Pantai Ngeden – Wisata Selatan Yogyakarta yang masuk ke dalam wilayah Gunung Kidul membuat kawasan ini mempunyai jajaran pantai yang banyak dan beragam.

Salah satunya adalah Pantai Ngeden. Dimana, objek wisata ini masih sangat alami dan asri. Kesunyiannya menambah kesan esoktis bagi siapa setiap pengunjung yang datang.

Beberapa warga sekitar menyebut tempat ini dengan nama Ngedan. Atau dalam bahasa jawa mempunyai arti orang gila. Kemudian, oleh pemerintah Yogyakarta di ganti dengan nama Pantai Ngeden.

Objek wisata ini memiliki garis pantai. Dimana, bila kita melihatnya lebih dalam bentuknya akan mirip dengan teluk kecil.

Menariknya, tempat wisata ini tidak mempunyai ombak yang cukup ganas. Tenang dan sedang-sedang saja. Hal inilah yang cukup menguntungkan bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Tetapi, tetap saat berada di tempat ini harus berhati-hati karena, bawah arusnya yang tidak bisa di tebak sama sekali. Bisa-bisa berubah apalagi, kalau cuaca sedang buruk. Maka, kita harus lebih berhati-hati dan waspada.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngeden

harga tiket masuk pantai ngeden
foto: https://www.instagram.com/ariffebriy/

Menarinya, harga tiket masuk pantai Ngeden ini tidak akan dikenakan biaya apa pun kecuali. Tarif parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi anda yang menggunakan mobil.

Serta 2 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor. Cukup murah bukan ongkos yang harus anda bayar bila, ingin menikmati objek wisata ini.

Simak juga daftar 50 pantai di Gunung Kidul yang mempunyai pemandangan indah dan menarik.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai ngeden
foto: https://www.instagram.com/ratihsukmaresi/

Alamat pantai Ngeden terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55871.

Menuju ke objek wisata ini hanya bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi saja. Mengingat belum adanya transportasi umum yang ramah di tempat ini.

rute menuju pantai Ngeden bila berangkat dari Yogyakarta mempunyai dua jalur. Pertama, bisa melalui Ring road, piyungan, pathuk atau bukit bintang. Lalu, menuju ke hutan bunder. Pertigaan lapangan udara Gading, Paliyan,

Dari sini lurus saja hingga sampai di pasar paliyan. Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke Saptosari hingga sampai di Jalan Ciblok. Tidak lama setelah ini kita akan menemukan beberapa papan petunjuk. Ikuti saja hingga anda akan sampai di titik lokasi.

jalan menuju pantai Ngeden juga bisa dari arah Bantul. Arahkan kendaraan menuju ke wilayah Imogiri, selanjutnya masuk ke Jalan Siluk Panggang. Tetap di jalan ini hingga anda sampai di Jalan Panggang – Wonosari. Setelah itu, belok ke kiri menuju ke pertigaan Jeti hingga saptosari. Ikuti saja papan petunjuk yang sudah tersedia di tempat ini.

Jangan senang terlebih dahulu bila kita sudah memakirkan kendaraan disini. Lantaran, kita akan dituntut untuk jalan menuju ke titik lokasi. Ada dua pilihan jalan yang bisa kita pilih. Tetapi, paling disarankan untuk memilih rute tangga.

Dimana, kita harus menuruni kurang lebih 400 anak tangga. Treknya pun sedikit menanjak sehingga, membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk bisa menempuh tempat ini. selain itu, pegangan tangan juga belum terlihat disini oleh karena itu, anda harus sedikit berhati-hati.

Kunjungi juga: Pantai Sarangan yang mempunyai banyak spot foto bernuansa alam terumbu karang.

Keindahan yang Ditawarkan

alamat pantai ngeden
foto: https://www.instagram.com/werkodara_holide/

Keunikan lain yang di tawarkan wisata pantai Ngeden ini terlihat dari bukit karang yang mengaitnya. Dimana, bila anda menggunakan drone maka, anda akan melihat bentuknya seperti kepala penyu yang benar-benar menarik.

Bagi anda yang mungkin lelah berjalan menuju ke puncak bukit, tenang saja. Anda bisa duduk di beberapa gardu pandang dan gazebo yang sudah di bangun. Ada pula pondok-pondok kecil yang tampak berdiri dan menawarkan keteduhan dari sengatan matahari yang mengancam.

Dari pondok ini, kita bisa melihat betapa ombak-ombak tampak menggulung-gulung. Semilir angin sepoi-sepoi yang merasuk ke dalam kulit juga mampu membuat anda terpukau hingga enggan untuk beranjak dari sini.

Dari puncak bukit anda bisa turun menuju pantai dengan pasir-pasir putih yang begitu lembut dan halus. Karena, kondisinya yang masih sepi, membuat anda bisa bermain  apa pun yang diinginkan seperti Bola voli, sepak bola, dan masih banyak lagi aktifitas menarik yang bisa kita lakukan di tempat ini.

Datang juga ke Pantai Nguluran yang tak kalah indahnya.

1. Memancing dan Camping Area

spot foto pantai ngeden
foto: https://www.instagram.com/dedytewol/

Pantai yang masih asri dan alami ini ternyata sering digunakan oleh para warga untuk memancing mencari ikan. Konon katanya, di tempat ini ada banyak sekali ikan kerapu yang berenang kesana-kemari.

Ternyata, tidak hanya ikan kerapu saja yang ada disini. Melainkan, ada beberapa jenis lobster yang tampak dan bisa anda nikmati. Sayangnya, untuk memancing di sini anda wajib membawa semua perlatannya sendiri dari rumah. Karena, belum hadirnya warung-warung tempat penyewaan kail pancing.

Di pesisir pantai ini, kita akan disuguhkan dengan sebuah tempat yang tidak terlalu besar memang. Tempat inilah yang digunakan beberapa wisatawan untuk mendirikan tenda. Karena, kondisinya masih sangat alami.

Maka, sebelum memutuskan untuk camping disini, disarankan untuk menghubungi warga sekitar terlebih dahulu. Agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama menikmati malam di sini.

Cobalah anda bangun sekitar pukul 3 pagi. Lihatlah ke atas langit. Dimana, kita bisa melihat bintang-bintang yang bersinar begitu banyak. Bintang ini seakan memenuhi langit-langit Pantai Ngeden. Sehingga, menghadirkan nuansa elok.

Sayangnya, untuk menikmati bintang-bintang ini anda harus dalam keadaan beruntung. Karena, pesona malam hanya bisa dilihat pada saat langit cerah.

Lihat juga Pantai Kayu Arum yang lokasinya masih jarang diketahui oleh wisatawan.

2. Sunrise dan Sunset

spot wisata di pantai ngeden
foto: https://www.instagram.com/pantai.jogja/

Lokasi wisata pantai Ngeden mempunyai karang-karang disini menghadirkan rona yang benar-benar memanjakan mata.

keindahan senja yang hendak tenggelam, menghadirkan siluet karang yang benar-benar menggoda iman anda untuk mengambil beberapa gambar dan fotonya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni agar setiap keindahannya bisa anda abadikan.

Biasanya, wisatawan akan terpukau dengan langit-langit yang dihadirkan. Bagaikan sebuah lukisan tangan-tangan ternama. Dimana, sinar senja menghadirkan warna oranye nan elok. Berpadu dengan birunya air laut.

Jangan lewatkan pula saat matahari ini bersinar kembali menerangi bumi. Dimana, kemunculannya yang perlahan-lahan menghadirkan warna kuning keemasan. Apa yang akan anda lihat ini, akan membuat anda tidak bisa berkata-kata sedikit pun. Semua ini seakan membayar perjuangan anda dari dinginnya suhu udara dan lelahnya perjalanan kembali menuju bukit.

Disarankan bagi anda untuk membawa perbekalan yang cukup seperti air minum dan juga makanan. Mengingat tempat ini yang sudah diresmikan pemerintah sejak tahun 2015 masi belum ramah dengan warung-warung. Kecuali, saat anda berada di area parkir yang cukup banyak berdiri.

Mengunjungi objek wisata ini, kita sudah dimanjakan dengan fasilitas yang cukup baik seperti toilet yang cukup bersih, area parkir yang cukup luas, serta spot-spot yang sudah dibangun sedemikian rupa untuk anda.

Lihat juga Pantai Kukup Gunung Kidul yang mempunyai pemandangan menawan.

Pantai Ngeden adalah keindahan alam yang tidak akan pernah bisa terlupakan sedikit pun. pesonanya dari ujung hingga ke ujung lagi. Banyak wisatawan yang seakan terkena candu saat menikmati tempat ini. Mereka semua sudah lalu, kapan anda akan mengunjungi objek wisata ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here