Keindahan alam di sekitar Curug selalu memiliki ciri khas tersendiri yang dapat menarik perhatian berbagai pasang mata. Begitu pula dengan wisata Curug Gongseng di daerah Jawa Barat.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Kuningan Jawa Barat pastinya tak asing dengan keindahan alam Curug Gongseng. Dengan nuansa alamnya yang sangat asri, dikelilingi bebatuan serta pepohonan menampilkan wisata Curug Gongseng semakin memukau.

Wisata Curug Gongseng dapat kalian kunjungi kapanpun dengan membayar harga tiket yang terjangkau. Untuk Anda yang hendak berkunjung ke wisata ini, Anda bisa menyimak penjelasan sebagai berikut.

Wisata Curug Gongseng

wisata Curug Gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101281098766489481441

Jawa Barat dikenal sebagai kota metropolitan dengan berbagai macam gedung pencakar langit yang menghiasi kota tersebut. Namun, disisi lain Jawa Barat juga memiliki berbagai macam wanawisata alam yang menakjubkan.

Salah satunya yaitu Curug Gongsaeng atau sering dikenal sebagai Air Terjun Curug Gongseng. Sebagai orang yang terus bergelut dengan kesibukan, pastinya Anda memerlukan suatu hiburan untuk menyegarkan pikiran maupun tubuh.

Wisata Curug memiliki daya tarik yang sangat menakjubkan pada keindahan alamnya. Dengan pepohonan tinggi, serta bebatuan yang mengapit air terjun Curug, menjadikan wisata ini selalu ramai akan pengunjung.

Tak hanya keindahan alam yang ditawarkan, wisata Curug juga menampilkan sisi sejarah dari wisata tersebut. Wisata Curug disebutkan merupakan bukti sejarah pada masa Megalithikum, dengan bukti ditemukaannya situs peninggalan purbakala di area wisata.

Peninggalan ini berupa Peti Kubur Batu bernama Bujal Dayeuh yang ditemukan pada tahun 1967. Tak hanya itu, juga ditemukan peninggalan bersejarah berupa kelenting dan kapak genggam dari situs Surip Kidul pada tahun 1972.

Harga Tiket Masuk Curug Gongseng

harga tiket masuk curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117835852332895591312

Harga tiket masuk wisata Cibuntu Kuningan sangatlah terjangkau untuk pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke wisata Curug Gongseng hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp2000.

Wisata Curug Gongseng juga menyediakan area parkir yang sangat luas untuk Anda. Untuk biaya parkir sepeda motor hanya Rp1000, sedangkan mobil sebesar Rp2000. Nah, biaya masuk dan parkir yang disediakan dapat berubah sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi Curug Gongseng

alamat dan rute lokasi curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100678099383778144436

Lokasi Wisata Curug Gongseng cukup dekat yakni berada di Dusun Secatahu, Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Meskipun wisata Curug Gongseng masih tergolong alam bebas, untuk menuju ke lokasi tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Rute Lokasi Curug Gongseng Desa Wisata Cibuntu cukup mudah dilalui, baik dengan berkendara motor maupun mobil ataupun lainnya. Untuk menuju lokasi Curug, Anda dapat menempuh melalui dua jalur pilihan.

Salah satunya yaitu melalui jalur Cilimus, dilanjutkan menuju Medicarian lalu ke arah Sumber. Setelah menemukan persimpangan, Anda dapat melanjutkan ke Kecamatan Pesawahan.

Selanjutnya Anda dapat melanjutkan menuju Desa Cibuntu, kearah lokasi Curug Gongseng berada. Untuk memudahkan Anda menuju lokasi Curug, Anda dapat mengandalkan Google Maps.

Fasilitas Curug Gongseng

fasilitas curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102498304999247059263

Keindahan alam yang menakjubkan dengan tebing-tebing besar cukup menyita perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran sebagai pengunjung pastinya membutuhkan fasilitas yang memadai ketika berada di suatu lokasi wisata.

Untuk fasilitas yang disediakan pada wisata Curug Gongseng ini meliputi:

Lokasi parkir yang memadai

Untuk Anda yang berkunjung ke wisata Curug Gongseng tak perlu khawatir. Dikarenakan wisata ini juga menyediakan area parkir luas dengan tarif yang sangat terjangkau.

Toilet

Nah, untuk Anda yang hendak berlibur kesini tak perlu khawatir dengan fasilitas toilet. Toilet yang disediakan pun juga cukup memadai. Tentu, Anda sebagai wisatawan untuk harus tetap menjaga kebersihan fasilitas yang disediakan.

Tempat beribadah

Dengan adanya fasilitas beribadah di area wisata cukup membuat para wisatawan tak perlu khawatir menunaikan ibadah. Dengan tempat yang terjaga kebersihannya membuat para wisatawan merasa nyaman.

Tempat makan atau warung kecil

Untuk wisatawan yang berkunjung ke wisata Curug Gongsaeng, Anda tak perlu khawatir apabila mengalami dahaga maupun lapar. Dikarenakan pada wisata ini telah disediakan beberapa warung kecil yang menyediakan snack, minuman, serta makanan instan lainnya.

Saung

Berlibur bersama keluarga maupun teman ke suatu wisata pasti membutuhkan tempat yang nyaman untuk bersantai maupun bercengkrama. Curug Gongsaeng menyediakan beberapa saung untuk Anda berteduh maupun bersantai menikmati keindahan alam Curug Gongsaeng.

Datang juga ke –> Ciremai Land Glamping untuk anda mengisi waktu libur.

Jam Buka Curug Gongseng

jam buka curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101643250505804415744

Untuk berkunjung ke wisata Curug Gongseng, Anda bisa datang kapan saja tak terpaut Weekday maupun Weekend. Wisata Curug Gongseng Cibuntu, Kuningan tidak menentukan jam kunjung operasional, sehingga Anda dapat berkunjung kapan saja.

Namun, wisata Curug cukup ramai pengunjung ketika Weekend tiba maupun hari libur lainnya. Untuk Anda yang menyukai suasana alam tenang, Anda dapat berlibur ke wisata ini pada hari kerja.

Kunjungi juga –> Curug Ngelay memiliki air terjun mempesona.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Curug Gongseng

aktivitas yang bisa dilakakukan curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112304856844031967867

Menikmati keindahan alam bebas sungguh menakjubkan, apalagi untuk Anda yang terus menerus terpaut pada kehidupan perkantoran. Destinasi Wisata Curug Gongseng sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan refreshing dengan nuansa alam.

Anda dapat melakukan banyak hal ketika berkunjung ke wisata ini. Mulai dari berswafoto maupun mempelajari sejarah yang tersimpan dibalik Wisata Curug ini.

Tak hanya itu pada wisata ini, juga menyediakan wahana air yang cukup menggoda bagi para wisatawan. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan bermain air di sekitar Curug.

Di area Curug bahkan disediakan tempat seperti kolam untuk Anda yang ingin bermain air maupun berswafoto. Dengan nuansa alam begitu indah, banyak tempat berswafoto yang instagramable untuk para wisatawan.

Review sebelumnya –> Situ Wulukut yang sejuk.

Tips Berkunjung di Curug Gongseng

tips berkunjung curug gongseng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111482383615045697419

Ketika pergi berwisata, pastinya Anda memerlukan persiapan yang matang untuk menuju lokasi. Apalagi, kalau wisata yang hendak dituju tergolong alam bebas Anda harus mempersiapkan kebutuhan dengan baik serta efisien.

Untuk menikmati keindahan alam Curug Gonseng, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut, diantaranya yaitu:

  • Pastikan Anda menggunakan fitur Google Maps untuk mngarahkan Anda ke wisata Curug dengan mudah.
  • Anda dapat menyiapkan baju ganti ketika berwisata di Curug Gongseng untuk berjaga-jaga.
  • Untuk makanan maupun minum, Anda juga dapat menyiapkan sedari rumah. Meskipun di area wisata masih ditemui beberapa warung kecil yang menediakan makanan ringan.
  • Pastikan ketika menuju Lokasi Curug Gongseng, Anda harus menyiapkan stamina tubuh dengan baik.
  • Tetap patuhi segala peraturan dan etika ketika berada di area wisata. Seperti membuang sampah di tempatnya maupun menjaga kelestarian alam.
  • Untuk menuju lokasi wisata pastikan tidak dalam cuaca penghujan, dikarenakan area wisata cukup licin dan membahayakan.

Nah, menarik bukan destinasi wisata Curug Gongseng, di Jawa Barat. Pastikan wisata Curug ini menjadi salah satu tujuan liburan Anda di akhir pekan maupun ketika Weekend.
Tentunya, Anda harus menyesuaikan waktu kunjungan dengan cuaca di area wisata. Agar liburan Anda menjadi lebih mengesankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 14 =