Danau Beratan Bedugul – Indonesia sampai saat ini memang masih mengandalkan Pulau Dewata Bali sebagai salah satu kawasan wisata unggulan yang tidak akan pernah luntur sedikit pun. Kebudayaan yang berpadu dengan keindahan alam menjadi daya tarik yang tidak akan pernah bisa di tolak oleh siapa pun.

Alasan lain mengapa wisatawan harus pergi ke Bali adalah hadirnya Danau Beratan Bedugul yang memiliki panorama nan esoktis. Disini, kita bisa merasakan bagaimana adat dan istiadat masih sangat kental berpadu dengan pesatnya perkembangan zaman yang tidak bisa ditolak.

Nama asli dari objek wisata ini adalah Danau Beratan tetapi, banyak pengunjung yang lebih mengenalnya dengan nama Danau Bedugul lantaran tempat ini yang terletak di daerah Bedugul.

Objek wisata ini berada di atas ketinggian 1.239 mdpl. Oleh karena itu, tidak heran bila kawasan ini begitu disukai oleh kebanyakan wisatawan karena suhu udaranya yang sangat sejuk, tenang dan juga damai.

Bagi anda yang mengunjungi tempat ini, disarankan untuk membawa payung atau jas hujan. Tempat ini mempunyai intensitas hujan yang cukup tinggi.

Apalagi, saat masuk musim penghujan. Dengan pemandangan yang membuat waktu anda akan berhenti begitu saja. Warna-warni bunga, pohon cemara,  serta hijaunya rerumputan menjadi sajian utama dari kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Danau Beratan

harga tiket masuk danau beratan bedugul
foto: https://www.instagram.com/novemlawalata/

Untuk menikmati Objek wisata ini kita akan dikenakan harga tiket masuk Danau Beratan Bedugul sebesar 20 ribu rupiah untuk dewasa. Bagi anak-anak akan dikenakan biaya sebesar 15 ribu rupiah.

Biaya ini belum ditambah dengan tarif parkir untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah. Bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar 2 ribu rupiah. Harga yang cukup bersahabat bukan bagi anda yang ingin menikmati objek wisata ini.

Untuk jam operasionalnya sendiri wisata Danau Beratan Bedugul akan di buka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup kembali pada pukul 6 petang.

Kunjungi juga daftar 25 wisata bali yang sangat rekomended untuk dikunjungi.

Alamat Dan Rute Lokasi

alamat danau beratan bedugul
oto: https://www.instagram.com/naispict_/

Alamat Danau Beratan Bedugul terletak di Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Bila anda berangkat dari Kuta, anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam lamanya dengan jarak tempuh kurang lebih 62 km.

Jalan menuju Danau Beratan Bedugul bisa anda mulai dengan mengarahkan kendaraan menuju ke Jl. Kuta Theater hingga Jalan Kuta Raya Kuta sejauh 4,2 km. Selanjutnya, belok ke kanan ke Mahendratta Selatan sejauh 8,3 km. Masuk ke HOS Cokroaminoto hingga 1,9 km kedepan.

Rute menuju Danau Beratan Bedugul selanjutnya adalah menuju ke Jl. Raya sempidi – I. Gusti Ngurah Rai – Mengwi. Lalu, belok ke kanan menuju ke Jalan I Gusti Ketut Jelantik hingga 35 km dengan jalanan khas pegunungan.

Sehingga, disarankan untuk berhati-hati dan tidak usah ngebut. Lalu, belok ke kanan. Kurang lebih 300 meter lagi anda akan sampai di titik lokasi.

Kunjungi juga: Tempat Populer Beli Oleh-Oleh Khas Bali.

Spot Wisata Danau Bedugul Bali

Berikut beberapa destinasi yang bisa anda nikmati di wisata ini:

1. Pura Ulun Beratan

pulau ulun bedugul bali
foto: https://www.instagram.com/ficroom/

Pesona elok dari Danau Beratan Bedugul adalah adanya Pura yang sangat esoktis. Namanya adalah Pura Ulun Danu Bratan. Menariknya dari objek wisata ini adalah anda akan melihat kawasan ini naik keatas seperti terapung bila air danau sedang naik.

Bangunan dari Pura ini pun cukup menarik. Dimana kita bisa melihat atap yang bertingkat, dengan tingkatannya yang cukup beragam ada 11, 7,  dan 3 tingkat. Mengapa dibuat tingkatan? Karena, masyarakat sekitar masih terpengaruh kepercayaan mengenai adanya tiga dewa yaitu Wisnu, Brahma, dan Juga Shiwa.

Pura ini pun juga mempunyai stupa Budha yang mengisyaratkan bahwa kerukunan antar umat beragama di tempat ini sudah cukup baik.

Dari kebersihannya pun jangan ditanyakan lagi. Benar-benar terjaga dan patut diacungi jempol dua. Disini pula, beberapa masyarakat sekitar sering mengadakan upacara-upacara keagamaan yang terlihat menarik untuk disaksikan bersama.

Baca juga: 10 Wisata Kuliner Khas Bali yang bisa anda coba.

2. Pesona Lain Danau Beratan

alamat danau bedugul
foto: https://www.instagram.com/anisha_naya/

Aktifitas lain yang bisa kita nikmati disini adalah berkeliling danau. Dimana, pihak pengelola sudah menyiapkan perahu-perahu yang siap mengantar anda. Kedalaman Danau yang mencapai 23 meter ini membuat anda harus berhati-hati agar tidak tenggelam.

Untuk harganya sendiri tergatung dengan jumlah orangnya. Bagi anda yang berangotakan 4 orang akan dikenakan biaya 100 ribu rupiah untuk satu kali putaran. Bagi anda yang berjumlah 8 orang akan dikenakan tarif sebesar 185 ribu rupiah.

Menariknya di tempat ini adalah hadirnya, beberapa warung makan yang menyajikan berbagai makanan khas nan nikmat menggoda dengan harga yang juga bersahabat. Bagi anda warga muslim, jangan khawatir karena, ada beberapa warung yang juga menyediakan makanan halal untuk anda santap.

Disini, juga menyediakan musholla walau harus turun terlebih dahulu beberapa anak tangga bila, anda ingin menunaikan ibadah Sholat. Selain itu, kita juga bisa menikmati beberapa kios-kios penjual oleh-oleh seperti buah strawberry yang sangat menyegarkan.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah pagi hari. Dimana, anda akan menikmati kabut-kabut tipis yang membuat udara semakin dingin dan keindahaannya semakin mempesona.

Kunjungi juga daftar cafe hits di bali yang rekomended.

3. Spot Foto Menarik

spot foto danau beratan bedugul
foto: https://www.instagram.com/prathphotobali/

Keindahan yang disajikan di Lokasi wisata Danau Beratan Bedugul membuat siapa pun wajib membawa kamera yang mumpuni. Agar setiap sudutnya bisa di abadikan melalui foto dan gambar. Apalagi, pesona matahari terbit dan matahari tenggelam yang benar-benar akan menghentikan waktu anda untuk sekejap.

Warna langit yang berubah menjadi oranye tampak cantik dengan siluet-siluet yang dihasilkan pula. Disini pula, kita bisa memanfaatkannya untuk foto prewedding. Biaya yang harus ditanggung kurang lebih 600 – 800 ribu rupiah. Bila ingin menyewa perahu, harganya mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Waktu terbaik untuk melakukan proses prewedding mulai pukul 5 pagi hingga 8 pagi. Tetepi, diharapkan anda membuat janji terlebih dahulu satu hari sebelum prosesi.

4. Penginapan Sekitar

hotel di bedugul
foto: https://www.instagram.com/dearhening/

Danau Beratan Bedugul memang terlihat mempesona dan membuat anda ingin menikmatinya lagi dan lagi. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menyewa penginapan. Dimana, di sekitar objek wisata sudah tersedia beberapa penginapan.

Rekomendasi yang bisa diberikan untuk anda adalah  CLV Hotel & Villa yang terletak di Jl. Raya Bedugul, Candi Kuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak menuju ke objek wisata kurang lebih 5 km atau hanya membutuhkan waktu 12 menit dengan jalan kaki.

Harga per kama per malam mulai dari 400 ribuan dengan berbagai macam fasilitas menarik yang bisa dinikmati ada wifi super kencang, dengan berbagi pilihan kamar seperti 2 dan 3 bedroom villa, deluxe, dan superior.

Rekomendasi selanjutnya adalah cemara bedugul yang jaraknya hanya 5 km dan membutuhkan waktu 15 menit bila harus berjalan kaki. Harganya pun juga tidak terlalu jauh dari CLV Hotel yaitu mulai dari 430 ribu rupiah. Dengan keadaan yang sangat bersih dan sangat nyaman. Fasilitasnya pun cukup mumpuni membuat anda sulit untuk move on.

Danau Beratan Bedugul adalah keindahan di Pulau Dewata yang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh objek wisata lain. Banyak yang sudah berkunjung ke tempat ini lalu, kapan anda akan berkunjung ke sini juga?

Explore Tempat Wisata di Semarang Paling Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here