Seluruh kota baik metropolitan atau bukan di Indonesia memiliki keunikannya tersendiri dalam membedakan satu sama lainnya. Kota Kuningan merupakan perkotaan nan terkenal akan wisata alamnya yang sangat cantik.

Pesona Kuningan Curug Ngelay benar – benar tidak bisa dilewatkan oleh Anda karena se indah itu. Apalagi ditambah dengan adanya tiga jalur pendakian dan kuliner yang sangat khas asal Kuningan Jawa Barat.

Curug Ngelay sendiri adalah salah satu air terjun paling tinggi yang bertempat di wilayah Kuningan. Bagi beberapa orang lokasinya cenderung tersembunyi namun dalam pembahasan kali ini akan di spill letaknya bagi Anda pecinta tantangan.

Harga Tiket Masuk Curug Ngelay

harga tiket masuk curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114566125040036043357

Bagi Anda yang penasaran berapa harga tiket masuk di Curug Ngelay Kuningan simak penjelasan ini ya. Biaya tiket masuk di tempat ini gratis akan tetapi ada biaya retribusi parkir sebesar Rp3.000-Rp5000 untuk setiap kendaraan.

Namun perlu diingat bahwa biaya masuk gratis maupun dana parkir tersebut bisa saja berubah sewaktu – waktu. Jadi pantau terus lama media sosial mereka ya untuk pembaruan informasi.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114566125040036043357

Lokasi Curug Ngelay ada di Desa Begawat, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Untuk dapat tiba di Air terjun Curug Ngelay ada rute wajib dilalui dengan arahan penjelasan sebagai berikut.

Pertama – tama jika Anda mengawali perjalanan dari Alun – Alun Kuningan langkah selanjutnya adalah menuju arah timur laut. Selanjutnya Anda menuju ke arah timur laut di jalan Aria Kamuning untuk tiba di Jalan Veteran.

Setelah sampai di Jalan Veteran Anda dapat mencari petunjuk untuk sampai di lokasi curug. Jika masih terdapat kebingungan cobalah menggunakan google maps agar lebih mudah apalagi di aplikasi tersebut telah disertakan fitur suara.

Fasilitas

fasilitas curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103934574350562730711

Ada beberapa fasilitas di Wisata Curug Ngelay yang wajib Anda gunakan. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Toilet umum
  • Tempat parkir
  • Perlu digaris bawahi bahwasanya Curug Ngelay merupakan objek wisata yang baru

Sehingga belum banyak diketahui seluruh masyarakat. Objek ini belum banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah, tetapi semoga kedepannya dapat dikelola dengan baik dan maksimal.

Jam Buka

jam buka curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111738763239834141644

Wisata air terjun di Kuningan Jawa Barat ini memiliki jam buka full 24 jam setiap harinya dari senin sampai Minggu. Jadi Anda tidak perlu merasa kebingungan untuk mengatur waktu karena dari dan jam berapapun Anda tetap bisa pergi dengan santai.

Anda dapat memilih waktu aman untuk berkunjung disini serta di suasana yang masih sangat terang agar memudahkan perjalanan. Selalu menomorsatukan keselamatan selama perjalanan agar liburan tidak menjadi bencana.

Datang juga ke –> Waduk Darma yang mempesona.

Daya Tarik

daya tarik Curug Ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108036551049583382363

Beberapa hal yang menjadi salah satu dasar mengapa harus berwisata disini dipaparkan dibawah ini.

Suasana alam damai dan tenang

Lokasi dari Curug Ngelay yang jauh dari pusat kota membuat suasana menjadi damai. Tidak ada klakson mobil dan sepeda motor serta pemandangan kota yang penuh polusi sehari – hari.

Hanya terdengar di telinga suara aliran air yang menenangkan otak dan jiwa saja. Hal ini semakin lengkap dengan warna air putih bening segar. Bahkan Anda bisa melihat hal apa nampak ada di dasar curug.

Air terjun super eksotis

Setiap dari Anda yang ingin atau hendak datang ke air terjun seringkali akan langsung terpikat dengan kesegaran dan keindahan airnya. Sudut pandang nan menakjubkan dengan banyaknya area tebing batu dengan ukuran tinggi dan lebar. Beralirkan air amat jernih sangat mendukung suasana.

Perkiraan ketinggian Curug Ngelay sekitar 100 meter serta lebarnya kira – kira 50 meter. Pemandangan yang disajikan sangat mewah segala penat di perjalanan langsung hilang seketika.

Beragam spot foto

Banyak area foto dapat Anda kulik dan jelajahi ketika berada di Curug Ngelay untuk mendapatkan hasil foto paling bagus. Bawa juga kamera entah itu kamera smartphone atau kamera fotografi.

Anda bisa mencari latar belakang lokasi keren – keren disertai paduan gaya disesuaikan untuk hasil foto terbaik. Dapat juga sekedar memotret pemandangan langkah yang ditawarkan oleh air terjun unik ini.

Kunjungi juga –> Telaga Remis dengan view alam menakjubkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111738763239834141644

Apakah Anda mengalami kebingungan akan kegiatan yang dilakukan ketika tiba di Curug Ngelay? Jika Anda merasa bingung ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan sebagai berikut.

Bersenang–senang di air

Pasti tak akan lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke air terjun tetapi tidak merasakan kesegaran air yang mengalir. Suasana asyik dalam melakukan permainan air di curug akan sangat menyenangkan jika melakukannya bersama teman sefrekuensi.

Melakukan kegiatan trekking

Letak Curug Ngelay cukup tersembunyi sehingga kendaraan tidak dapat menjangkau secara langsung tempat air terjun. Sesudah memarkirkan kendaraan Anda akan melanjutkan perjalanan dengan trekking menyusuri area pemukiman warga, persawahan, dan perkebunan.

Review sebelumnya –> Ciremai Land Glamping yang menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug ngelay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112729859786920572423

Untuk Anda bila sedang mencari referensi sekiranya apa saja tips dan hal wajib hukumnya diingat selama liburan di Curug Ngelay. Berikut ini dipaparkan sedikit tips saat bepergian ke curug asal Kuningan ini.

Usahakan menggunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman

Sebagai tempat hiburan penuh air keselamatan menjadi nomor satu Anda dapat menikmati suasana air terjun yang menenangkan hati disini. Pakailah sandal dengan alas tidak membuat licin ketika berjalan dan selalu berhati – hati di jalanan serta batuan bertekstur licin.

Jika Anda baru pertama kali berekreasi ke curug lebih baik ditemani tour guide karena area trekkingnya tidak disertai petunjuk perjalanan.

Untuk bisa sampai di tempat wisata ini bagi Anda yang baru pertama datang pasti akan lumayan kebingungan. Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar atau menyewa jasa tour guide dalam memandu rute perjalanan.

Anda dapat membawa makanan dan minuman sendiri karena tidak ada restoran atau tempat makan di sekitar curug.

Salah satu kelemahan dari objek wisata ini adalah tidak adanya warung atau tempat makan di area sekitarnya. Mungkin karena medan yang dilalui lumayan menyulitkan jika membawa bahan – bahan masakan atau hal lain.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk mengisi kekosongan perut. Bawalah bekal secukupnya sesuai kebutuhan yang diperlukan dalam berlibur.

Waktu terbaik datang saat pagi hari

Waktu buka 24 jam non stop sangat menguntungkan bagi Anda yang akan ke lokasi ini. Apalagi jika menikmati pesona curug di pagi hari luar biasa terasa kenaturalan alamnya.

Disarankan untuk menghindari datang di musim kemarau

Anda dapat datang ke curug di waktu cuaca mendukung. Jika datang ketika musim kemarau kemungkinan suasananya tidak se-syahdu di musim lainnya karena teriknya pancaran sinar matahari.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda untuk dijadikan pedoman dalam berakhir pekan. Jangan lupa selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak aman selama berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + seventeen =