Tempat Menarik di Bali memang sangat banyak dan beragam. Pulau ini seakan tidak pernah ada habisnya untuk dieksplore dan dikagumi oleh semua wisatawan. Baik mancanegara dan nusantara yang membutuhkan tempat berlibur. Bali memang surga dunia yang dimiliki oleh Indonesia dan wajib untuk dikunjungi.

Selama ini, wisatawan hanya mengenal pantai kuta, pantai sanur dan mungkin nusa penida saja. Tetapi, Bali lebih dari semua kawasan tersebut. Setiao jengkal di Bali itu mempunyai keunikan yang tidak boleh tidak untuk dinikmati. Oleh karena itu, menikmati bali tidak bisa hanya satu atau dua hari saja

Daftar Tempat Menarik di Bali

Berikut ini, adalah kawasan-kawasan unik, menarik, nan esoktis yang mungkin wisatawan belum mengetahuinya. Mari kita simak, penjelajahannya berikut ini,

1. Tirta Gangga

tempat wisata di bali
Foto : Google Maps/Ibrahim Falqi

Luas taman Taman Tirta Gangga adalah 1,2 hektar. Dengan tiga tingkatan bangunan diatas taman. Ada mata air di bawah pohon beringin. Kemudian, ada kolam renang dan bangunan terakhir adalah kolam hias.

Pada bagian kolam hias, wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Nah, disini wisatawan bisa melihat berbagai macam ikan hias yang sedang bercanda dan berenang kesana kemari. Mereka akan berkumpul menjadi satu, sekiranya ada yang memberi mereka makan.

Uniknya lagi, air di kolam ini berasal dari mata air langsung. Mata air ini dianggap suci oleh masyarakat tirtagangga. Oleh sebab itu, tak jarang bila para warga menggunakannya sebagai upacara keagamaan.

Menjadi salah satu wisata Karangasem Bali yang populer dan selalu ramai akan kehadiran wisatawan. Kolam ikan-ikan koi raksasa menjadi hidangan utama yang menarik minat dari setiap pengunjung.

Bagi anda yang datang kesini maka bisa memberi makan ikan-ikan Koi Tirta Gangga. Untuk membeli pakan ikan anda bisa membelinya pada penjaja food fish yang ada disekitar Tirta Gangga Bali.

Kolam ikan tersebut sangatlah indah ditambah dengan patung-patung. Tak ayal membuatnya kerap jadi latar belakang utama ketika mengabadikan melalui swafoto.

Alamat atau lokasi Tirta Gangga ada di Jl. Raya Tirta Gangga, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Keberadaan destinasi menawan ini bila anda menjangkaunya dari Alun-Alun Ida I Dewa Agung Jambe sekitar 35 km.

Harga tiket masuk Tirta Gangga relatif terjangkau, Rp15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 turis mancanegara.

Lihat juga: Oleh oleh Khas Bali.

2. Hidden Canyon Beji Guwang

wisata di bali 2022
Foto : Google Maps/Cees Willemse

Tempat ini seperti sebuah surga yang tidak bisa terbantahkan keindahannya. Baik wisatawan mancanegara dan nusantara benar-benar terpukau melihat kawasan yang ada disini. Mereka seakan tidak bisa berkata-kata dengan pemandangan kedua tebing yang terpahat dengan sempurna.

Tempat wisata di Bali ini terbentuk secara alami dari sebuah proses alami selama berabad-abad. Aliran sungai disini cukup jernih, sehingga menggoda siapa pun wisatawan untuk menikmati air ini. Menuju ke tempat ini wisatawan harus trekking sejauh 700 meter melintasi sungai dan bebatuan yang tajam.

Kawasan ini sangat cocok bagi wisatawan yang mempunyai adrenalin tinggi. Karena, melintasi jalanan tebing ini wisatawan dituntut untuk meraba, memanjat berbagai macam dinding tebing. Sungguh pemandangan alam yang sangat sempurna.

Tempat wisata Bali satu ini akan memberikan anda pengalaman yang tak biasa. Dan pastinya akan jadi pengalaman berkesan yang sulit terlupakan selama di pulau Dewata.

Biaya yang dibutuhkan untuk dapat merasakan serunya menelusuri alirang sungai yang memiliki lereng curam. Tiket masuk Hidden Canyon Beji Guwang saat ini adalah Rp150.000 per 1 orang.

Dari biaya tersebut sudah termasuk dengan guide atau pemandu profesional. Dimana guide tersebut nantinya akan menemani perjalanan setiap pengunjung.

Dan bisa juga untuk membawakan barang-barang anda selama explore, seperti hp di dalam tas anti air. Guide Hidden Canyon juga akan mengarahkan kita dimana spot terbaik untuk foto tersebut.

Selain pemandu, dari tiket itu tadi juga sudah termasuk air mineral, loker dan handuk. Sementara untuk lokasi Hiddeng Canyon Beji Guwang berada di Jalan Sahadewa, Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

3. Pantai Karma Kandara

pantai karma kandara
Foto : Google Maps/Sartono Wijaya

Mungkin sebagian wisatawan baru mendengar nama pantai ini. kawasan yang berada di daerah Ungasan memang memiliki pesona luar biasa.

Banyak wisatawan mancanegara memanfaatkannya untuk olahraga snorkeling dan berenang. Airnya yang jernih dan berwarna biru membuat semua orang ingin mengunjungi kawasan ini.

Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan harus menuruni anak tangga yang cukup banyak, menguras keringat memang. Tetapi, tidak rugi karena pesona yang dihadirkan sungguh sangat sempurna. Dijamin puas mengunjungi kawasan ini.

Bagi yang ingin instan. Wisatawan bisa menggunakan fasilitas yang di berikan oleh hotel karma kandara yaitu berupa lift. Tanpa perlu lelah dan mengeluarkan berkeringat wisatawan sudah sampai tempat tujuan. Hanya saja, harus membayar sebesar 250 ribu rupiah.

Karma Kandara termasuk pantai Bali yang kebersihannya benar-benar terjaga. Tak ayal apabila hal tersebut turut menambah daya tarik dari wisata Karma Kandara.

Pemandangan bagus yang seakan tak pernah ada habisnya bakal memanjankan anda bersama orang-orang tercinta. Jadi, jangan sampai anda melewatkan Karma Kandara Private Beach sebagai tujuan menghabiskan waktu libur.

Lokasi Karma Kandara berada di Jl. Villa Kandara, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Letak dari destinasi mengagumkan ini berjarak sekitar 13,3 km dari Alun-Alun Indonesia Nusa Dua.

4. Taman Safari Bali

destinasi wisata di bali
Foto : Google Maps/Tourist Attraction

Wisata Menarik di bali berikutnya adalah berupa taman safari. Disini, wisatawan bisa melihat berbagai macam tingkah laku binatang yang lucu-lucu dan menggemaskan.

Selain itu, berbagai macam atraksi juga akan dipertunjukkan untuk menghibur para pengunjung. Aksi memukau mereka pun mampu menghipnotis wisatawan sehingga lupa waktu.

Wisata ini memang dikhususkan bagi keluarga. Disini pula, ada fasilitas outbond untuk anak-anak.  Seperti clumbing car, Mary Go round dan masih banyak lagi.

Biaya Tiket masuk kawasan ini mulai dari 135 ribu rupiah saja. Harga yang bisa dibilang murah untuk setiap pesona yang akan didapatkan saat mengunjungi kawasan ini.

Wisata Gianyar yang sering disebut dengan Bali Safari ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama si kecil. Anak-anak pasti akan betah untuk berlama-lama di Taman Safari Bali, maka datanglah kesini lebih awal.

Hewan-hewan di Marine Park (nama lain Taman Safari Bali) terawat dengan sangat baik. Jalan-jalan dan menelusuri setiap sudut kebun binatang menjadi aktivitas favorit.

Selain itu anda juga bisa makan siang disini, dengan datang ke Tsavo Lion Restaurant. Sesuai namanya, apabila anda bisa bersantap disini, maka dapat melihat singa dari dekat.

Baca juga: Wisata Kuliner Khas Bali.

5. Air Terjun Aling-Aling

air terjun di bali
Foto : Google Maps/Goep Oi

Wisata Alam bali memang tidak selalu berhubungan dengan pantai saja. Melainkan, pegunungan yang tidak kalah eloknya. termasuk aliran air terjun aling-aling yang mempunyai tinggi 35 meter.

Tempat ini, memiliki kedalaman kolam kurang lebih 4 meter. Kolam yang bisa digunakan untuk berenang dan berendam menikmati segarnya air.

Uniknya lagi kawasan ini memiliki debit air yang berbeda. Dimana, yang sebelah kanan memiliki debit airjauh lebih besar daripada yang sebelah kirinya.

Pemandangan hijau dan suasana teduh, tenang, nan sahaja bisa wisatawan rasakan bila berada di tempat ini. Cocok untuk wisatawan yang sedang membutuhkan tempat untuk mencari inspirasi.

Rasakan kesejukan alam pada wisata Buleleng ini yang akan membuat anda lebih rileks. Tiket masuk Aling-Aling Waterfaal saat ini adalah Rp125.000 per orangnya.

Dari tiket tersebut, sudah termasuk guide lokal dan juga asuransi. Nantinya guide tersebut akan mendampingi sekalgus mendampingi anda selama berenang.

Beragam kegiatan seru yang dapat anda jajal di Air Terjun Alin-Alin ini adalah Jumping dan Sliding. Tersedia spot khusus yang kerap digunakan untuk kegiatan menantang adrenalin tersebut.

Ada yang ketinggian 5, 10 hingga 15 meter dengan masing tantangannya. Lokasi Air Terjun Aling-Aling sendiri berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

6. Pasar Tradisional Ubud

pasar tradisional ubud
Foto : Google Maps/Muthuraja S

Wisata Murah di Bali ini memang menyajikan berbagai macam barang-barang tradisional kece yang menarik untuk di beli. Bahkan, menurut data yang ada, pembeli kawasan ini rata-rata adalah wisatawan mancanegara.

Yang tertarik dengan hasil karya anak negeri yang dijual di tempat ini. Apalagi, objek wisata ini pernah digunakan sebagai salah satu tempat syuting pray, eat, love.

Jarak dari pusat kota bali kurang lebih 32 kilometer. Dan, bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit. Wisatawan bisa mengukuti beberapa papan petunjuk yang telah tersedia di kawasan ini. Papan ini menjadi pedoman wisatawan agar tidak kesasar.

Mengunjungi pasar Tradisional Ubud bisa jadi opsi menarik untuk liburan di Bali. Menelusuri kawasan pasar yang menjajakan aneka barang unik tuk dipinang.

Seperti misalnya patung, baju-baju, lukisan, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Masing-masing tentu memiliki corak serta ciri khas pulau Dewata Bali yang kental dan tertuang.

Selayaknya berbelajan di pasar, sangat lumrah untuk melakukan yang namanya tawar menawar agar mendapatkan harga terbaik. Jadi bagi anda yang memiliki skil menawar yang baik seperti tak kesulitan berada disini.

Akan tetapi jika anda tak mempunyai keahlian dalam menawar bukan menjadi suatu masalah juga. Harga yang dipatok pada setiap dagangannya termasuk murah, alias ramah dikantong.

Lokasi Pasar Tradisional Ubud berada di Jl. Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Hingga tulisan ini tayang, pasar tradisional Ubud Bali beroperasi pada jam 06.00 hingga 18.00 disetiap harinya.

7. The Secret Garden

wisata bali
Foto : Google Maps/Secret Garden Village

Mau menikmati yang berbeda di Bali. Wisatawan harus berkunjung ke kawasan ini. Dimana, tempat ini menyajikan sebuah tur edukasi yang sangat menarik.

Tempat Menarik di Bali ini menghadirkan bangunan-bangunan yang esoktis. Memadukan antaran kayu, es, dan air sehingga nuansa alami akan sangat terasa disini.

Terdapat sebuah museum unik bernama Beauty heritage Museum. Dan menjadi kawasan yang paling tepat pagi wisatawan yang menyukai cita rasa kopi.

Disini pula menjadi surganya parfum dengan berbagai macam varian yang pastinya bakal terbuai. Dan parfum tersebut bisa jadi opsi oleh-oleh anda untuk dibawa pulang atau diberikan ke yang tersayang.

Di kawasan The Secret Garden juga terdapat sebuah resto dengan menyajikan view alam hijau. Persawahan menjadi hidangan utama yang akan menemani aktivitas bersantap pengunjung di restaurant The Secret Garden.

Destinasi wisata Bali satu ini sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri. Atau jadi alternatif anda yang tengah suntuk akan suasana perkotaan dengan hiruk pikuknya.

Mempunyai suasana yang bikin nyaman, ditambah dengan semilir angin kawasan sekitar. Sesuai namanya, Secret Garden Bali jauh dari yang namanya kebisingan, pas untuk melepas kepenatan.

Kunjungi Juga: Tempat Wisata di Bandung.

8. Nusa Ceningan

nusa ceningan
Foto : Gooogle Maps/ Frankie

Tempat inilah yang menjadi alternatif menikmati kawasa Pulau dewata. Nusa Ceningan berada di sebalah nusa penida. Tempat yang saat ini menjadi kunjungan wajib wisatawan yang berada di pulau dewata.

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati dunia bawah airnya yang super kece. Dijamin, pasti enggan untuk move on. Apalagi, ikan-ikan dan terumbu karangnya seakan sangat ramah dengan menyambut wisatawan yang menyelam ke kawasan ini.

Pulau kecil di Bali ini siap memanjakan para wisatawan dengan segudang daya tarik didalamnya. Bentang lautan yang menawan, dengan birunya air laut, semilir angin, dan view terumbu karang.

Sejauh mata memandang, anda akan benar-benar dibuat terkesima oleh pesonanya. Apalagi Nusa Ceningan ini masih tergolong sepi, dan belum banyak yang mengetahuinya.

Sampai artikel ini turun, Nusa Ceningan di Klungkung Bali ini belum dikelola secara profesional sebagai tempat wisata. Hal tersebut yang justru menjadikan Nusa Ceningan masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi.

Apabila pantai di Bali pada umumnya selalu padat akan pelancong, anda bisa datang kesini. Untuk merasakan kesunyian dan juga nuansa tenang mendamaikan jiwa.

Karena belum resmi menjadi sebuah destinasi wisata, agar bisa explore Nusa Ceningan tak dibutuhkan biaya sepeserpun. Tiket masuk Nusa Ceningan belum diberlakukan alias 0 rupiah atau gratis.

Penting bagi siapapun yang akan datang kesini, mohon untuk tidak membuat pulau cantik ini kotor ya. Wajib membuang sampah pada tempatnya, dan juga tidak merusak apapun yang ada disini.

9. Pura Lempuyang

wisata di bali
Foto : Google Maps/SEUNG HYUN KIM

Tempat selanjutnya adalah pura luhur lempuyang yang keindahannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Spot foto terbaik adalah pesona gunung agung yang berada di tengah pura. Sungguh, tempat yang membuat wisatawan tidak mampu move on.

Dari pura ini wisatawan bisa menikmati sunrise yang begitu mempesona. Matahari yang begitu sempurna. Oleh karena itu, jangan heran bila tempat ini akan dikunjungi oleh banyak wisatawan asing.

Paling menarik di tempat ini adalah melihat gunung agung erupsi, memang menakutkan dan membahayakan. Tetapi, di titik ini, wisatawan akan merasakan dan melihat bagaimana erupsi itu menjadi sebuah pesona tiada duanya.

Mempunyai nama lengkap Pura Penataran Agung Lempuyang yang memiliki segudang daya tarik. Anda musti mempersiapkan semua aspek ketika ingin datang ke Pura Lempuyang.

Seperti halnya kesiapan fisik, dimana nanti anda musti berjalan kaki meski tidak jauh. Dan kesiapan secara finansial, sebab kegiatan liburan akan lebih maksimal bila keungan memadai.

Ketika perjalanan menuju pura ini, nantinya anda harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Pada sebuah area khusus dimana semua kendaraan parkir disiti, jadi tidak bisa langsung ke puranya.

Dari area parkir tersebut, para pengunjung akan diarahkan untuk naik kendaraan khusus dari pengelola. Dimana tarifnya adalah Rp45.000 untuk pulang pergi dari lokasi parkir ke spot pura utamanya.

Setibanya, para wisatawan harus membayar tiket masuk Pura Lempuyang sebesar Rp30.000 per orang. Setelah membayar tiket masuk, anda akan mendapatkan antrian untuk spot foto di gapura legend.

10. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat
Foto : Google Maps/Hassan Maarouf

Taman nasional ini menyembunyikan keindahan yang sangat mempesona. Berada di dekat gilimanuk membuat wisatawan bisa mengunjunginya.

Taman Nasional Bali Barat mempunyai beberapa pura yang menawan hati. Berdiiri pada 14 oktober 1982 bertepatan dengan kongres Taman nasional se-dunia yang diselenggarakan di Bali.

Wilayah ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh unesco. Di sini wisatawan bisa menikmati beberapa pulau kecil dengan pemandangan yang esoktis.

Salah satunya adalah pulau menjangan yang memiliki titik spot keren. Rugi, bila wisatawan tidak mengunjungi tempat ini. Wisata Taman Nasional Bali Barat harus ada dalam daftar kunjungan anda selama berada di pulau Dewata.

Tempat ini benar-benar akan membuat siapa saja terkagum-kagum karena keindahannya. Sebuah taman mengagumkan yang ada di pinggir pantai dengan suasana sunyi nan menenangkan.

Destinasi berupa taman ini cenderung tidak terlalu ramai pengunjung, dan cukup sepi. Hal tersebut menjadkannya sebagai salah satu alternatif bagi anda yang tak suka keramaian.

Saat ini harga tiket masuk Taman Nasional bali barat adalah Rp10.000 saja per orangnya. Dengan tiket tersebut, sudah dipastikan anda bisa menjelajahi setiap sudut dan berfoto di spot-spot terbaik.

Bersih dan natural adalah gambaran secara singkat dari Taman Bali ikonik ini. Jadi tunggu apalagi, ajak orang-orang tercinta sekitar anda untuk merasakan kealamian sebuah taman yang menakjubkan.

Baca juga: Tempat Wisata di Lombok.

11. Sharma Springs Bamboo

hotel di bali
Foto : Google Maps/wiraka julian

Mau menikmati kawasan penginapan yang berbeda? Wisatawan bisa pergi ke Villa Sharma Spring Bamboo. Tempat yang dipenuhi dengan bambu ini memang jarang terlihat di berbagai macam konsep hotel.

Bila dilihat dari atas, kawasan ini berbentuk sekuntum bunga tulip. Terdiri dari 6 lantai, kawasan ini memiliki titik spot instagenic yang tidak boleh untuk dilewatkan. Semua kamar yang ada disini mempunyai akses penuh menikmati sungai ayung. Serta nuansa hutan ubud bali yang sangat mengesankan.

Udara di tempat ini sangat segar dan bersih. Saat bangun pagi, wisatawan bisa menghirup udaranya kuat-kuat. Rasakan oksigen yang masih alami mengalir ke setiap tubuh. Sungguh tempat menginap yang sangat sempurna. Apalagi, bagi mereka pasangan yang baru saja menikah dan tengah honeymoon disini.

Anda bisa memilih Sharma Spring House Green Villa ketika berlibur di pulau dewata Bali. Jika ingin berencana menginap disini, sebaiknya sudah melakukan pemesanan jauh-jauh hari ya.

Karena Sharma Springs Bamboo masuk dalam deretan villa di Bali yang selalu penuh akan wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun turis asing yang memang menemukan tempat ini dari laman internet.

Lokasi Sharma Springs House Green Village berada di Banjar Dualang, Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Informasi lengkap seputar Sharma Springs Bamboo Bali, dari biaya, fasilitas dan lainnya bisa di akses ke greenvillagebali.com.

12. Air Terjun Tegenungan

wisata alam bali
Foto : Google Maps/Steve Brooks

Selanjutnya adalah wisata air terjun di Bali dengan suguhan pemandangan alam eksotis. Yakni Air Terjun Tegenungan yang termasuk dalam wisata alam Bali yang rekomended tuk dijelajahi.

Meski berbasis wisata alam, akan tetapi semua yang disini sudah sangat memadai. Seperti misalnya dari segi sarana prasarana atau fasilitas, benar-benar lengkap.

Akses jalan kaki sudah baik, berupa tangga yang bisa dilalui dengan mudah oleh siapapun. Lalu kamar mandi dengan air bersih, tempat duduk, spot foto kekinian, dan juga sebuah club.

Namanya Omma Club, yang berada di kawasan Tegenungan Waterfaall dan bisa anda kunjungi. Omma Club Air Terjun Tegenungan bisa jadi pilihan untuk anda yang ingin bersantai lebih lama disini.

Layaknya club pada umumnya, disini juga menghadirkan live music dan mempunyai menu-menu andalan. Selain itu Omma Club Bali ini juga memiliki kilam kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berendam.

Rasakan keseruan nongkrong santai di Club sekitaran air terjun dengan suguhan view menawan. Anda akan mendapatkan pengalama berharga, sebab club pada umumnya berada di pinggira pantai namun berbeda dengan yang ini.

Untuk tiket masuk Air Terjun Tegenungan Bali pada saat ini adalah Rp20.000 per orangnya. Pengunjung dengan usia dibawah 5 tahun tidak dikenakan tiket masuk, menarik sekali bukan?

Lokas Air Terjun Tegenungan berada di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jam operasional yang ada di Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali adalah pukul 06.30 – 18.30 wita.

13. Taman Burung Bali

destinasi di bali
Foto : Google Maps/Alexandre Mushnikov

Menjadi salah satu destinasi pilihan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga tercinta. Wisata Taman Burung Bali menawarkan beragam hal-hal menarik yang dapat anda temukan di dalammnya.

Sesuai dengan namanya, aneka jenis burung-burung dapat anda jumpai. Mulai dari burung yang umum hingga langka, koleksinya sangat beragam dan jumlahnya cukup banyak.

Di jam-jam tertentu, Taman Burung Bali akan menghadirkan sebuah pertunjukan. Dimana dalam pertunjukkan tersebut akan memperlihatkan kepada para wisatawan aneka burung beserta kehalian atau kelebihannya.

Anak-anak pasti akan sangat suka akan show menarik tersebut, sehingga membuat mereka seperti enggang untuk pulang. Para pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung kepada burung-burung yang berterbangan.

Kawasan Bali Bird Park dikelola dengan sangat baik, terlihat dari areanya yang bersih. Taman, kandang burung, pohon dan lainnya sangat terjaga kebersihannya dan selalu dirawat.

Harga tiket masuk Taman Burung Bali saat ini adalah Rp140.000 bagi pengunjung dewasa. Sedangkan tiket masuk Taman Burung Bali untuk anak-anak adalah Rp70.000 per orang.

Lokasi Taman Burung Bali Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

14. Mandala Suci Wenara Wana – Monkey Forest Ubud

tempat wisata bali
Foto : Google Maps/Adrian Prakarsa

Tempat ini sejatinya merupakan sebuah kuil Hindu pada area hutan. Dan juga menjadi kawasan habitat dari kera-kera ekor panjang yang mendominasi kuilnya.

Destinasi ini juga dikenal dengan nama Monkey Forest Ubud dengan sejumlah daya tarik memikat didalamnya. Disetiap sisi Mandala Suci Wenara Wana terdapat petugas atau pawang monyet.

Lokasi Monkey Forest Ubud berada di Jl. Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Wisata Monkey Forest Ubud Bali beroperasi pada jam 09.00 – 17.00 wita.

Harga tiket masuk Monkey Forest Ubud di Bali adalah Rp60.000 per orangnya. Destinasi Ubud satu ini sangat terawat dan cukup populer, sehingga banyak wisatawan lokal maupun asing memadati tempat ini.

Peta Tempat Menarik Bali

Bagiamana wisatawan, menarik-menarik sekali bukan tempat menarik di Bali ini. Jangan lupa membawa senjata perlengkapan berupa kamera yang mempunyai kualitas lensa yang mumpuni. Bali bagikan sebuah lukisan nyata yang sayang untuk tidak diabadikan. Lalu, mana yang akan dipilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 1 =