya ada 30 ruangan di istana ini yang di dalamnya berisi prasasti bahasa Belanda, perabotan istana, hingga Meriam puntung laras.

Selain menikmati kemegahan bangunannya, di istana ini Anda bisa sekaligus belajar tentang budaya melayu, berapa usia bangunannya, hingga desainnya. Pengunjung harus menyiapkan uang sekitar Rp5 ribuan per orang dan Rp30 ribuan jika ingin menyewa baju adat melayu.

11. Danau Siombak

danau siombak
Foto : https://www.instagram.com/enqya/

Selain Danau Toba, terdapat pula destinasi wisata Danau Siombak yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Sumatera Utara. Lokasinya dibuka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB ini termasuk danau buatan yang dialiri oleh Sungai Terjun dan Sungai Deli.

Danau Siombak juga merupakan salah satu wisata gratis di Sumatera Utara yang menghadirkan fasilitas lengkap dan suasana menenangkan. Ditambah lagi, di danau ini terdapat beberapa gerombolan burung bangau putih yang semakin memperindah pemandangan.

Tenang saja, ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda abadikan di sini. Anda bisa memotret danau berkilau sinar matahari dengan ombaknya yang indah atau berfoto di atas speedboat dan bebek dayung.

12. Pantai Tureloto

pantai tureloto
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107973436823717281711

Pantai Tureloto adalah destinasi wisata bahari yang terletak di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Di sini tumbuh batu karang dan bebatuan sangat indah dengan keindahan pasir putihnya yang lembut.

Sehingga menjadikan pantai ini cukup mendunia di kalangan wisatawan turis. Pantai menawan ini memiliki ciri khas berupa kadar garamnya yang sangat tinggi seperti Laut Mati.

Jadi, meskipun ombaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia cukup besar, tetapi Anda tak perlu khawatir karena bisa mengapung.

Dengan adanya benteng berupa batu karang yang menyerupai kolam renang, sehingga Anda bebas mencoba aktivitas snorkelling dan berenang. Rute lokasi menuju pantai ini pun sangat mudah sekitar 3 jam dari Bandara Binaka Nias dengan tarif yang gratis.

13. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion
Foto : https://www.instagram.com/pojokjendela/

Tjong A Fie Mansion adalah wisata religi di Kota Medan Barat, Sumatera Utara yang bisa Anda jadikan tempat singgah. Bangunan bekas zaman kolonial ini sangat kental dengan etnik Tionghoa dan tetap berdiri kokoh meski sudah dibangun ratusan tahun silam.

Dengan perpaduan gaya desain yang unik antara Eropa dan Chinese, mansion bisa menjadi spot menarik untuk berfoto instagenic.

Untuk jam operasionalnya hanya dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB saja, dan tutup saat tahun baru imlek. Ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sini.

Misalnya, Anda bisa melihat berbagai foto sosok Tjong A Fie semasa hidupnya dalam bentuk portrait. Selain itu, pada hari tertentu Anda juga bisa menikmati pertunjukan tari daerah di dalam museum.

14. Pantai Pink

pantai pink
Foto : https://www.instagram.com/rasta_travelworld/

Layaknya Pink Beach yang terletak di Lombok, NTT. Nah di Kepulauan Nias ini Anda juga dapat menemukan pantai dengan pasir berwarna merah muda. Fenomena yang terjadi di Pantai Pink ini berlangsung sepanjang tahun, tanpa dipengaruhi oleh cuaca.

Letaknya berada di Harewakhe, Afulu, Nias, Sumatera Utara dan dinaungi oleh perbukitan hijau dan airnya yang jernih. Warna merah dari pasirnya ini semakin terlihat jelas ketika ada pancaran terik matahari.

Pantai yang tidak pernah membatasi waktu berkunjung ini menawarkan aktivitas snorkelling dan diving. Di area tepi pantai untuk melihat keindahan biota laut. Beragam jenis karang dan ikan cantik warna-warni bisa Anda lihat di sini.

15. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya
Foto : https://www.instagram.com/backpackernusantara.id/

Sumatera Utara memang sangat terkenal dengan masyarakatnya yang multiagama. Salah satunya, Anda bisa merasakan suasana religi dan mendapatkan ilmu baru seputar agama Budha di Vihara Adhi Maitreya.

Vihara ini lokasinya berada di komplek perumahan Cemara Asri, Jl, Boulevard Utara, Medan, Sumatera Utara. Bangunan ini telah berdiri sejak 1991 juga tidak memasang tarif kepada pelanggannya yang datang.

Namun, karena ini adalah tempat ibadah, pastikan Anda selalu menjaga sopan santun dan ketenangan sebagai bentuk menghormati agama. Bagi Anda merasa lapar juga tidak perlu khawatir. Sebab di sini terdapat banyak pujasera atau food court yang menawarkan makanan dan minuman.

16. Kebun Binatang Medan

kebun binatang medan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112588978958795835134

Kebun binatang tampaknya memang selalu bisa ditemui pada setiap wilayah di Indonesia. Diantaranya, Anda dapat mengunjungi Kebun Binatang Medan untuk menghabiskan liburan dan sarana edukasi bagi anak-anak.

Ada beragam jenis satwa yang bisa dilihat oleh para pengunjung dengan tiket masuk sekitar Rp12 ribuan saja untuk hari biasa. Dan Rp15 ribuan untuk weekend. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun tidak diharuskan membayar tiket.

Selain berkeliling melihat satwa, di sini Anda juga bisa menikmati keseruan aktivitas outbond. Seperti bermain wahana air, flying fox, dan lainnya. Jangan lupa untuk membawa tikar agar dapat digelar di area kebun binatang sambil bersantai dan bercengkerama bersama keluarga.

17. Pantai Cermin

pantai cermin
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103272163042818866995

Berlokasi di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Pantai Cermin ini sangat menarik dikunjungi bersama keluarga. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Medan. Anda sudah bisa bermain pasir dan berjemur di pantai ini.

Selain menghadirkan suasana deburan ombak terdengar merdu, wisata pantai di Sumatera Utara ini juga memiliki fasilitas yang berkesan. Misalnya, setelah puas berenang, Anda bisa mencoba fasilitas resort dan taman hiburan anak.

Bukan resort seperti biasanya, sebab di sini terdapat banyak wahana air yang mempesona. Mulai dari banana boat, speed boat, jetski, hingga fishing boat. Di kawasan ini tersedia pula kebun binatang mini menyajikan beragam binatang laut yang menarik dan bisa diajak selfie.

18. Hairos Water Park

hairos waterpark
Foto : https://www.instagram.com/cakram_id/

Saat berada di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara, sebaiknya sempatkan pula untuk mengunjungi kawasan Hairos Water Park. Wisata kolam renang ini menghadirkan nuansa tembok yang berwarna-warni dan banyak wahana seru bisa dimainkan anak.

Misalnya, untuk anak-anak telah disediakan permainan sepertim jungkat-jungkit mini, ember tumpah, hingga ayunan. Kolam renangnya pun cocok untuk segala umur mulai dari kolam ombak, kolam air menari, lazy river, dan seluncuran air.

Agar semakin puas berkunjung, Anda bisa mulai datang ke tempat wisata di Medan ini mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Destinasi wisata ini sangat cocok Anda nikmati saat liburan akhir pekan.

19. Masjid Raya Medan

masjid raya medan
Foto : https://www.instagram.com/hadipramono82/

Apabila sebelumnya sudah dibahas tentang wisata peribadatan Vihara dan Klenteng, kini saatnya Anda mengunjungi Masjid Raya Medan. Wisata Sumatera Utara ini sudah dibangun sejak tahun 1990-an dan masih terlihat megah hingga sekarang.

Keunikan dari masjid ini yaitu nuansanya yang kuat akan perpaduan desain arsitektur zaman Belanda dan Turki. Masjid peninggalan Kesultanan Deli ini interiornya pun sangat menawan. Yang berasal dari Italia, seperti mimbar, tiang marmer, kaca patri, lampu hias, dan ubinnya.

Bagi Anda yang ingin beribadah di sini tidak akan dikenakan biaya masuk dan bebas kapan saja karena dibuka setiap hari. Tentunya, masjid ini selalu ramai wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikan kemegahan desainnya, terutama saat Ramadhan tiba.

20. Pantai Mutiara

pantai mutiara serdang bedagai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107212708101572356473

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Serdang Bedagai dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Pantai Mutiara. Berkat garis pantainya yang memanjang dan view indahnya, sehingga pengunjung dapat lebih aman bermain di sisi pantai.

Pantai ini ternyata merupakan tempat penangkaran untuk ikan laut dan kepiting. Yang juga menjadi mata pencaharian utama bagi masyarakat di sana. Jika merasa lapar, cobalah untuk menikmati sajian menu makan siang di kawasan hutan bakau yang sangat lezat dengan harga terjangkau.

Nah, untuk biaya masuknya cukup mengeluarkan uang sekitar Rp8 ribuan saja, serta tambahan biaya parkir kendaraan. Berkunjung ke pantai ini dijamin mampu mengusir penat dengan nuansa pantainya yang asri dan natural untuk duduk bersantai.

21. Green Hill City

green hill city
Foto : https://www.instagram.com/jasawisata88/

Masih ada destinasi wisata menarik lainnya di Sumatera Utara, yakni Green Hill City. Kawasan perumahan elit yang buka setiap pukul 09.00-19.00 WIB ini berlokasi di Jl. Let.Jend. Jamin Ginting, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Di sini Anda akan menemukan beragam wahana permainan yang populer. Seperti roller coaster, kincir raksasa, bioskop 4D, bombom car, dan baling-baling. Bagi pengunjung yang membawa balita juga tidak perlu cemas karena di sini sudah disiapkan wahana permainan istana anak.

Fasilitas Green Hill City juga meliputi kursi gazebo, toilet, parkiran yang luas, mushola, restorant, ruang kesehatan, hingga toko souvenir. Jika Anda tertarik menjelajahi keseruannya, cukup siapkan uang sekitar Rp50 ribuan untuk wahana reguler dan Rp90 ribuan untuk wahana terusan.

22. Savana Afrika

savana afrika medan
Foto : https://www.celotehpraja.com/

Apakah Anda merasakan penasaran bagaimana indahnya suasana padang sabana? Tidak perlu jauh-jauh, kini Anda bisa mengunjungi Savana Afrika yang terletak di Tanah Karo, Medan, Sumatera Utara.

Lokasinya berada di kawasan Berastagi dengan ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Sehingga dari sini Anda bisa menyaksikan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Lingkungannya yang sangat luas dan udara bebas polusi masih sangat kental bisa Anda rasakan di sini.

Bahkan, Anda bisa abadikan momen terindah dengan berswafoto di depan pegunungan dan pepohonan yang mengapit tempat ini.

Lokasi ini sangat romantis Anda kunjungi bersama keluarga untuk bersantai dan melihat pemandangan sambil melihat kuda liar. Apalagi berkunjung ke sini Anda tidak perlu merogoh kocek alias gratis.

23. Pantai Bali Lestari

pantai bali lestari
Foto : https://www.instagram.com/syahrudi128/

Pilihan lainnya dari wisata bahari yang terletak di Sumatera Utara adalah Pantai Bali Lestari. Pantai ini terletak di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dengan tampilan gapura candi dan patung dewa menyerupai di Bali.

Beberapa aktivitas seru yang disediakan di sini adalah menyewa kapal kecil untuk keliling sekitar pantai. Atau berfoto di bawah hiasan paying warna-warni. Di sekeliling pantai juga dipasang bendera dengan motif kotak-kotak khas Bali.

Lalu, jika Anda merasa lelah dapat bersantai di pondok rumbai sambil menikmati kudapan yang dapat dibeli dari warung kecil. Kemudian, untuk tarifnya hanya sekitar Rp15 ribuan saja, serta Rp20 ribuan untuk menyewa fasilitas banana boat dan speedboat.

24. Salju Panas Tinggi Raja

salju panas tinggi raja
Foto : https://www.instagram.com/abelgadogado/

Salju Panas Tinggi Raja adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui orang. Terutama bagi yang berasal dari luar daerah. Obyek wisata ini letaknya di Desa Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungan, Sumut.

Asal mula pemberian nama lokasi ini yakni kawahnya yang didominasi warna putih menyerupai salju dan airnya panas. Airnya ini berwarna biru kehijauan dan sungguh menakjubkan seperti sebuah danau.

Meski jarang terekspos, namun aliran airnya yang panas dan indah layaknya di kolam rumah mewah ini akan membuat Anda terpesona. Kawasan wisata ini dapat Anda tempuh sekitar 3 jam dari pusat Kota Medan dengan biaya masuk sekitar Rp5 ribuan.

25. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser
Foto : https://www.instagram.com/joe_namanya98/

Tempat wisata di Sumut berikutnya yang recommended untuk dikunjungi yakni Taman Nasional Gunung Leuser. Destinasi wisata alam dengan luas mencapai 1.1 juta hektar ini menyimpan beragam suaka margasatwa yang telah dilindungi oleh UNESCO.

Jika tertarik mengunjunginya, cobalah untuk melakukan aktivitas hiking sambil melintasi kawasan hutan alami yang merupakan habitat harimau. Anda juga bisa refresh sejenak dengan menikmati kegiatan camping, arung jeram, memancing, pengamatan penyu, hingga spot flora dan fauna lainnya.

Karena lokasinya lumayan terjal, sehingga Anda disarankan untuk berkunjung di Bulan Juni sampai Oktober saja. Yang rentang curah hujannya cukup rendah. Nantinya, Anda akan dikenakan biaya karcis sebesar Rp8 ribuan saja untuk pengunjung domestik.

26. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113239721922088062089

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery telah diresmikan sejak 14 Mei 1999 lalu sebagai kawasan wisata edukasi. Museum ini beralamat di Jl. S. Parman No.309, Petisah Hulu, Medan Baru, Sumatera Utara dengan jam operasional mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Menjadi museum pertama dan satu-satunya di seluruh penjuru dunia yang menyimpan ribuan koleksi binatang liar yang diawetkan dari hasil berburu.

Jadi tidak heran jika hewan-hewan di sana seolah-olah hampir tampak hidup. Beberapa diantaranya yaitu gajah, banteng, singa, badak putih, macan tutul, mambruk, ular kobra raja, hingga komodo.

Hanya dengan membayar tarif sekitar Rp75 ribuan saja, Anda sudah bisa berpetualang aneka safari. Dan juga berfoto dengan latar koleksi hewan langka.

Bahkan, di sini juga terdapat banyak koleksi pribadi tokoh olahraga dan film dunia. Seperti sarung tinju Mike Tyson serta Muhammad Ali.

27. Bukit Gundaling

bukit gundaling
Foto : https://www.instagram.com/robin_vins96/

Nah, selain berwisata ke air terjun atau cagar alam. Anda juga bisa melihat pesona sunrise dan sunset dari atas Bukit Gundaling. Lokasinya yang berada di Kecamatan Berastagi, Karo, Sumatera Utara ini menawarkan keindahan pada ketinggian 1.575 mdpl.

Beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai di bukit ini, seperti berjalan kaki, menunggangi kuda, dan naik delman. Tentunya, selama di perjalanan ini Anda bisa melihat berbagai bunga cantik hingga hewan-hewan, seperti burung, rusa, babi hutan, dan monyet.

Meskipun destinasi wisata ini termasuk kawasan terbuka, tetapi fasilitas yang tersedia sudah memadai. Mulai dari toilet, kedai makanan, dan pusat oleh-oleh.

Tempat wisata ini buka setiap hari sepanjang waktu. Dengan tarif mulai Rp7 ribuan untuk hari biasa dan khusus weekend sekitar Rp10 ribuan.

28. Kebun Raya Tongkoh

kebun raya tongkoh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111879681755067416465

Wisata baru di Sumatera Utara yang saat ini sedang hits adalah Kebun Raya Tongkoh. Tempat wisata yang terletak di wilayah Berastagi ini menjadi lokasi penangkaran terlengkap menghadirkan beragam tanaman hias dan buah.

Secara keseluruhan, komoditas utama yang dihasilkan oleh kebun ini meliputi buah markisa, buah jeruk, dan buah stroberi. Saat berkunjung ke kebun seluas 25.97 hektar ini pastikan Anda mengenakan pakaian tebal karena kondisi cuaca nya yang sangat dingin.

Nah, bagi Anda yang menyukai aktivitas berkebun, maka tidak akan rugi membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribuan. Sebab, selain diajak berkeliling, Anda pun bisa melihat proses budidaya tanaman dan memetik buah untuk dimakan langsung atau dijadikan oleh-oleh.

29. Pulau Samosir

pulau samsosir
Foto : https://www.instagram.com/samosir_indah/

Pulau Samosir yang beralamat di Desa Pangururan, Samosir, Sumatera Utara ini termasuk salah satu pulau terbaik di Indonesia. Destinasi Pulau seluas 630 kilometer persegi ini menyimpan banyak panorama alam dengan keindahan tiada duanya.

Salah satunya Anda bisa mengambil gambar menarik dari atas Bukit Holbung sambil berkemah mendirikan tenda. Selain itu, Anda juga dapat berpetualang seru di Gowa Marlakkop atau melihat pertunjukan tari Sigale-Gale.

Nah, di pulau ini Anda juga bisa menemukan berbagai patung khas peninggalan suku setempat dan mengelilingi Museum Huta Bolon Simanindo. Namun, agar bisa sampai di sini, Anda diharuskan naik kapal feri dengan tarif sekitar Rp100 ribuan.

30. Mikie Funland

Mikie Funland
Foto : https://www.instagram.com/widyaping/

Obyek wisata Sumatera Utara terakhir yang sangat direkomendasikan untuk Ada adalah Mikie Funland. Di taman rekreasi didesain mirip Dufan ini menghadirkan 34 wahana permainan yang menarik dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Misalnya, Anda bisa menikmati wahana dolphin bay yang sangat cocok untuk memacu adrenalin. Dimana Anda akan diajak memutar dan mengayun dalam baling-baling.

Selain itu, masih banyak wahana seru lain. Seperti volcano, sky bike, twister, sea monster, bon voyage, buzz coaster, dan lain-lain.

Anda juga jangan khawatir akan merasa gerah saat bermain, sebab lokasinya yang berada di pegunungan ini terasa begitu sejuk. Jika berencana berkunjung ke Mikie Funland, pastikan Anda menyiapkan budget sekitar Rp95 ribuan.

Itulah ke-30 tempat wisata di Sumatera Utara yang dapat Anda jadikan referensi untuk menambah keseruan berlibur di sana. Kira-kira mana destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi bersama anggota keluarga atau teman terdekat?

Jika sudah tahu tempat mana yang ingin di tuju, maka selanjutnya Anda perlu mencari tahu informasi terkait tentang destinasi wisatanya. Agar liburan semakin menyenangkan, pastikan Anda menyiapkan segala keperluan liburan dengan baik, termasuk kamera yang hendak digunakan untuk berfoto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − ten =